Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 80 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aditya Rahadian
"Orientasi pelayanan (Service Orientation) memiliki peranan penting pada kelangsungan operasional perusahaan, peranannya dapat dirasakan baik di tingkat karyawan maupun tingkat organisasi. Hogan et al,. (2004) dalam Saura et al,. (2005) menjelaskan bahwa orientasi pelayanan pada tingkat individu dapat didefinisikan sebagai sekumpulan sikap dan perilaku yang mempengaruhi kualitas interaksi antara karyawan organisasi dengan pelangan mereka. Sementara itu pada level organisasi, orientasi pelayanan merupakan suatu karakteristik desain internal seperti struktur organisasi, suasana, dan budaya pada level organisasi (Lytle et al,. 1998, dalam Kim et al,. 2004).
Studi ini mengambil penelitian dari Chen (2007) yang membuktikan bahwa orientasi pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan dan komitmen karyawan terhadap organisasi. Hasil studi ini juga diperkuat oleh teori Lee et al,. (1999) dan Yoo et al,.(1999) yang mengungkapkan bahwa orientasi pelayanan pada organisasi akan mempengaruhi tingkatan kepuasan kerja karyawan, sementara itu Lee et al,. (1999) menjelaskan bahwa orientasi pelayanan akan mempengaruhi tingkatan komitmen organisasi karyawan.
Penelitian ini juga memberikan bukti bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. Fletcher dan Williams (1996) dan Yavas dan Bidur (1999) dalam Chen (2007) mengatakan bahwa kepuasan kerja memiliki korelasi positif dengan komitmen organisasi, dimana karyawan yang merasa puas dengan pekerjaannya memiliki komitmen organisasi yang lebih besar dibanding mereka yang tidak. Dukungan terhadap hubungan antara orientasi pelayanan dengan kepuasan kerja dan komitmen organisasi juga dikemukakan oleh Kotler et al,. (1999) dalam Kim et al,. (2004) yang mengemukakan bahwa implementasi standar internal yang baik membutuhkan komitmen yang tinggi dari manajemen. Hal ini mengharuskan manajer secara reguler memonitor kepuasan kerja karyawan dan mengevaluasi progress dari tiap karyawan.
Jika kepuasan kerja karyawan meningkat, mereka akan memperlihatkan komitmen terhadap organisasi yang tinggi pula. Oleh karena itu pada penelitian ini hipotesis yang diajukan antara lain, H1: orientasi pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja; H2: orientasi pelayanan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi H3: Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi.
Penelitian ini dilakukan hanya dalam satu periode (cross sectional) dengan mengambil populasi karyawan hotel bintang tiga di kota Cirebon dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data yang dikumpulkan kemudian di input menggunakan program SPSS 11.5 for Window lalu di import ke program Lisrel 8.7 for Student dan diproses menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) untuk pengujian model lebih lanjut.
Pengujian validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan program Lisrel dengan teknik Confirmatory Factor Analysis (CFA) yang hasilnya terlihat pada path diagram. T-value menunjukkan validitas, standardized solution menggambarkan loading factor, serta measurement error menggambarkan error variance. Pengujian reliabilitas menggunakan konsep Construk Realibility (CR) dimana suatu konstruk dikatakan reliabel bila nilai CR-nya > 0,70. sementara itu suatu konstruk dikatakan valid bila nilai t-value lebih > 1,96 pada tingkat kepercayaan 95% dan loading factor > 0.50.
Hasil pengujian validitas dan reliabilitas tiap dimensi memberikan hasil bahwa dimensi service vision, employee empowerment, dan service rewards tidak disertakan dalam pengujian model struktural karena terbukti tidak valid dan tidak reliabel untuk disertakan lebih lanjut dalam pengujian model struktural.
Hasil path diagram memberikan hasil H1 diterima yang menunjukkan bahwa orientasi pelayanan berpengaruh positif sebesar 0,68 (68%) terhadap kepuasan kerja dengan nilai t-value 5,77 (tingkat kepercayaan 95%) dan memiliki hubungan yang signifikan. Pengaruh yang cukup besar ini dapat terjadi karena karyawan merasa lebih yakin dalam melakukan tugasnya karena adanya kejelasan tugas untuk masing-masing karyawan, maka hal tersebut dapat menciptakan kepuasan kerja pada karyawan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya suatu orientasi pelayanan (standar internal) yang dapat menjadi panduan karyawan dalam melaksanakan tugas. Sementara itu orientasi pelayanan memberi pengaruh positif sebesar 0,42 (42%) terhadap komitmen organisasi dan memiliki hubungan signifikan dengan t-value 2,13 (tingkat kepercayaan 95%) maka H2 diterima. Pengaruh orientasi pelayanan pada komitmen organisasi dapat timbul karena karyawan merasa orientasi pelayanan sebagai alat yang dapat menjadi pedoman dan membantu karyawan, serta membangun budaya dan suasana yang kondusif di perusahaan.
Karyawan menganggap budaya yang tercipta diperusahaan sesuai dengan tujuan, visi, dan nilai-nilai yang dimiliki karyawan, sehingga karyawan merasakan adanya keterikatan dengan perusahaan dan menjadi bagian keluarga dari perusahaan. Dari hal tersebut timbul rasa memiliki terhadap organisasi dan karyawan memahami arti penting perusahaan bagi mereka. Kepuasan kerja terbukti memiliki pengaruh sebesar 0,26 (26%) terhadap komitmen organisasi sebesar 0,26 (26%) dan signifikan dengan t-value 2,23 (tingkat kepercayaan 95%) maka H3 diterima. Hal yang dapat menciptakan komitmen karyawan terhadap organisasi antara lain adanya perhatian dari perusahaan dengan memberikan penghargaan yang adil, mendapat jaminan sebagai pegawai tetap, serta kesempatan untuk promosi. Hal-hal tersebut memberikan pertimbangan bagi karyawan untuk tetap tinggal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Salim
"Skripsi ini membahas hubungan antara role stressor yang terdiri dari role conflict dan role ambiguity dengan komitmen organisasi yang dimiliki oleh auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) XYZ. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dan asosiatif. Berkaitan dengan kondisi variabel-variabel penelitian, hasil penelitian menemukan bahwa auditor KAP XYZ merasakan role conflict dan role ambiguity yang rendah, sedangkan komitmen organisasi yang dimiliki auditor tergolong tinggi. Dari kedua role stressor tersebut, role conflict merupakan role stressor yang yang paling sering dialami auditor. Penelitian juga menemukan bahwa role conflict dan role ambiguity di KAP XYZ memiliki hubungan yang negatif dengan komitmen organisasi auditor. Hubungan role conflict dan komitmen organisasi tersebut sangat lemah dan tidak signifikan, sedangkan hubungan role ambiguity dan komitmen organisasi tergolong kuat dan menunjukkan hasil yang signifikan. Untuk merespon kondisi role conflict, role ambiguity dan komitmen kerja tersebut, KAP XYZ perlu menerapkan manajemen stres dan komitmen organisasi di perusahaannya sehingga tingkat role stressor tidak semakin tinggi dan komitmen organisasi para auditor tidak mengalami penurunan.

