Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
Muhamad Deni
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara dukungan sosial melalui media sosial terhadap tingkat well-being mahasiswa di Universitas Indonesia. Studi-studi terdahulu sebagian besar menemukan bahwa kepribadian mahasiswa, peran institusi pendidikan, dan dukungan sosial memiliki asosiasi terhadap tingkat well-being pada mahasiswa. Namun pembahasan tentang dukungan sosial mayoritas masih terbatas pada saluran offline saja, belum mencakup pada saluran Online. Oleh karena itu, Peneliti memiliki argumen bahwa dukungan sosial yang diterima oleh mahasiswa melalui saluran media sosial memiliki hubungan dengan well-being mahasiswa. Studi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei secara online pada sampel sebanyak 325 responden yang berasal dari populasi yaitu Mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia yang dipilih menggunakan teknik penarikan sampel probability sampling dengan teknik multistage stratified random sampling. Studi ini juga melakukan wawancara mendalam untuk memperoleh data pendukung. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat dukungan sosial melalui media sosial dengan tingkat well-being mahasiswa Universitas Indonesia. Dukungan sosial melalui media sosial berupa dukungan emosional, social companionship, informasional, dan instrumental memiliki hubungan yang signifikan serta berkorelasi positif terhadap well-being mahasiswa Universitas Indonesia. Artinya semakin tinggi tingkat dukungan sosial melalui media sosial yang diterima, maka semakin tinggi juga tingkat well-being mahasiswa Universitas Indonesia. Temuan peneliti juga menunjukkan bahwa teman kuliah memiliki peran paling signifikan dalam memberi dukungan sosial melalui media sosial khususnya dalam dukungan emosional, social companionship, dan informasional. Sementara orang tua memiliki peran penting dalam dukungan intstrumental. Selain itu, saluran dukungan sosial juga tidak hanya melalui media sosial melainkan terdapat juga platform video conference seperti Zoom dan Google Meet juga sering digunakan
This study aims to examine the relationship between social support through social media on the level of well-being of students at the University of Indonesia. Most previous studies have found that student personality, the role of educational institutions, and social support have associations with the level of well-being in students. However, discussions about social support for the majority are still limited to offline channels, not including online channels. Therefore, the researcher has an argument that the social support received by students through social media channels has a relationship with student well-being. This study uses a quantitative research method with data collection techniques through online surveys on a sample of 325 respondents from the population, namely final year students at the University of Indonesia who were selected using a probability sampling technique with a multistage stratified random sampling technique. This study also conducted in-depth interviews to obtain supporting data. The results of the study found that there was a significant relationship between the level of social support through social media and the level of well-being of University of Indonesia students. Social support through social media in the form of emotional support, social companionship, informational, and instrumental has a significant relationship and is positively correlated to the well-being of University of Indonesia students. This means that the higher the level of social support received through social media, the higher the level of well-being of University of Indonesia students. The research findings also show that college friends have the most significant role in providing social support through social media, especially in emotional support, social companionship, and informational. While parents have an important role in instrumental support. In addition, social support channels are also not only through social media but there are also video conferencing platforms such as Zoom and Google Meet which are also often used."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rahmania Dian Valentina
"kripsi ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor sosial ekonomi yang dapat mengakibatkan kolesterol tinggi dengan menggunakan fundamental causes. Studi-studi sebelumnya telah membahas kolesterol tinggi dengan data IFLS, tetapi masih belum menekankan pada faktor sosial. Kemudian, beberapa studi mengenai faktor sosial yang berpengaruh terhadap kolesterol tinggi sudah pernah dibahas, tetapi bukan dalam konteks Indonesia. Kalaupun ada studi yang membahas kolesterol tinggi dengan faktor sosial masih belum menggunakan data sebesar IFLS. Untuk itu penelitian ini berupaya mengidentifikasi faktor sosial ekonomi: stres, unemployment, kepemilikan rumah, dan jenis kelamin yang berpengaruh terhadap kolesterol tinggi. Diduga faktor-faktor tersebut dapat mengakibatkan pilihan makanan yang sembarangan dan tidak adanya akses sumber daya sehingga dapat mengakibatkan kolesterol tinggi. Penelitian ini menggunakan analisis data sekunder IFLS gelombang 5 tahun 204/205. dengan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini seluruh responden laki-laki dan perempuan yang tercatat dalam survei IFLS 2014/2015. Peneliti menggunakan analisis univariat untuk mendeskripsikan data, analisis bivariat dengan chi-squard dan analisis multivariat dengan model regresi logistik biner. Penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres dengan kategori tinggi, unemployment, kepemilikan rumah, dan jenis kelamin lebih mungkin mengidap kolesterol tinggi.
