Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Debora Selin
"ABSTRAK
Insentif merupakan salah satu hal yang penting dalam meningkatkan
produktivitas kerja karyawan. Masalah besaran, keadilan, memenuhi kebutuhan
dan ketepatan waktu dalam pembagian insentif masih menjadi masalah dan sering
diabaikan oleh pimpinan sebuah organisasi, hal ini akan nmenimbulkan kinerja
yang buruk dari karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
antara insentif dengan kinerja berdasarkan indikator kualitas kerja dan
kedisiplinan di ruang rawat inap RSUD Lakipadada tahun 2011. Penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional kepada perawat dengan
besar sampel 105 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner dan melakukan observasi langsung. Analisis dilakukan secara univariat
dan bivariat menggunakan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan
insentif berdasarkan besaran dilihat dari tambahan penghasilan 63,8% responden
mendapat Rp 200.000/bulan serta jasa pelayanan 33,3% responden mendapat
antara Rp 100.000-Rp 300.000/bulan. Insentif berdasarkan keadilan dalam
pembagiannya terhadap karyawan tergolong belum adil (49,5 %), berdasarkan
memenuhi kebutuhan tergolong belum memenuhi kebutuhan (47,6 %) dan
berdasarkan ketepatan waktu sudah tepat waktu (61,0 %). Terdapat hubungan
antara besaran insentif baik tambahan penghasilan dan jasa pelayanan dengan
kedisiplinan perawat. sebagai saran untuk RSUD Lakipadada agar lebih
memperlebihkan pemberian insentif dari segi besaran dan keadilan dengan tidak
mengabaikan indikator lainnya karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap
kinerja perawat.

ABSTRACT
Incentive is one of important thing in improving productivity of
employee?s working. Regarding to magnitude, fairness, fulfillment of need, and
timely of given incentive are still becoming problem and often ignored by
leadership of an organization, it will cause poor performance of employee. This
study aims to find out relationship between incentive and performance based on
indicator of working quality and discipline in inpatient unit of RSUD lakipadada
year 2011. It is a quantitative research using cross sectional design to nurses with
amount of samples are 105 people. Data was collected by giving a questionnaire
and carrying out direct observation, and analyzed by univariate and bivariate
analysis using Chi Square Test. Study result shows that incentive based on:
magnitude noted from additional income 63,8% respondents received
Rp.200.000/month and services 33,3% respondents received between Rp.100.00-
Rp 300.000/month. Fairness in distribusion to employee is unfairness (49,5%),
fulfillment of need does not fulfill (47,6%) and timely has been accurate (61,0%).
There are relationship between magnitude of incentive and discipline of nurse and
fairness and working quality of nurse. Suggestion to RSUD Lakipadada is to
increase an incentive giving in the side of magnitude and fairness by not ignoring
another indicators because it highly influences nursing performance.;"
2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ivo Lady Yulanda
"Skripsi ini membahas tentang analisis kesesuaian kebijakan dan prosedur mutu pelayanan Laboratorium Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan standar akreditasi laboratorium kesehatan tahun 2011. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesesuaian kebijakan dan prosedur mutu pelayanan Laboratorium Departemen Parasitologi dengan standar akreditasi laboratorium kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode obeservasi, wawancara mendalam dan telaah dokumen, dengan jumlah informan sebanyak 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan kebijakan dan prosedur mutu pelayanan Laboratorium Departemen Parasitologi belum sesuai dengan standar akreditasi laboratorium kesehatan karena ada prosedur yang memperoleh nilai dibawah standar.
This paper discuss about analysis suitability policy and procedure quality service from Laboratory of Department Parasitology Faculty of Medicine University of Indonesia with standard accreditation health laboratory. The research that used was qualitative with observation method, in dept interview and document study, with number of source about 7 peoples. The result from research indicate that policy and procedure quality treatment from Laboratory of Department Parasitology unsuitable with standard accreditation health laboratory because there are some prosedure that below standard"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Wina Maria Madyani
"ABSTRAK Tesis ini menganalisis dan membahas berbagai faktor yang dapat mempengaruhi
terjadinya stres kerja perawat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain
crossectional. Hasil penelitian ini berhasil mengidentifikasi variabel yang berpengaruh
terhadap stres kerja perawat. Hasil analisis bivariat menunjukkan variabel yang
berhubungan dengan stres kerja meliputi jumlah beban kerja, variasi beban kerja, jenis
kelamin & dukungan sosial (p<0,05). Variabel yang masuk dalam model multivariate
adalah jenis kelamin, usia, masa kerja, rendahnya kesempatan kerja, jumlah beban kerja,
variasi beban kerja, penilaian diri dan dukungan sosial. Model regresi yang digunakan
dapat lolos dari uji asumsi klasik dan mampu mengidentifikasi faktor yang dominan
mempengaruhi stres kerja perawat yaitu jenis kelamin dan rendahnya kesempatan kerja.

