Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rachmat Susanto
"Penyandang hipertensi banyak yang beralih dari terapi medik ke terapi komplementer. Banyak terapi komplementer yang sudah dilakukan namun pada kenyataannya masih menunjukkan effect size yang relatif kecil dalam penurunan tekanan darah, penurunan level stress dan peningkatan retensi short term memory. Kondisi ini menunjukkan belum tuntasnya penanganan hipertensi. Metode penelitian Tahap I Identifikasi jenis intervensi dan uji coba pada 164 responden penyandang hipertensi. Tahap II dilakukan uji coba Model Intervensi Keperawatan Ramah Hipertensi pada 40 responden. Hasil Tahap I diperoleh tiga jenis terapi komplementer yaitu progressive muscle relaxation, aroma lavender dan terapi warna hijau. Tahap II diperoleh hasil pengaruh Model Intervensi Keperawatan Ramah Hipertensi terhadap penurunan sistolik sebesar -16,90 mmHg dengan effect size 0,78 (sedang) dan p value < 0,005. Penurunan diastolik sebesar -12,45 dengan  effect size 0,90 (besar). Penurunan level stress -4,92 dengan effect size 0,82 (besar). Peningkatan retensi short term memory sebesar +2,33 dengan effect size 0,78 (sedang). Kesimpulan Model Intervensi Keperawatan Ramah Hipertensi berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah, penurunan level stress dan peningkatan retensi short term memory.

Many people with hypertension are switching from medical therapy to complementary therapy. Many complementary therapies have been implemented but in fact they still show relatively small effect sizes in reducing blood pressure, reducing stress levels and increasing short term memory retention. This condition indicates the incomplete management of hypertension. Phase I research methods Identify the types of intervention and trials on 164 respondents with hypertension. Phase II, a hypertension-friendly nursing intervention model was tested on 40 respondents. The results of there search in Phase I obtained three types of complementary therapies namely progressive muscle relaxation, lavender aroma, and green color therapy. In Phase II, the results of the effect of the Hypertension Friendly Nursing Intervention Model on systolic reduction of -16.90 mmHg with an effect size of 0.78 (moderate). The diastolic reduction is -12.45 with an effect size of 0.90 (large). Stress level decreases up to -4.92 with effect size 0.82 (large). Short-term memory retention increases by +2.33 with an effect size of 0.78 (moderate) and p-value<0.005. In conclusion,the Hypertension-Friendly Nursing Intervention Model affects the  decrease in blood pressure, a decrease in stress levels, and increase retention of short-term memory."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Jesika
"Masalah psikososial dan kesehatan jiwa bagi penyintas COVID-19 yang paling banyak ditemukan adalah ansietas. Situasi pandemi membuat peneliti mengembangkan model dukungan kesehatan jiwa dan psikososial berbasis telenursing. Penelitian bertujuan untuk menguji efektivitas model dukungan kesehatan jiwa dan psikososial terhadap ansietas, resiliensi dan self transendence. Metode penelitian ini merupakan operational research terdiri atas 3 tahap, yaitu tahap pertama desain kualitatif deskriptif fenomenologi menggali permasalahan psikososial pada penyintas COVID-19. Tahap kedua merupakan pengembangan model teori dan aplikasi android. Tahap ketiga dilakukan uji efektivitas model dukungan kesehatan jiwa dan psikososial pada penyintas COVID-19 dan keluarga. Penelitian dilakukan di Bogor. Penelitian tahap 1 dilakukan pada penyintas COVID-19, keluarga dan perawat. Jumlah sampel tahap 1 : 46 responden. Hasil penelitian tahap 1 diperoleh 4 tema. Penelitian tahap 3 menggunakan desain quasy experiment dengan control group pre-post test design. Total sampel pada penelitian tahap 3 adalah 360 orang. Intervensi pada penyintas al : TKN 1-3, CBT, MBSR dan SHG dan intervensi pada keluarga : TKN 1-4. Hasil penelitian ditemukan bahwa model dukungan kesehatan jiwa dan psikososial dapat menurunkan ansietas, meningkatkan resiliensi dan self transendence secara bermakna (pValue<0,005). Rekomendasi penelitian ini bahwa perlunya pengembangan upaya preventif dan promotif melalui variasi cara sesuai dengan perkembangan teknologi.

