Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nisrina Hany
"Era disrupsi adalah suatu fenomena dimana inovasi memiliki potensi untuk mengacaukan atau bahkan mematikan suatu bisnis. Perusahaan kedepannya harus mempersiapkan seluruh karyawan dengan menumbuhkan perilaku inovatif, untuk mengantisipasi tantangan di era disruptif dengan menghasilkan inovasi yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Inovasi yang dapat dilakukan dalam manufaktur seperti inovasi produk, pemasaran, proses dan perusahaan itu sendiri. Dalam sektor manufaktur implementasi inovasi yang dapat dilakukan seperti hal teknis, desain, proses manufaktur, manajemen, pemasaran, peningkatan produk dengan proses atau dengan alat yang baru. Melalui perilaku inovatif, dapat melihat kontribusi karyawan dalam pekerjaan sehari- hari untuk berkontribusi secara konstruktif untuk inovasi. Perilaku inovatif dapat dipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional, suara karyawan, dan sistem kerja berkinerja tinggi. Dengan dukungan karyawan yang inovatif, melalui suara karyawan mereka dapat mengeluarkan pendapat, ide, saran atau solusi yang untuk perusahaan. Selain itu peran sistem sumber daya manusia atau sistem kerja berkinerja tinggi dapat mendorong perilaku inovatif melalui pemberian timbal balik yang baik untuk karyawan. Dan juga tingkat perilaku inovatif yang dimiliki karyawan dapat dipengaruhi dan peran kepemimpinan transformasional yang menyampaikan visi misi dengan jelas. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Data penelitian ini diperoleh dari 249 karyawan MidCo yang telah bekerja minimal selama satu tahun di perusahaan secara offline. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional tidak memiliki pengaruh langsung dan bersifat negatif terhadap perilaku inovatif, sedangkan sistem kerja berkinerja tinggi ditemukan memiliki pengaruh langsung terhadap perilaku inovatif. Selain itu, suara karyawan memiliki pengaruh positif terhadap perilaku inovatif. Lebih lanjut, kepemimpinan transformasional dan sistem kerja berkinerja tinggi ditemukan memiliki pengaruh terhadap perilaku inovatif melalui suara karyawan. Hal tersebut menunjukkan bahwa suara karyawan memiliki peran sebagai mediator antara kepemimpinan transformasional (mediasi penuh) dan sistem kerja berkinerja tinggi (mediasi parsial) terhadap perilaku inovatif.

