Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Fauziyah Shalehah
Abstrak :
ABSTRAK
Pelatihan keterampilan menyimak sangat penting untuk pembelajaran bahasa asing, khususnya bahasa Belanda. Ada dua bentuk pengajaran keterampilan menyimak, yaitu : verstavaardigheid dan begripsvaardigheid. Penelitian ini membahas mengenai bentuk latihan verstavaardigheid yang dilatih pada buku ajar Tekstboek dan Werkboek Contact deel 1. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan bagaimana verstavaardigheid dilatih pada buku ajar Tekstboek dan Werkboek Contact! deel 1. Penelitian diawali dengan mengumpulkan soal-soal latihan menyimak dari bab 1 sampai bab 12 pada kedua buku, kemudian penulis mengumpulkan soal-soal latihan yang termasuk kedalam kategori verstavaardigheid pada sebuah tabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 199 soal latihan menyimak pada werkboek dan tekstboek, 57,79% merupakan soal latihan verstavaardigheid. Dengan bentuk latihan terbanyak yaitu taalriedels.
ABSTRACT
Listening skills training is very important for foreign language learning, especially Dutch. There are two types of luistervaardigheid : verstavaardigheid and begripsvaardigheid. This research focuses on verstavaardigheid type as covered in Textboek and Werkboek Contact! deel 1. This research aims to discover how verstavaardigheid is applied through Textboek and Werkboek Contact! deel 1. The research starts by collecting questions from chapter 1 to 12 in both books, and later the writer tabulates problems which are included in verstavaardigheid category. The result shows that out of 199 listening questions in textboek and werkboek, 57,79% belong to the verstavaardigheid type, while the most discovered practice type is taalriedels.
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Tengku Nabila Apriliani
Abstrak :
Kemahiran menyimak merupakan salah satu komponen penting dalam pemelajaran bahasa asing, khususnya bahasa Belanda. Pemelajaran kemahiran menyimak terbagi menjadi dua proses, yaitu verstavaardigheid dan begripsvaardighei. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dengan studi pustaka korpus yang digunakan di penelitian ini adalah buku ajar Contact! jilid 1 tekstboek. Penelitian ini membahas mengenai penggunaan verstavaardigheid dan begripsvaardigheid dalam latihan-latihan pada buku ajar Contact! jilid 1 tekstboek edisi 15 tahun 2019. Penelitian dimulai dengan mengumpulkan seluruh latihan menyimak yang terdapat pada teksboek mulai dari bab 1 sampai dengan bab 12, lalu memasukkan latihan-latihan ke dalam kategori yang telah ditentukan ke dalam sebuah tabel. Setelah melakukan anailisis dan perhitungan, hasil analisis menunjukkan bahwa dari 104 latihan yang terdapat pada tekstboek adalah 61 latihan (58,7%) untuk proses begripsvaardigheid dan 43 latihan (41,3%) untuk proses verstavaardigheid. Bentuk latihan terbanyak adalah pilihan ganda (meerkeuze) dan latihan pelafalan (taalriedels. Jumlah kedua proses seimbang disesuaikan dengan tingkat para pemelajar A1.
......Listening proficiency is one of the important components in foreign language learning, especially Dutch. Learning listening skills is divided into two processes, namely verstavaardigheid and begripsvaardigheid. This research is a descriptive qualitative method with a corpus literature study used in this research is the textbook Contact! volume 1 textbook. This research discusses the use of verstavaardigheid and begripsvaardigheid in the exercises in the 15th edition of the 2019 edition of the textbook Contact! The research begins by collecting all listening exercises contained in the textbook from chapter 1 to chapter 12, then putting the exercises into predetermined categories into a table. After analyzing and calculating, the results showed that of the 104 exercises contained in the textboek, 61 exercises (58.7%) were for the begripsvaardigheid process and 43 exercises (41.3%) for the verstavaardigheid process. The most common forms of exercises are multiple choice (meerkeuze) and pronunciation exercises (taalriedels). The number of both processes is balanced according to the level of the A1 learners.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library