The most common psychosocial and mental health problem for COVID-19 survivors is anxiety. Pandemic situation has led researchers to develop a model of mental health and psychosocial support based on telenursing. This study aims to examine the effectiveness of a telenursing on the anxiety, resilience, and self-transcendence of COVID-19 survivors. This research method is operational research. The first stage uses a descriptive phenomenological qualitative design. The second stage was the development of a theoretical model and an Android application. The third stage was to examine the effectiveness of the mental health and psychosocial support model. Phase 1 research was conducted on COVID-19 survivors, families, and nurses. Phase 3 of research was conducted using a quasy experiment design with a control group pre-post test design. The total sample was 360 people. Respondents in the intervention group were given the nursing intervenstions as follow: TKN 1-3, CBT, MBSR, and SHG, while family intervention was TKN 1-4. The results of the study found that mental health and psychosocial support model can reduce anxiety and increase resilience and self-transcendence significantly (p-value <0.005). This study recommends that it is necessary to develop preventive and promotional efforts in accordance with technological developments."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muthia Mutmainnah
"Kehamilan merupakan periode kritis dalam tahap kehidupan perempuan. Perubahan fisik dan psikologisdapat menyebabkan gangguan keseimbangan dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model integrasi spiritual pada perawatan prenatal untuk meningkatkan adaptasi maternal dan kualitas luaran persalinan. Kemampuan ibu beradaptasi dapat terlihat dari maternal fetal attachment, maternal distress, prenatal symptomsdan luaran persalinan.
Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yang meliputi tahap identifikasi, tahap pengembangan model dan tahap uji model. Hasil analisis dari wawancara dengan tujuh partisipan pada penelitian tahap I ditemukan lima tema terkait pengaruh spiritual selama kehamilan. Model ini berupa intervensi edukasi yang berbasis spiritual dengan perspektif islam. Intervensi ini terdiri dari sepuluh materi pembelajaran yang dibagi dalam lima sesi pertemuan. Pertemuan dilakukan setiap minggu secara berkelompok di puskesmas atau di wilayah kerja puskesmas. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment pre-post test dengan kelompok kontrol, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling terhadap 124 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model integrasi spiritual perspektif islam pada perawatan prenatal efektif dalam meningkatkan adaptasi kehamilan (aspek spiritual, maternal fetal attachment, maternal distress, prenatal symptoms) dan luaran persalinan (berat badan bayi dan nyeri persalinan). Dukungan sosial merupakan variabel perancu yangberpengaruh terhadap spiritual dan status gravidamerupakan variabel perncu yang berpengaruh pada kecemasan.

Pregnancy is a critical period in the stage of women's lives. Physical and psychological changes are stimuli that can cause disruption of balance in her life. The purpose of this study is to develop a model of spiritual integration in prenatal care to improve maternal adaptation and obstetric outcomes. The ability of the mother to adapt can be seen from the maternal fetal attachment, maternal distress, prenatal symptoms and labor outcomes.
This study consisted of three stages which included the identification phase, the model development stage and the model test phase. The results of the first stage based on the analysis from interviews with seven participants in the first stage of this study found five themes related to spiritual influence during pregnancy. This model is the form of educational interventions that are spiritually based on Islamic perspectives. This intervention consists of ten learning materials which are divided into five meeting sessions. The meeting is conduct every week in groups at the puskesmas or in the puskesmas working area.This study useda quasi experiment design pre-post test with a control group, sampling was done by consecutive sampling technique on 124 respondents.
The results showed that the Islamic perspective spiritual integration model on prenatal care was effective and significant in improving pregnancy adaptation (spiritual aspects, maternal fetal attachment, maternal distress, prenatal symptoms) and labor outcomes (infant weight and labor pain). Social support is a confounding variable that has a significant effect on the spiritual and the number of deliveries is a significant variable that significantly affects anxiety in pregnancy."
