Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 70 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gracesellia Rianauli
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan terhadap biaya audit perusahaan di Indonesia. Struktur kepemilikan perusahaan diukur dengan persentase kepemilikan dari tiga tipe pemegang saham, yakni keluarga, pemerintah, dan institusi. Sampel penelitian terdiri dari 114 perusahaan dengan total observasi sebanyak 217 firms-years dengan data unbalanced panel. Sampel diambil berdasarkan pengungkapan biaya audit perusahaan pada laporan tahunan periode 2011, 2012, dan 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi kepemilikan mempengaruhi biaya audit secara signifikan. Kepemilikan keluarga, kepemilikan pemerintah, dan kepemilikan institusi mempengaruhi biaya audit secara negatif signifikan.
This study aimed to examine the effect of ownership structure on the Indonesian firm?s audit fee. The structure of corporate ownership is measured by the percentage of ownership of three types of shareholders, namely the family, government, and institutions. The sample of this study consisted of 114 companies with a total of 217 firms-years observation. This study use unbalanced panel data. Samples were taken based on the disclosure of audit fees in the company's annual report for the period 2011, 2012, and 2013. The results show that concentration of ownership affect firm?s audit fee significantly. It shows that family ownership, government ownership and institutional ownership affecting audit costs negatively.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57306
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Hadi
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis pengaruh perubahan kas normal dan abnormal di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang meliputi 81 perusahaan periode 2010-2013. Perubahan kas perusahaan dipicu oleh dua faktor yaitu faktor fundamental perusahaan (perubahan kas normal) dan faktor keagenan (perubahan kas abnormal). Masing-masing perubahan kas tersebut dipisahkan menjadi perubahan kas yang menambah saldo kas dan perubahan kas yang mengurangi saldo kas Diprediksikan bahwa perubahan kas abnormal akan membuat laba masa depan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan pengaruh perubahan kas normal terhadap laba masa depan. Hal ini disebabkan karena perubahan kas yang dipicu oleh faktor keagenan akan membuat perusahaan memiliki penumpukan kas atau kekurangan kas sehingga membuat saldo kas bergerak menjauhi saldo optimal. Hasil dari fixed effect regression model menunjukkan bahwa perubahan kas abnormal positif berpengaruh negatif signifikan terhadap laba masa depan. Hasil lain menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perubahan kas normal baik positif dan negatif dan perubahan kas abnormal negatif terhadap laba masa depan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman bahwa pengaruh negatif perubahan kas abnormal positif terhadap laba masa depan dapat menjadi perhatian bagi peningkatan efektifitas corporate governance dalam perusahaan sehingga dapat meminimalisir terjadinya perubahan kas yang dapat menyebabkan penumpukan kas.
This study investigates the impact of normal and abnormal changes in cash on listed manufacturing company future income including of 81 companies over the Period 2010-2013. Changes in cash are driven by 2 factors which are fundamental factor (normal changes in cash) and agency factor (abnormal changes in cash). That cash changes is disaggregated to cash changes that add cash balance and cash changes that reduce cash balance. It is predicted that abnormal changes in cash has more negative impact to future earning than normal changes in cash. The reason is abnormal changes in cash makes firm has unwarranted cash stockpile and suboptimal cash reduction that makes cash balance move away from optimal cash balance. The result shows that positive abnormal changes in cash has significant negative impact to future earning. The result also shows that normal changes in cash and negative abnormal changes in cash does not have significant impact to future earning. The implication of this study may give knowledge that negative impact of positive abnormal changes to future earning can be consideration for companies to improve their corporate governance to minimize stockpile of cash.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57267
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihite, Muhammad Faisal
Abstrak :
Penelitian ini menguji pengaruh pimpinan dan komposisi wanita pada dewan direksi, dewan komisaris, dan komite audit terhadap kualitas laba. Pengukuran kualitas laba yang digunakan dalam penelitian menggunakan tiga model akrual diskresioner yang terdiri dari model Jones, model Modified Jones dan model Dechow-Dichev. Penelitian ini menggunakan data panel sebanyak 300 perusahaan non-keuangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia selama 3 tahun (2012-2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komisaris utama memiliki asosiasi positif dengan kualitas laba. Hasil penelitian juga menunjukan proporsi wanita pada dewan direksi, dewan komisaris dan komite audit berpengaruh positif terhadap kualitas laba.
