Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dhea Arinanda Dwi Putri
Abstrak :
Penyakit ginjal kronis merupakan masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Mahasiswa ilmu kesehatan yang sedang menempuh pendidikan saat ini, nantinya merupakan pemberi perawatan medis masa depan yang memberikan peran penting dalam pencegahan PGK di tingkat primer, sekunder, dan tersier pada pusat kesehatan. Sebagai calon tenaga professional dalam bidang kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien penyakit ginjal kronis, diharapkan memiliki pengetahuan yang mempuni untuk menjalankan tugas sebagai tenaga kesehatan dan sikap yang baik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki untuk menghadapi pasien PGK..Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengetahuan dan sikap mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan mengenai penyakit ginjal kronis di Universitas Indonesia. Desain Penelitian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif cross-sectional dengan self-administered online questionnaire. Dari 1963 responden, 369 responden mengisi kuesioner. skor total pengetahuan memiliki nilai rata-rata 8,68 ± 2,706 dari 15 item pertanyaan (P-value 0,001). skor total sikap mahasiswa adalah 33,56 (± 2,958) dengan median 34. Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara skor pengetahuan dengan variabel tahun angkatan yaitu p-value 0,001 (p < 0,05). Dan terdapat perbedaan bermakna secara statistik (p < 0,05) antara skor pengetahuan dengan sumber informasi dari buku/artike/jurnal dan kongres/seminar. Nilai skor sikap terendah adalah 22 dan skor tertinggi adalah 41(P-value 0,001). Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik antara skor sikap dengan variabel jenis kelamin yaitu p-value 0,009. ......Chronic kidney disease is a major global health issue. Health science students who are currently pursuing education will be the future medical care providers and play an important role in preventing CKD at the primary, secondary, and tertiary level in health centers. As future professional health workers who directly face patients with chronic kidney disease, they are expected to have adequate knowledge to perform their duties as healthcare workers and have a good attitude according to their abilities in dealing with CKD patients. This study aimed to assess the knowledge and attitude of health science students towards chronic kidney disease at the University of Indonesia. The research design used in this study was a cross-sectional descriptive design using a self-administered online questionnaire. Of the 1963 respondents, 369 responded by filling out the questionnaire. The average total knowledge score was 8.68 ± 2.706 from 15 questions (p-value 0.001). The total attitude score of the students was 33.56 (± 2.958) with a median of 34. There was a significant statistical difference between the knowledge score and the year of enrollment with a p-value of 0.001 (p < 0.05). And there was a significant statistical difference (p < 0.05) between the knowledge score and the information source from books/articles/journals and congresses/seminars. The lowest attitude score was 22 and the highest was 41 (p-value 0.001). There was a significant statistical difference between the attitude score and the gender variable with a p-value of 0.009.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafif Ghony Rahman
Abstrak :
Latar Belakang: Pada akhir Desember 2019, wabah pneumonia yang ditandai dengan demam, batuk kering dan kelelahan serta gejala gastrointestinal terjadi di pasar grosir makanan laut, Huanan, di wuhan, hubei, cina. organisasi Kesehatan Dunia menyatakan sebagai pandemi COVID-19 Pada 11 Maret 2020 (WHO,2020). Untuk mencegah penyebaran COVID-19 lebih lanjut, banyak negara telah menerapkan sejumlah protokol pencegahan, salah satunya social distancing dan kampanye stay at home. Hal tersebut berdampak terhadap sejumlah aspek tidak hanya terhadap bidang ekonomi, tetapi juga terhadap bidang pendidikan. Tujuan: Untuk Mengetahui hubungan pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi saat masa pandemi COVID-19 di Indonesia. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Analitik untuk mengetahui tentang hubungan pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar mahasiswa FKG saat pandemi COVID-19 di Indonesia dengan desain studi potong lintang (cross-sectional) untuk menjawab rumusan masalah serta mencapai tujuan dari penelitian. Kuesioner terdiri dari 48 pertanyaan. Digunakan uji korelasi melalui uji kendall’s taudengan melihat nilai p-value dan r (Koefisien korelasi) untuk analisis statistik. Hasil: Berdasarkan uji kendall's tau terdapat hubungan yang signifikan (p<0,05) antara pembelajaran jarak jauh dengan akademik motivasi dan sosiodemografi. Kesimpulan: Semakin baik tingkat pembelajaran jarak jauh maka semakin tinggi tingkat motivasi mahasiswa FKG selama masa pandemi COVID-19 di Indonesia. ......Background: At the end of December 2019, an outbreak of pneumonia characterized by fever, dry cough and fatigue as well as gastrointestinal symptoms occurred at the seafood wholesale market, Huanan, in wuhan, hubei, China. The World Health Organization declared a pandemic COVID-19 On March 11, 2020 (WHO,2020). To prevent the further spread of COVID-19, many countries have implemented a number of prevention protocols, one of which is social distancing and stay-at-home campaigns. This has an impact on a number of aspects not only in the economic