Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shitami Ambarsari
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara Keterlibatan Ayah dan Kompetensi Sosial pada remaja madya (15-17 tahun). Pengukuran keterlibatan ayah dilakukan menggunakan Nurturant Fathering Scale (NFS) dan Father Involvement Scale (FIS) (Finley & Schwartz, 2004), sedangkan kompetensi sosial menggunakan Interpersonal Competence Questionnaire (ICQ, Buhrmester, 2002). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 121 orang dengan karakteristik berasal dari keluarga utuh dan status sosial-ekonomi menengah ke atas. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keterlibatan ayah dan kompetensi sosial (r = 0,143, p>0,05; r = 0,109, p>0,05; r = -0,07, p>0,05; r = 0,03, p>0,05). Namun keterlibatan ayah ditemukan berhubungan secara signifikan dengan salah satu dimensi dari kompetensi sosial, yaitu kemampuan membangun hubungan baru. Berdasarkan domain keterlibatan, domain afektif memiliki nilai korelasi yang paling besar dengan kompetensi sosial (r = 0,143).
This research was conducted to examine the relationship between father involvement and social competence in middle adolescence (15-17 years old). Researcher used Nurturant Fathering Scale (NFS) and Father Involvement Scale developed by Finley and Schwartz (2004) to measure father involvement. Whereas social competence was measured by Interpersonal Competence Questionnaire-Revised developed by Buhrmester (2002). The participants of this research are 121 high school students from intact families and middle to high social class (SES). The results showed no significant relationship between father involvement and social competence (r = 0,143, p>0,05; r = 0,109, p>0,05; r = -0,07, p>0,05; r = 0,03, p>0,05). However, father involvement was found to have a significant correlation with one dimension of social competence, that is initiating relationship. Based on domain of father involvement, affective domain has the biggest coefficient of correlation with social competence (r=0,143).
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S46847
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wirdatul Anisa
Abstrak :
Penggunaan internet di Indonesia kini semakin meningkat dan sebagian besar penggunanya adalah remaja. Internet memiliki dampak positif jika digunakan sesuai dengan fungsinya, tetapi di sisi lain penggunaan internet dapat menyebabkan kecanduan internet. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial dapat mencegah terjadinya kecanduan internet pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perceived social support dan kecanduan internet pada remaja, serta hubungan dari keduanya. Penelitian ini dilakukan pada 148 remaja usia 18-22 tahun di Jakarta. Alat yang digunakan untuk mengukur perceived social support adalah Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan untuk kecanduan internet adalah Internet Addiction Test (IAT). Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar partisipan memiliki tingkat perceived social support yang sedang dan tingkatkecanduan internet yang ringan, serta tidak ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara perceived social support dan kecanduan internet.