This research test the effect of female composition and female leadership on board directors, board of commissioners, and audit committe on earning quality. Earnings quality are measured using 3 models discrestionary-accruals i.e Jones model (1991), Modified Jones model (1995) and Dechow-Dichev model (2002). This research uses 300 non-financial companies which listed in Indonesia Stock Exchange, during the research period (2012-2014). The result shows female chief of commissioner brings possitive impact on earnings quality. The result also shows that the proportion of female sits on board directors, board commissioners and audit committe have possitive effect on earning quality.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61563
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Dzarin Fadhilah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti fungsi Excel manakah yang dirasakan penting dan berguna bagi pegawai baru. Survei dilakukan terhadap akuntan publik di the big four dan juga mahasiswa S1 akuntansi dari Universitas Indonesia dan universitas lainnya di Indonesia untuk mengukur persepsi mereka terkait pentingnya, pengetahuan, dan penggunaan Excel di kantor akuntan publik. Peneliti menemukan responden akuntan publik percaya bahwa basic formula, filter and sort data, vertical horizontal lookup, pivot table, keyboard shortcuts, dan format functions merupakan fungsi-fungsi yang paling penting dalam mendukung pekerjaan mereka di kantor akuntan publik. Sedangkan mahasiswa cenderung tidak menganggap penting beberapa fungsi yang akuntan publik persepsikan penting.
ABSTRACT This research aims to investigate which Excel functions that perceived to be important and useful for new hires. This study conducts a survey to public accountants in the big four and also undergraduate accounting students from Universitas Indonesia and other universities to measure their perceptions about Excel importance, knowledge, and usage in accounting firms. This study finds that public accountants perceive that basic formula, filter and sort data, vertical horizontal lookup, pivot table, keyboard shortcuts, and format functions are the most important functions that support their tasks in accounting firms. This study also finds that students tend to underestimate several functions that are perceived as important by public accountants.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S66133
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Rachma Nisita
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan utang dalam struktur modal terhadap agency cost pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010 yang mengalami financial distress maupun yang tidak mengalami financial distress. Agency cost diukur dengan dua proksi yaitu pertama, rasio biaya penjualan dan administrasi terhadap penjualan dan kedua, interaksi antara jumlah free cash flow dan tingkat pertumbuhan perusahaan. Jumlah sampel yang didapat adalah sebanyak 138 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan utang terhadap agency cost antara perusahaan yang mengalami financial distress dan perusahaan yang tidak mengalami financial distress. Namun kesimpulan ini hanya didapatkan dengan penggunaan proksi interaksi free cash flow dan tingkat pertumbuhan. Pada subsampel perusahaan yang tidak mengalami financial distress, penggunaan utang terbukti dapat menurunkan agency cost dengan menggunakan rasio biaya penjualan sebagai proksinya. Pada subsampel perusahaan yang mengalami financial distress, tidak ditemukan bukti bahwa penggunaan utang berpengaruh terhadap agency cost. This study aims to examine the effect of debt in capital structure to the agency cost of financial distress and nonfinancial distress companies. Agency cost is measured by two proxies: first, the ratio of selling and administrative expenses to sales, and second, the interaction between the amount of free cash flow and company growth rate. 138 manufacturing companies listed on the Stock Exchange in 2010 were used as samples. The results showed that there were differences in the effects of debt used to the agency cost between financial distress and nonfinancial distress companies. However, this finding was only obtained when I use interaction of free cash flow and growth rate as the proxy for agency cost. In the subsample of firms that do not experience financial distress, the use of debt is proven to reduce agency cost by using the ratio of selling and administrative expenses to sales as the proxy. There was no evidence that debt had a significant effect on agency cost in financial distress companies.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siagian, Tiffany Ruth
Abstrak :
ABSTRAK
Perencanaan dan pengujian audit sangat penting untuk proses audit. Dalam penugasan ini, saya akan membahas proses perencanaan dan pengujian audit BlueCircle Chemicals Ltd. berdasarkan informasi yang tersedia dan menerapkan prosedur audit yang relevan dalam praktiknya. Laporan ini akan menjelaskan risiko audit yang dapat diterima yang dinilai organisasi, risiko yang melekat, risiko pengendalian, dan analisis rasio.
