Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 54 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indri Yanti Setiawan
Abstrak :
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan dampak dari kebijakan ekonomi yang dibuat oleh Macron selama menjabat sebagai Menteri Ekonomi, Pembaruan Industri & Digital dan ketika menjabat sebagai Presiden Prancis dalam perkembangan perusahaan dompet digital atau fintech di Prancis. Metode yang digunakan yakni kualitatif dengan menggunakan teori analisis dampak kebijakan dari Suharto dan konsep fintech dari Arner, et.al. sebagai pengantar ke dalam analisis dompet digital di Prancis. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum Macron menjadi Menteri, di tahun 2013 perusahaan dompet digital hanya mendapatkan dana dari investor sebesar 29 juta euro. Peningkatan semakin sangat besar dan cepat berkembang dimulai tahun 2015 setelah Macron menjadi Menteri Ekonomi, Pembaruan Industri & Digital saat dana dari investor yang terkumpul mencapai 132 juta euro. Setelah Macron menjadi Presiden Prancis, dompet digital bahkan semakin meningkat lagi sehingga pada akhir tahun 2019 berhasil mengumpulkan dana dari investor sebesar 2 miliar euro. Pencapaian tersebut diperoleh berkat kebijakan ekonomi bernama undang-undang “Macron” (pasal 43 dan 129) dan kebijakan République Numérique (pasal 40, 52 dan 94) yang diberlakukan pada saat Macron menjabat sebagai Menteri Ekonomi, Pembaruan Industri & Digital dan setelah menjadi Presiden Prancis. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa Macron sangat berhasil memutakhirkan perekonomian Prancis dalam bidang ekonomi digital. ......This article aims to explain the impact of an economic policy implemented by Emmanuel Macron during his mandate as Minister of the Economy, Industry & Digital Affairs and as President of France, on his capacity to develop financial technology and digital wallet in France as a part of his attention to advance French economic. The Article applied qualitative methodology using the analytical theory of Soeharto policy’s impact and Arner, et.al. concept about fintech as an introduction through analys of digital wallet in France. The research indicates that since 2013 the digital wallet company gained only 29 million euros funds from the investors before Emmanuel Macron took office as Minister of the Economy, Industry & Digital Affairs. A significant and speedy increase of 132 million euro funds from the investor began in 2015 following Macron’s appointment. After Macron’s election President of France, the digital wallet industry grew even more especially at the end of 2019 when the industry successfully collected 2 billion euro of investor funds. This is thanks to the economic policy named “Macron” Law (article 43 and 129) and République Numérique Policy (article 40, 52 and 94) adopted when Macron served as a Minister of the Economy, Industry & Digital Affairs and after being elected as President of France. The coclusion is that Macron succeeded in updating and improving French economy in the digital economy.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rachel Diercie Dwyarie
Abstrak :
Artikel ini membahas gagasan lintas budaya yang dikemukakan dalam esai Place Cliche karya Jacques Godbout. Pemaparan artikel ini berpusat pada posisi narator-tokoh Aku yang berada di antara dua budaya. Pembahasan menunjukkan bagaimana konsep-konsep yang berhubungan dengan gagasan lintas budaya dikemukakan dalam teks, terutama dalam fokalisasi narator-tokoh Aku. Identitas narator-tokoh Aku yang berhubungan dengan kedua budaya diungkap melalui simbol-simbol yang merepresentasikan kedua budaya itu. Budaya Prancis dan Amerika yang menjadi bagian dari lintas budaya dihadirkan dalam stereotip-stereotip yang diungkapkan melalui fokalisasi tokoh dan struktur teks. Gagasan lintas budaya seperti identitas hibrid dan identitas in-between akan ditemukan dalam konstuksi identitas narator. Keberadaan unsur-unsur budaya tersebut menjadi landasan pembentukan identitas hibrid narator-tokoh Aku. Identitas in-between narator-tokoh Aku terbentuk dari adanya budaya Prancis dan Amerika. Identitas hibrid yang dimiliki narator-tokoh Aku membentuk identitas Quebec (Quebecois). Hal-hal tersebut diperoleh dari teori cultural studies yang dikemukakan Homi K. Bhabha dan Stuart Hall. Metode yang digunakan untuk mengungkap hal-hal tersebut adalah metode kualitatif dengan teori Analisis Wacana Kritis oleh Teun Van Dijk dan semiologi oleh Rolland Barthes.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ganda Jeremy Christopher
Abstrak :
ABSTRAK
Artikel ini membahas konstruksi habitus dan pergeseran posisi sosial tokoh Driss dalam film Intouchables oleh Olivier Nakache. Intouchables adalah film yang didasarkan pada kisah nyata seorang pria kaya yang cacat fisik dengan perawat pribadinya bernama Driss. Kedatangan Driss di rumah majikannya mengubah ruang sosialnya dan sedikit demi sedikit membentuk habitus baru di dalam dirinya. Menggunakan metode kajian sinema, analisis dimulai dengan memaparkan strategi naratif film yang mencakup elemen alur , penokohan , dan latar ruang-waktu. Alur film ini digerakkan oleh perkembangan hubungan Driss dan Philippe yang melibatkan dua latar belakang budaya yang berbeda. Dengan menggunakan konsep habitus dan kapital Pierre Bourdieu, hasil pembacaan lebih dalam menunjukkan konstruksi habitus baru Driss dalam relasinya dengan tokoh-tokoh lain di lingkungan sosial yang baru. Terlihat bahwa pembentukan habitus baru tidak dapat dipisahkan dari akumulasi kapital baru yang diperoleh Driss, dan kemampuannya untuk mengelola kapital ini, terutama kapital budaya. Peningkatan akumulasi kapital ini membuat posisi sosial Driss bergeser lebih tinggi.
