Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hardy
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi terhadap prosedur perencanaan dan substantif pengujian rinci atas penjualan yang dilakukan oleh KAP ABC terhadap PT XXX dan PT YYY, dua perusahaan afliliasi dari MNO Group untuk periode interim yang berakhir 31 Agustus 2022. PT XXX dan PT YYY merupakan perusahaan yang bergerak di industri perkebunan yang menghasilkan produk kelapa sawit. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, prosedur perencanaan dan substantif pengujian rinci atas akun penjualan yang dilakukan KAP ABC terhadap PT XXX dan PT YYY telah sesuai dengan Standar Audit (SA) yang berlaku, yaitu SA 200, SA 240, SA 315, SA 320, SA 330, SA 500, dan SA 530 dan teori audit atas penjualan. Laporan magang ini juga membahas mengenai refleksi diri penulis berdasarkan pengalaman yang diperoleh selama menjalani kegiatan magang di KAP ABC.

This internship report discusses about the evaluation of planning and substantive test of details procedure of sales executed by KAP ABC on PT XXX and PT YYY, two affiliation companies of MNO Group for the interim period ended August 31, 2022. PT XXX and PT YYY are companies engaged in the plantation industry that produce palm oil products. Based on the result of the evaluation, the planning and substantive test of details procedure of sales executed by KAP ABC on PT XXX and PT YYY are in accordance with applicable audit standard, such as SA 200, SA 240, SA 315, SA 320, SA 330, SA 500, dan SA 530 and audit theory of sales. This internship report also discusses a self reflection from the author’s experience during the intenship program."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Paula Agatha Atmajie
"ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk menganalisis konten dari pengungkapan manajemen risiko dan menguji hubungan faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pengungkapan manajemen risiko. Faktor-faktor tersebut terdiri dari leverage, risiko perusahaan, dan ukuran perusahaan. Analisis konten dilakukan dengan melakukan pengkodean pada setiap kalimat pengungkapan manajemen risiko berdasarkan pedoman dari penelitian terdahulu. Untuk menguji hubungan faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pengungkapan manajemen risiko, dilakukan dengan regresi OLS. Sampel pada penelitian ini meliputi perusahaan publik yang terdaftar pada indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia BEI periode Februari hingga Juli tahun 2015 dan 2017. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pengungkapan manajemen pada laporan tahunan perusahaan Indonesia cenderung membaik. Faktor yang terbukti memengaruhi kualitas pengungkapan manajemen risiko ialah risiko perusahaan dan ukuran perusahaan. Sedangkan, untuk tingkat leverage tidak terbukti memiliki pengaruh dengan kualitas pengungkapan manajemen risiko.

ABSTRACT
This study aims to analyze the content of risk management disclosure and to examine factors affecting the quality of risk management disclosure. These factors consist of leverage, corporate risk, and firm size. Content analysis is performed by encoding each risk management disclosure sentence based on the guidelines of previous research. OLS regression is used to examine factors affecting the quality of risk management disclosure. The sample of this research is companies listed on the LQ 45 index in Indonesia Stock Exchange IDX for the period from February to July 2015 and 2017. The results of this study indicate that the overall quality of management disclosure in the annual report of Indonesian companies tends to improve. Based on the evidence from the study, factors that affect the quality of risk management disclosure are company risk and firm size. Whereas, evidence from this study does not support any effect of leverage on risk management disclosure quality."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robby Sye Rizky
"Laporan magang ini membahas evaluasi prosedur audit oleh KAP Sigma atas akun pendapatan PT HOAL pada tahun 2022. PT HOAL adalah perusahaan di bidang pertambangan batubara. Pendapatan terdiri dari penjualan batubara dan jasa penunjang aktivitas batubara. Evaluasi dilakukan terhadap pemilihan sampel, penilaian pengakuan pendapatan berdasarkan PSAK 72, prosedur vouching untuk pengujian asersi akun pendapatan, dan prosedur vouching bukti audit atas akun pendapatan PT HOAL. Hasil evaluasi menunjukkan prosedur audit yang dilakukan oleh KAP Sigma telah sesuai dengan teori menurut Arens et al. (2019) dan Hayes et al. (2014), serta Standar Audit 315, 500, dan 530. Laporan magang ini juga membahas refleksi diri dari pengalaman melakukan aktivitas magang di KAP Sigma.