This thesis aims to identify socioeconomic factors that can lead to high cholesterol by using fundamental causes. Previous studies have discussed high cholesterol with IFLS data but have not emphasized social factors. Then several studies on social factors that influence high cholesterol have been discussed, but not in the Indonesian context. Even if there are studies that examine high cholesterol with social factors, they still need to use data as large as IFLS. For this reason, this study seeks to identify socioeconomic factors: stress, unemployment, home ownership, and gender, which affect high cholesterol. It is suspected that these factors can lead to indiscriminate food choices and lack of access to resources, leading to high cholesterol. This study uses secondary data analysis of batch 5 IFLS 2014/2015 with cross-sectionals. The sample in this study were all male and female respondents recorded in the 2014/2015 IFLS survey. Researchers used univariate analysis to describe the data, bivariate analysis with crosstab and chi-square, and multivariate analysis with binary logistic regression models. This research was conducted by binary logistic regression analysis. The study results showed that those with high-stress levels were more likely to have high cholesterol. However, unemployment, home ownership, and gender variables show the opposite result. Workers, homeowners, and women are more likely to have high cholesterol."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fatimah Zahara
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan dengan penggunaan telemedicine pada penduduk di Jabodetabek pasca pandemi COVID-19. Berdasarkan studi sebelumnya, faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi telemedicine dapat dilihat dari tiga kategori, yakni telemedicine sebagai layanan kesehatan, konteks penggunaan, dan karakteristik masyarakat. Faktor yang dianggap krusial dari faktor lainnya adalah kepercayaan. Meskipun penggunaan telemedicine melonjak selama pandemi, tren pascapandemi menunjukkan adanya penurunan dalam penggunaan dan adanya preferensi untuk melakukan kunjungan dokter secara langsung. Ini menunjukkan masih adanya masalah kepercayaan dan skeptisme terhadap teknologi di kalangan masyarakat. Berdasarkan aspek tersebut, peneliti berargumen bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan maka semakin tinggi tingkat penggunaan telemedicine karena tingkat kepercayaan yang tinggi dapat memengaruhi keputusan dalam penggunaan telemedicine. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara daring pada penduduk Jabodetabek berusia minimal 20 tahun dan pernah menggunakan telemedicine. Selain itu, dilakukan wawancara mendalam kepada empat responden yang dipilih berdasarkan tinggi atau rendahnya penggunaan telemedicine dan tinggi atau rendahnya kepercayaan pada telemedicine. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan pada telemedicine memiliki hubungan signifikan terhadap tingkat penggunaan telemedicine dengan arah pengaruh yang positif. Selain itu, aspek kepercayaan terhadap perawatan memiliki nilai hubungan paling tinggi dengan penggunaan telemedicine dalam konteks Jabodetabek.