ABSTRACT
Audit planning and testing is essential to the audit process. In this assignment, I am going to discuss BlueCircle Chemicals Ltd. s process of audit planning and testing based on available information and apply relevant audit procedures in practice. This report will describe the organization s assessed acceptable audit risk, inherent risk, control risk and analysis of ratios.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lovita Soraya Desideria
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan Magang ini membahas mengenai tahapan pengembangan Teknik Audit Berbantuan Komputer TABK pada Sistem Informasi Keuangan SIK di salah satu instansi pemerintah. Laporan ini juga membahas analisis kesesuaian antara tahapan pengembangan TABK yang dilakukan Firma ABC dengan kerangka pengembangan sistem oleh Romney dan Steinbart 2015 . Disimpulkan bahwa ada empat tahapan utama yang dilakukan untuk mengembangkan TABK yaitu Tahap Identifikasi, Tahap Diagnosis, Tahap Desain, dan Tahap Penyampaian. Pada Tahap Identifikasi, Tim Firma ABC memahami proses bisnis utama pada tiap modul yang ada pada SIK. Kemudian, dari setiap proses bisnis tersebut akan disusun risiko, tujuan, dan teknik pengujian TABK pada Tahap Diagnosis. Pada Tahap Desain, kebutuhan data dan script dari masing-masing risiko akan dibuat dan diuji. Tahap terakhir adalah Tahap Penyampaian dimana Tim Firma ABC melakukan presentasi hasil simulasi dan transfer knowledge serta menyampaikan script dan dokumen terkait. Secara umum, disimpulkan bahwa tahapan pengembangan TABK yang dilakukan sudah sesuai dengan kerangka pengembangan sistem oleh Romney dan Steinbart 2015 .
ABSTRACT
This report discusses the stages phases of the development of Computer Assisted Audit Techniques CAATs of Financial Information System FIS at a government institution. This report also discusses the conformity between the CAATs development as performed by Firma ABC and the system development framework described in Romney and Steinbart 2015 . This report concludes that there are four stages that are used to develop the CAATs, which are Identification Stage, Diagnosis Stage, Design Stage, and Delivery Stage. At Identification Stage, the development team studies system documents in order to understand the business process of each module in the FIS. Then, the team identifies the risks of each business process and develops the audit objective and procedures at Diagnosis Stage. At Design Stage, data requirements and script are developed and tested. The last stage is Delivery Stage in which the team presents the result of the simulation and transfers knowledge to the user. The team also delivers the script and related documents. Overall, the development stages of CAATs are consistent with the aforementioned framework on system development.
