Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wahyu Aji Lubernugroho
"Penelitian ini membahas novel Zapíski iz podpólʹya/Catatan dari Bawah Tanah karya Fyodor Dostoevsky yang diterbitkan pada tahun 1864. Pada penelitian ini, penulis akan berfokus mendeskripsikan penggambaran karakter serta memahami unsur-unsur eksistensi tokoh “aku” dalam novel. Oleh karena itu, penulis menganalisis eksistensi tokoh “aku” menggunakan teori eksistensialisme Jean-Paul Sartre. Dengan menggunakan buku Being and Nothingness, penulis menemukan konsep “ada” yang terbagi menjadi dua yaitu entre en soui/ being-in-itself /ada dalam dirinya, entre pour soi/ being-for-itself /ada untuk dirinya. Selain itu, penulis akan menggunakan teori tokoh dan penokohan untuk menggambarkan karakteristik tokoh "aku". Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi analisis dengan teknik pengumpulan data sumber yaitu studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa penggambaran eksistensi tokoh “aku” terpengaruhi beberapa faktor seperti dirinya, orang lain, lingkungan sekitar sehingga ketika pencarian makna dan tujuan hidupnya, tokoh “aku” menunjukkan unsur-unsur eksistensialisme yakni, kebebasan dan tanggung jawab.

This research discusses the novel Zapíski iz podpólʹya/Notes from the Underground by Fyodor Dostoevsky, published in 1864. In this research, the author will focus on describing the character depiction and understanding the elements of the existence of the "I" in the novel. Consequently, the author analyzes the existence of the character "I" using the existentialism theory of Jean-Paul Sartre. By using the book Being and Nothingness, the author finds the concept of "being" which is divided into two, namely entre en soui (being-in-itself), entre pour soi (being-for-itself). In addition, the author will use the theory of character and characterization to describe the characteristics of the "I" character. The research method used is descriptive analysis with the source data collection technique, namely literature study. Based on the results of the study it is explained that the depiction of the existence of the character "I" is influenced by several factors such as himself, others, the surrounding environment so that when searching for meaning and purpose in his life, the character "I" shows elements of existentialism namely, freedom and responsibility."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Aloysia Razita Da Lopez
"Penelitian ini menganalisis bentuk hiperrealitas melalui simulasi pada sequen film antiperang Soviet dengan judul Иди и смотри (Idi i smotri) Datang dan Lihatlah. Film ini disutradarai oleh Elem Klimov dan rilis pada tahun 1985. Secara garis besar, film ini berfokus pada okupasi Nazi Jerman di wilayah Belarusia dengan peristiwa-peristiwa yang diceritakan melalui pengalaman seorang partisan remaja bernama Flyora. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk hiperrealitas, melalui analisis sequen dengan 4 fase simulasi. Hasil dari penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk hiperrealitas berdasarkan teori hiperrealitas Jean Baudrillard dalam film Иди и смотри (Idi i smotri) Datang dan Lihatlah.
This research analyzes the form of hyperreality through simulation in the scenes of the Soviet anti-war film Иди и смотри (Idi i smotri) Come and See. The film was directed by Elem Klimov and released in 1985. In general, the film focuses on the Nazi German occupation of Belarusian territory with events told through the experiences of a teenage partisan named Flyora. The purpose of this research is to find out the form of hyperreality, by analyzing the scenes with 4 phases of simulation. The result of this research is to identify the form of hyperreality based on Jean Baudrillard’s theory of hyperreality in the movie Иди и смотри (Idi i smotri) Come and See."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Fathimah Azzahra
"Penelitian ini mengkaji ekspresi emosi kesedihan yang terdapat dalam lirik lagu Папа (Papa) ‘Ayah’ dan Не Влюбляйся (Ne Vlyubljajsja) ‘Jangan Jatuh Cinta’ karya Mary Gu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ekspresi emosi kesedihan yang disampaikan oleh Mary Gu dalam sumber data utama, yaitu teks dari lirik lagu Папа (Papa) ‘Ayah’ dan Не Влюбляйся (Ne Vlyubljajsja) ‘Jangan Jatuh Cinta’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis untuk meneliti lirik lagu yang sudah diterjemahkan. Untuk menemukan emosi kesedihan, penelitian ini menggunakan spesifik perasaan dari kesedihan dalam Emotion Wheel yang dikemukakan oleh Geoffrey Roberts. Pencarian makna dilakukan menggunakan teori Hermeneutika yang dikemukakan oleh Schleiermacher dengan proses Interpretasi Gramatikal dan Interpretasi Psikologikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perasaan spesifik dari emosi kesedihan yang terkandung dalam lirik lagu Папа (Papa) ‘Ayah’dan Не Влюбляйся (Ne Vlyubljajsja) ‘Jangan Jatuh Cinta’ dan memiliki kaitan dengan masa lalu Mary Gu.
This research examines the emotional expression of sadness contained in the lyrics of the songs Папа (Papa) 'Father' and Не Влюбляйся (Ne Vlyubljajsja) 'Don't Fall in Love' by Mary Gu. The aim of this research is to determine the emotional expression of sadness conveyed by Mary Gu in the main data source, namely the text of the lyrics of the songs Папа (Papa) 'Father' and Не Влюбляйся (Ne Vlyubljajsja) 'Don't Fall in Love'. The method used in this research is analytical descriptive to examine translated song lyrics. To find the emotion of sadness, this research uses specific feelings of sadness in the Emotion Wheel proposed by Geoffrey Roberts. The search for meaning is carried out using the Hermeneutic theory proposed by Schleiermacher with the process of Grammatical Interpretation and Psychological Interpretation. The research results show that there are specific feelings of sadness contained in the lyrics of the songs Папа (Papa) 'Father' and Не Влюбляйся (Ne Vlyubljajsja) 'Don't Fall in Love' and are related to Mary Gu's past."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hindhazah Nimauly
"Karya ini membahas tentang penggambaran kata toska yang ada dalam puisi-puisi Aleksander Blok yang berjudul На Смерть Деда - 1902 Na Smertʹ Deda (Kematian Kakek), Не Бойся Умереть в Пути… - 1902 Ne Bojsja Umeretʹ v Puti… (Jangan Takut Mati Sepanjang Jalan), Ночу, Улица, Фонарь, Аптека - 1912 Nočʹ, Ulica, Fonarʹ, Apteka (Malam, Jalan, Lentera, Apotek), dan Поксоронят, Зароят Глубоко - 1915 Poxoronjat, Zarojut Gluboko (Dikiburkan, Dikubur Dalam-Dalam). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana puisi-puisi tersebut dapat menggambarkan perasaan toska dalam tiga tingkatan yang berbeda agar mempermudah pemahaman atas perasaan tersebut dengan metode deskriptif analisis dan teori hermeneutika sebagai pisau bedah analisis tersebut. Hasil analisis membuktikan bahwa Aleksander Blok dapat memperlihatkan perasaan toska dalam tiga tingkatan dalam karya-karya yang diteliti.