Depok: Universitas Indonesia, 2019
D2662
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Retno Sulistyaningsih
"Hemodialisis merupakan salah satu terapi pengganti ginjal yang efektif dan paling banyak digunakan. Pasien harus patuh terhadap regimen terapi karena dapat mempengaruhi sukses hemodialisis, menurunkan mortalitas dan morbiditas. Belum ada instrumen baku untuk mengukur kepatuhan ini. Penelitian bertujuan menghasilkan instrumen kepatuhan regimen terapi yang valid dan reliabel di Indonesia. Penelitian dilakukan dua tahap. Tahap pertama yaitu diperolehnya susunan butir - butir instrumen dan tahap kedua diperolehnya instrumen valid dan reliabel. Untuk mencapai tujuan pertama dilakukan telaah literatur, studi kualitatif dan konsultasi pakar. Untuk tahap kedua dilakukan uji instrumen kepada 120 pasien hemodialisis menggunakan total sampel. Hasil penelitian tahap pertama diperoleh 60 butir instrumen (nilai koefisien validitas isi berkisar 0,78 sampai dengan 1). Hasil uji confirmatory analysis factor (CFA) diperoleh 35 butir instrumen valid dan reliabel terdiri dari 5 komponen yaitu kepatuhan melaksanakan HD sesuai program, pengobatan, pembatasan cairan, diet dan aktivitas fisik. Hasil analisis bivariat menunjukkan hasil terdapat hubungan signifikan kepatuhan dengan outcome pasien hemodialisis meliputi kepatuhan dengan IDWG (p < 0,001), frekuensi dirawat di rumah sakit (p 0,020), komplikasi intradialitik (p 0,009), namun tidak ada hubungan antara kepatuhan dengan adekuasi dialisis (p 1,000). Hasil analisis multivariat nilai odds ratio (OR) paling besar adalah variabel jarak yaitu 3,4 (95% CI: 1,16-13,23). Instrumen KeReTa HD direkomendasikan digunakan untuk meningkatkan pengelolaan pasien hemodialisis melalui asuhan keperawatan. Perawat dapat mengkaji kepatuhan pasien menggunakan instrumen ini dan menjadi dasar pengembangan intervensi keperawatan untuk pasien hemodialisis di Indonesia.

Hemodialysis is the most widely used and effective renal replacement therapies. Patient must adhere to the therapeutic regimen that can affect the success of hemodialysis, reducing mortality and morbidity. There is no standard instrument to measure this adherence. This study aims to results a valid and reliable instrument of adherence to hemodialysis therapeutic regimen in Indonesia. The research was conducted in two stages. The first is obtaining the arrangement of the items of the instrument and the second is the instrument obtained is valid and reliable. To achieve the first, literature reviews, qualitative studies and experts consultations were carried out. The second, the instrument was tested on 120 hemodialysis patients, with total sample. The first results obtained an instrument of 60 items (content validity coefficient values range 0.78 to 1). The results of the CFA analysis obtained a valid and reliable 35 items consisting adherence to HD program, medication, fluids, diet and physical activity. The results of the bivariate analysis showed the significant relationship between adherence to outcome hemodialysis patient that is IDWG (p < 0.001), frequency of hospitalization (p 0.020), intradialytic complications (p 0.009), but there was no relationship with dialysis adequacy (p 1,000). The results of multivariate analysis showed that the greatest odds ratio (OR) is the distance variable, which is 3.4 (95% CI: 1.16-13.23). The KeReTa HD instrument is recommended to be used to improve the management of hemodialysis patients through nursing care. Nurses can assess patient adherence using this instrument and become the basic for developing nursing interventions in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Uke Pemila
"Stroke merupakan penyebab kedua kematian dan penyebab ketiga kecacatan di seluruh dunia. Pendekatan terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya stroke adalah dengan memberikan edukasi pada pasien yang berisiko tinggi stroke. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model edukasi pencegahan stroke untuk menurunkan faktor risiko stroke serta meningkat kemampuan merawat diri pasien yang berisiko tinggi stroke. Penelitian ini menggunakan metode Action Research yang terdiri dari dua tahapan, tahap satu adalah identifikasi masalah sampai pengembangan model yang didasari dengan penelitian kualitatif tentang persepsi pasien dalam kepercayaan kesehatan yang dimilikinya dalam rangka menurunkan faktor risiko stroke. Selanjutnya dikembangkan Model Edukasi Pencegahan Stroke dengan mengintegrasikan tema hasil penelitian kualitatif, studi literatur dan konsultasi pakar. Penelitian tahap dua adalah melakukan uji coba Model Edukasi Pencegahan Stroke untuk menentukan pengaruh model dalam menurunkan faktor risiko stroke dan meningkatkan kemampuan merawat diri pasien berisiko tinggi