Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Dhanes Danarjati Soepono
Abstrak :
ABSTRACT
Narcissism is one of the characteristics that influences the organizational leadership effectiveness. According to researchers and psychoanalyst, it is a trade off characteristic where it delivers positive impact but has negative consequences in some context. This study aims to investigate the narcissism of CEOs and organizations. In specific, whether Elon Musk is a narcissistic leader and whether Tesla Motors itself a narcissistic organization are focused in this study. To determine the characteristics of narcissistic CEO, this study uses the DSM IV from American Psychiatric Association 2002 . Whereas, Godkin and Allcorn 2009 criteria is used to analyze the narcissistic trait of the organization. In this study it is not necessary to execute the research plan, so the preliminary answer is based on the literature and hypotheses. As a preliminary answer, the CEO Elon Musk of Tesla Motors is a narcissist. However, this study finds Tesla Motors is not a narcissist organization. Nonetheless, this conclusion could not be finalized as it does not have the complete data concerning Tesla Motors narcissism.
ABSTRAK
Narsisisme adalah salah satu karakteristik yang mempengaruhi efektivitas dari kepempiminan dalam organisasi. Menurut peneliti dan psikoanalis, sifat tersebut memiliki dua sisi yaitu sisi positif dan juga konsekuensi negatif dalam beberapa konteks. Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi narsisisme dari CEO dan organisasi. Dalam spesifik, apakah Elon Musk seorang pemimpin yang narsis dan apakah Tesla Motors adalah organisasi yang narsis. Untuk menentukan karakteristik dari narisistik CEO, studi ini menggunakan landasan teori DSM-IV dari American Psychiatric Association 2002 . Sedangkan, Godkin dan Allcorn 2009 kriteria akan digunakan sebagai landasan teori untuk menganalisa sifat narsistik dari organisasi. Dalam studi ini tidak perlu untuk mengeksekusi perencanaan penelitian. Hasil dari studi ini menyimpulkan bahwa Elon Musk CEO dari Tesla Motors adalah seorang narsistik. Di sisi lain, studi ini menyimpulkan bahwa Tesla Motors bukan organisasi yang narsis. Meskipun begitu, kesimpulan ini tidak bisa menjadi jawaban final karena studi ini tidak mendapatkan data utuh yang secara komplit menjelaskan level narsisisme dari Tesla Motors.
2017
S67200
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Bryna Meivitawanli
Abstrak :
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menganalisa CEO narsis, organisasi narsis dan hubungan antara keduanya dalam kasus General Motors. Literatur yang sudah ada mengenai konsep-konsep akan terlebih dahulu dijelaskan sebelum mengaplikasikannya kedalam kasus GM. Dua mantan CEO GM telah dipilih untuk analisa, Roger B. Smith dan John F. "Jack" Smith, Jr. Karaksteristik kedua CEO dan karakteristik GM pada masa jabatan keduanya akan dibahas satu persatu. Analisa-analisa ini menuju pada konklusi dimana CEO narsis mempunyai pengaruh terdahap organisasinya dengan mengubahnya menjadi organisasi yang narsis, tetapi organisasi narsis tidak memiliki pengaruh terhadap kepribadian para CEO. Selain konklusi berdasarkan pembahasan literatur, hipotesis dan rencana penelitian telah disediakan. Refleksi dan rekomendasi untuk penelitian dimasa depan juga diberikan diakhir.
......The objective of this thesis is to analyse narcissistic CEOs, narcissistic organizations and the relationship between the two in the case of General Motors. Existing literatures on the concepts are first explained before applying it to the case of GM. Two former CEOs of GM were chosen for analysis, Roger B. Smith and John F. “Jack” Smith, Jr. The characteristics of these two CEOs and the characteristics of GM during their tenure are described independently. These analyses lead to the conclusion that narcissistic CEOs do affect their organization by turning them into a narcissistic organization but narcissistic organization does not affect the personality of the CEOs. In addition to conclusions based on literature review, hypotheses and research plan are provided. Reflection and recommendation for future researches are also given at the end.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library