The disruption era is a phenomenon where innovation has the potential to disrupt or even kill a business. The company in the future must prepare all employees by fostering innovative behavior, to anticipate challenges in the disruptive era by generating innovations that can provide a competitive advantage for the company. Innovations that can be done in manufacturing such as product innovation, marketing, processes and the company itself. In the manufacturing sector the implementation of innovations can be done such as technical matters, design, manufacturing processes, management, marketing, product improvement with processes or with new tools. Through innovative behavior, can see the contribution of employees in their daily work to contribute constructively to innovation. Innovative behavior can be influenced by transformational leadership, employee voice, and high-performance work systems. With the support of innovative employees, through the voice of their employees can issue opinions, ideas, suggestions or solutions for the company. In addition, the role of human resource systems or high-performance work systems can encourage innovative behavior through providing good reciprocity to employees. And also the level of innovative behavior possessed by employees can be influenced and the role of transformational leadership that conveys the vision and mission clearly. This study uses the Structural Equation Modeling (SEM) method. The research data was obtained from 249 MidCo employees who have worked for at least one year in the company offline. The results of this study indicate that transformational leadership has no direct and negative influence on innovative behavior, while high-performance work systems are found to have a direct influence on innovative behavior. In addition, the voice of employees has a positive influence on innovative behavior. Furthermore, transformational leadership and high-performance work systems were found to have an influence on innovative behavior through employee voices. This shows that the voice of employees has a role as a mediator between transformational leadership (full mediation) and high-performance work systems (partial mediation) against innovative behavior."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauziah Adli
"Tesis ini menganalisis peran organizational identification, work-life conflict and work addiction terhadap work engagement pada pengemudi ojek online.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif dengan menggunakan metode survei dengan memberikan kuesioner dalam pertanyaan tertutup kepada 261 responden. Dalam mengolah data, penulis menggunakan perangkat lunak SPSS untuk menganalisa profil responden dan menggunakan lisrel untuk menguji model penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan organizational identification
memiliki pengaruh positif signifikan terhadap work addiction, work-life conflict memiliki pengaruh negative signifikan terhadap work engagement, work addiction
memiliki pengaruh positif signifikan terhadap work engagement. Untuk organizational identification memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap work-life conflict.
The focus of this research are to analyze the effect of organizational identification, work-life conflict and work addiction toward work engagement. The study conducted by having drivers of online transportation servis. This research is quantitative research using survey method with questionnaire in enclosed questions
to 261 respondents. To running data author using SPSS software to analyze the respondents profile and using Lisrel to analyze the research model. From this research, it is known organizational identification has a positive significant effect on work addiction, work-life conflict has a negative significant effect on work engagement and work addiction has a positive significant effect on work
engagement. For organizational identifica8notion to work-life conflict has a positive effect but not significant."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52066
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Usman Manor
"Keseimbangan waktu mengurus pekerjaan dan mengurus hal lain di luar pekerjaan merupakan hal penting bagi pemilik UMK. Selain itu, motivasi dan kepribadian pemilik UMK juga menjadi bagian penting dalam meningkatkan kinerja UMK. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh work-life balance, motivasi, dan owner personality terhadap kinerja UMK di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan terhadap 152 pemilik UMK sebagai responden. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh work-life balance motivasi, dan personality pemilik UMK dalam meningkatkan kinerja UMK. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 20,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work life balance tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UMK, sementara motivasi dan personality pemilik UMKM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UMK. Jumlah responden dan waktu penelitian perlu ditingkatkan guna penelitian selanjutnya. Selain itu, motivasi kewirausahaan dengan alat ukur yang spesifik perlu digunakan dalam penelitian selanjutnya.

Balance of time for taking care of work and other things in micro and small entreprises is important thing to the owners. In addition, the motivation and the personality of the owners in micro and small entreprises also become the important thing. The research discuss about the influence of work life balance, motivation, and personality on small medium enterprises performance in Jabodetabek. This research conduct of 152 micro and small enterprises owners. Data analysis is conducted using SPSS 20.0 software. The purpose of the research is to know the influence of work life balance, motivation, and personality of the micro and small entreprises owners in order to improve the performance. The results of the research are work life balance do not have influence on small medium enterprises performance, where motivation and personality have influence on micro and small enterprises performance. The number of respondents and time for research need to be improved. Besides that, entrepreneurial motivation with specific measuring tools should be used for future research. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dedy Rahman
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran social capital dalam memediasi pengaruh social media terhadap knowledge transfer dan work performance. Metode pengumpulan data menggunakan teknik convenience sampling, dan melibatkan 244 pegawai di Perum BULOG. Pengolahan data menggunakan SEM dengan bantuan program SmartPLS. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa social capital berperan dalam memediasi pengaruh social media terhadap knowledge transfer dan work performance. Dimensi trust dan network ties dari social capital berperan signifikan memediasi pengaruh media sosial pada knowledge transfer dan work performance, sementara shared vision hanya memediasi secara signifikan negatif pada work performance namun tidak berperan memediasi pengaruh media sosial pada knowledge transfer.

ABSTRACT
This study aims to examine the role of social capital in mediating the influence of social media on knowledge transfer and work performance. Methods of data collection using convenience sampling technique, and involving 244 employees in Perum BULOG. Data processing using SEM with the help of SmartPLS program. The results of this study prove that social capital plays a role in mediating the influence of social media on knowledge transfer and work performance. Trust dimensions and network ties from social capital play a significant role mediating the influence of social media on knowledge transfer and work performance, while shared vision only mediates negatively on work performance but does not play a role mediating the influence of social media on knowledge transfer. "
2018
T51245
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Sultika
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self leadership, creative self efficacy, creativity climate terhadap employee creativity dan workplace innovation orientation. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling, dengan 259 responden dari karyawan kantor pusat Perum BULOG yang dianalisis menggunakan metode SEM dengan program smartPLS. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa faktor self leadership, creative self efficacy, creativity climate berpengaruh siginifikan positif terhadap employee creativity dan workplace innovation orientation.