This work discusses the description of the word turquoise in Aleksander Blok's poems entitled а е еда - 1902 Na Smertʹ Deda (Death of Grandpa), е ойся ереть … - 1902 Ne Bojsja Umeretʹ v Puti… (Don't Be Afraid to Die Along the Way) ), очу, а, онарь, ека - 1912 Nočʹ, Ulica, Fonarʹ, Apteka (Night, Street, Lantern, Pharmacy), and оксоронят, ароятоко - 1915 Poxoronjat, Zarojut Gluboko (Buried, Buried Deeply). The purpose of this study is to analyze how these poems can describe toska in three different levels so that it is easy to understand these feelings using analytical methods and hermeneutic theory as the analysis surgery. The results of the analysis prove that Aleksander Blok can enjoy feelings of gratitude in three levels in the work under study."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Febriani Putri Milenia
"Karya ini mengkaji perilaku perbudakan di Rusia di abad XIX dalam novel Bednye Ljudi (1846) karya Fyodor Dostoevsky. Karya sastra digunakan sebagai media kritik. Novel ini menceritakan fenomena perbudakan pada bobroknya pemerintahan Rusia abad XIX. Penulis berhipotesis bahwa novel ini merupakan media Dostoevsky untuk mengkritik perbudakan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana novel Bednye Ljudi (1846) karya Fyodor Dostoevsky berfungsi sebagai kritik sosial yang dibuktikan dengan mendeskripsikan cerita dan menganalisisnya berdasarkan representasi tokoh dan penokohan, kritik sosial, dan sosiologi sastra. Hasil penelitian membuktikan bahwa Dostoevsky memberikan kritiknya terhadap perilaku perbudakan di abad XIX yang direpresentasikan melalui perilaku tokoh tuan tanah yang kejam terhadap tokoh budak.

This work examines the behavior of serfdom in Russia in the XIX century in the novel Bednye Ljudi (1846) by Fyodor Dostoevsky. Literary works are used as a medium of criticism. This novel tells of the phenomenon of serfdom in the dilapidated state of Russia in the XIX century. The author hypothesizes that this novel is Dostoevsky's medium to criticize slavery. The purpose of this study is to explain how the novel Bednye Ljudi (1846) by Fyodor Dostoevsky functions as a social critic as evidenced by describing the story and analyzing based on the representation of the characterization of the characters (characters and characterizations), analysis of social phenomena (social criticism), and its historical connection (sociology of literature). The results prove that Dostoevsky gave his critique of the behavior of serfdom in the XIX century which is represented in the behavior of the landlord character who is cruel to the serfs character.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library