stroke. Penelitian tahap dua adalah penelitian kuasi eksperimen menggunakan desain post test control group, dengan jumlah sampel sebanyak 140 orang yang terdiri dari 70 orang kelompok intervensi dan 7 orang kelompok kontrol. Hasil penelitian tahap satu didapatkan 4 tema dari hasil deep interview dengan partisipan sehingga dihasilkan Model Edukasi Pencegahan Stroke beserta buku panduan intervensi model, modul untuk perawat serta booklet untuk pasien dan keluarga. Hasil penelitian tahap dua membuktikan adanya perbedaan faktor risiko, self efficacy dan kemampuan merawat diri (self care) yang bermakna pada awal penilaian sampai penilaian bulan ke tiga antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. Kesimpulan hasil penelitian yaitu Model Edukasi Pencegahan Stroke efektif menurunkan faktor risiko stroke, meningkatkan self efficacy dan meningkatkan kemampuan merawat diri (self care).

Stroke is the second leading cause of death and the third leading cause of disability worldwide. The best approaches that can be taken to prevent stroke is to provide education for patients at high risk of stroke. The purpose of this research was to develop a stroke prevention education model in reducing stroke risk factors and improving self care for patients at high risk of stroke. This study uses an action research method which consist of two stages, the first stage is the identification of the problem to the development of a model based on a qualitative research about the patient’s perceptions of their health beliefs to reduce risk factors for stroke. Furthermore, the Stroke Prevention Education Model was developed by integrating the results, literature review and expert review. The second stage was examination the Stroke Prevention Education Model to identified its effect of the model in reducing stroke risk factors and improving self care for patients at high risk of stroke. This study was a quasi-experimental research using a post test control group design, with a total sample of 140 participants (70 samples in intervention groups and 70 samples in control groups). The qualitative study identified 4 themes from deep interviews with participants, this themes leads to the development of a Stroke Prevention Education Model and its devices include intervention manual, modules for nurses, booklet for patients and their families. The second stage of research proves the significant difference in risk factors, self efficacy and self care between the first measurement to the third measurement after intervention groups. We conclude that Stroke Prevention Education Model effectively reduce stroke risk factors, improve self efficacy and improve self care."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irsanty Collein
"Sebagian besar klien PGK stadium awal tidak menyadari bahwa mereka telah mengalami penurunan fungsi ginjal sehingga mereka tidak melakukan tindakan apapun terkait penyakitnya. Perawat memiliki peran penting untuk membuat klien PGK stadium awal melakukan pengelolaan diri akan tetapi pada kenyataannya belum maksimal dilakukan oleh perawat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi model pengelolaan diri klien PGK stadium awal untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan diri dan mencegah progresivitas penurunan fungsi ginjal. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan, tahap satu adalah pengembangan model dan tahap dua dilakukan melalui uji coba model. Penelitian tahap 1 diawali dengan penelitian kualitatif fenomenologi, sedangkan tahap dua adalah penelitian kuasi eksperimen menggunakan pre tes dan post tes design dengan kelompok kontrol, dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang yang terdiri dari 33 orang kelompok intervensi dan 35 orang kelompok kontrol. Hasil penelitian tahap satu didapatkan 4 tema dari hasil wawancara mendalam dengan partisipan sehingga dihasilkan model pengelolaan diri klien PGK stadium awal beserta buku panduan intervensi model, modul untuk perawat serta booklet untuk pasien. Hasil penelitian tahap dua membuktikan adanya perbedaan kemampuan klien yang ditunjukkan dengan perbedaan efikasi diri, kualitas hidup, status kesehatan, pemanfaatan layanan kesehatan, dan sedangkan untuk penilaian progresivitas pada pengukuran tekanan darah sistole yang bermakna pada awal pengukuran sampai pengukuran bulan ke tiga antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. Sedangkan untuk nilai LFG tidak berbeda bermakna. Kesimpulan hasil penelitian yaitu model pengelolaan diri klien PGK stadium awal efektif meningkatkan kemampuan merawat diri yang dinilai dari efikasi diri, kualitas hidup, status kesehatan, pemanfaatan layanan kesehatan serta mempertahankan nilai tekanan darah sistole tetap stabil, tetapi tidak untuk mempertahankan nilai LFG.