ABSTRACT
This article discusses the construction of habitus and the shift in the social position of the figure Driss in the film Intouchables by Olivier Nakache. Intouchables is a film based on the true story of a rich man with a physical disability and his personal nurse named Driss. Driss' arrival at his employers house changed his social space and gradually formed a new habitus within him. Using the cinema study method, the analysis begins by presenting a film narrative strategy that includes flow elements, characterizations, and space-time settings. The flow of the film is driven by the development of the relationship between Driss and Phillipe which involves two different cultural backgrounds. By using Pierre Bourdieus concept of habitus and capital, the results of reading more deeply show the construction of Driss new habitus in relation to other figures in the new social environment. It is seen that the formation of a new habitus cannot be separated from the new capital accumulation obtained by Driss, and its ability to manage this capital, especially cultural capital. This increase in capital accumulation made Driss' social position shift higher.
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Tiara Salsabilla
Abstrak :
ABSTRAK
Film animasi kontemporer Prancis banyak mengangkat tema yang berkaitan dengan masalah keberagaman. Tulisan ini membahas mengenai identitas liyan dalam film animasi Prancis Ernest et Célestine. Tujuan penelitian ini adalah memperlihatkan pembentukan identitas liyan melalui wacana prasangka tentang perbedaan antara dunia beruang dan dunia tikus. Wacana prasangka dan perbedaan menegaskan Ernest, seekor beruang dan Célestine, seekor tikus, sebagai liyan yang tidak hanya berasal dari golongan yang berbeda, tetapi juga identitas liyan mereka di tengah kelompoknya sendiri. Menggunakan metode kajian sinema yang diperkuat dengan konsep liyan menurut Jean-François Staszak, penelitian ini mengungkap bahwa film Ernest et Célestine menawarkan wacana mulikultural yang realistis, sejalan dengan sulitnya mengubah wacana prasangka terhadap liyan dan sulitnya menerima perbedaan yang sudah menjadi bagian dari tradisi sebuah kelompok. ABSTRACT
Many contemporary French animated films raise themes related to the issue of diversity. This paper discusses the identities of other in the French animated film Ernest et Célestine. The purpose of this study is to show the formation of other identity through prejudice discourse about the differences between the world of bears and the world of rats. The discourse of prejudice and difference affirms Ernest, a bear and Célestine, a mouse, as others who not only come from different group, but also their other identities in the middle of their own group. Using the method of studying cinema that is reinforced by the concept of otherness according to Jean-François Staszak, this study reveals that the film Ernest et Célestine offers realistic multicultural discourse, in line with the difficulty of changing prejudice discourse against others and the difficulty of accepting differences that have become part of a group's tradition.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dhea Rizki Amalia
Abstrak :
ABSTRAK Suatu brand harus melewati sejumlah tahap untuk menjadi brand yang kuat, unik, disukai dan dikenali oleh konsumen. Tesis ini menganalisa brand Gucci, terutama bagian clothing line, tentang bagaimana merek tersebut mendapatkan posisi atas di pikiran target konsumen. Saya akan membahas tentang berbagai alat pemasaran yang Gucci pakai dan menggunakan teori untuk menjelaskan bagaimana Gucci dapat memperkuat ekuitas merek (brand equity) dengan cara tersebut. Tesis ini berisi analisa yang terdiri dari penjelasan, masalah yang ditemukan dan solusi yang sesuai dari setiap usaha pemasarannya. Analisa ini dihubungkan dengan piramida Customer-Based Brand Equity oleh Keller.
