Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 29 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Asteriska Devi Sugiri
"Outsourcing merupakan kegiatan yang saat ini menjadi suatu trend pada kalangan pelaku industri. Banyaknya perilaku yang menyimpang dalam pelaksanaan di organisasi-organisasi sejenis menyebabkan pemerintah hingga saat ini masih mencoba untuk terus menggodok peraturan mengenai outsourcing.
Dalam skala ekonomis outsourcing memberikan banyak manfaat bagi perusahaan penggunanya, jika mampu dikelola dengan baik. Keuntungan dalam hal biaya-biaya, fleksibilitas, dan peningkatan kualitas merupakan hal-hal yang diharapkan pelanggan dengan melakukan outsourcing.

Outsourcing nowadays has become a global trend. It is apparent that many organizations in Indonesia today are making the decision to outsource. This activity however has created some controversies. The government has been crying to monitor and create on going rules to control outsourcing activities in Indonesia, as there was some misconduct that we can easily find in this activity.
Outsourcing has created benefits for its user from economic scale point of view. Through outsourcing, companies today have the ability to develop competitive strategies. Outsourcing has provided many businesses with the opportunity to harvest the benefits of cost reduction, improve qualities, increase its flexibilities, and other benefits that can improve the organization performance in achieving its goals.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T 25520
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andy Komala
"Karya akhir ini mempunyai tujuan utama untuk memformulasikan struktur organisasi terbaik bagi MEB yang dapat meningkatkan customer intimacy antara MEB dgn pelanggan / reseller dengan menganalisis existing struktur dan orientasi strategi perusahaan. Hal ini dikaitkan dengan permasalahan dalam struktur organisasi MEB sekarang ini yang kurang mendukung adanya pengembangan strategi customer focused organization. Hal ini disebabkan peran dan tanggung jawab sales people MEB yang terlalu banyak dan tidak fokus sehingga membuat sales people menjadi tidak optimal dalam hal pencapaian kinerja, produktivitas perusahaan dan tentunya peningkatan kualitas hubungan dengan para pelanggan.
Studi karya akhir ini merupakan penelitian kualitatif dimana proses penelitian dimulai dari tahapan pendefinisian permasalahan, penentuan jenis data, penentuan metode pengumpulan data, penentuan teknik analisis dan unit analisis yang akan digunakan. Untuk pengumpulan data digunakan metode observasi, indepth interview, dan studi pustaka. Metode observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas bisnis keseharian di MEB oleh penulis sebagai pelaku marketing. Untuk indepth interview dilakukan terhadap pihak-pihak yang terlibat di dalam proses bisnis yang sedang berjalan saat ini di MEB dengan mengajukan serangkaian pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Sedangkan untuk studi literaturnya menggunakan teori yang berkaitan dengan perancangan struktur organisasi baru MEB.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan perlu adanya perubahan orientasi strategi dan struktur organisasi MEB menggunakan integrated strategic change process untuk menciptakan suatu nilai tambah untuk mencapai competitive advantage yang memungkinkan long term sustainable success. Dimana competitive advantage dapat dicapai dengan menjadikan MEB sebagai organisasi yang fokus pada pelanggan (customer focused organizatiori).

The main purpose of this thesis is to formulate the best structural organization for MEB that can increase customer intimacy between MEB and it’s reseller through analyzing current existing structure and company strategic orientation. Related to these objectives, there are problems in MEB existing structural organization that are not supporting customer focused organization development. This situation happen because MEB sales people role and job description are too much and not focus enough, hence these sales people will not achieve high performance, productivity and increased relationsip with customer.
This thesis is using qualitative approach. The process start with problem Identification, defining type of data, defining methods to gather data, defining unit and analysis technique. Observation and indepth interview are methods of data gathering. Observation method is used to observe daily business activity whereas indepth interview is done by asking series of questions that involves parties in MEB business process.
At the end of this research, we came up with a conclusion that MEB needs a change of strategic and structural organization using integrated strategic change process to create added value. This added value is used to achieve competitive advantage that can leads to long term sustainable success. This all can be done by changing MEB to become customer focused organization.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26514
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lily Andiana Sari
"Karya akhir ini membahas tentang evaluasi penerapan outsourcing di Departemen GA Bank XYZ cabang Jakarta pada fungsi non-official seperti penjaga keamanan, petugas kebersihan dan supir dengan menggunakan metode analisis biaya manfaat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan outsourcing sudah tepat, karena merupakan kegiatan bukan inti dan menghasilkan penghematan biaya. Dengan langkah ini, Bank XYZ dapat lebih fokus pada kegiatan inti yang dapat mendukung tercapainya keunggulan bersaing melalui kompetensi inti. Saran dari penelitian ini adalah perlunya peraturan tambahan, studi banding, pemeriksaan secara berkala, peningkatan pelaksanaan standar prosedur, dan peningkatan hubungan kerjasama menjadi rekan bisnis.