ABSTRACT
This thesis analyzes and discusses various factors that can influence the occurrence of
stressful work on nurses. This research is quantitative research with crossectional design. The
results of this study managed to identify variables that influence the stress of nurses' work.
The results of bivariate analysis showed variables related to work stress including the number
of workloads, variations in workload, gender & social support (p < α 0.05). The variables
included in the multivariate model were gender, age, years of service, low employment
opportunities, number of workloads, variations in workload, self-assessment and social
support. The regression model used can pass the classical assumption test and is able to
identify the dominant factors that influence nurse work stress, namely gender and low
employment opportunities.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Nyoman Satria Wijaya
"ABSTRAK
BaliMed Karangasem Bali dengan Pendekatan Lean Tahun 2018
Proses pemulangan pasien rawat inap merupakan proses kompleks yang melibatkan banyak unit dalam pelaksanaannya. Pendekatan lean merupakan pendekatan terhadap proses yang menembus sekat antar unit dan dapat memberikan gambaran jelas pelaksanaan proses dari awal sampai akhir serta dapat memberikan pembenahan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis proses pemulangan pasien rawat inap BPJS Kesehatan naik kelas perawatan di Rumah Sakit BaliMed Karangasem dengan pendekatan lean. Hasil penelitian kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data observasi, telaah dokumen dan wawancara mendalam ini mendapatkan lama proses pemulangan pasien BPJS Kesehatan naik kelas perawatan mencapai 192,9 menit dengan kegiatan value added sebesar 29,6 % dan non value added sebesar 70,4% dengan 15 kegiatan yang merupakan waste. Usulan perbaikan yang dilakukan dengan pendekatan lean mampu meningkatkan persentase kegiatan value added menjadi 70,2 % dan menekan kegiatan non value added menjadi 29,8% serta merampingkan kegiatan proses pemulangan dari 21 kegiatan menjadi 15 kegiatan.

ABSTRACT
Karangasem Bali With Lean Approach in 2018
The discharge process of inpatients is a complex process that involves many units in its implementation. The lean approach is an approach to production processes that penetrate the boundaries between units and can provide a clear picture of the process from the beginning to the end and can provide improvements. This study was conducted to analyze the discharge process of inpatients BPJS Kesehatan upgrade class patients at BaliMed. Hospital Karangasem with a lean approach. The results of the qualitative research using observational data collection methods, document review and in-depth interviews received a long process of discharge process reaching 192.9 minutes with 29.6% value added activities and 70.4% non value added activity with 15 activities which are waste. The proposed improvements made with a lean approach were able to increase the percentage of value added activities to 70.2% and suppress non value added activities to 29.8% and streamline the return process activities from 21 activities to 15 activities.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T52464
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tengku Lya Handasuri
"Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan penerapan dari Undang-Undang RI Nomor 40 tahun 2004 tentang SJSN dan untuk pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Presiden RI Nomor 12 tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, termasuk tentang pola pembayaran kepada Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) menggunakan sistem Indonesia System Case Base Groups (INACBGs). Sebanyak 52,87% penduduk Provinsi Riau telah menjadi peserta JKN pada tahun 2016. RSUD Petala Bumi merupakan salah satu FKRTL yang melayani pasien peserta JKN di Pekanbaru, dari data junjungan pasien rawat jalan tahun 2017 sebanyak 41,9% merupakan pasien JKN. Ditemukan adanya keterlambatan pengajuan klaim rumah sakit kepada BPJS Kesehatan sekitar 1-2 bulan dari batas waktu yang ditentukan sepanjang tahun 2017. Hal ini akan mengakibatkan penundaan pendapatan rumah sakit dimana pendapatan terbesar rumah sakit berasal dari pasien peserta JKN.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penyebab keterlambatan pengajuan klaim pasien JKN di RSUD Petala Bumi ditinjau dengan pendekatan sistem yaitu faktor input (Man, Material, Method), proses dan output. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi secara langsung dan telaah dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan pengajuan klaim pasien JKN di RSUD Petala Bumi disebabkan karena kurangnya kompetensi SDM pengelola dokumen klaim terutama tim Casemix, masih ditemukan resume medis yang tidak lengkap, SIRS yang masih belum computerized sehingga proses pengelolaan dokumen dilakukan secara manual termasuk billing system, dan belum ada kebijakan serta SOP tertulis dan baku yang menjadi pedoman pengelolaan dokumen klaim sehingga waktu yang diperlukan untuk mengelola dokumen klaim saat ini menjadi relatif panjang.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kualitas SDM pengelola dokumen klaim masih belum memadai, alur proses pengelolaan dokumen klaim membutuhkan waktu lama karena tidak one tap service, serta tidak tersedia instruksi yang baku dan seragam secara tertulis untuk dijadikan pedoman dalam pengelolaan dokumen klaim. Rumah sakit perlu meningkatkan kompetensi untuk SDM pengelola dokumen klaim, mempercepat pelaksanaan SIRS yang terintegrasi di rumah sakit dan menetapkan pedoman melaksanakan pengelolaan dokumen klaim untuk kelancaran pengajuan klaim agar menjadi tepat waktu.