ABSTRACT A brand has to get through some steps to become a strong, unique, favorable and recognizable. This report analyzes Gucci, especially as a clothing line brand, on how they have top of mind consumer awareness. I am going to discussvarious marketing tools that Gucci useand use the theory to explain how the efforts strengthen Gucci s brand equity. This report is an analysis that consists ofthe explanation, the problem raised and the suitable solution from each tool used. The analysis is connected to the CustomerBased Brand Equity pyramid by Keller.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mareta Bella Puspita
Abstrak :
ABSTRAK Perang Dunia merupakan salah satu tema yang banyak diangkat dalam perfilman Prancis. Salah satu film yang mengangkat periode pasca-Perang Dunia I adalah film Frantz karya François Ozon. Artikel ini membahas tentang perang, trauma dan cara para tokoh untuk melepaskan diri dari kenangan buruk akan kematian akibat perang, khususnya yang melibatkan konflik antara Prancis dan Jerman yang direpresentasikan melalui tokoh Frantz. Metode kajian sinema dari Boggs dan Petrie digunakan untuk memaparkan struktur naratif film melalui analisis alur, penokohan dan latar. Selain itu, aspek sinematografis dengan analisis dialog dan mise en scène juga digunakan untuk memperlihatkan memori dan trauma yang dialami para tokoh. Konsep trauma perang dari Nigel C. Hunt digunakan untuk memperlihatkan bahwa trauma yang disebabkan oleh perang dapat mengubah pola pikir dan tingkah laku masyarakat. Hasil analisis memperlihatkan bahwa trauma akibat perang tidak hanya berdampak bagi individu, tetapi juga berdampak bagi masyarakat luas, menjadi memori kolektif yang sulit dihapuskan. Setiap usaha untuk menghapus dan membebaskan diri dari trauma perang akan berbeda tergantung penyebab dan dampak trauma tersebut.
ABSTRACT World War is one of the themes that often appear in French films. One of the films that convey the post-World War I period is the film of Frantz by François Ozon. This article discusses war, trauma and how the characters escape from bad memories of death due to war, especially those involving conflicts between France and Germany that represented by Frantz. The Boggs and Petrie cinema study methods is used to describe the narrative structures of the film through analysis of plot, characterizations and settings. In addition, cinematographic aspects with dialogue analysis and mise en scène are also used to show the memory and trauma experienced by the characters. The concept of war trauma from Nigel C. Hunt is used to show that trauma caused by war can alter people's mindsets and behaviors. The analysis shows that the trauma caused by war not only affects individuals, but also affects the wider community, becoming a collective memory that is difficult to forget. Every effort to cure and free yourself from the trauma of war will differ depending on the cause and impact of the trauma.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nilam Putri Puspitasari
Abstrak :
ABSTRAK Homoseksualitas menjadi salah satu tema yang banyak diangkat dalam perfilman Prancis. Salah satu film Prancis yang mengangkat tema homoseksualitas adalah La Belle Saison yang disutradarai oleh Catherine Corsini. Artikel ini membahas tentang benturan nilai-nilai konservatif dan nilai-nilai nonkonservatif di Prancis pada tahun 70-an terhadap isu homoseksualitas. Penggunaan metode kajian sinema dari Boggs dan Petrie diterapkan untuk memaparkan struktur naratif film yang mencakup elemen alur, penokohan, dan latar ruang-waktu. Konsep konflik dari Lewis A. Coser dan Thorsten Sellin digunakan untuk memperlihatkan bahwa benturan budaya yang terjadi dapat menentukan sikap dan pandangan seseorang. Hasil analisis memperlihatkan bahwa benturan yang terjadi akibat dari adanya dua budaya yang saling bertentangan belum dapat diselesaikan. Salah satu cara untuk menghindari konflik benturan tersebut adalah avoiding. Avoiding yang ditampilkan dalam film ini adalah salah satu pihak yang berkonflik lebih baik mundur dari wilayah yang menolak eksistensi homoseksualitas.
