Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mira Maulida
"Diantara banyaknya ketidaksuksesan merger dan akusisi pada perusahaan farmasi multinasional, studi ini meneliti bagaimana orkestrasi sumberdaya paska merger dan akuisisi berpengaruh terhadap keunggulan daya saing perusahaan pada tingkat subsisiari, berdasarkan pengembangan dari Teory Berbasis Sumberdaya (Resource-Based Theory). Studi ini fokus pada pengaruh kapabilitas Chief Strategy Officer (CSO) dalam komplementariti sumberdaya paska merger dan akuisisi terhadap kapabilitas inovasi, kompetensi perusahaan, dan integrasi budaya. Studi ini menggunakan Structural Equation Method (SEM) yang melibatkan 107 responden, terdiri dari senior manajer yang terlibat langsung dalam merger dan akusisi pada perusahaan farmasi multinasional. Hasil penelitian empiris menunjukkan bahwa komplementariti sumberdaya paska merger dan akuisisi mengarah pada keunggulan daya saing perusahaan melalui kompetensi perusahaan dan kapabilitas inovasi; sedangkan kapabilitas inovasi itu sendiri tidak berpengaruh terhadap kompetensi perusahaan. Integrasi budaya merupakan katalisator dalam meningkatkan kompetensi perusahaan dan kapabilitas inovasi untuk mencapai keunggulan daya saing.

Kontribusi utama penelitian ini pada literature manajemen stratejik adalah menambah studi tentang peran dari CSO pada perusahaan multinasional (Menz and Scheef, 2014). Hasil studi menunjukkan bahwa kapabilitas CSO secara signifikan berpengaruh terhadap orkestrasi sumberdaya paska merger dan akuisisi untuk meningkatkan kapabilitas inovasi dan kompetensi perusahaan, tetapi tidak berpengaruh terhadap integrasi budaya. Studi ini memperkaya pemahaman tentang kompleksitas orkestrasi sumberdaya paska merger dan akuisisi dalam level subsidiari, yang masih sangat terbatas pada studi manajemen stratejik dan disarankan untuk ditelaah lebih lanjut (Bauer and Matzler, 2014).


Amidst so many unsuccessful M&As among multinational companies in pharmaceutical industry, this study investigates how post-M&A resource orchestration affects country-level firms competitive advantage, based on expansion of Resource-Based Theory (RBT). We focus on CSO capabilities influences in post-M&A resource complementarity towards innovation capability, firm competence, and cultural integration. This study uses Structural Equation Method (SEM) involving 107 respondents of worldwide senior management team who involved in M&A of multinational pharmaceutical firms. The empirical results show that post-M&A resource complementarity leads to competitive advantage through firm competence and innovation capability; innovation capability itself does not enhance firm competence. Cultural integration serves as a catalyst to leverage firm competence and innovation capability to achieve firms competitive advantage.

Our primary contribution to the strategic management literature is to enlarge the current limited study on the role of CSO function on multinational companies (Menz and Scheef, 2014). We find that CSO capabilities significantly influences post-M&A resource orchestration to leverage innovation capability and firm competence; but not towards cultural integration. This study enriches our understanding of the complexities of post-M&A resource orchestration in the firms subsidiary level, which is still limited in the strategic management study and suggested to be explored (Bauer and Matzler, 2014)."

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harry Patria
"ABSTRAK
Inisiatif proyek dapat diinisiasi oleh manajemen (pendekatan top-down) and tim proyek (pendekatan bottom-up). Manajemen umumnya menggunakan pendekatan pertama, yang cenderung melalui proses politik dengan melibatkan power, interests, and authority. Di sisi lain, pendekatan kedua cenderung lebih dinamik dalam situasi adanya kepentingan antara manajemen and tim proyek. Pengambilan keputusan efektif pada awal proyek menjadi lebih menantang. Studi ini bertujuan untuk berkontribusi terhadap studi sebelumnya dengan eksplorasi pengaruh dan manajemen dan tim proyek terhadap proses pengambilan keputusan oleh pimpinan proyek-apakah prosesnya cenderung menggunakan pendekatan rasional, intuitif atau politik. Kuesioner disusun dengan memilih pimpinan proyek (PIC) yang bertanggung jawab atas perencanaan proyek atau bisnis. Data digunakan untuk menguji hipotesis dalam model penelitian dibangun dengan menggunakan alat model persamaan struktural(SEM) dengan SPSS dan AMOS. Bersamaan dengan kuesioner, wawancara dengan beberapa responden terpilih juga dilakukan. Temuan studi mengungkapkan perbedaan jalur dalam mencapai keberhasilan inisiasi proyek. Manajemen menggunakan proses pengambilan keputusan dengan rasionalitas prosedural dan intuisi. Di lain pihak, tim proyek menggunakan proses pengambilan keputusan rasionalitas prosedural dan politik konstruktif. Ternyata manajemen dan tim proyek menggunakan rasionalitas prosedural. Dari jalur yang signifikan tersebut, hasil studi menunjukkan lintasan kritis dalam mencapai inisiasi proyek yang berhasil dengan peningkatan keberagaman tim proyek dan penggunakan pengambilan keputusan berdasarkan politik konstruktif. Dengan demikian, terdapat paradoks dari partisipasi karena proyek bottom-up ditentukan oleh kedua pihak yaitu aspirasi tim proyek dan ekspektasi manejemen. Sehingga, organisasi seharusnya mendorong keberagaman tim proyek yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan secara politik melalui negosiasi yang diambil oleh pimpinan proyek. Dari tipologi riset ini, keputusan efektif dapat diraih dengan peningkatan keberagaman tim proyek dan pengambilan keputusan politik konstruktif. Dengan pemahaman jalur kritis untuk mencapai keputusan optimal, organisasi dan pimpinan proyek dapat meningkatkan keberhasilan inisiasi proyek. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat berkontribusi terhadap realisasi investasi di sektor migas Indonesia.