field, but also in the education sector. Objective: To determine the relationship between distance learning and the learning motivation of Faculty of Dentistry students during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Methods: This study used a analytic research design to determine the relationship between distance learning and learning motivation of FKG students during the COVID-19 pandemic in Indonesia with a cross-sectional study design to answer the problem formulation and achieve the objectives of the study. The questionnaire consists of 48 questions. kendall’s tau correlation test was used by looking at the p-value and r (correlation coefficient) for statistical analysis. Results: Based on the Spartan test, there was a significant relationship (p<0.05) between distance learning and academic motivation and sociodemography. Conclusion: The better the level of distance learning, the higher the motivation level of FKG students during the COVID-19 pandemic in Indonesia.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Avisha Ayu Namira
Abstrak :
Latar Belakang: Altmetrics atau Alternative Metrics digunakan untuk melihat dampak sosial dari sutu penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dampak sosial dan perhatian online dari penelitian dalam bidang Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan. Metode: Melakukan pencarian artikel di Dimensions free app. Pencarian mencakup tujuh jurnal terkait yang terdaftar di SCImago Journal Rank dari tahun 2017 sampai 2021. 200 artikel pertama dengan nilai AAS (Altmetrics Attention Score) tertinggi beserta data terkait publikasi, topik dan tipe studi penelitian dikumpulkan. Data sitasi diambil dari Scopus. Hasil: Jurnal dengan perhatian online tertinggi yaitu Community Dentistry And Oral Epidemiology dan International Journal of Paediatric Dentistry. Sumber yang paling umum dalam nilai AAS adalah Twitter dan Outlet Berita. Topik yang paling umum yaitu Oral Hygiene dan Fluoride, dan tipe studi yaitu Observational Cross Sectional. Korelasi antara AAS dan sitasi di scopus sangat lemah (r = 0,211 and p < 0,05) Kesimpulan: Para peneliti dan editor jurnal harus mempertimbangkan penggunaan platform media sosial untuk menyebarluaskan hasil penelitian baik ke akademisi maupun non-akademisi. Altmetrics dapat dikombinasikan dengan metrik sitasi untuk memberikan gambaran dampak suatu penelitian secara komprehensif. ......Background: Altmetrics or Alternative Metrics are used to describe the social impact of a research. The aim of this study were to analyze the social impact and online attention to research in the fields of Dental Public Health and Preventive Dentistry. Methods: The articles were identifed by a search performed through the Dimensions Free App. The search included seven journals related to dental public health and preventive dentistry listed in the SCImago Journal Rank from 2017 to 2021. The 200 articles with the highest AAS (Altmetric Attention Score) collected and screened for data related to publication, topics, and study design research. Citations were harvested from Scopus. Results: Journals with the highest online attention are Community Dentistry and Oral Epidemiology and International Journal of Pediatric Dentistry. The most common sources of AAS scores were Twitter and News Outlet. The most common topics were Oral Hygiene and Fluoride, and the study design was Observational Cross Sectional. The correlation between AAS and scopus citation was poor (r = 0.211 and p < 0.05) Conclusions: Researchers and journal editor should consider using social platforms to disseminate their research among scholars and nonscholars. Altmetrics can be combined with citation metrics to provide a comprehensive assesment of the research impact.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silke Ramadhani Tresnatri
Abstrak :
Latar belakang: Merokok merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kesehatan termasuk pada gigi dan mulut. Jumlah perokok di Indonesia tinggi dan menurut Riskesdas (2013) usia pertama kali merokok paling tinggi di Indonesia adalah pada kelompok umur 15 – 19 tahun yang merupakan remaja. Selain itu, jumlah perokok yang merupakan pelajar di Bogor juga cukup tinggi. Oleh karena itu, perlu dilakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pada remaja khususnya siswa SMAN 3 bogor mengenai dampak merokok terhadap kesehatan gigi dan mulut menggunakan media poster. Tujuan: Mengetahui efektivitas poster melalui daring dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap dari siswa SMA mengenai dampak merokok terhadap kesehatan gigi dan mulut Metode: Dilakukan penelitian secara daring dengan kuesioner yang menggunakan desain studi pre-experimental dengan rancangan one group pretest-posttest design pada siswa SMAN 3 Bogor yang berusia 15- 19 tahun. Responden penelitian terdiri dari 410 orang yang dipilih melalui metode purposive sampling. Hasil: Berdasarkan uji Wilcoxon, terdapat perbedaan bermakna secara statistik pada rerata nilai pre-test dan post-test pengetahuan (p < 0,05) namun tidak ada perbedaan bermakna pada rerata sikap (p > 0,05). Berdasarkan uji Effect Size Cohen’s d, efektivitas poster dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai dampak merokok terhadap kesehatan gigi dan mulut relatif kecil. Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan namun tidak terjadi peningkatan sikap pada siswa SMAN 3 Bogor. Evektivitas poster dalam meningkatkan pengetahuan relatif kecil dan poster tidak efektif dalam meningkatkan sikap ......Background: Smoking is one of the risk factors that can cause a lot of problems in health including oral health. The number of smokers in Indonesia is high and according to Riskesdas (2013) the highest age group to start smoking is between 15 to 19 years old which is the teenager. Other than that, the number of smokers amongst students in Bogor is quite high. Based on those statements, the need to educate students in 3 Senior High School Bogor is important to increase the knowledge and attitude of the students about smoking effects on oral health by using poster as a media which was posted online. Objectives: To identify the effectivity of online posted poster in increasing knowledge and attitude of senior high school’s students about smoking effects on oral health. Methods: This research has been done through online questionaires by using preexperimental study with one group pretest-posttest design towards the students in 3 Senior High School Bogor aged 15-19. Result: Based on Wilcoxon test, there is statistically significant difference between the mean of pre-test and post-test score in knowledge (p < 0,05) but there is no statistically significant difference in attitude. Based on Effect Size Cohen’s d test, the effectivity of poster in increasing knowledge of the students about smoking effect on oral health is relatively small. Conclusion: There is an increase in knowledge but there is no increase in attitude of the 3 Senior High School Bogor’s students. Poster effectivity in increasing knowledge is relatively small and poster is not effective in increasing attitude.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irwina Nuryanti Husna
Abstrak :
Latar Belakang: Angka prevalensi karies gigi remaja hingga dewasa muda (usia 17-24 tahun) yang cukup tinggi di Indonesia yaitu sebesar 75,3%. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok rentan memiliki risiko karies gigi. Dalam penelitian responden merupakan mahasiswa fakultas kedokteran gigi. Oleh karena mahasiswa kedokteran gigi pada masa mendatang merupakan calon penyedia layanan kesehatan gigi dan mulut maka diharapkan untuk selalu menjaga motivasinya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut dimulai dari individu masing-masing. Media audiovisual merupakan alat yang penting dalam edukasi, terlebih dalam bidang kesehatan dan memiliki pengaruh jangka panjang pada target populasi yang diberikan edukasi melalui video. Pembelajaran yang menggunakan alat bantu audiovisual telah dibuktikan efektif dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan mulut sekelompok individu.Tujuan: Menganalisis efek penggunaan media video edukasi mengenai risiko karies gigi terhadap perubahan pengetahuan dan skor risiko gigi karies pada mahasiswa fakultas kedokteran gigi di Indonesia. Metode: Penelitian menggunakan desain quasi experimental jenis pretest-posttest serta pengamatan pada responden yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan intervensi berupa edukasi risiko karies gigi dengan video edukasi yang diakses melalui YouTube dan kelompok kontrol tanpa pemberian video edukasi. Hasil kedua kelompok diukur dan dibandingkan perbedaan pengetahuan dan skor risiko karies gigi. Hasil: Berdasarkan uji Wilcoxon, terdapat perbedaan bermakna secara statistik pada rerata nilai pre-test dan post-test tingkat pengetahuan mengenai risiko karies gigi dan skor risiko karies gigi di antara kedua kelompok (p<0,05).Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan mengenai risiko karies gigi dan penurunan skor risiko karies gigi pada mahasiswa. ......Background: The prevalence rate of dental caries in adolescents to young adults (aged 17–22 years) is quite high in Indonesia, about 75.3%. Students are one of the vulnerable groups at risk of dental caries. In the study the respondents were students of the dental faculty. Because dentistry students in the are prospective dental and oral health service providers, it is hoped that they will always maintain their motivation in maintaining oral health, starting with each individual. Audiovisual media is an important tool in education, especially in the health sector and has a long-term influence on the target population that is educated through video. Learning using audiovisual aids has been shown to be effective in increasing oral health knowledge of a group of individuals Aim: Analyzing the effects of using educational video media on the caries risk factors on changes in knowledge and risk scores for dental caries among dentistry students in Indonesia. Method:The study used a quasi-experimental design with pre-test and post-test types and observations of respondents consisting of two groups, namely the experimental group which was given an intervention in the form of dental caries risk education with educational videos accessed via YouTube and the control group without providing educational videos. The results of the two groups were measured and compared differences in knowledge and risk scores for dental caries. Result: Based on the Wilcoxon test, there was a statistically significant difference in the mean pre-test and post-test scores of the knowledge level regarding the risk of dental caries and the dental caries risk score between the two groups (p <0.05). Conclusion: There is an increase in knowledge about the risk of dental caries and a decrease in the risk score for dental caries in students.
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library