Homosexuality has become one of the themes that have appeared in many French films. One of the French films that raised the theme of homosexuality is La Belle Saison, a film directed by Catherine Corsini. This article discusses the clash of conservative values and non-conservative values in France in the 70s on the issue of homosexuality. Using the cinema study method of Boggs and Petrie, the analysis begins by describing the narrative structure of the film which includes elements such as, plot, characterization, also setting of space and time. By using the concept of conflict of Lewis A. Coser and Thorsten Sellin, it shows that the cultural clash that occurs can determine a persons attitudes and views. The results of the analysis showed that the clash that occurred as a result of the existence of two conflicting cultures could not be resolved. One way to avoid conflict from these conflicts is compromise. The compromise presented in this film is that one of the conflicting parties is better off from the region which rejects the existence of homosexuality
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Kartika Dewi
Abstrak :
Patriarki adalah sistem sosial yang menempatkan laki-laki sebagai pemegang kekuasaan dalam berbagai aspek. Posisi laki-laki yang lebih dominan ketimbang perempuan memunculkan praktik misogini. Artikel ini membahas wacana misogini yang diperlihatkan melalui respons tokoh laki-laki terhadap tindakan pemberontakan tokoh-tokoh perempuan dalam roman LÉcole des Femmes karya Andre Gide. Metode kualitatif diterapkan dalam artikel ini untuk membahas fokus kajian secara deskriptif dan mendalam. Dengan menggunakan pendekatan struktural dari Roland Barthes dan kajiannaratologi Gérard Genette, roman ini dikaji melalui aspek sintagmatik, paradigmatik, serta fokalisasi. Konsep misogini yang dikemukakan oleh Jack Holland digunakan dalam artikel ini untuk melihat praktik-praktik misogini yang muncul melalui usaha tokoh perempuan melepaskan diri dari otoritas laki-laki. Dalam menganalisis kekuasaan wacana misogini pada lingkup budaya patriarki, artikel ini juga menggunakan teori analisis wacana kritis dari Norman Fairclough yang difokuskan pada konteks dalam teks. Artikel ini mengungkapkan representasi wacana misogini yang membentuk pola pikir masyarakat, sehingga memiliki kekuasaan untuk mempertahankan sistem sosial patriarki.
Patriarchy is a social system that put men as the primary holder of power in every aspect. The position of men that is more dominant than womens evoke the practice of misogyny. This article discusses the discourse of misogyny shown by the male characters responses to the rebellion of female characters in the novel LÉcole des Femmes by André Gide. Qualitative methods are applied in this article to discuss the focus of the study in a descriptive and in-depth manner. Using the structural approach by Roland Barthes and the study of narratology by Gérard Genette, this novel will be examined through syntagmatic, paradigmatic, and focalisation aspects. The concept of misogyny by Jack Holland is used in this article to see misogyny practices arising from the efforts of female figures to break away from the authority of male. To analyze the power that discourse of misogyny holds in patriarchal culture, this article will also use Norman Faircloughs theory of critical discourse analysis focused on context in the text. This article finds that the representation of misogynys discourse shapes the societys mindset, therefore, it has the power to maintain patriarchy as a social system.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Syafira Maharani
Abstrak :
Pada tahun 1950-an, Nouvelle Vague dianggap sebagai salah satu gerakan sinematik paling berpengaruh dalam sejarah. Gerakan ini bertepatan dengan periode les trentes glorieuses yang membawa Prancis ke periode tiga puluh tahun keemasannya karena pertumbuhan ekonomi yang pesat. Artikel ini berfokus pada simbolisasi persahabatan dalam konteks multikultural dalam film Monsieur Ibrahim et les Fleurs du Coran oleh Eric-Emmanuel Schmitt. Monsieur Ibrahim et les Fleurs du Coran adalah sebuah film tentang seorang remaja lelaki Yahudi bernama Momo yang bersahabat dengan seorang pria Muslim tua bernama Ibrahim. Persahabatan yang ada di lingkungan multikultural menciptakan simbol persahabatan yang muncul secara implisit. Dengan menggunakan metode studi kajian sinema, analisis dimulai dengan menggambarkan struktur dan strategi naratif yang mencakup alur dan latar, kemudian aspek sinematografi meliputi visual, audio dan musik. Alur dalam film ini didorong oleh persahabatan Momo dan Ibrahim yang melibatkan latar belakang budaya yang berbeda. Dengan menggunakan studi semiotik oleh Roland Barthes, hasil analisis yang lebih dalam menunjukkan makna di balik objek persahabatan yang muncul di antara tokoh dalam film. Kemurnian, toleransi, dan filosofi kehidupan ditemukan dalam objek yang muncul dalam film. Aspek multikultural dalam film ini tidak hanya berisi tentang ras dan agama, tetapi juga hubungan antar generasi. ......In 1950s, Nouvelle Vague is considered as one of the most influential cinematic movement of history. This movement coincided with les trentes glorieuses period that brought France to thirty years of golden period because a rapid economic growth. This article focuses on the symbolization of friendship in a multicultural