This study aims to determine the relationship between trust and the use of telemedicine among residents in the Greater Jakarta area (Jabodetabek) after the COVID-19 pandemic. Based on previous studies, the factors influencing telemedicine adoption can be categorized into three groups: telemedicine as a health service, context of use, and community characteristics. Among these factors, trust is considered the most crucial. Although telemedicine usage surged during the pandemic, post-pandemic trends show a decline in its use and a preference for in-person doctor visits. This indicates persistent issues of trust and skepticism towards the technology among the community. Based on these aspects, the researchers argue that the higher the level of trust, the higher the level of telemedicine use, as high levels of trust can influence the decision to use telemedicine. This research employs a quantitative approach by distributing online questionnaires to residents of Jabodetabek who are at least 20 years old and have used telemedicine. In addition, in-depth interviews were conducted with four respondents selected based on their high or low use of telemedicine and their high or low trust in telemedicine. The results show that the level of trust in telemedicine has a significant relationship with the level of telemedicine use, with a positive direction of influence. Furthermore, the aspect of trust in care has the highest relational value with the use of telemedicine in the context of Jabodetabek."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ardhiya Mahfira Prasasta
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana jaringan sosial digital membentuk ekspektasi terhadap aset memecoin dalam praktik investasi di Decentralized Exchange (DEX). Meskipun studi tentang cryptocurrency banyak menekankan volatilitas harga, risiko keuangan, dan perilaku investor secara kuantitatif, masih sedikit penelitian yang melihat secara kualitatif bagaimana nilai spekulatif memecoin dikonstruksi melalui narasi, simbol, dan interaksi komunitas digital. Dalam konteks pasar yang spekulatif dan penuh ketidakpastian, ekspektasi masa depan menjadi acuan utama dalam pengambilan keputusan investasi. Peneliti berargumen bahwa sebuah aset cryptocurrency tidak hanya kalkulasi rasional semata tetapi juga oleh ekspektasi terhadap harapan, simbolisme, dan kekuatan kolektif komunitas digital. Dengan menggunakan teori fictional expectations dari Jens Beckert, penelitian ini memfokuskan analisis pada proses sosial dan kultural dengan dua dimensi utama, yaitu cultural frames dan cognitive devices. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi digital, scraping data dari media sosial X (Twitter), serta wawancara mendalam terhadap investor ritel, investor insider, dan content creator crypto (investor ritel). Temuan menunjukkan bahwa ekspektasi terhadap memecoin dibentuk melalui narasi yang dikonstruksikan di ruang digital dan penggunaan alat analitik untuk memantau harga, tren, dan karakteristik dasar sebuah memecoin. Oleh karena itu, ekspektasi ini lebih dipengaruhi oleh konstruksi sosial dan simbolik daripada logika rasional semata.
This study aims to explain how digital social networks shape expectations toward memecoin assets in investment practices on Decentralized Exchanges (DEX). While most studies on cryptocurrency emphasize price volatility, financial risks, and investor behavior using quantitative approaches, there is still limited qualitative research on how the speculative value of memecoins is constructed through narrative, symbols, and community interactions. In the context of a speculative and highly uncertain market, future-oriented expectations become a key reference in investment decision-making. This research argues that cryptocurrency assets are shaped not only by rational calculations but also by expectations rooted in hope, symbolism, and the collective power of digital communities. Using Jens Beckert’s theory of fictional expectations, the analysis focuses on social and cultural processes through two main dimensions: cultural frames and cognitive devices. The study employs a qualitative approach using digital observation, data scraping from the social media platform X (Twitter), and in-depth interviews with retail investors, insider investors, and crypto content creators. The findings show that expectations toward memecoins are constructed through digital narratives and the use of analytical tools to monitor prices, trends, and token characteristics. Consequently, these expectations are more influenced by social and symbolic constructions than by purely rational logic."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Charmelia Putri
"Penelitian ini bertujuan menganalisis peran financial literacy dalam pengambilan keputusan investasi pekerja muda (21–25 tahun) di Jakarta. Menggunakan pendekatan kualitatif dan teori Rational Choice Theory (RCT), penelitian ini menyoroti bagaimana interaksi sosial, lingkungan kerja, dan komunitas digital membentuk rasionalitas investasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial literacy dipahami tidak sekadar sebagai keterampilan teknis mengelola keuangan, tetapi sebagai kesadaran akan pentingnya perencanaan masa depan finansial. Pemahaman ini didorong oleh pengalaman hidup, tekanan sosial, dan budaya konsumsi urban. Keputusan investasi terbentuk melalui proses sosial dan reflektif, bukan keputusan individual semata. Peningkatan financial literacy juga mendorong perubahan gaya hidup dari konsumtif menuju kesadaran finansial, meski tetap dihadapkan pada tantangan sosial dan informasi. Kesimpulannya, financial literacy berfungsi sebagai alat rasional sekaligus sosial dalam membentuk perilaku keuangan muda-mudi urban, sehingga strategi peningkatannya berbasis konteks sosial dan budaya.