This internship report discusses evaluation of audit procedure by KAP Sigma on PT HOAL’s revenue in 2022. PT HOAL is mining sector company which revenue consists of sales revenue and services revenue. Evaluation is carried out by sample selection, assessing revenue recognition based on PSAK 72, vouching procedure to test assertions of revenue account, and audit evidence vouching procedures for PT HOAL’s revenue account. The results of evaluation show audit procedures by KAP Sigma are already in accordance with the theory of Arens et al. (2019) and Hayes et al. (2014), as well as Auditing Standards 315, 500, and 530. This internship report also discusses self-reflection from experience of doing internship activities at KAP Sigma."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bella Khafid Nuruddin
"Laporan magang ini dibuat untuk mengevaluasi pengujian subtantif atas akun kas dan setara kas milik PT. ABC oleh KAP KEN. PT. ABC merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan pengiriman uang secara elektronik. Evaluasi yang dilaksaakan dengan membandingkan kesesuaian pengujian substantif yang dilakukan oleh KAP KEN dengan standar audit serta regulasi terkait yang berlaku di Indonesia. Pengujian substantif yang dilakukan dan dijelaskan dalam laporan magang ini memerlukan bukti audit seperti konfirmasi dan juga pemeriksaan dokumen terkait. Landasan untuk mengevaluasi pelaksanaan pengujian substantif yang dilaksanakan oleh KAP KEN adalah teori audit dan standar yang berlaku seperti Standar Audit (SA) 500, SA 200, SA 300, SA 320 dan pernyataan beberapa ahli. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, terdapat kesesuaian penguia substatif yang dijalankan oleh KAP KEN dengan standar audit dan regulasi terkait yag berlaku di Indonesia. Di akhir laporan magang, terdapat refleksi diri serta tindak lanjut berdasarkan pengalaman magang yang telah dijalani.

This internship report was made to evaluate the substative test for cash and cash equivalent by PT. ABC by KAP KEN. PT. ABC itself is a company engaged in field of electronic transferring money service. Evaluation was carried out by comparing the suitability of substantive test described in this internship report needs audit evidences such as confirmation and checking related documents. The basis for evaluating the implementation of the substantive test carried out by KAP KEN was audit theories and standards, such as Standar Audit 500, SA 200, SA 300, SA 320 and statements from several experts. Based the performed evaluation, there was conformity with the substative test carried out by KAP KEN with audit standards and related regulations that apply in Indonesia. In the end of this internship report, there is self reflection and follow- up action based on experiences that have undergone."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kunti Dewi Kismanto
"Laporan magang ini membahas mengenai audit atas akun pendapatan pada PT DEF sebuah hotel bintang lima yang berlokasi di Jawa Tengah yang dilakukan oleh KAP XYZ untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016. Pembahasan dalam laporan magang ini mencakup perlakuan pendapatan yang dilakukan oleh PT DEF dan proses audit yang dilakukan oleh KAP XYZ pada pendapatan PT DEF.Berdasarkan hasil proses audit, PT DEF telah melaporkan pendapatannya sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK yang berlaku sehingga tidak terdapat salah saji material pada akun pendapatan PT DEF. Selain itu, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP XYZ atas pendapatan PT DEF juga telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku.