The National Health Insurance (JKN) is an application of the Republic of Indonesia Law Number 40 of 2004 concerning the SJSN and for its implementation is regulated in Republic of Indonesia Presidential Regulation Number 12 of 2013 concerning Health Insurance, including the pattern of payments to the Advanced Referral Health Facility (FKRTL) using the system Indonesia System Case Base Groups (INACBGs). As many as 52.87% of the population in Riau Province had become JKN participants in 2016. Petala Bumi Hospital was one of the FKRTLs that served JKN participants in Pekanbaru with 41.9% of outpatients being JKN patients. It was found that there was a delay in filing a hospital claim with BPJS Kesehatan around 1-2 months from the specified deadline for 2017. This would result in a delay in hospital income where the hospital's biggest income came from JKN participants.
The purpose of this study was to analyze the causes of late submission of claims for JKN patients at Petala Bumi Hospital in terms of the system approach, namely input, process and output factors. Research uses qualitative research methods, data collection is done by in-depth interviews, direct observation and document review.
The results showed that the delay in filing claims for JKN patients at Petala Bumi Hospital was due to a lack of competency in the human resource management of claim documents, especially the Casemix team. Medical resumes were still incomplete, SIRS was still not computerized so the document management process was manual including the billing system there is no policy and written and standard SOP that guides the management of claim documents so that the time needed to manage claim documents is now relatively long.
The conclusion of this study is that the quality of HR claim managers is still inadequate, the process of claim document management takes a long time because it is not one tap service, and there are no standardized and uniform written instructions available to guide the management of claim documents. Hospitals need to carry out workload analysis for human resource claim document managers, accelerate the implementation of integrated SIRS in hospitals and establish guidelines for carrying out claims document management for smooth filing claims to be on time.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T52036
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Mustika
"ABSTRAK
Kualitas Pelayanan sangat penting dalam menciptakan kepuasan pasien. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kriteria pasien pada layanan rawat inap, hubungan
dimensi kualitas layanan dengan kepuasan pasien dan untuk mengetahui dimensi
mana yang paling berpengaruh kepuasan pasien. Penelitian ini melakukan analisis
univariat, bivariat dan multivariat. Dengan total sampel sebanyak 150 responden.
Didapatkan bahwa karakteristik pasien untuk usia dengan kategori terbanyak adalah
dalam rentang 30-49 tahun yaitu 54%, jenis kelamin responden terbanyak adalah
perempuan 78%, riwayat pendidikan akhir terbanyak yaitu SMA 53.3%, Pekerjaan
responden terbanyak adalah IRT, frekuensi pendapatan terbanyak adalah dengan
pendapatan per bulan Rp.3.000.000 sampai Rp. 4.000.000,-. Untuk analisis bivariat
didapatan bahwa dari lima dimensi kualitas layanan empat dimensi berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pasien: reliability p value 0.001, responsiveness p
value 0.0001, emphaty p value 0.0001 dan tangible p value 0.0001. Dan
pada analisis multivariat didapatkan dimensi reliability dan emphaty berpengaruh
terhadap kepuasan pasien.