This thesis discussed the evaluation of outsourcing activities in GA Departement of Bank XYZ Jakarta Branch for security guard, cleaning Service dan driver using cost and benefit anaiysis. This research is qualitative descriptive interpretive. The result is to outsource this task is a right decision, because categorized as non-core business and impact to cost saving. By doing this, Bank XYZ will be more focus on their core business that can enhance the compatitive advantage through their core competence. The researcher suggests additional rules, benchmarking, periodical review, enhancement the awareness of standar procedures dan change the relationship become business partner."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26507
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Purwo Arrifunatiq
"Tesis ini membahas strategi yang dapat dilakukan untuk memperoleh pertumbuhan. Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Masalah yang dibahas adalah dampak krisis ekonomi global yang terjadi sejak pertengahan tahun 2008 yang menimpa hampir semua aspek ekonomi termasuk bidang usaha tidak terkecuali PT Jico Agung sebagai perusahaan distribusi produk konsumsi. Produk impor sebagai salah satu jenis produk yang dipasarkan oleh PT Jico Agung dianggap produk yang terkena dampak yang cukup signifikan atas terjadinya krisis ekonomi global. Hal ini diperparah dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 56/M-DAG/PER/12/2008 yang mengatur tentang ketentuan impor barang tertentu dimana produk impor makanan dan minuman termasuk salah satu yang diatur di dalamnya. Bertolak belakang dengan kondisi tersebut di atas, manajemen PT Jico Agung justru mensyaratkan adanya pertumbuhan penjualan produk impor sebesar seratus persen untuk target tahun 2009. Dari hasil penelitian menyarankan bahwa dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan usahanya baik eksternal maupun internal serta memperhatikan bisnis intinya, maka PT Jico Agung dapat melakukan strategi pertumbuhan dengan melakukan strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar.

This thesis analizes strategy options of company in gaining growths. By using a qualitative approach, this study took PT Jico Agung as a case study. The company problem began when global economic crisis started in the mid of year 2008 and affected almost all economic aspects included busincss area. PT Jico Agung as a consumer goods distribution company also affected highly by this crisis. Import products as one of PT Jico Agung products portfolio was considered to be products which were affected more significantly than others. This situation became worst when Indonesian Government through its Trading Minister launched Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 56/M- DAG/PER/12/2008 regulated particular import products where food and drink products category was one of others four which was stated in that regulation. Contrast with the situation above, PT Jico Agung management put a double growth of import products sales in their business plan for the year 2009. This research resulted with an advice by considering its business environments and its core business that PT Jico Agung could choose a growth strategy by doing market penetration and market development strategy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26503
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Retrian Nugraha
"Thesis ini membahas perubahan sistem administrasi yang terjadi pada distributor Tupperware didalam membangun sistem yang terintegrasi antara Distributor dengan PT. Cahaya Prestasi Indonesia. Penelitian ini adalah gabungan dari penelitian eksploratori dan penelitian deskriptif. Hasil penelitian adalah bahwa perpindahan dari sistem DIMAS ke DIMAS2 telah mengurangi pekerjaan manual, tetapi didalam implementasinya perlu dilakukan pendekatan dan pelatihan kepada user agar tidak terjadi penolakan terhadap perubahan dan sistem baru perlu juga dilakukan pengembangan lebih lanjut untuk mengurangi kekurangan-kekurangannya.