Most patients with early-stages CKD are not aware that they have decreased kidney function so they are not take any action related to the disease. Nurses have an important role to make patients with early-stages CKD perform self-management, but in reality the nurses has not yet made the most of it. This study aimed to identify a self-management intervention of the early stages of CKD to improve self-management and prevent risk progression of kidney function. This study was conducted in two stages. The first stage was the development of the model. The second stage was conducted through a trial of the self-management program to determine the effect of the model in improving self-management ability and preventing the risk progression of early stages of CKD. The first stage was a qualitative method and the second study was a quasi-experimental study using pre-test and post-test design with a control group. The total sample were 68 people ( 33 intervention groups and 35 control groups). The results of the first phase of the research obtained 4 themes from the results of in-depth interviews with participants so that the resulting self-management model of the client decreased kidney function along with a model intervention manual, modules for nurses, and booklets for patients. The results of the second phase of the study that there were significant differences in self-efficacy, quality of life, health status, utilization of health services, and systolic blood pressure at the start of measurement until the third-month measurement between the intervention group and the control group. GFR value was not significantly different. The result of the research is the self-management model for early stages CKD effectively increasing the ability to care for themselves as measured by self-efficacy, quality of life, health status, utilization of health services, and maintaining a stable systolic blood pressure value, but not to maintain the LFG value."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Ratnawati
"Remaja cenderung memiliki perilaku seksual berisiko yang dapat dicegah melalui program edukasi di sekolah. Model Ketahanan Remaja Tanpa AIDS/RaTnA merupakan edukasi berbasis sekolah dilengkapi keterampilan hidup untuk ketahanan remaja. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas Model Ketahanan RaTnA untuk meningkatkan perilaku pencegahan HIV dan AIDS pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan riset operasional melalui tiga tahap yaitu: studi cross-sectional, studi pengembangan model, dan studi quasi-experimental. Tahap pertama melibatkan 619 siswa yang diperoleh dengan teknik quota sampling, tahap kedua empat orang pakar dan tahap ketiga 114 siswa. Tahap pertama mengidentifikasi faktor risiko internal, faktor risiko eksternal, faktor proteksi individual, faktor proteksi sosiokultural, ketahanan remaja serta perilaku pencegahan HIV dan AIDS sebagai faktor kunci yang memengaruhi pengembangan Model Ketahanan RaTnA. Tahap kedua menghasilkan satu buku model dan kurikulum, tiga modul atau buku ajar, sembilan buku kerja, dan satu buku evaluasi sebagai perangkat Model Ketahanan RaTnA. Tahap ketiga menunjukkan bahwa setelah intervensi selama empat bulan, efek pemberian Model Ketahanan RaTnA di kelompok intervensi berdampak signifikan pada skor strategi koping, harga diri, kontrol diri, self-efficacy, pengetahuan tentang HIV dan AIDS, sikap terhadap pencegahan HIV dan AIDS, dan perilaku pencegahan HIV dan AIDS (p value < 0,001). Model Ketahanan RaTnA efektif meningkatkan skor harga diri, self-efficacy, pengetahuan-sikap-perilaku pencegahan HIV dan AIDS, strategi koping serta kontrol diri. Model Ketahanan RaTnA dapat diadopsi untuk asuhan keperawatan pada agregat remaja di komunitas.