This study aims to analyze the role of financial literacy in investment decision-making of young workers (21–25 years old) in Jakarta. Using a qualitative approach and Rational Choice Theory (RCT), this study highlights how social interactions, work environments, and digital communities shape investment rationality. The results show that financial literacy is understood not only as technical skills in managing finances, but as an awareness of the importance of financial future planning. This understanding is driven by life experiences, social pressures, and urban consumption culture. Investment decisions are formed through social and reflective processes, not just individual decisions. Increasing financial literacy also encourages changes in lifestyle from consumptive to financial awareness, although still faced with social and information challenges. In conclusion, financial literacy functions as a rational and social tool in shaping the financial behavior of young urbanites, so that its improvement strategy is based on social and cultural contexts."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Heronemus Sesar
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana struktur sosial dan agensi berinteraksi dalam praktik pembayaran digital di kalangan mahasiswa Universitas Indonesia. Studi-studi terdahulu mengenai adopsi pembayaran digital dapat dibagi ke dalam dua aspek: aspek internal, seperti kemampuan dalam mengelola keuangan, kesiapan menghadapi teknologi keuangan, dan manfaat yang diterima oleh pengguna, serta aspek eksternal, seperti infrastruktur digital, kebijakan pemerintah, dan pengaruh lingkungan sosial. Namun, penelitian yang menyoroti dinamika timbal balik antara struktur sosial dan tindakan individu dalam adopsi pembayaran digital di kalangan mahasiswa masih terbatas. Dengan menggunakan teori strukturasi Anthony Giddens, penelitian ini menjelaskan bahwa struktur sosial seperti infrastruktur digital, regulasi, dan norma sosial tidak hanya membatasi tindakan, tetapi juga direproduksi melalui praktik keseharian mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada mahasiswa Universitas Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap mahasiswa pengguna metode pembayaran digital, seperti e-wallet dan mobile banking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tidak hanya menyesuaikan diri dengan struktur yang ada, tetapi juga secara aktif membentuk ulang praktik pembayaran digital dalam lingkungan sosial mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa berperan sebagai agen sosial dalam reproduksi sistem pembayaran digital dan transformasi menuju masyarakat tanpa uang tunai.
This study aims to analyze how social structure and agency interact in the practice of digital payments among students at Universitas Indonesia. Previous studies on digital payment adoption can be categorized into two aspects: internal aspects, such as financial management ability, technological readiness, and user benefits; and external aspects, such as digital infrastructure, government policy, and social influence. However, research that explores the reciprocal dynamics between social structure and individual action in the adoption of digital payments among university students remains limited. Using Anthony Giddens’ structuration theory, this study explains that social structures such as digital infrastructure, regulations, and social norms not only constrain action but are also reproduced through students’ everyday practices. This research adopts a qualitative method with a case study approach focused on Universitas Indonesia students. Data were collected through in-depth interviews and observations involving students who use digital payment methods, including e-wallets and mobile banking. The findings indicate that students do not merely adjust to the existing structures but actively reshape digital payment practices within their social environments. The study concludes that students act as social agents in reproducing digital payment systems and contributing to the transition toward a cashless society."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Shenta Octavianita