ABSTRACT
A project can be originated by management (top-down approach) and project team (bottom-up approach). The management generally performs the first approach, by which sounds politically made in given power, interests and authority. Conversely, the second approach tends to be more dynamic in given situation while the dual interests between management and project team members exist. Making the effective project decisions in given incomplete information at early stage is increasingly challenging. This study aims to fill the gap by exploring the influence of management and project team towards the decision-making applied by project leaders-whether the processes are more likely to be rationally made, or more intuitively or politically made. The structure questionnaire was created and distributed to selected respondents as person-in-charged (PIC) involved in planning project or business initiation. Data were used to examine the hypotheses in constructed research model by using structural equation model (SEM) tools with SPSS and AMOS. Along with questionnaire, interviews with selected respondents in this fields were also conducted. The findings reveal different paths towards successful project initiation. The management increases the successful project initiation by stimulating the procedural rationality and intuition decision making process. On the other hand, the project team increases the successful project initiation by practicing the procedural rationality and constructive political decision-making process. It turns out that both management and project team increase the successful project initiation by increasing the procedural rationality decision-making process applied by project leaders. Of each significant path, the findings find out the critical path towards successful project initiation by increasing the project team diversity and constructive political decision-making process. Accordingly, it turns out the paradox of shared participation since the bottom-up project initiation is actually affected by both project teams aspiration and managements expectation. Subsequently, organization should encourage the project team diversity affecting the constructive political decision-making process by practicing the bargain and negotiation applied by project leaders. As practical implications, project leaders can increase the project initiation by applying the effective decision affected by management (transformational leadership) and project team (diversity). From the typology found in this study, it turns out that effective decision can be enhanced by increasing the project team diversity and constructive political decision-making process. By understanding the critical path of optimal decision, organization and project leaders can boost the project initiation more successful. In the long run, it can contribute to the investment realization in Indonesia oil and gas midstream and downstream sector."
2020
D2723
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diin Fitri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja biro perjalanan Umrah yang belum banyak dibahas pada penelitian sebelumnya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mempelajari secara empiris peran dari service leaders’ competencies (SLC) dalam biro perjalanan Umrah. Data dikumpulkan dari 150 agen perjalanan. Dimana setiap agen perjalanan diwakilkan oleh dua orang karyawan. Lisrel 8.8 dan SPSS 2.3 digunakan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa organizational service orientation (OSO), perceived service quality (PSQ), dan network capabilities (NC) sangat penting dalam meningkatkan kinerja biro perjalanan Umrah. Selain itu, SLC secara signifikan mempengaruhi OSO tetapi tidak mempengaruhi PSQ dan NC. Studi ini menemukan bahwa SLC saja tidak cukup untuk meningkatkan PSQ and NC. Hal ini dikeranakan agar bisa berdampak SLC dipengaruhi oleh beberapa factor seperti budaya atau sistem organisasi, dan followers. SLCmempengaruhi kinerja biro perjalanan Umrah melalui OSO. Resource Capacity (RSC) juga secara positif mempengaruhi NC dan OSO tetapi tidak mempengaruhi PSQ. Penelitian ini juga memberikan kontribusi teoritis seperti mempelajar SLC secara empiris atau literatur tentang religious tourism. Beberapa manajerial juga dijelaskan, serta Batasan dan arah penelitian ke depan