This internship report discusses the audit procedure for revenue of PT DEF, a five star hotel located in Central Java that conducted by KAP XYZ for the year ended December 31st 2016. The discussion covers the accounting treatment for revenue in PT DEF and the audit procedures conducted by KAP XYZ for revenue in PT DEF. The audit results showed that accounting treatment in PT DEF complies with the Indonesia Financial Accounting Standards. Therefore no material misstatements for revenue account in PT DEF. Moreover, the audit procedures conducted by KAP XYZ for revenue in PT DEF have been complied with International Standards on Auditing ISA.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Puri Jayanti
"Tesis ini memberikan analisis terhadap penerapan aktivitas pengendalian pengelolaan penerimaan Universitas A berdasarkan COSO Internal Control – Integrated Framework serta pengelolaan risiko pada penerimaan tersebut. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil pembahasan menyimpulkan bahwa Universitas A memiliki kelemahan dalam penerapan prinsip aktivitas pengendalian yang menyebabkan terjadinya temuan dalam laporan hasil pemeriksaan tahun 2015. Risiko yang teridentifikasi memiliki tingkat probabilitas dan dampak yang bervariasi. Mitigasi risiko yang dilakukan akan menurunkan tingkat probabilitas dan dampak menjadi lebih rendah. Universitas A perlu meningkatkan efektivitas pengendalian untuk mengoptimalkan penerimaan.

This thesis provides an analysis the implementation of control activities on revenue at University A using the COSO Internal Control-Integrated Framework and risk management analysis on the revenue system. The method used is case study. The results of the discussion conclude that University A has a weakness in applying the principle of control activities which led to the findings in the audit report in 2015. Identified risks have varying degrees of probability and impact. Risk mitigation carried out will lower the probability level and the impact becomes lower. University A needs to improve the effectiveness of controls to optimize revenues."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Emmelina Ernestine
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara keahlian Chief Executive Officer (CEO) terhadap performa perusahaan berdasarkan Tobin's Q. Penelitian ini menggunakan lima variabel karakteristik, termasuk sertifikasi profesional dan pendidikan lanjutan di bidang keuangan akuntansi, usia dan masa jabatan, serta gender untuk menguji karakteristik CEO. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji regresi dari 235 observasi tahun perusahaan dari enam negara ASEAN (Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Vietnam) pada tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia dan tenure CEO memiliki hubungan positif dengan performa perusahaan. Studi ini penting karena memberikan bukti tentang hubungan antara karakteristik CEO dengan performa perusahaan. Karakteristik CEO akan memberikan dampak positif bagi performa perusahaan. Untuk membuat keputusan investasi, investor perlu memperhatikan karakteristik CEO karena terbukti dapat mempengaruhi performa perusahaan yang lebih baik.

The purpose of this study is to examine the association between Chief Executive Officer (CEO) characteristics on firm performance. Firm performance is measured by Tobin's Q; while professional certification and advanced education in finance/accounting, age, tenure, and gender are used to measure CEO's characteristics. The hypotheses are tested using regression analysis using 235 firm-year observation from six ASEAN countries (Thailand, Singapore, Malaysia, Philippines, Indonesia, and Vietnam) in year 2015. The results show that CEO age and tenure have positive association with firm performance. This study is important because it deliveres evidence on the link between CEO characteristic and firm performance. CEO characteristic will give positive impact on companies' firm performance. Overall, to make investment decision, investor need to pay attention on the characteristic of CEO as it is proved can affect better firm performance."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadifa Dewinta Danastri
"

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi apakah peningkatan kesadaran mengenai masalah lingkungan telah mendorong organisasi untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan dan menggunakan akuntansi manajemen lingkungan (EMA) mendorong inovasi lingkungan, dan meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan. Namun demikian, ada sedikit bukti untuk mengkonsolidasi klaim ini dan dengan demikian makalah ini bertujuan untuk menyelidiki masalah ini. PT X adalah salah satu perusahaan baja terbesar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi kasus dan pendekatan kualitatif dan menggunakan sistem manajemen lingkungan dalam menganalisis masalah penelitian. Penelitian ini juga menguji pentingnya menggunakan akuntansi manajemen lingkungan dalam penerapan sistem manajemen lingkungan dalam perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun sistem manajemen lingkungan telah dilakukan oleh perusahaan untuk menghindari dampak pencemaran lingkungan (yaitu, dalam bentuk debu besi), namun, perusahaan belum menerapkan Akuntansi Manajemen Lingkungan dan Pelaporan Manajemen Lingkungan (yaitu, dalam bentuk Analisis Biaya & Manfaat) dalam mengatasi masalah. Perusahaan melakukan sistem manajemen lingkungan dengan hukum dan peraturan yang berlaku bukan sebagai bentuk strategi lingkungan dan inovasi untuk keberlangsungan bisnis di masa depan.