ABSTRACT
This study aims to examine the influence of self-leadership, creative self efficacy, creativity climate towards employee creativity and workplace innovation orientation. The sampling technique was using convenience sampling, with 259
respondents from headquarter employees of Perum BULOG analyzed using SEM method with smartPLS program. The results of this study proves that the factors of self-leadership, creative self-efficacy, creativity climate have a significant effect on employee creativity and workplace innovation orientation."
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Naftalia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran employer brand dalam memperkuat hubungan brand personality dan employer brand attractiveness. Responden dalam riset kali ini melibatkan 415 sampel mahasiswa aktif S1 dari Universitas Indonesia (Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Ilmu Komputer) serta mahasiswa Institut Teknologi Bandung (Program Studi Teknik Informatika). Syarat responden riset adalah mahasiswa tingkat akhir atau pernah magang setidaknya satu bulan. Pengujian data dilakukan secara simultan dengan metode Structural Equation Method (SEM). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa brand personality sincerity, competence, excitement, dan sophistication secara signifikan mempengaruhi employer brand attractiveness. Pengaruhi tersebut dimediasi oleh employer brand affect serta employer brand trust, dimana efek employer brand affect juga dimediasi oleh employer brand reputation. Berdasarkan hasil tersebut, berikut masukan kepada GO-JEK bahwa untuk dapat menarik minat calon pegawai. GO-JEK harus menciptakan perasaan positif pada pegawai potensial, pesan-pesan tersebut adalah pesan yang mencerminkan kejujuran serta adanya janji kepastian kerja.

The purpose of this research to examine the role of employer brand in strengthening the relationship between brand Personality and employer brand attractiveness. Data was collected from 415 registered students University of Indonesia (Faculty of Economic and Business as well as Faculty of Computer Science) as well as Bandung Institute of Technology (Information Engineering), specifically final year students or students with at least one-month internship experience. The data was tested using Structural Equation Method (SEM). The result shows brand personality traits sincerity, competence, excitement, and significantly and positively impact employer brand attractiveness. The effect is mediated by employer brand affect and employer brand trust, where employer brand affects effect is mediated by employer brand reputation. Based on the findings, the author would like to propose a few strategies to GO-JEK to maximized its employer brand effort. GO-JEK should able to create positive messages which highlights honesty as well as job certainty. Potential employee are interested to work at GO-JEK due to the fact that GO-JEK brands are able to convey youthfulness, honesty, as well as a brand that is successful which in turn elicit a positive response from university students. Thus, the university students feel that GO-JEK is a trustworthy employer and that job certainty at GO-JEK. It can conclude that those are the reasons potential employee are interested to work at GO-JEK."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Candra Marudut
"Turbulensi lingkungan pada industri keuangan menstimuli perusahaan untuk mendapatkan komponen pemasaran baru yang bersifat substitusi agar dapat mengatasinya. Perubahan pasar, intensitas kompetisi yang makin kompleks dan layanan teknologi keuangan yang semakin canggih menyebabkan selera nasabah rentan berubah serta sumber daya wajib diperbaharui. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari turbulensi lingkungan terhadap kepemimpinan kewirausahaan dan kapabilitas dinamis. Tujuan berikutnya menguji kapabilitas dinamis dan kepemimpinan kewirausahaan terhadap strategi pemasaran perusahaan. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. Fokus penelitian dengan studi kasus di PT Pegadaian (Persero). Pengukuran dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para pelaksana operasional PT Pegadaian (Persero) di seluruh Indonesia. Penelitian ini melakukan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 23.
Temuan yang diperoleh bahwa turbulensi lingkungan memengaruhi secara signifikan terhadap kapabilitas dinamis maupun kepemimpinan kewirausahaan. Demikian juga kapabilitas dinamis memengaruhi secara positif signifikan terhadap pemasaran kewirausahaan. Selanjutnya, kepemimpinan kewirausahaan tidak memengaruhi secara signifikan terhadap pemasaran kewirausahaan. Semua hipotesis ini memiliki implikasi secara teoritis dan manajerial. Implikasi teoritis yakni memberikan kontribusi dengan memperkaya konsep dari kepemimpinan dan kapabilitas dinamis dalam memengaruhi strategi pemasaran perusahaan untuk menghadapi turbulensi lingkungan. Sementara itu, implikasi untuk PT Pegadaian (Persero) agar selalu memantau setiap pengembangan pasar, mengkonfigurasi ulang sumber daya, menciptakan diversifikasi produk/layanan dan memperkuat hubungan dengan nasabah untuk jangka waktu yang lama.