Adolescents tend to engage in risky sexual behaviors, which can be prevented through school-based educational programs. The Adolescent Resilience Without AIDS (RaTnA Resilience) Model is a school-based education program incorporating life skills to enhance resilience adolescent. This study aims to assess the effectiveness of the RaTnA Resilience Model in enhancing HIV and AIDS prevention behaviors among high school students. This operational research was conducted in three phases: a cross-sectional study, a model development study, and a quasi-experimental study. The first phase involved 619 students selected using quota sampling, the second phase involved four experts, and the third phase involved 114 students. The first phase identified key factors that shaped the development of the RaTnA Resilience Model, including internal risk factors, external risk factors, individual protective factors, sociocultural protective factors, adolescent resilience, and HIV and AIDS prevention behaviors. The second phase resulted in the creation of one model handbook and curriculum, three teaching modules or textbooks, nine workbooks, and one evaluation book as supporting materials for the RaTnA Resilience Model. The third phase revealed that after four months of intervention, the RaTnA Resilience Model significantly influenced coping strategies, self-esteem, self-control, self-efficacy, knowledge of HIV and AIDS, attitudes toward HIV and AIDS prevention, and preventive behaviors in the intervention group (p value < 0,001). The RaTnA Resilience Model effectively improves self-esteem, self-efficacy, HIV and AIDS knowledge, attitudes, and prevention behaviors, as well as coping strategies and self-control. The RaTnA Resilience Model can be adopted as a nursing intervention for adolescent populations in community settings."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asminarsih Zainal Prio
"Latar belakang: Lansia hipertensi mengalami perubahan pada aspek fisik, psikologis, sosial, dan spiritual. Penyakit hipertensi dan penatalaksanaannya dipengaruhi oleh kebiasaan atau budaya yang dimiliki. Intervensi keperawatan holistic berbasis budaya dapat mengurangi dampak negative dan mencegah komplikasi hipertensi. Tujuan: penelitian bertujuan mengidentifikasi pengalaman lansia hipertensi dan faktor budaya yang mempengaruhi, serta mengidentifikasi efektifitas model PASTI BERDAYA terhadap kepatuhan, tingkat, stres, koping, dan tekanan darah lansia hipertensi. Metodologi: Penelitian menggunakan penelitian operasional melalui tiga tahapan. Tahap pertama melalui studi fenomenologi deskriptif melibatkan 15 partisipan, tahap kedua penyusunan model dan modul PASTI BERDAYA melibatkan 3 orang pakar, dan tahap ketiga melalui studi quasi ekperimen with control group melibatkan 100 responden dengan pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Hasil : teridentifikasi 10 tema yang menjadi dasar pengembangan model. Tersusunnya model PASTI BERDAYA dan tiga modul sebagai perangkat model PASTI BERDAYA. Hasil menunukan adanya perbedaan bermakna dari pretest, post test I setelah 3 bulan perlakukan, dan Post test II setelah 6 bulan perlakuan antara kelompok intervensi dan kelompok control pada variabel kepatuhan pengobatan (nilai p <0,001), kepatuhan pengendalian risiko hipertensi (nilai p <0,001), tingkat stres (nilai p <0,001), koping (nilai p <0,001), tekanan darah sistole (nilai p <0,001), dan tekanan darah diastole (nilai p <0,001). Simpulan: Model PASTI BERDAYA mampu meningkatkan kepatuhan pengobatan, kepatuhan pengendalian risiko hipertensi, dan koping serta mampu menurunkan tingkat stres dan tekanan darah lansia hipertensi setelah evaluasi 3 bulan dan 6 bulan perlakuan. Model PASTI BERDAYA tepat untuk diaplikasikan pada lansia dengan hipertensi atau penyakit kronik degenerative lainnya dengan masalah ketidakpatuhan, stres dan koping yang kurang.