The focus of this study is about correlation between role stressor that consist of role conflict and role ambiguity with auditor's organizational commitment in Kantor Akuntan Publik (KAP) XYZ. This research is quantitative with descriptive and inferential design. The result of this research found that auditors in KAP XYZ had experienced low role conflict and role ambiguity, but high in organizational commitment. Auditors more often had experienced role conflict than role ambiguity. The result of this research also found that role conflict and role ambiguity in KAP XYZ have negative correlation with auditor's organizational commitment. The correlation between role conflict and organizational commitment is very low/weak and not significant, whereas correlation betweenrole ambiguity and organizational commitment is hig h/strong and significant.KAP XYZ need to take a stress and organizational commitment management to response that role conflict, role ambiguity and organizational commitment, so the level of role stressor is not rise and the level of organizational commitment will not go down."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
6635
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqi Amaliah
"Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh Persepsi Keadilan (Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural) terhadap Komitmen Afektif dan Kepuasan Kerja dengan variabel Psikologis Kepemilikan sebagai mediatornya. Penelitian dilakukan merupakan replikasi model Sieger et al., 2011, menggunakan Program Lisrel pada SEM dengan sampel sebanyak 193 karyawan manajerial dari 24 perusahaan keluarga berskala menengah di Jakarta dan Bogor. Untuk variabel Persepsi Keadilan, penelitian menunjukkan bahwa Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Psikologis Kepemilikan. Untuk variabel Persepsi Keadilan yang dimediasi variabel Psikologis Kepemilikan, hasil penelitian menunjukkan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Komitmen Afektif. Untuk variabel Persepsi Keadilan yang dimediasi variabel Psikologis Kepemilikan, hasil penelitian menunjukkan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja.