The focus of this study is the changes made in administration system that happened at distributor of Tupperware in developing integrated system between distributors with PT. Cahaya Prestasi Indonesia. This research is aliance of research of exploratory and descriptive research. Result of research is the change of system DIMAS to DIMAS2 have lessened work of manual, but in its implementation require training and approach to the user in order avoid deduction to the new system and Dimas2 need further development to iessen its insuffiencys."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26502
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sonny Herlambang
"Tesis ini membahas mengenai bagaimana mengidentifikasi dan mengevaluasi biaya mutu (cost of quality) dari proses fabrikasi struktur menara telekomunikasi dan transmisi agar dapat meningkatkan efisiensi perusahaan. Dari hasil pengidentifikasian biaya mutu pada PT. Citramasjaya Teknikmandiri, terlihat bahwa walaupun biaya pencegahan (prevention costs) yang telah dikeluarkan cukup besar dan bahwa biaya kesalahan eksternalnya (external failure costs) sudah sempurna, yaitu 0%, namun jumlah biaya pemeriksaannya (appraisal costs) masih sangat tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa kegiatan dan prosedur pelaksanaan mutu dalam perusahaan secara umum berjalan kurang efektif. Seharusnya dengan dengan biaya pencegahan (prevention costs) yang cukup besar, sudah dapat menghasilkan failure costs (internal dan eksternal) yang sangat kecil bahkan bila memungkinkan adalah mencapai 0 (zero defect).

This study discusses about how to identify and evaluate cost of guality ifom telecommunication and transmission of structure tower’s fabrication processes in order to increase factory’s efficiency. From many types of Cost of quality at PT. Citramasjaya Teknikmandiri, it can be seen that even though the prevention costs were relatively high and their Extemal Failure Costs were perfect : 0%, but the appraisal costs was also still very high. This indicated that the activities and procedures of the quality improvement at PT. Citramasjaya Teknikmandiri was less effective. With high Prevention costs logically Appraisal costs should be lower and the zero defect could possibly achieved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26499
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Reza Soanganon
"Pada awalnya industri jasa layanan telekomunikasi di Indonesia merupakan industri yang highly regulated dan dimonopoli oleh badan usaha milik negara (BUMN). Setelah adanya perubahan terhadap Undang-Undang Telekomunikasi selain pelepasan monopoli di industri tersebut dampak lainnya adalah dilepaskannya penetapan harga dari Pemerintah. Penetapan biaya jasa layanan telekomunikasi yang selama ini diatur oleh Pemerintah akan diserahkan kepada mekanisme pasar. Akibat dari perubahan kebijakan tersebut dan didukung oleh perkembangan teknologi telekomunikasi seluler dengan masuknya teknologi GSM 1800, GSM 2G, 2,5G dan saat ini 3G maka, industri jasa layanan telekomunikasi di Indonesia mulai maju dengan pesat dengan munculnya pemain-pemain baru pada industri ini seperti PT. Excelkomindo, Mobile 8 dan Bakrie Telkom.
Melihat potensi pasar Indonesia dengan 220 juta penduduk, tarif harga yang tinggi dan masih rendahnya tingkat penggunaan jasa ini menarik perusahaan 'X' untuk memasuki pasar jasa layanan telekomunikasi seluler di Indonesia. Perusahaan 'X' dengan pengalamannya sebagai operator jasa layanan telekomunikasi seluler di beberapa negara Eropa dan Asia Pasifik masuk ke pasar jasa layanan telekomunikasi seluler Indonesia dengan memposisikan diri sebagai perusahaan yang inovatif dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan 1 (satu) juta pelanggan pada tahun pertama perusahaan tersebut beroperasi.
Karya akhir ini akan membahas faktor-faktor kesuksesan dan keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan 'X'. Kemudian hal yang menarik adalah proses segmentasi, targeting dan positioning yang dilakukan oleh perusahaan 'X' dalam menganalisa pasar dan industri telekomunikasi di Indonesia. Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penulisan karya akhir ini adalah riset kualitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui in depth interview dengan general manager product perusahaan 'X' untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sulit dan mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai strategi dari perusahaan tersebut.