Background: Elderly hypertensive patients experience changes in physical, psychological, social, and spiritual aspects Hypertension and its management are influenced by habits or culture. Holistic nursing interventions based on culture can reduce negative impacts and prevent complications of hypertension. Objective: The study aims to identify the experiences of elderly hypertensive patients and the cultural factors that influence them, as well as to identify the effectiveness of the PASTI BERDAYA model on compliance, levels stress, coping, and blood pressure of elderly hypertensive patients. Methodology: The study used operational research through three stages. The first stage was through a descriptive phenomenological study involving 15 participants, the second stage was the preparation of the PASTI BERDAYA model and module involving 3 experts, and the third stage was through a quasi-experimental study with a control group involving 100 respondents with sampling conducted by purposive sampling. Results: 10 themes were identified as the basis for developing the model. The PASTI BERDAYA model and three modules were compiled as PASTI BERDAYA model devices. The results showed a significant difference from the pretest, post-test I after 3 months of treatment, and post-test II after 6 months of treatment between the intervention group and the control group on the variables of medication adherence (p value <0.001), hypertension risk control adherence (p value <0.001), stress level (p value <0.001), coping (p value <0.001), systolic blood pressure (p value <0.001), and diastolic blood pressure (p value <0.001). Conclusion: The PASTI BERDAYA model is able to improve medication adherence, hypertension risk control adherence, and coping and is able to reduce stress levels and blood pressure in elderly hypertensives after 3-month and 6-month evaluations of treatment. The PASTI BERDAYA model can be adopted to improve the health of elderly hypertensives and other chronic degenerative diseases with problems of non-compliance, stress and poor coping."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pramita Iriana
"Pembelajaran praktik di laboratorium sangat penting bagi peserta didik sebagai sarana pengembangan kompetensi sebelum masuk ke wahana praktik. Selain kompetensi, pembelajaran praktik di laboratorium juga dapat meningkatkan self-efficacy peserta didik agar dapat mempertahankan kompetensinya sebagai perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Praktik di Laboratorium yang Efektif (MP2LE) dan menguji efektivitasnya terhadap kompetensi dan self-efficacy peserta didik vokasi keperawatan. MP2LE dibuat berdasarkan model kinerja keterampilan praktik (BjA¸rk & Kirkevold, 2000) dan teori belajar sosial kognitif (Bandura, 1986). Pada penelitian kualitatif, lima tema teridentifikasi, yaitu peran pembimbing, persiapan sebelum praktik, pengelolaan laboratorium yang komprehensif, sarana dan prasarana yang memadai, serta kinerja keterampilan praktik peserta didik. Model MP2LE kemudian dikembangkan berdasarkan hasil integrasi tema yang didapatkan pada penelitian kualitatif, studi literatur, dan konsultasi pakar. Tahap uji coba model menggunakan desain kuasi eksperimen pre-test dan post-test terhadap 89 responden dalam kelompok intervensi dan 84 responden dalam kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna dalam hal tingkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan self-efficacy antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dalam waktu dua minggu intervensi. Kesimpulan hasil penelitian yaitu MP2LE efektif dalam meningkatkan kompetensi (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) serta self-efficacy peserta didik.

Laboratory skills learning is really important for nursing student as a way to develop their competency before entering clinical settings. Laboratory skills learning can also improve the students self-efficacy in order to retain their competency as a nurse. This research aims to develop the Laboratory Practical Skills Learning Model (MP2LE) and identify its effectiveness in vocational nursing students competency and self-efficacy. MP2LE is designed by integrating the Practical Skill Performance Model (Bja¸rk & Kirkevold, 2000) and the Social Cognitive Learning Theory (Bandura, 1986). Five themes derived from the qualitative study are the roles of the instructor, preparations before the laboratory skills learning, comprehensive laboratory management, sufficient laboratory facilities, and practical skill performance. MP2LE was then developed based on the qualitative study results, literature reviews, and expert panel. The model testing was held by using quasi-experimental design of pre-test and post-test within an experimental group of 89 participants and a control group of 84 participants. The study showed a significant difference between the two groups during two weeks of intervention in knowledge, attitude, skill, and self-efficacy. This research concludes that MP2LE is effective in improving students competency and self-efficacy."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library