This research aims to understand factors influencing the performance of Umrah travel agencies, which has been limited to discussed in previous studies. Previous literature on hajj and Umrah service providers mostly focuses on the customers' side. In addition, this research also aimed to empirically study the impact of service leaders' competencies, as there is limited research empirically learning the influence of service leaders' competencies. The data was gathered from 150 travel agencies, with two employees representing each travel agency. Lisrel 8.8 and SPSS 2.3 were utilized to analyze the data. The finding shows that Organizational Service Orientation, Perceived Service Quality, and Network Capabilities are pivotal in enhancing travel agencies' performance. In addition, Service leaders' competencies significantly influence the organization's service orientation but fail to influence the perceived service quality and network capabilities. This study finds that leaders' competencies only are not enough to enhance some organizations' conduct. Leaders' competencies can be used to enhance performance and are influenced by the organization's environment, such as its culture or organizational system, and their followers. Resource capacity also positively influences network capabilities and organization service orientation but fails to influence service quality. Providing service quality requires the whole system or a combination of inputs. The theoretical and managerial contributions are also described, as well as research limitations and future research direction"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jaya Ishwari
"Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh budaya Tri Hita Karana terhadap dynamic capabilities, entrepreneurial leadership, dan kinerja hotel (dimoderasi oleh Critical Success Factors) di Bali. Data penelitian diperoleh dari 130 hotel bintang tiga, empat, dan lima yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tri Hita Karana berpengaruh positif terhadap dynamic capabilities dan entrepreneurial leadership, tetapi tidak mempengaruhi kinerja hotel secara positif dalam jangka pendek. Namun, integrasi nilai-nilai budaya THK ke dalam pengoperasian hotel akan meningkatkan daya saing dan kinerja hotel dalam jangka panjang.

This research explores how the influence of Tri Hita Karana culture on the dynamic capabilities, entrepreneurial leadership, and hotel performance (moderated by critical success factors) in Bali. This study gathered data from 130 hotels rated at three, four and five-stars that are then analysed using the method of Partial Least Squares Structural Equation Modelling. The results shows that while Tri Hita Karana does positively influenced dynamic capabilities and entrepreneurial leadership, it didn’t affect hotel performance positively in the short term. However, the research indicates the integration of THK culture into hotel operation will increase hotel performance in the long term."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haru Koesmahargyo
"Studi ini mengeksplorasi faktor apa yang membentuk kelincahan (agility) organisasi dan individu untuk mencapai kinerja. Para penulis berasumsi bahwa kejelasan arah strategis (faktor internal) dan persaingan (faktor eksternal) membentuk kelincahan dan kinerja. Konteks penelitian ini melibatkan petugas bank sebagai boundary spanners yang menangani bisnis agen bank dalam program inklusi keuangan di Indonesia. Agen bank adalah salah satu pelaku penting untuk mencapai inklusi keuangan. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa kejelasan arah strategis oleh para pucuk pimpinan di kantor pusat berdampak positif pada pembelajaran organisasi cabang, dan pembelajaran organisasi cabang berdampak positif pada kelincahan organisasi. Kelincahan organisasi kemudian berdampak positif pada kelincahan perentang batas (boundary spanners), yang selanjutnya berdampak pada kinerja. Hal ini menyoroti pentingnya arah strategis yang jelas dalam memfasilitasi budaya belajar di lingkungan cabang atau kelompok, menerapkan budaya berbagi pengetahuan, dan meningkatkan keterbukaan pikiran di antara karyawan. Temuan ini juga menggarisbawahi pentingnya kejelasan strategis dalam memungkinkan cabang untuk menavigasi dinamika pasar dan mempertahankan kelincahan meskipun ada tekanan persaingan. Persaingan, bagaimanapun, tidak berkontribusi positif secara signifikan pada pembelajaran dan kelincahan organisasi. Meskipun persaingan, secara umum, mempengaruhi pembelajaran (atau inovasi) organisasi dan kelincahan, penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam bisnis agen bank, persepsi terhadap persaingan dan pentingnya melakukan inovasi lebih menentukan daripada persaingan pasar itu sendiri. Temuan ini juga menunjukkan bahwa tingkat persaingan dalam suatu industri tidak secara otomatis meningkatkan pembelajaran organisasi dan menantang gagasan bahwa persaingan adalah cara langsung menuju perbaikan. Dari perspektif manajerial, organisasi harus mengadopsi pendekatan yang lebih bernuansa untuk belajar di industri yang kompetitif dan sekaligus teregulasi secara ketat; mengakui bahwa kehadiran persaingan bukanlah katalis inti untuk belajar. Sebaliknya, organisasi harus menetapkan strategi pembelajaran yang menyesuaikan dengan kondisi unik di lapangan dan menyadari bahwa persaingan mungkin tidak selalu konstruktif. Organisasi harus mendiversifikasi sumber pembelajaran mereka selain dari faktor persaingan, seperti melalui kolaborasi dan inovasi teknologi. Di sektor-sektor seperti perbankan, di mana persaingan, ide-ide baru, dan pembelajaran saling terkait, organisasi harus fleksibel dalam metodologi pembelajaran, menyesuaikannya sesuai dengan intensitas persaingan. Dengan memperhatikan faktor-faktor spesifik yang memediasi hubungan antara persaingan dan pembelajaran, organisasi dapat mengembangkan rencana pembelajaran yang paling efektif untuk masing-masing lini bisnis, memanfaatkan ide dan temuan mereka untuk beradaptasi dan berkembang. Menumbuhkan pola pikir kompetitif tetap penting karena memperkuat kapasitas organisasi untuk mengenali dan menanggapi dinamika pasar.