At first Indonesian telecommunication service industry was highly regulated and monopolized by stated own company. After the government changes its policy, the monopoly was released, and the price that has been set by the government was lifted. The price of that service was given to the market to be set. Due to the changes of the policy and the technology growth in cellular communication such as GSM 1800, GSM 2G, 2,5G and now 3G made the cellular telecommunication in Indonesia accelerates with the emerge of new player such as PT. Excelkomindo, Mobile 8 dan Bakrie Telkom.
Indonesian market has 220 million populations, higher price rate compare to the other Southeast Asian countries and low penetration rate was the reasons of 'X' company entering Indonesian market. With the experience as an international telecommunication operator in several European and Southeast Asia countries, 'X' company is entering the market and positioning it self as an innovation company that have a reasonable price in order to get 1 (one) million customer in the first year of its operations.
This dissertation analyzes the key success factors of how 'X' company entering Indonesian market. Then, the interesting part is the segmentation, targeting and positioning process that 'X' done in analyzing market and telecommunication industry in Indonesia. The method that use in this research is qualitative research through information gathering form in depth interview with 'X' company product general manager to get all the answers of the hard question and have clearer understanding about the company strategy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26612
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Filia Barkhalila
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai tingkat kepentingan resources dan capability yang berkaitan dengan kegiatan supply chain hilir Pertamina pada fungsi Integrated Supply Chain PT. Pertamina (Persero). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dikembangkan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa resource dan capability yang dimiliki oleh PT. Pertamina (Persero) dinilai memiliki tingkat kompetitif yang hampir sama dibandingkan dengan rata-rata pesaing dalam industri. Dalam penelitian ini juga dijelaskan pentingnya melakukan analisis pagu patok (benchmarking} terhadap kompetitor yang bertujuan untuk dapat mengembangkan proses bisnis yang telah ada guna meningkatkan daya saing perusahaan: Hasil penelitian ini menyarankan untuk meneliti tingkat kepentingan resource dan capability dengan format identifikasi yang lebih spesifik lagi.

ABSTRACT
The focus of this study is about the strategic importance of resource and capability related to Pertamina's downstream supply chain activities on Integrated Supply Chain Function of PT. Pertamina (Persero). This study is developed with qualitative research and descriptive analysis. The study found that resources and capability owned by PT. Pertamina (Persero) were considered to have a similiar competitive level as compared to the average competitor in the industry. This study also described the importance of conducting benchmarking analysis against competitors in order to be able to develop the existing business processes to improve the competitiveness of company. These results suggest to investigate the importance of resource and capability to identify as the source of competitive advantages of the company with more specific fonnat identification."
2012
T44135
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Murti Wulandari
"ABSTRAK
Saat ini Generasi Y telah mengisi hampir 50% struktur organisasidan tingkat turnover tertinggi berada pada Generasi ini. Hal ini juga yang dialami PT XYZ dengan jumlah karyawan Generasi Y sebanyak 48,6% dari total populasi karyawan dimana mayoritas merupakan knowledge worker.
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh antara Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Intention Turnover pada unit kerja Base Maintenance. Unit ini yang merupakan salah satu unit yang didominasi knowledge worker dan memiliki turnover tertinggi selama periode tiga tahun terakhir.
Hasil penelitian Generasi Y menunjukkan Kepuasan Kerja tidak berpengaruh secara langsung terhadap Turnover Intention tetapi dimediasi oleh Affective Commitment sebagai bagian dari Komitmen Organisasi. Semakin tinggi tingkat kepuasan Kepuasan Kerja maka akan meningkatkan Affective Commitment yang berdampak pada turunnya Turnover Intention pada karyawan.

ABSTRACT
Currently, Generation Y has filled nearly 50% of organizational structure and contributed high turnover rate in Organization. PT XYZ also experienced this condition in which Generation Y employees consists as much as 48.6% of the total employee population and mostly are knowledge workers.
This study was conducted to investigate the influence of Job Satisfaction and Organizational Commitment on Turnover Intention in the unit Base Maintenance. The unit is one of units that dominated by knowledge workers and has the highest turnover for the last three years.
This research found that Generation Y shows no direct relation between Job Satisfaction and Turnover Intention. Affective Commitment as part of Organizational Commitment shown as a mediator between them. The higher the level of Job Satisfaction the more Commitment Affective will increase so it will decrease the employee Turnover Intention for the Generation Y.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>