Currently there is a significant increase in internet use in Indonesia and the majority users are adolescents. Internet has positive impact when used in accordance with its function, but in other hand excessive use of internet may result in internet addiction. Several research shows that social support can prevent internet addiction in adolescents. This study aim to examine level of perceived social support and internet addiction and the correlation of perceived social support and internet addiction. This study was conducted on 148 adolescents age 18-22 years in Jakarta. The instrument used to measure perceived social support is the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) and for Internet addiction is the Internet Addiction Test (IAT). This study showed that majority of participants have an average perceived social support and mild internet addiction, and it was found no significant relationship between perceived social support and Internet addiction.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Rizkiyani
Abstrak :
[ABSTRAK
Penelitian ini melihat hubungan interaksi ibu-anak dan perilaku patuh/tidak patuh toddler dari keluarga miskin. Penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mengukur interaksi ibu-anak dan perilaku patuh/tidak patuh toddler. Alat ukur penelitian ini yaitu Parents Interacting with Children: Checklist of Observation Linked Outcomes (PICCOLO) untuk mengukur interaksi ibu-anak dan Clean Up Task untuk mengukur perilaku patuh/tidak patuh toddler. Penelitian ini melibatkan 62 pasangan ibu dan anak usia 12-36 bulan yang berasal dari keluarga miskin. Teknik statistik yang digunakan untuk mengukur hubungan di antara kedua variabel ini adalah teknik Korelasi Pearson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi ibu-anak tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku patuh/tidak patuh yang ditampilkan toddler dari keluarga miskin (p>0,05, tidak signifikan pada L.o.S 0,05). ABSTRACT
This study looked at the relationship of mother-child interaction and compliance/noncompliance toddler from poverty families. This study used observational methods to measure the mother-child interaction and compliance/noncompliance in toddler. The measuring instrument in this research is Parents Interacting with Children: Observation Checklist of Linked Outcomes (PICCOLO) to measure the mother-child interaction and Clean Up Task to measure compliance/noncompliance in toddler. The study involved 62 pairs of mothers and children aged 12-36 months who come from poverty families. Statistical techniques used to measure the relationship between these two variables is the Pearson Correlation Technique. Results from this study indicate that the mother-child interaction have no significant relationship with compliance/noncompliance toddler from poverty families (p> 0.05, not significant at LoS 0,05). ;This study looked at the relationship of mother-child interaction and compliance/noncompliance toddler from poverty families. This study used observational methods to measure the mother-child interaction and compliance/noncompliance in toddler. The measuring instrument in this research is Parents Interacting with Children: Observation Checklist of Linked Outcomes (PICCOLO) to measure the mother-child interaction and Clean Up Task to measure compliance/noncompliance in toddler. The study involved 62 pairs of mothers and children aged 12-36 months who come from poverty families. Statistical techniques used to measure the relationship between these two variables is the Pearson Correlation Technique. Results from this study indicate that the mother-child interaction have no significant relationship with compliance/noncompliance toddler from poverty families (p> 0.05, not significant at LoS 0,05). , This study looked at the relationship of mother-child interaction and compliance/noncompliance toddler from poverty families. This study used observational methods to measure the mother-child interaction and compliance/noncompliance in toddler. The measuring instrument in this research is Parents Interacting with Children: Observation Checklist of Linked Outcomes (PICCOLO) to measure the mother-child interaction and Clean Up Task to measure compliance/noncompliance in toddler. The study involved 62 pairs of mothers and children aged 12-36 months who come from poverty families. Statistical techniques used to measure the relationship between these two variables is the Pearson Correlation Technique. Results from this study indicate that the mother-child interaction have no significant relationship with compliance/noncompliance toddler from poverty families (p> 0.05, not significant at LoS 0,05). ]
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S62240
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutabarat, Rika Febriyanti
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi keluarga yang terbentuk pada keluarga miskin dengan anak berstatus mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diawali dengan pendekatan kuantitatif pada 247 mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin. Desain penelitian ini adalah Studi lapangan dengan menggunakan teknik convenient sampling sebagai metode pengambilan sampel. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan mewawancarai satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dua orang anak dan satu orang kak dari ibu yang memiliki skor total resiliensi keluarga tinggi untuk melihat gambaran resiliensi keluarga secara mendalam. Hasil dari penelitian ini menggambarkan pola organisasi keluarga menjadi komponen yang dominan dalam pembentukan resiliensi keluarga.