"Penelitian ini bertujuan menganalisis sentimen pengguna Twitter terkait penghapusan wajib belanja dalam RUU Kesehatan. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa sentimen dari kalangan profesi kesehatan masyarakat cenderung menolak kebijakan ini. Selain itu, mandatory spending dalam konteks UHC penting untuk membiayai program implementasi UHC. Studi terdahulu hanya berfokus pada program jaminan kesehatan dalam melaksanakan implementasi UHC yang dimana pada studi sebelumnya juga Aktor-aktor berdasarkan studi terdahulu umumnya merupakan tenaga kesehatan yang terdampak RUU tersebut. Sehingga penelitian ini akan mengisi kekosongan dari penelitian sebelumnya dengan memfokuskan perdebatan publik terhadap wacana yang akan muncul dalam isu mandatory spending dalam RUU Kesehatan. Penelitian ini menggunakan penelitian digital dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik crawling pada Google Collab. Data yang diperoleh dari proses crawling peneliti analisis dengan tweet-count dan user-count dari proses kemudian akan dianalisis dengan melalui tahapan preprocessing, seperti: false folding, cleansing, tokenization, normalization, stopword removal, dan stemming. Hasil mining data penelitian ini menghasilkan temuan beberapa aktor dominan seperti: @DrEvaChaniago, @Berlianidris, dan @MarimarAuw. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan beberapa temuan seperti wacana mandatory spending pada RUU Kesehatan berimplikasi terhadap perdebatan netizen di media sosial dan terdapat aktor yang mendorong sebuah aksi penolakan. Hasil framing/leading wacana aktor dominen disebabkan kepemilikan terhadap beberapa modal, yaitu: background sesuai isu kesehatan, followers Twitter yang banyak, dan aktif dalam me-reply dan retweet isu yang populer. Klasifikasi data wacana yang peneliti kumpulkan, menghasilkan sebanyak 62,4% opini negatif, 29,3% opini positif, dan 8,3% opini netral terhadap pengesahan RUU Kesehatan.
This study aims to analyze the sentiment of Twitter users regarding the elimination of mandatory spending in the Health Bill. Previous studies have shown that sentiment from the public health profession tends to reject this policy. In addition, mandatory spending in the context of UHC is important to finance UHC implementation programs. Previous studies only focused on health insurance programs in implementing UHC where in previous studies the actors based on previous studies were generally health workers affected by the bill. So that this study will fill the void from the previous research by focusing the public debate on the discourse that will arise in the issue of mandatory spending in the Health Bill. This study uses digital research with a data collection method using crawling techniques on Google Collab. The data obtained from the crawling process of the researcher analyzes with the tweet-count and user-count of the process will then be analyzed through preprocessing stages, such as: false folding, cleansing, tokenization, normalization, stopword removal, and stemming. The results of data mining this study resulted in the findings of several dominant actors such as: @DrEvaChaniago, @Berlianidris, and @MarimarAuw. Based on the results of this study, several findings were obtained, such as the discourse of mandatory spending on the Health Bill has implications for the debate of netizens on social media and there are actors who encourage an action of rejection. The results of framing/leading the discourse of the dominant actor are due to ownership of several capital, namely: background according to health issues, many Twitter followers, and active in replying to and retweeting popular issues. The classification of discourse data collected by the researcher resulted in 62.4% negative opinions, 29.3% positive opinions, and 8.3% neutral opinions against the ratification of the Health Bill."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dwi Kartiko
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku konsumsi dalam penggunaan PayLater terutama kaitannya pada konsumsi berbasis estetika di kalangan Generasi Z dalam konteks fenomena doom spending. Studi-studi terdahulu menemukan faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif dapat dikelompokkan menjadi struktural dan individual. Namun studi-studi tersebut cenderung berfokus pada bagaimana suatu faktor dapat melatarbelakangi munculnya kecenderungan perilaku konsumtif tanpa mempertimbangkan keterkaitannya dengan faktor yang lain. Masih sedikit studi yang mengeksplorasi secara mendalam perilaku konsumsi terutama dalam penggunaan PayLater dengan konteks Generasi Z dan fenomena doom spending. Peneliti berargumen bahwa perilaku konsumsi dapat dipengaruhi oleh faktor struktural dan juga individual yang berkaitan satu sama lain melalui konsumsi estetik. Oleh karena itu peneliti menggunakan teori masyarakat konsumer dan konsep konsumsi estetik dari Zygmunt Bauman untuk melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi digital, studi literatur, serta terhadap Generasi Z yang berusia 18-28 tahun. Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat perubahan perilaku konsumsi melalui penggunaan PayLater karena kemudahan yang ditawarkan. Perilaku konsumsi dalam penggunaan PayLater di kalangan Generasi Z dibentuk oleh faktor struktural dan individual yang berinteraksi. Tekanan dari struktur sosial sebagaimana fenomena doom spending dan dorongan individual, melahirkan bentuk konsumsi yang tidak lagi didasarkan pada kebutuhan secara fungsional, melainkan pada kepuasan visual, simbolik, dan emosional sebagai konsumsi berbasis estetika