context in the film Monsieur Ibrahim et les Fleurs du Coran by Eric-Emmanuel Schmitt. Monsieur Ibrahim et les Fleurs du Coran is a film about a teenage Jewish boy named Momo who had a friendship with an old Muslim man named Ibrahim. The friendship that exists in a multicultural neighborhood creates a symbol of friendship that appears implicitly. Using the method of cinema study, the analysis begins by describing the structure and narrative strategy that includes plot and settings, then the cinematographic aspects include the visual, audio and music illustration. The plot of the film is driven by the friendship of Momo and Ibrahim that involves different cultural backgrounds. By using semiotic study by Roland Barthes, the results of deeper analysis show the meaning behind the object of friendship that appears between the characters of the film. Purity, tolerance, and philosophy of life are found in the object that appears in the film. The multicultural aspects in the film are not only contain about race and religion, but also intergenerational-friendly relations.menggunakan metode studi kajian sinema, analisis dimulai dengan menggambarkan struktur dan strategi naratif yang mencakup alur dan latar, kemudian aspek sinematografi meliputi visual, audio dan musik. Alur dalam film ini didorong oleh persahabatan Momo dan Ibrahim yang melibatkan latar belakang budaya yang berbeda. Dengan menggunakan studi semiotik oleh Roland Barthes, hasil analisis yang lebih dalam menunjukkan makna di balik objek persahabatan yang muncul di antara tokoh dalam film. Kemurnian, toleransi, dan filosofi kehidupan ditemukan dalam objek yang muncul dalam film. Aspek multikultural dalam film ini tidak hanya berisi tentang ras dan agama, tetapi juga hubungan antar generasi.
ABSTRACT
In 1950s, Nouvelle Vague is considered as one of the most influential cinematic movement of history. This movement coincided with les trentes glorieuses period that brought France to thirty years of golden period because a rapid economic growth. This article focuses on the symbolization of friendship in a multicultural context in the film Monsieur Ibrahim et les Fleurs du Coran by Eric-Emmanuel Schmitt. Monsieur Ibrahim et les Fleurs du Coran is a film about a teenage Jewish boy named Momo who had a friendship with an old Muslim man named Ibrahim. The friendship that exists in a multicultural neighborhood creates a symbol of friendship that appears implicitly. Using the method of cinema study, the analysis begins by describing the structure and narrative strategy that includes plot and settings, then the cinematographic aspects include the visual, audio and music illustration. The plot of the film is driven by the friendship of Momo and Ibrahim that involves different cultural backgrounds. By using semiotic study by Roland Barthes, the results of deeper analysis show the meaning behind the object of friendship that appears between the characters of the film. Purity, tolerance, and philosophy of life are found in the object that appears in the film. The multicultural aspects in the film are not only contain about race and religion, but also intergenerational-friendly relations.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Adianti Putri
Abstrak :
Artikel ini membahas tentang pidato Presiden Prancis Nicolas Sarkozy yang berjudul Le bilan de lannee 2008, en particulier laction de la France a la présidence de lUE au moment de la crise financière mondiale, et sur les defis annoncés pour 2009 notamment en terme demploi. Pidato ini disampaikan pada tanggal 31 Desember 2008 sebagai pidato akhir tahun yaitu, les voeux du président de la Republique yang berisi evaluasi tahun 2008 serta pembahasan sikap Prancis terhadap krisis finansial 2008. Tujuannya adalah untuk melihat apakah ada atau tidak pernyataan yang cenderung rasis dalam pidato ini yang sering ditemukan pada pidato lain Sarkozy, mengingat saat itu dia juga menjabat sebagai presiden Uni Eropa. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan metodenya adalah analisis wacana kritis dengan mengunakan teori analisis wacana kritis dari Wodak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernyataan rasis tidak nampak di sepanjang pidatonya. Temuan adalah pernyataan-pernyataan yang mengandung ajakan untuk meningkatkan solidaritas dan nasionalisme.
This article discusses the speech of French President Nicolas Sarkozy entitled Le bilan de lannee 2008, en particulier laction de la France a la presidence de lue moment de la crise financiere mondiale, et sur les défis annoncés pour 2009 notamment en terme demploi . This speech was delivered on December 31, 2008 as a year-end speech namely, les voeux du président de la Republique which contained an evaluation of 2008 as well as a discussion of Frances attitude towards the 2008 financial crisis. in this speech, bearing in mind that at the time he also served as president of the European Union and at that time France and other European countries were facing a financial crisis. The approach used is qualitative and the method is critical discourse analysis using the theory of critical discourse analysis from Wodak. The results showed that racist statements did not appear throughout his speech. The findings are statements which contain an invitation to increase solidarity and nationalism.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>