ABSTRACT
Service Quality is very important in creating patient satisfaction. This study aims to
determine the criteria of patients on hall of residence services, the relationship of dimensions
of service quality with patient satisfaction and to determine which dimensions have the most
influence on patient satisfaction. This study carried out univariate, bivariate and multivariate
analyzes. With a total sample of 150 respondents. It was found that the characteristics of
patients for the age with the highest category were in the range of 30-49 years, namely 54%,
the sex of the most respondents was 78%, the history of the highest education was SMA
53.3%, the work of the most respondents was IRT, the highest frequency of income was
income per month Rp.3,000,000 to Rp. 4,000,000. For bivariate analysis it was found that
from the five dimensions of four-dimensional service quality had a significant effect on
patient satisfaction: reliability p value 0.00), responsiveness p value 0.0001, emphaty p
value 0.0001 and tangible p value 0.000. And the multivariate analysis found that the
dimensions of reliability and empathic affect patient satisfaction.
"
2019
T53852
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luvi Christiani
"ABSTRAK
Rumah sakit sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan yang paripurna mempunyai
kewajiban untuk menjaga mutu layanan yang diberikan. Perawat adalah salah satu ujung
tombak pelayanan dan merupakan bagian sumber daya terbesar di rumah sakit. Mutu
layanan keperawatan dengan tujuan utama adalah untuk patient safety dapat
dipertahankan salah satunya dengan mengendalikan angka turnover. Selama tahun 2015
sampai 2017 didapatkan angka turnover perawat di Rumah Sakit Awal Bros Batam
sebesar 15,4%, 14,3%, dan 18,9%.
Metode penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Awal Bros Batam ini dengan
pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan
turnover perawat. Penelitian kuantitatif terhadap seluruh perawat yang sudah keluar
sebanyak 79 orang. Penelitian kualitatif terhadap perawat di bagian rawat inap dan
critical care dengan informan sebanyak 7 orang.
Hasil kuantitif secara statistik univariat menunjukkan perawat yang keluar 77,2%
perempuan dan 22,8% laki-laki, 82,3% berusia sampai dengan 30 tahun dan 17,7%
berusia lebih dari 30 tahun, tingkat pendidikan diploma III 89,9% dan strata I sebanyak
10,0%, menikah 55,7% dan tidak menikah 44,3 %, asal rekrut 62% berasal dari luar
batam dan 38% berasal dari batam, serta masa kerja sampai 5 tahun 81% dan masa kerja
diatas 5 tahun 19%. Uji statistic bivariat menunjukkan faktor yang berhubungan dengan
turnover adalah status pernikahan (Asymp. Sig. 0.003) dan daerah asal rekrut (Asymp.
Sig. 0.000). Analisis kualitatif dengan wawancara mendalam dan focus group discussion
didapatkan faktor lingkungan non-fisik terutama masalah kepemimpinan yang
memunculkan dorongan untuk memutuskan keluar dari rumah sakit.
Tingkat turnover di Rumah Sakit Awal Bros Batam masih tinggi sampai dengan tahun
2017 dengan faktor status pernikahan dan daerah asal rekrut, lingkungan kerja non fisik,
dan kepemimpinan berhubungan dengan turnover. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan
Rumah Sakit Awal Bros Batam sebagai salah satu faktor untuk dapat mengendalikan
turnover perawat.

ABSTRACT
Hospitals as plenary health service providers have an obligation to maintain the quality
of services provided. The nurse is one of the spearheads of service and is the largest part
of the hospital's resources. The quality of nursing services with the main goal is to
maintain patient safety by controlling the turnover rate. During 2015 to 2017 there were
15.4%, 14.3%, and 18.9% turnover rates for nurses at Awal Bros Hospital Batam
The method of research conducted at the Awal Bros Hospital Batam with a quantitative
and qualitative approach to determine factors related to nurse turnover. Quantitative
research for all nurses who had left was 79 people. Qualitative research on nurses in the
inpatient and critical care section with informants 7 people.
Quantitative results with univariate statistical show nurses who had been turnover were
77.2% women and 22.8% men, 82.3% aged up to 30 years and 17.7% aged over 30
years, diploma level III 89.9 % and strata I 10.1%, married 55.7% and not married
44.3%, 62% of recruits came from outside Batam and 38% came from Batam, as well
as working period up to 5 years 81% and working period above 5 years 19%. The
bivariate statistical test showed that the factors associated with turnover were marital
status (Asymp. Sig. 0.003) and the area of recruitment (Asymp. Sig. 0.000). Qualitative
analysis with in-depth interviews and focus group discussions found non-physical
environmental factors, especially leadership problems which gave rise to the urge to
decide to leave the hospital.
The turnover rate in Awal Bros Hospital Batam is still high with factors of marital status
and area of recruitment, non-physical environmental factors, especially leadership that
are associated with turnover. This can be taken into consideration as the Awal Bros
Hospital Batam as a factor to be able to control nurse turnover.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T52463
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library