This study aims to examine consumption behavior in the use of PayLater, particularly in relation to aesthetic-based consumption among Generation Z within the context of the doom spending phenomenon. Previous studies have found that the factors influencing consumptive behavior can be grouped into structural and individual categories. However, these studies tend to focus on how each factor contributes to the emergence of consumptive behavior without considering their interconnection. There is still limited research that explores consumption behavior in depth, especially regarding the use of PayLater among Generation Z in the context of doom spending. This study argues that consumption behavior is influenced by both structural and individual factors, which are interconnected through aesthetic consumption. Therefore, the researcher uses the theory of consumer society and the concept of aesthetic consumption by Zygmunt Bauman, applying a qualitative method with in-depth interviews, digital observation, and literature study involving Generation Z individuals aged 18–28 years. The findings of this study show a shift in consumption behavior through the use of PayLater, driven by the convenience it offers. Among Generation Z, consumption behavior related to PayLater is shaped by the interaction between structural and individual factors. Pressures from social structures as seen in the doom spending phenomenon combined with individual impulses, result in a form of consumption that is no longer based on functional needs, but rather on visual, symbolic, and emotional satisfaction, which characterizes aesthetic based consumption."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rusydan Fathy
"Tesis ini bertujuan untuk memahami problematika dan potensi kampung tematik sebagai basis rumusan kebijakan smart city di Kota Malang. Kajian-kajian smart city terdahulu lebih menitikberatkan pada infrastruktur TIK dan IoT sehingga kurang menyorot aspek sosial-budaya kampung. Secara teoritik, tesis ini berupaya memahami problematika dan potensi kampung melalui proses produksi ruang serta pembentukan modal digital sebagai dasar bagi perumusan master plan smart city Kota Malang. Tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan studi kasus. Secara garis besar, tesis ini menemukan bahwa: 1). Produksi ruang kampung tematik menghasilkan narasi negosiasi ruang ketimbang narasi-narasi yang cenderung eksploitatif maupun dominatif; 2). Narasi negosiasi ruang tersebut berimplikasi pada akumulasi modal sosial-budaya dan ekonomi kampung; 3). Perlunya pembentukan modal digital yang berakar pada kehidupan masyarakat; dan oleh sebab itu; 4). Smart city Kota Malang dapat mewujud secara kontekstual dan realistik dengan mengedepankan model Smart Kampung Berbasis Pariwisata
This thesis aims to understand the problems and potential of thematic kampong as the basis for formulating smart city policies in Malang City. Previous smart city studies focused more on ICT and IoT infrastructure so that they did not highlight the socio-cultural aspects of the kampong. Theoretically, this thesis seeks to understand the problems and potential of the kampong through the production of space and the formation of digital capital as the basis for the formulation of the Malang smart city master plan. This thesis uses a qualitative approach with a case study. This thesis finds that: 1). The production of space of the thematic kampong produces the narratives of the negotiation of space rather than narratives that tend to be exploitative and domineering; 2). The narrative of the negotiation of space has implications for the accumulation of socio-cultural and economic capital of the village; 3). The need for the formation of digital capital rooted in people's lives; and therefore; 4). Malang Smart city can be realized contextually and realistic by promoting Tourism-Based Smart Kampongs model."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library