Ditemukan 29 dokumen yang sesuai dengan query
M. Rizki Farabi, author
Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran harapan ibu terhadap masa depan anaknya yang tunaganda-netra. Kompleksnya permasalahan yang dimiliki oleh anak tunaganda dalam menjalani kehidupan sehari-harinya dan harapan orang tua akan masa depan yang lebih baik pada anaknya yang tunaganda (terutama dalam hal pendidikan lanjutan, lapangan pekerjaan, kemandirian dan partisipasi anak...
Depok: Universitas Indonesia, 2008
155.916 FAR g
UI - Skripsi (Open) Universitas Indonesia Library
Yanthi Haryati, author
ABSTRAK
Peianggaran disiplin sekolah menjadi masalah yang kerapkali
dilakukan oleh remaja. Bentuk peianggaran disiplin sekolah yang dilakukan
dapat berupa: agresi fisik, contohnya pemukulan, perkelahian, dan
perusakan; kesibukan berteman saat guru mengajar, mencari perhatian,
seperti mengedarkan tulisan, atau gambar-gambar dengan maksud
mengalihkan perhatian dari pel^aran; menentang wibawa guru, misalnya
tidak mau menurut, memberontak, memprotes dengan kasar, dan mencari
perselisihan...
2004
S2878
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Yuni Santi Nurani, author
ABSTRAK
Akhir-akhir ini banyak perdebatan di kalangan para pemerhati pendidikan
prasekolah (TK) tentang perlu tidaknya memberikan kemampuan belajar membaca,
menulis dan berhitung pada anak TK, sementara kebutuhan anak yang utama adalah untuk
melakukan aktivitas bermain. Pemberian kemampuan membaca, menulis dan berhitung
tersebut didorong oleh timbulnya suatu trend baru dalam masyarakat yang menghendaki
anak-anak usia prasekolah dapat...
1998
S2898
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Adinda Tri Wardhani, author
ABSTRAK
Motivasi merupakan salah satu unsur penting dalam tercapainya sebuah tujuan
proses belajar. Dalam bidang pendidikan, dikenal teori Goa/ Orientation (GO) untuk
menggambarkan performa dan bagaimana anak belajar menghadapi tugas-tugas
akademik di dalam situasi sekolah. GO dapat berupa keinginan untuk bisa
memahami dan menguasai materi pelajaran yang diberikan, yang disebut dengan
task involved atau berupa keinginan...
2002
S3094
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Udin Yulianto, author
ABSTRAK
Untuk meningkatkan profesionalisme Polri, pimpinan Polri berusaha
meningkatkan kualitas sumber daya manusia anggotanya melalui pendidikan,
terutama pendidikan yang bersifat akademis. Untuk itu pimpinan Polri
memberikan kesempatan pada anggotanya untuk melaksanakan pendidikan di
Perguruan Tinggi. Anggota Polri yang melaksanakan pendidikan di Perguruan
Tinggi dibedakan menjadi dua kelompok yaitu kelompok anggota Polri yang
melaksanakan tugas belajar dan anggota...
2003
S3195
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Arbania Fitriani, author
ABSTRAK
Penyandang Tunagrahita mampu didik, dalam pertumbuhannya
menuju kedewasaan juga mengalami perkembangan dalam aspek seksual
(www.Bandung Raya.com edisi 01 September 2001). Hal ini kemudian
melahirkan sebuah tuntutan akan informasi yang benar mengenai perubahan yang
akan teijadi. Pihak yang paling berperan dan bertanggung jawab dalam pemberian
pendidikan seks adalah orang tua. Informasi seks akan berpengaruh positif
khususnya jika...
2003
S3292
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Seta Ariawuri Wicaksana, author
ABSTRAK
Mutu pendidikan di Indonesia sampai saat ini masih harus diperbaiki agar
ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain tidak semakin jauh. Lebih penting lagi adalah
agar bangsa Indonesia mampu mengatasi persaingan ketat dalam era globalisasi
yang sedang dan akan dirasakan pengaruhnya (Djojonegoro dalam Widiasih, 2001).
Usaha peningkatan mutu pendidikan seharusnya dimulai dari sekolah, tempat proses
belajar-mengajar berlangsung. Tanpa...
2004
S3332
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Melinda Hariyanti Rustana Kusharto, author
Kaufman Assessment Battery for Children (K-ABC) merupakan alat ukur yang mengukur inteligensi dan prestasi untuk anak usia 2 tahun 6 bulan sampai 12 tahun 5 bulan. Tes ini pertama kaii dibuat oleh Kaufman & Kaufman (1933) di Amerika Serikat, dan telah memenuhi persyaratan alat ukur yang baik. Sebagai battery tes,...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T16809
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Mira Aliza Rachmawati, author
Alat tes Kaufman Assessment Battery for Children (K-ABC) yang dikembangkan oleh Alan Kaufman dan Nadeen Kaufman merupakan alat tes psikologi yang dikembangkan di Amerika pada tahun 1983. Alat tes K-ABC ini dibuat berdasarkan pada teori yang berorientasi pada proses dan digunakan untuk mengukur inteligensi dan prestasi pada anak dengan rentang...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T16808
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Kartinka Rinaldhy, author
Penelitan ini didasari teori Furman & Lantheir (1996) dan berbagai hasil penelitian mengenai saudara dari anak berkebutuhan khusus. Pentingnya membahas saudara kandung dari anak yang tunaganda-netra karena hubungan antara saudara (sibling relationship) adalah hubungan yang unik. Jika salah satu saudaranya tunaganda-netra maka hubungan jangka panjang yang terjalin dapat mengubah perkembangan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
306.875 RIN g
UI - Skripsi (Open) Universitas Indonesia Library