This study aims to analyze and evaluate whether increased awareness regarding environmental issues has encouraged organisations to apply environmental management system and use environmental management accounting (EMA) drives environmental innovations, and enhance company’s environmental performance. There is, however, little evidence to consubstantiate this claim and thus this paper aims to investigate the issue. PT X is one of the largest steel company in Indonesia. This research applies case study and qualitative approaches and uses environmental management system in analyzing the research problems. This research also examines the importance of using environmental management accounting in the implementation of environmental management system within the company. This research shows that though environmental management system has been performed by the company to elude the impact of environmental pollution (i.e., in the form of iron dust), however, the company has not implemented Environmental Management Accounting and Environmental Management Reporting (i.e., in the form of Cost & Benefit Analysis) in addressing the problems. The Company undertakes environmental management system by the prevailing laws and regulations not as a form of environmental strategy and innovation for the sustainability of the business in the future.

"
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Harto Kusumo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan rancangan sistem perhitungan biaya tunjangan kinerja menggunakan Pay for Performance (PFP) pada Instansi X. PFP membantu dalam menghasilkan data yang andal dalam mengevaluasi kinerja pegawai seperti adanya bukti pendukung atas kinerja yang telah dilakukan oleh pegawai dan harus disertakan guna pemenuhan kriteria kenaikan pangkat berdasarkan satuan angka kredit yang telah ditetapkan dalam aturan yang berlaku. Instansi X merupakan suatu unit kerja yang bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal dan dipimpin oleh Kepala. Instansi X sendiri mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pengelolaan sistem informasi, manajemen data, serta analisis dan penyajian data dan informasi. Pembayaran tunjangan kinerja yang tidak optimal akan mengakibatkan sistem pembayaran biaya gaji pegawai yang tidak efisien. Apabila kinerja instansi tidak efektif namun biaya yang dibayarkan tinggi, maka dapat dikatakan instansi tersebut tidak efisien dalam mengelola biaya nya. Terdapat beberapa pegawai yang belum mendapat kenaikan pangkat meskipun telah melampaui masa kerja tertentu dikarenakan pegawai tersebut belum memenuhi kinerja yang telah ditetapkan akan tetapi menerima tunjangan kinerja secara penuh. PFP merupakan bagian dari Management Accounting Control System (MACS). MACS membantu pembuat keputusan dalam menentukan apakah strategi, tujuan, tingkat organisasi, bisnis, dan operasional dapat terpenuhi. PFP dapat diterapkan sebagai sistem pengendalian untuk mengatasi masalah kesenjangan kepentingan yang dihadapi oleh Instansi X. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan dan analisa data menggunakan instrumen penelitian, wawancara, dokumentasi, dan content analysis. Hasil penelitian berupa usulan perbaikan pada sistem perhitungan tunjangan kinerja pegawai dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi dan memberikan solusi atas penyebab masalah dan memberikan dasar pengambilan keputusan untuk merubah sistem perhitungan tunjangan kinerja saat ini supaya menjadi lebih efisien.