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Fitriani Ulfah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris atas pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial CSR dan aspek-aspek CSR terhadap credit spread obligasi korporasi di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel berupa obligasi yang diterbitkan periode 2012-2016 dan laporan tanggung jawab sosial perusahaan penerbit dalam periode yang sama. Penilaian pengungkapan tanggung jawab sosial pada penelitian ini menggunakan Global Reporting Initiative GRI tahun 2013 sebagai panduan penilaian komponen pada pengungkapan aspek-aspek tanggung jawab sosial berupa lingkungan, ketenagakerjaan, tanggung jawab produk, dan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tanggung jawab sosial memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap credit spread obligasi korporasi Indonesia. Selain itu, aspek tanggung jawab sosial berupa lingkungan hidup memiliki hubungan negatif tidak signifikan dengan credit spread obligasi korporasi Indonesia. Aspek ketenagakerjaan memiliki hubungan negatif signifikan dengan credit spread obligasi korporasi Indonesia. Aspek tanggung jawab produk memiliki hubungan negatif signifikan dengan credit spread obligasi korporasi Indonesia. Sedangkan aspek masyarakat memiliki hubungan positif tidak signifikan dengan credit spread obligasi korporasi Indonesia. ......The purpose of this research is to find empirical evidence on the effect of Corporate Social Responsibility CSR Disclosure and CSR Aspects on Credit Spread of Corporate Bond in Indonesia. This research takes bonds that issued in 2012 ndash 2016 and corporate social resposibility report in the same period. The scoring for corporate social responsibility disclosure is based on Global Reporting Initiative GRI 2013 as guidance for assessing components in CSR aspects environment, employment, product, and communities. As results from this research, there is evidence that corporate social responsibility has negative correlation with credit spread. Another result is environment aspect has negative correlation and not significant with credit spread of corporate bond in Indonesia. Employment aspect has negative correlation and significant with credit spread of corporate bond in Indonesia. Product aspect has negative correlation and significant with credit spread of corporate bond in Indonesia. Meanwhile communities aspect has positive correlation and not significant with credit spread of corporate bond in Indonesia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Yanna
Abstrak :
ABSTRAK
Sebagai bagian dari audit atas laporan keuangan PT STU tahun 2016, KAP ABC melakukan audit atas sistem informasi. Audit sistem informasi menguji pengendalian atas risiko yang berkaitan dengan sistem informasi. Pengendalian yang dinilai dalam proses audit sistem informasi tersebut adalah pengendalian umum dan pengendalian aplikasi. Pada laporan ini, pengendalian aplikasi yang dibahas adalah untuk area penjualan, piutang usaha, dan penerimaan kas serta financial statement close process. Dari audit sistem informasi tersebut, diperoleh hasil bahwa pengendalian yang terkait dengan sistem informasi di PT STU telah berjalan dengan efektif.
ABSTRACT
As part of audit of financial statements in PT STU for 2016, KAP ABC performed information system audit. Information system audit tests internal control to address risks associated with information system. Those controls are divided in to general control and application control. However, in this report, the application control discussed is for sales, trade receivables, and cash receipt and financial statement close process area. The result of information system audit show that internal control associated with information system in PT STU have been running effectively.
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Farrel Moechamad
Abstrak :
This internship report discusses the evaluation of the substantive procedures carried out by KAP NUMU on PT FRM cash and cash equivalent accounts for the period ending December 31, 2022. PT FRM is a mining company producing gold, silver, copper and minerals. The evaluation was carried out to compare the suitability of the KAP NUMU audit process with relevant concepts and applicable standards. Based on the evaluation that has been carried out, the audit procedures carried out by KAP NUMU on PT FRM TBK cash and cash equivalent accounts are in accordance with applicable auditing standards and relevant audit concepts. This report also discusses self-reflection to reflect the experience during the internship at KAP NUMU. ......Laporan magang ini membahas evaluasi prosedur substantif yang dilakukan oleh KAP NUMU terhadap rekening kas dan setara kas PT FRM untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2022. PT FRM merupakan perusahaan pertambangan yang memproduksi emas, perak, tembaga dan mineral. Evaluasi dilakukan untuk membandingkan kesesuaian proses audit KAP NUMU dengan konsep yang relevan dan standar yang berlaku. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP NUMU terhadap rekening kas dan setara kas PT FRM TBK telah sesuai dengan standar auditing yang berlaku dan konsep audit yang relevan. Laporan ini juga membahas refleksi diri untuk merefleksikan pengalaman selama magang di KAP NUMU.
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>