Environmental turbulence in the financial industry stimulates companies to obtain new marketing components that are substitution in order to overcome them. Market changes, increasingly complex competition intensity and increasingly sophisticated financial technology services cause the tastes of vulnerable customers to change and resources must be renewed. This study aims to examine the effect of environmental turbulence on entrepreneurial leadership and dynamic capabilities. The next objective examines the dynamic capabilities and entrepreneurial leadership on marketing strategy of company This research was conducted quantitatively. For of research with case studies at PT Pegadaian (Persero). Measurements were taken by distributing questionnaires to PT Pegadaian (Persero) operational implementers throughout Indonesia. This study conducted hypothesis testing using SPSS 23.
The findings obtained that environmental turbulence significantly influences the dynamic capabilities and entrepreneurial leadership. Likewise dynamic capabilities have affect to entrepreneurial marketing. Furthermore, entrepreneurial leadership dont have influences to entrepreneurial marketing. All of these hypotheses have theoretical and managerial implications. Theoretical implications namely contributing to enrich the concepts of entrepreneurial leadership and marketing and dynamic capabilities in influencing marketing strategy of company to deal with environmental turbulence. Meanwhile, the implications for PT Pegadaian (Persero) to always monitor every market development, reconfigure resources, create product/service diversification and strengthen customer relationships for a long time.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T54547
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M Natsir Ridwan Muslim
"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja tenaga teknis museum di seluruh
Indonesia yang dipengaruhi pengetahuan kerja, kepuasan kerja, motivasi, dan
kompetensi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan bukti empiris
faktor-faktor yang memepengaruhi kompetensi dan kinerja tenaga teknis museum di
seluruh Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survei. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 266 responden. Teknik sampling yang
digunakan adalah purposive convenience sampling. Pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis Partial Least Square. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja, 2) pengetahuan kerja
berpengaruh signifikan terhadap kinerja, 3) pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap
kompetensi, 4) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja, 5) kepuasan
berpengaruh signifikan terhadap kompetensi, 6) motivasi berpengaruh terhadap kinerja,
dan 7) motivasi berpengaruh signifikan terhadap kompetensi.

The purpose of this research is to describe performance of technical staff museum in
Indonesia with job knowledge, satisfaction, motivation, and competency. In addition, this
study also aims to find empirical evidence factor - factor that influence competency and
performance of technical staff museum in Indonesia. This research is a survey method .
The sample used in this study were 266 respondents. Sampling technique used is
purposive convenience sampling. As for the collection of data in this study using a
questionnaire. Data were analyzed using Partial Least Square analysis techniques. The
result of this research show that : 1) competency had significant effect on performance,
2) Job knowledge had significant effect on performance, 3) Job knowledge had significant
effect on competency, 4) Satisfaction had significant effect on performance,
5) Satisfaction had significant effect on competency, 6) Motivation had significant effect
on performance, 7) Motivation had significant effect on competency.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54574
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Handayani
"Perusahaan dapat menjadi lebih inovatif dengan memanfaatkan kemampuan
karyawan untuk berinovasi, yang dioperasionalkan melalui perilaku inovatif dan
sangat dipengaruhi oleh pemimpin. Pemberdayaan dianggap mampu memediasi
pengaruh kepemimpinan terhadap perilaku inovatif. Pemberdayaan melalui
otonomi mendorong karyawan untuk meningkatkan perilaku inovatif sehingga
dapat merespon pelanggan dengan cepat dan akurat, mengembangkan ide, dan
menciptakan produk baru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
dimensi-dimensi kepemimpinan paternalistik seperti benevolent, moral, dan
authoritarian terhadap perilaku inovatif yang dimediasi oleh pemberdayaan
psikologis. Data dikumpulkan dari 119 karyawan start-up di Indonesia. Penulis
menggunakan metode Hayes process untuk menguji peran mediasi. Hasilnya
menunjukkan bahwa pemberdayaan psikologis hanya memediasi pengaruh
benevolent terhadap perilaku inovatif. Penelitian ini memberikan rekomendasi
bahwa, pemimpin harus memberikan otonomi dan kepercayaan kepada karyawan
dalam melakukan pekerjaan dan memutuskan sesuatu terkait dengan pekerjaan.
Pemimpin membangun komunikasi yang baik dengan karyawan untuk saling
bertukar pikiran, merespon ide yang disampaikan karyawan untuk mendorong
perilaku inovatif. Manajemen dapat menerapkan program pelatihan untuk melatih
orang-orang yang memegang posisi kepemimpinan mengenai pentingnya
membangun iklim yang mendorong perlakuan dan hubungan interpersonal yang
positif serta lebih memerhatikan kriteria pemilihan pemimpin baru.