The objective of this research is to find and analyze how Justice Perceptions (Distributive Justice and Procedural Justice) can influence the Affective Commitment and Job Satisfaction with Psychological Ownership as a mediating variable. This research has been replicated from Sieger et al., 2011 model, using Lisrel Program on SEM and samples 193 managerial employees from 24 midsized family company in Jakarta and Bogor. For the Justice Perceptions variable, both Distributive Justice or Procedural Justice has positive significant influence Psychological Ownership and For the Justice Perceptions variable with Psychological Ownership as a mediating variable, have positive significant influence Commitment Affective. For the Justice Perceptions variable with Psychological Ownership as a mediating variable, have positive significant influence Job Satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hirson Kurnia
"Skripsi ini membahas mengenai bagaimana pengaruh Group Creativity dan Corporate Ethical Values terhadap Job Satisfaction dan Turnover Intention di PT Multi Utama Consultindo untuk cabang Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari 74 responden. Setiap variable diukur dengan menggunakan kuesioner dan hasilnya diolah dengan piranti lunak Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan antara Group Creativity dan Corporate Ethical Values, keduanya tidak saling mempengaruhi. Kemudian terkait dengan Job Satisfaction, Group Creativity dan Corporate Ethical Values di PT Multi Utama Consultindo ternyata mempengaruhi secara positif Job Satisfaction. Kemudian, terkait dengan Turnover Intention, di PT Multi Utama Consultindo cabang Jakarta, Group Creativity dan Corporate Ethical Values tidak memiliki pengaruh apapun terhadap Turnover Intention.Untuk penelitian lebih lanjut, perlu ditambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi Corporate Ethical Value dan Group Creativity. Selain itu, Group Creativity tidak sesuai untuk diterapkan di perusahaan dalam bidang jasa konsultan pajak.

This study is to discuss the impact of Group Creativity and Corporate Ethical Values to Job Satisfaction and Turnover Intention at PT Multi Utama Consultindo, Jakarta Branch. This is a quantitative research using descriptive design. The data used is obtained from 74 respondents. Each variable is measured using questionnaire where the result is analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) software.
The result shows that between Group Creativity and Corporate Ethical Values, both variables do not affect each other. Regarding Job Satisfaction, variables of Group Creativity and Corporate Ethical Values affect positively Job Satisfaction. While for Turnover Intention, it is not affected by Group Creativity and Corporate Ethical Values. For future research on the same topic, it is suggested to add another variable affecting Group Creativity and Corporate Ethical Values. Also, for Group Creativity, it is not suitable to be implemented in the tax consulting company.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leonie Saputri
"Penelitian ini berfokus pada pengaruh Reward Management System dan motivasi terhadap kinerja karyawan yang ada di direktorat information and technology PT Telekomunikasi Selular- Telkomsel. Penelitian ini melibatkan 120 responden yang berada di kantor pusat Telkomsel di Jakarta. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equational Modeling (SEM) dengan program Lisrel 8.5.1.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Reward Management System yang diukur melalui dua dimensi, yakni financial reward dan non-financial reward, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi. Motivasi juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja. Namun Reward Management System berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja. Penelitian ini menunjukkan bahwa di PT Telkomsel Reward Management System hanya akan berpengaruh jika dimediasi oleh motivasi.