This study explores what factors shape organizational and individual agility to achieve performance. The authors assumed that clarity of strategic direction (internal factor) and competition (external factor) shape agility and further performance. This study's context involves bank officers as boundary spanners who handle agent banking business in the financial inclusion program in Indonesia. Agent banking is a crucial means of reaching financial inclusion. The findings of this study confirm that the head office's clarity of strategic direction positively impacts branch organizational learning, and branch organizational learning positively impacts organizational agility. Organizational agility subsequently positively impacts boundary-spanners agility, further impacting performance. This highlights the importance of clear strategic direction in facilitating a learning culture within branches, promoting knowledge sharing, and enhancing open-mindedness among employees. This finding also underscores the importance of strategic clarity in enabling branches to navigate market dynamics and maintain agility despite competitive pressures. Competition, however, does not contribute positively to organizational learning and agility. Although competition, in general, positively affects organizational learning (or innovation) and agility, this study suggests that, in the agent banking business, the perception of competition and the need for innovation is more crucial than the market competition itself. The findings also suggest that the degree of competition in an industry does not automatically enhance organizational learning and challenges the notion that competition is a straightforward path to improvement. From a managerial perspective, organizations should adopt a more nuanced approach to learning in competitive industries, recognizing that the mere presence of competition is not a definitive catalyst for learning. Instead, organizations should tailor their learning strategies to their unique circumstances, acknowledging that competition may not always be constructive. Organizations must diversify their learning sources beyond competition, such as through collaboration and technological innovation. In sectors like banking, where competition, new ideas, and learning are intertwined, organizations must be flexible in their learning methodologies, adapting them according to the intensity of competition. By examining the specific factors that mediate the relationship between competition and learning, organizations can develop tailored learning plans that are most effective for their context, leveraging their findings to adapt and thrive. However, cultivating a competitive mindset remains important as it strengthens the organization's capacity to recognize and respond to market dynamics."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Komang Budi Aryasa
"Terdapat mitos bahwa perusahaan besar biasanya mengalami kesulitan untuk beradaptasi di lingkungan dengan perubahan yang dinamis agar tetap kompetitif sepanjang waktu. Penelitian ini melakukan investigasi terhadap pengaruh yang berlawanan antara absorptive capacity dan organizational inertia terhadap ambidexterity aliansi di Telkom, yang merupakan operator ICT Information Communication Technology terbesar di Indonesia dan memiliki sejarah monopoli. Aliansi eksploratif dan exploitatif memiliki peran penting dalam mendorong inovasi produk dan inovasi proses dalam menghasilkan kinerja organisasi. Riset ini menggunakan analisa kuantitatif dari 336 responden pada 175 unit bisnis di Telkom Group.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa absorptive capacity mampu menangkap manfaat penting dalam melakukan strategi aliansi. Sebaliknya, inertia dalam unit organisasi memberikan pengaruh yang berlawanan. Studi ini juga menemukan bahwa ambidexterity aliansi mendorong adanya inovasi yang pada akhirnya inovasi proses memiliki pengaruh signifikan kepada kinerja organisasi dibanding inovasi produk.

There is a myth that a big company normally has a difficulty to adapt in the dynamically change environment to remain competitive over time. The objective of this study is to investigate the conflicting pressure of absorptive capacity and organizational inertia on alliance ambidexterity in Telkom Group, previously Indonesia ICT Monopoly Company. This study also examines how those alliances contribute to both new and complementary resources for business units. We have developed a model of alliance ambidexterity in an organization that needs to develop innovation. This study based on quantitative analysis of 336 respondents from 175 business units within Telkom, Indonesia.
The result of this study shows that absorptive capacity allows business units to more fully capture the benefits to become ambidexterity in alliance. In contrast, inertia within the organizational unit exerts an opposite effect. This study also found that the alliance ambidexterity encourages innovation that ultimately process innovation has a significant effect on organizational performance over product innovation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
D2398
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library