This study aims to propose the calculation of employee performance allowance system design using Pay for Performance (PFP) at Agency X. PFP helps in producing reliable data in evaluating employee performance such as the existence of supporting evidence for the performance performed by employees and must be included to meet criteria promotion based on the credit number unit specified in the applicable rules. Agency X is a work unit that is responsible to the Minister through the Secretary General and headed by the Chief. Agency X itself has the task of carrying out guidance and management of information systems, data management, and analysis and presentation of data and information. The non-optimal employee performance allowance payment will result in an inefficient payment system for employee salaries. If the agency's performance is not effective but the costs paid are high, it can be said that the agency is not efficient in managing its costs. There are some employees who have not received a promotion even though they have exceeded a certain period of work because the employee has not fulfilled the determined performance but receives a full performance allowance. PFP is part of the Management Accounting Control System (MACS). MACS helps decision makers in determining whether strategies, objectives, levels of organization, business, and operations can be fulfilled. PFP can be applied as a control system to overcome the problem of the gap of interests faced by Agency X. This study uses qualitative methods with a case study approach. Data collection and analysis using research instruments, interviews, documentation, and content analysis. The results of research on improvements in the calculation system for employee performance allowances that can be used to improve and provide solutions to problems and provide a basis for decision making to improve the current allowance calculation system are more efficient."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Septian
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan perencanaan pengawasan internal berbasis risiko dengan menggunakan tools internal audit capability model IIA pada Inspektorat Jenderal Kementerian Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Fokus tools yang digunakan adalah pada level 3 dengan key process area pada perencanaan pengawasan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakselarasan capaian akuntabilitas kinerja Kementerian Desa PDTT yang rendah dengan nilai Kapabilitas APIP yang sudah pada level 3 yang berimplikasi bahwa proses perencanaan pengawasan berbasis risiko telah memadai. Proses perencanaan yang evaluasi terdiri dari pemahaman risiko organisasi, integrasi kerangka manajemen risiko, penyelarasan audit internal dengan tujuan organisasi, penilaian risiko periodik, penetepan entitas prioritas, persetujuan rencana, dan peninjauan berkala atas rencana. Penelitian dilakukan dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari wawancara kepada tim penyusun rencana pengawasan internal berbasis risiko serta analisis atas dokumentasi yang dimiliki Inspektorat Jenderal. Hasil studi kasus menunjukkan bahwa penerapan perencanaan pengawasan intern berbasis risiko pada Inspektorat Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi belum memadai. Dalam implementasinya, ditemukan kelemahan signifikan pada penilaian risiko periodik yang berdampak secara signifikan terhadap rencana pengawasan internal berbasis risiko yang disusun. Kondisi ini menyebabkan pelaksanaan pengawasan internal berbasis risiko pada Inspektorat Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi belum sesuai dengan tujuan dari dilaksanakannya pengawasan internal berbasis risiko. Sehingga pengawasan internal berbasis risiko yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal dianggap belum memiliki dampak terhadap peningkatan akuntabilitas kinerja organisasi. Sehinga perlu dilakukan implementasi perencanaan pengawasan internal berbasis risiko yang sesuai dengan IA-CM.

This research aims to evaluate risk-based internal monitoring planning is implemented using the IIA model internal audit capability tools at the Inspectorate General of the Ministry of Villages, Development of Disadvantaged Regions and Transmigration. The focus of the tools used is at level 3 with key process areas in monitoring planning. This research was motivated by the incongruence in the low performance accountability achievements of the Ministry of Villages, Development of Disadvantaged Regions and Transmigration with the Internal Auditor Capability value which was already at level 3, which had the implication that the risk-based monitoring planning process was adequate. The evaluation planning process consists of understanding organizational risks, integration of the risk management framework, alignment of internal audit with organizational goals, periodic risk assessment, determination of priority entities, plan approval, and periodic review of the plan. The research was conducted using a case study approach. Data was obtained from interviews with the team developing risk-based internal supervision plans as well as analysis of documentation held by the Inspectorate General. The results of the case study show that the implementation of risk-based internal monitoring planning at the Inspectorate General of the Ministry of Villages, Development of Disadvantaged Regions and Transmigration is inadequate. In its implementation, significant weaknesses were found in the periodic risk assessment which had a significant impact on the risk-based internal control plan that was prepared. This condition causes the implementation of risk-based internal supervision at the Inspectorate General of the Ministry of Villages, Development of Disadvantaged Regions and Transmigration to not be in accordance with the objectives of implementing risk-based internal supervision. So that risk-based internal supervision carried out by the Inspectorate General is considered to have no impact on increasing accountability for organizational performance. So it is necessary to implement risk-based internal control planning in accordance with IA-CM."
Jakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>