The purpose of this study is to identify the influence of reward management system and motivation of employees performance who works in Directorate of Information and Technology at PT Telekomunikasi Selular- Telkomsel. This research involves 120 respondents who works at head office of PT Telkomsel in Jakarta. Data process in this research use Structural Equational Modeling (SEM) in Lisrel 8.5.1. programme.
The results of this research indicate that Reward Management System which is measured by two dimension; financial reward and non financial reward, have positive influence and significant to the motivation. Motivation also has positive influence and significant to the employees performance. Reward Management System influence positively but not significant to the employees performance. This research indicate that Reward Management System in PT Telkomsel can only be influenced if mediated by motivation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53755
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Mahdi Fatahilah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari aktivitas employer branding perusahaan yang terdiri dari tiga dimensi (publicity, word of mouth endorsement, dan advertising) dan perceived job attributes of employer image yang terdiri dari tiga dimensi (working atmosphere, career opportunities, work-life comfort, task attractiveness, dan payment attractiveness) terhadap niat untuk melamar kerja pada Unilever Indonesia. Data penelitian ini diambil dari 222 sampel mahasiswa aktif S1 FEUI tingkat akhir dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa publicity berpengaruh signifikan terhadap tiga dimensi perceived job attributes yaitu career opportunities, task attractiveness, dan payment attractiveness, word of mouth endorsement tidak berpengaruh terhadap satupun dimensi perceived job attributes, advertising berpengaruh terhadap seluruh dimensi perceived job attributes. Sementara itu diantara kelima aspek perceived job attributes, yang menunjukan pengaruh signifikan terhadap niat untuk melamar kerja hanya task attrativeness dan payment attractiveness, sedangkan working atmosphere, career opportunities, dan work-life comfort tidak memberikan pengaruh signifikan.

The aim of the research is to study the impact of employer branding activities which has three dimensions (publicity, word of mouth endorsement, and advertising) and perceived job attributes consist of five dimensions (working atmosphere, career opportunities, work-life comfort, task attractiveness, and payment attractiveness) to intention to apply on Unilever Indonesia. The data were collected from 222 sample of FEUI students who were on their final year of study. The result showed that publicity significantly affect three out of five dimensions of perceived job attributes, those were career opportunities, task attractivenes, and payment attractiveness. Word of mouth endorsement did not affect any of the dimensions, and advertising significantly affected all of the perceived job attribute dimensions. Among all of the perceived job attributes dimensions, only task attractiveness and payment attractiveness significantly affected intention to apply, while the other three, working atmosphere, career opportunities, and work-life comfort did not have any significant effect."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S56535
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emanuella Christianti
"Penelitian ini meneliti pengaruh variabel kepuasan pegawai atas praktik manajemen SDM terhadap Turnover Intention dengan peran mediasi dari Organizational Justice dengan responden adalah 606 pegawai baru di Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dari hasil data dan pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Modeling, diperoleh hasil bahwa variabel kepuasan pegawai atas praktik manajemen SDM mempengaruhi Organizational Justice secara positif dan signifikan, serta memiliki pengaruh langung yang signifikan dan bersifat negatif atas Turnover Intention. Sementara itu, Organizational Justice ditemukan tidak memiliki peran mediasi dalam pengaruh kepuasan pegawai atas praktik manajemen SDM atas Turnover Intention.

This study investigated the effect of Employee Satisfaction on Human Resource Management Practices on Turnover Intention with the mediating role of Organizational Justice. Respondent are 606 new employees in the Ministry of Finance of the Republic of Indonesia. From the results of the data and hypothesis testing using Structural Equation Modeling, concluded that Employee Satisfaction on Human Resource Management Practices affect Organizational Justice positive and significant, and has a significant negative direct effect on Turnover Intention. Meanwhile, this study found that Organizational Justice does not have a mediating role in the effect of Employee Satisfaction on Human Resource Management Practices on Turnover Intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S57792
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gita Fedora Ramdhani
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perceived organizational support terhadap task performance yang dimediasi individual readiness for change dan psychological capital. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di perusahaan telekomunikasi seluler di seluruh Indonesia yang didapatkan dengan menggunakan purposive sampling. Total sampel berjumlah 275 karyawan. Metode analisis yang digunakan yaitu structural equation modeling dengan menggunakan aplikasi LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psychological capital memediasi pengaruh perceived organizational support terhadap individual readiness for change dan task performance. Akan tetapi, perceived organizational support dan individual readiness for change tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap task performance.