This study aims to determine the description of family resilience on the children of poor families with a student child. The research was conducted using qualitative approach that begins with quantitative approach to the 247 student who come from poor families. The design of this research is a field study using convenient sampling technique as a method of sampling. The qualitative approach conducted by interviewing a family which consists of father, mother, their children and a mothers?s sister that has a higher total score of family resilience to see a description of family resilience in depth. The results of this study describes the patterns of family organization becomes the dominant component in the formation of family resilience.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Maulana Thalib
Abstrak :
ABSTRAK
Budaya telah ditemukan mempengaruhi terjadinya Social Loafing dalam sebuah kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya terhadap Social Loafing dalam kondisi kerja kolektif. Melalui 2x2 independent group design, 40 mahasiswa (20 berkewarganegaraan cina dan 20 berkewarganegaraan australia) yang mewakili budaya Individualism dan Collectivism berdasarkan dimensi budaya Hofstede. Partisipan ditugaskan untuk bekerja secara individu (koaktif) atau dalam kelompok yang terdiri dari lima orang (kolektif) untuk menghasilkan sebanyak mungkin kegunaan sendok dalam tiga menit, dimana hasilnya akan mewakili kinerja mereka. Hasil penelition menunjukkan bahwa peserta dari budaya kolektivis lebih banyak menemukan kegunaan sednok daripada peserta yang berasal dari budaya individualis. Studi ini menunjukkan bahwa budaya memang berpengaruh pada kemunculan social loafing dalam kondisi kerja kolektif. Studi selanjutnya perlu melibatkan prosedur tugas yang lebih sulit agar bisa lebih tepat mengidentifikasi performa dalam kondisi kerja kolektif dan mengidentifikasi penyebab social loafing.
ABSTRACT
Culture has been found to affect the occurrence of social loafing in groups. This study aims to examine the effect of culture on social loafing in collective working condition. Via a 2x2 independent group design, 40 university students (20 Chinese Citizen and 20 Australians Citizens) based on their culture determined by Hofstede cultural dimensions index of Individualism vs. Collectivism. They were assigned to work individually (coactive) or in groups of five (collective) to generate as many uses of a spoon in three minutes, as their results would represent performance. Results revealed that participants from collectivist culture generated more uses of a spoon than those from individualist culture. The finding suggest that culture does has an effect on social loafing in collective working condition. Future studies should use a more challenging task to examine social loafing precisely.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Digna Futika
Abstrak :
Penelitian ini menyelidiki skala baru yang dikembangkan dari skala assertiveness dalam suatu hubungan yang disebut “I’ll Call You” Relationship Assertiveness Scale (ICYRAS). Kuesioner diberikan kepada 141 siswa The University of Queensland yang terdaftar dalam kelas psikologi. Setelah semua data dikumpulkan, ICYRAS diuji untuk realibilitas, validitas, Item Discrimination Indices, dan validitas dalam korelasi dengan RAS, FNE, dan Umur. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, satu hipotesa didukung, namun dua hipotesis ditolak. Didalam studi ini, ditemukan bahwa: (a) ICYRAS mempunyai korelasi positif dengan RAS, (b) ICYRAS berkorelasi positif dengan Takut skala Negatif Evaluasi (FNE), dan (c) ICYRAS juga berkorelasi positif dengan usia. Selain itu, ditemukan bahwa sebagian besar item mempunyai indeks diskriminatif baik. Hanya satu item yang memerlukan perbaikan untuk kedepannya, Sebagai saran kedepannya, ICYRAS dapat diuji untuk siswa di luar The University of Queensland untuk mendapatkan hasil yang lebih umum dan mengumpulkan partisipan dengan jenjang umur yang seimbang. ......This study explored the newly developed scale of assertiveness in relationship called “I’ll Call You” Relationship Assertiveness Scale (ICYRAS). Questionnaire was administered to 141 The University of Queensland students who enrolled in Measurement psychology class. After