Companies can become more innovative by leveraging employees' ability to
innovate, which is operationalized through innovative behavior and is heavily
influenced by leaders. Empowerment is considered capable of mediating the
influence of leadership on innovative behavior. Empowerment through autonomy
encourages employees to increase innovative behavior so that they can be fast and
accurately respond to customers, develop ideas, and create new products. This
study aims to examine the influence of paternalistic leadership dimensions such as
benevolent, moral, and authoritarian on innovative behavior mediated by
psychological empowerment. Data were collected from 119 start-up employees in
Indonesia. The author uses the Hayes process method to examine the role of
mediation. The results show that psychological empowerment only mediates the
benevolent effect on innovative behavior. This study provides a recommendation
that leaders should provide autonomy and trust to employees in doing work and
making decisions about work. Leaders build good communication with employees
to exchange ideas, respond to ideas from employees to encourage innovative
behavior. Management can implement training programs to train people in
leadership positions in the importance of building a climate that encourages
positive and more attention to the criteria for selecting new leaders.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Kurniawan
"Perilaku keinginan berwirausaha di kalangan para mantan pekerja migran sangat diharapkan di tengah masyarakat dalam menciptakan sesuatu yang baru dengan pikiran kreatif dalam melihat peluang usaha yang semakin kompetitif, meningkatkan pendapatan negara, dan menurunkan tingkat penganguran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Proactive Personality dan Entrepreneurial Self-Efficacy terhadap Entrepreneurial Intention yang dimediasi Attitude Toward Entrepreneurial. Data empiris dikumpulkan dari 140 mantan pekerja migran NTT dan NTB dengan menggunakan metode survei yang disebarkan secara daring. Studi ini dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan confirmatory factor analysis untuk menguji tujuh hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proactive Personality dan Entrepreneurial Self-Efficacy berpengaruh positif terhadap Entrepreneurial Intention, yang dimediasi melalui Attitude Toward Entrepreneurship. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengambil kebijakan di bidang sumber daya manusia untuk menciptakan entrepreneur yang handal dalam menciptakan peluang usaha dan kemajuan perekonomian negara.

Societies highly expect entrepreneurship among ex-migrant workers to compete and create new job opportunities in such increasingly competitive markets to improve economic activities and reduce unemployment rates. This study examines the impacts of Proactive Personality and Entrepreneurial Self-Efficacy on Entrepreneurial Intention and its indirect influences through the mediation of Attitude Toward Entrepreneurial. Data was collected online by administering surveys to 140 former migrant workers from NTT and NTB provinces. The data were then analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) and confirmatory factor analysis to prove seven proposed hypotheses. This study demonstrates that Proactive Personality and Entrepreneurial Self-Efficacy positively influenced Entrepreneurial Intention mediated by Attitude Toward Entrepreneurship. Finally, the results of this study would benefit policymakers in the human resources sector to help produce creative and competitive entrepreneurs in creating new job opportunities and be a part of the economic development of the country, Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>