This study aims to determine the effect of perceived organizational support in task performance mediated by individual readiness for change and psychological capital. This research is a quantitative study with a cross-sectional design. The samples of this study were employees who work in cellular telecommunication companies throughout Indonesia, obtained using purposive sampling. The total samples were 275 employees. The analytical method used is structural equation modeling using the LISREL application. The results showed that psychological capital mediated the effect of perceived organizational support on individual readiness for change and task performance. However, perceived organizational support and individual readiness for change do not have a direct significant effect on task performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Nurhayati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transformational leadership terhadap commitment to change dan pengaruh mediasi trust dan employee engagement di organisasi publik. Penelitian dilakukan di instansi X yang sedang mengimplementasikan perubahan struktur organisasi (restrukturisasi). Responden penelitian ini adalah pegawai instansi X dengan posisi staf (nonstruktural) pada kantor Pusat di Jakarta. Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menganalisis data dari 247 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh transformational leadership terhadap commitment to change dimediasi oleh trust and employee engagement. Selain itu, transformational leadership memiliki pengaruh langsung yang signifikan tetapi negatif terhadap.

The aims of this study are to determine the effect of transformational leadership on commitment to change and the mediation effect of trust and employee engagement at the public organization. The research was conducted at institution X that is implementing a change in organization structure (restructuring). The respondents were the employee on a staff position (nonstructural) of institution X at the head office in Jakarta. Structural Equation Modeling (SEM) was used to analyze the data from 247 respondents. The result of the study showed that the effect of transformational leadership on commitment to change mediated by trust and employee engagement. Also, transformational leadership had a significant but negative direct effect on commitment to change."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53882
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ramitha Janira Cindi
"

Saat ini, Usaha Mikro Kecil (UMK) di Indonesia menghadapi tantangan serta peluang baru dengan adanya perkembangan teknologi dan perubahan kondisi ekonomi. Hal ini membuat tekanan bagi usaha untuk memiliki pemimpin yang memiliki kapabilitas yang akan memandu mereka untuk menghadapi tantangan tersebut. Entrepreneurial leadership, entrepreneurial motivation dan agility telah terbukti memiliki pengaruh kepada kinerja usaha. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial leadership, entrepreneurial motivation dan agility terhadap kinerja UMK di Indonesia. Metode penelitian adalah menggunakan survei dengan 450 responden yang terdiri dari pemilik usaha. Structural equation method digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial motivation and agility mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap kinerja bisnis namun entrepreneurial leadership tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Agility terbukti menjadi variabel mediasi antara entrepreneurial leadership, entrepreneurial motivation dan kinerja bisnis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha mereka serta memberikan pandangan lebih dalam bagi akademisi untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

 


Nowadays, Indonesian Micro and Small Enterprises (MSEs) are faced with the challenge and opportunity that arise due to advancement in technology and the changes in the environment. The challenges put a pressure for businesses to have capable leaders that will guide them. Entrepreneurial leadership, entrepreneurial motivation and agility have shown to be influential towards performance. This study investigates the influence of entrepreneurial leadership and entrepreneurial motivation towards the business agility. Then how those factors affect business performance. The method used is a survey of 450 respondents consisting of business owner of MSEs. Structural equation method is used to analyze the data. The result of the study showed that entrepreneurial motivation and agility have significantly positive affect on business performance however entrepreneurial leadership didn’t have such influence. Agility was significantly proven as a mediator between entrepreneurial leadership, entrepreneurial motivation and business performance.  This study provides insight for businesspersons to further improve their business performance and for academicians to further analyze the variables.

 

"
2019
T54657
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>