the data being collected, ICYRAS was tested for its reliability, validity, Item Discrimination Indices, and validity in correlation with RAS, FNE, and Age. Related to the hypothesis, one was supported, yet two of the hypotheses were rejected by the results. It was found that: (a) ICYRAS was positively correlated with RAS, (b) ICYRAS was positively correlated with Fear of Negative Evaluation (FNE) scale, and (c) ICYRAS was also positively correlated with age. In addition, it was discovered that most of ICYRAS items were good discriminating indices. As the future improvement, ICYRAS can be tested to outside students of The University of Queensland in order to get more general result and gather more even age group participants.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Neena Audina
Abstrak :
Baru-baru ini efek dari pakaian telah terbukti kinerja ditingkatkan melalui kognisi enclothed. Fasilitasi sosial juga dikaitkan dengan meningkatkan kinerja. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kombinasi kognisi enclothed dan fasilitas sosial dapat mencapai kinerja yang optimal. Empat puluh University of Queensland siswa (20 laki-laki 20 perempuan) direkrut sebagai peserta dalam 2 (penonton, tidak ada penonton) oleh 2 (jas, tidak ada suit) antara peserta desain. Hasil penelitian mengungkapkan tidak ada efek utama penonton atau enclothed kognisi pada kinerja. Sebaliknya, hasil mengungkapkan kinerja yang lebih baik dari tidak ada penonton dengan jas dibandingkan dengan penonton dengan kondisi baju. Maka dari itu, disimpulkan bahwa ada pengaruh interaksi, karena baik penghambatan sosial atau perbedaan individu. Hasil studi dapat diaplikasikan di kantor bisnis, di mana kinerja yang lebih baik terjadi di ruangan pribadi dibandingkan di kubus. ......Recently the effect of clothing has been proven to enhanced performance through enclothed cognition. Social facilitation was also associated with enhance performance. Thus, present study aims to see if combination of enclothed cognition and social facilitation can achieve optimal performance. Forty University of Queensland students (20 males 20 females) were recruited as participants in a 2(audience, no audience) by 2(suit, no suit) between participants design. Result revealed there was no main effect of audience or enclothed cognition on performance. Instead, result revealed better performance on no audience with suit compared with audience with suit condition. Concluding that there was an interaction effect, due to either social inhibition or individual differences. Study is applicable in business offices where performance is better in personal room than in cubical. 
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Gumardhiyah Zoe
Abstrak :
Tujuan studi ini adalah untuk melihat efek dari kepercayaan diri dalam efek penonton. Terdapat 40 partisipan didalam studi ini, 20 partisipan di masing-masih kelompok efek penonton. Studi ini menggunakan disain 2 x 2 antara subjek antara penonton (ada penonton/tidak ada penonton) dengan kepercayaan diri (tinggi/rendah). Ditemukan bahwa partisipan dalam kondisi penonton melakukan tugas lebih baik, partisipan dengan kepercayaan tinggi melakukan tugas lebih baik dalam kondisi penonton, dan partisipan dengan kepercayaan tinggi rendah tidak melakukan tugas lebih baik dalam kondisi tidak ada penonton. Secara keseluruhan, partisipan melakukan tugas lebih baik, maka fasilitasi sosial telah terjadi. Bisa diimplikasikan kepada berbicara depan umum; percaya diri yang tinggi dengan adanya penonton bisa meningakatkan pertunjukan. ......The aim of this study was to see the effect of self-confidence on audience effect. The study used a 2 x 2 between subject design between audience (audience/non- audience effect) and self-confidence (low/high). There were 40 participants in this research with 20 in each audience condition. It was founded that those in audience condition performed better, higher self-confidence performed better in audience, lower self-condition did not performed better in non-audience condition. Overall, participants performed better in the task and showed that social facilitation occurred. The result of this study could be implicated to public speaking; higher self-confidence with audience can enhance performance.

Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Destrenta Avliya Agjan
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini mencoba menganalisa tingkat reliabilitas, validitas dan indeks diskriminasi item IDI alat ukur Locus of Control LOC baru pada domain hubungan romantis. Tujuh belas 17 mahasiswa Psikologi University of Queensland ikut serta dalam pilot study di mana mereka merespon pertanyaan pada alat ukur LOC dalam hubungan romatis untuk mengeliminasi item yang tidak layak dipakai pada versi final alat ukur. Dalam studi utama, 167 mahasiswa memberikan respon terhadap alat ukur LOC dalam hubungan romantis dan beberapa alat ukur lain yang mengukur validitas. Hasil menunjukan beberapa dukungan terhadap hipotesa peneliti, di mana: a reliabilitas yang tidak baik ditemukan dari empat item yang menunjukan skor IDI yang rendah, b korelasi positif yang signifikan dengan Levenson rsquo;s LOC scale yang menunjukan concurrent validity, c asosiasi negatif yang signifikan dengan self -control yang menunjukan convergent validity, d tidak ditemukannya convergent validity dengan konstruk jealousy cemburu . Asesmen psikometris dengan menggunakan test-retest reliability dan convergent validity dengan alat ukur lain yang sudah terbukti validitasnya harus dilakukan terlebih dahulu agar bias digunakan dengan yakin dalam praktis konseling pernikahan.
ABSTRACT
This paper has attempted to explore the reliability, validity, and item discrimination indices IDI of a new measure of locus of control LOC scale in the domain of romantic relationship. A total of 17 psychology students in the pilot study were asked to response to the new LOC scale of romantic relationship to eliminate items deemed unworthy for the final scale. In the main study, 167 students responded to the new romantic LOC scale and several other validating scales where partial support for hpyotheses were found: a a poor reliability as reflected by four items with low IDI, b isginificant positive association with Levenson rsquo;s LOC scale indicating concurrent validity, c significant negative association with self-control indicating convergent validity, d no indication of convergent validity was found with jealousy. The measure may have implication in marriage counselling, but a careful psychometric assessment must be explored first through test-retest reliability and convergent validity with other well-established scale to provide practical confidence.
2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kharamaria Aninditya Adinatha
Abstrak :
Budaya ditemukan sebagai moderator social loafing, dimana social loafing berkurang atau bahkan hilang di antara orang-orang dengan budaya kolektivisme tetapi tidak untuk orang-orang dari budaya individualistis. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efek social loafing saat partisipan dengan budaya kolektivisme berkerjasama dengan partisipan dengan budaya individualistis dalam kelompok melalui tugas kognitif sederhana (membuat daftar nama negara dengan enam huruf atau lebih dalam dua menit). Penelitian ini menggunakan design three-level independent groups dimana 36 mahasiswa (baik orang Indonesia atau orang Australia) ditentukan secara acak untuk bekerja secara individual (coactive) atau dalam kelompok (collective) baik terdiri dari tiga orang Indonesia (collective-Indonesian) atau satu orang Indonesia dan dua orang Australia (collective-mixed). Social loafing adalah variable dependen dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian menemukan bahwa partisipan dalam kondisi coactive secara signifikan membuat daftar nama negara yang lebih panjang dibanding partisipan-partisipan di dua kondisi collective. Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara hasil partisipan di kondisi collective-Indonesian dengan partisipan di kondisi collective-mixed. Ini menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya tidak mempengaruhi social loafing. Keterbatasan dan saran juga dibahas dalam penelitian ini. ...... Culture has been found to be a moderator of social loafing in which social loafing is reduced or even eliminated among people of collectivistic cultures but not for those of individualistic cultures. This study aimed to examine the effects of social loafing when collectivistic participants work together in a group with participants who are individualistic through a simple cognitive task (listing names of countries with six or more letters in two minutes). A three-level independent-groups design was used where 36 university students (either Indonesian or Australian in ethnicity) were randomly assigned to work individually (coactively) or in groups of three (collectively) either consisting of three Indonesians (collective-Indonesian) or one Indonesian and two Australians (collective-mixed). Social loafing was the dependent variable in the study. Independent-groups t-tests revealed that participants working coactively significantly listed more countries than those working in the two collective conditions. It also revealed that there was no significance difference in the performance of participants in the collective-Indonesian condition compared to those in the collective-mixed condition, suggesting that cultural values do not influence social loafing. Improvements regarding methodological issues have been recommended as well as suggestions for future research.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>