Ditemukan 98 dokumen yang sesuai dengan query
Mira Puspitasari, examiner
[ABSTRAK
Merumuskan Learning Organization Melalui Analisis Budaya
Keselamatan Pasien Dan Budaya Organisasi Di RS.Masmitra
Langkah awal membangun keselamatan pasien adalah melakukan
penilaian terhadap budaya keselamatan pasien yang mana diperlukan
pengkajian budaya organisasi sebagai panduan dalam menerapkan
keselamatan pasien.
Penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif potong lintang dilanjutkan
metode kualitatif ini bertujuan mengukur budaya keselamatan pasien,
mengidentifikasi profil budaya organisasi dan...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42983
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Yuyun Yulianti, author
ABSTRAK
Tingginya angka penolakan pasien di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat yang
mencapai 300-400 pasien per tahun tidak sejalan dengan angka kinerja rumah
sakit pada tahun 2013. Penelitian bertujuan menggambarkan cetak biru pelayanan
pasien dalam mendapatkan pelayanan rawat inap dan menemukan titik potensi
perbaikan dengan pengamatan pada lima unit pelayanan yang terlibat. Penelitian
ini adalah...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41969
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Sihombing, Nisle Purada, author
Penelitian ini bertujuan menganalisis proses discharge pasien rawat inap di RS St. Elisabeth Bekasi dengan menggunakan pendekatan Lean Six Sigma melalui metode kualitatif dengan pengamatan pada 6 unit yang terlibat. Pendekatan Six Sigma mencoba mengurangi variasi waktu pada setiap tahapan discharge di masing-masing unit tersebut, pendekatan Lean mengidentifikasi aktifitas yang...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42252
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Tobing, Doris Lumban, author
[ABSTRAK
Berdasarkan UBA pasien di RS Siloam Kebon Jeruk didapat komentar mengenaipemulangan pasien yaitu waktu tunggu penyelesaian administrasi pulang pasienmasih cukup lama terutama menggunakan asuransi Dari uji petik didapatkanrata rata waktu tunggu yang menggunakan jaminan perusahaan asuransi 5 jam 45menit dan non jaminan 3 jam 4 menit Penelitian bertujuan mengetahui faktorfaktoryang...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41488
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Titi Anggraeni Nasution, author
Penelitian yang dilakukan di gudang farmasi RS Kartika Husada Setu ini membahas kegiatan proses penyimpanan barang , yang dinilai penulis masih terdapat permasalahan yang merupakan pemborosan atau mendatangkan waste. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain kualitatif melalui pendekatan action research dengan fokus pada proses penyimpanan dan pendistribusian barang dengan metodologi...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Ari Purwohandoyo, author
Penelitian ini membahas mengenai perbandingan biaya pengelolaan limbah medis padat di Rumah Sakit Kanker “Dharmais” antara sistem swakelola dengan sistem outsourcing. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan dilakukan dengan cara pengamatan, telaah dokumen langsung, dan perhitungan biaya menggunakan metode Activity Based Costing (ABC). Dari hasil penelitian diketahui bahwa alur...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Crisnah Indah, author
Praktik cuci tangan merupakan faktor kunci dalam menurunkan dan mencegah
infeksi terkait pelayanan kesehatan. Masih rendahnya praktik cuci tangan di
kalangan petugas kesehatan menyebabkan angka infeksi di rumah sakit masih
cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi elemen yang menjadi
penyebab masih rendahnya praktik cuci tangan enam langkah melalui pendekatan
elemen strategi implementasi multimodal WHO di...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sri Sugiarti, author
Sejalan dengan akan didirikan bangsal keperawatan kelas VIP, kelas I, dan RS Swadana maka pertama kali yang harus dipersiapkan adalah mutu pelayanan keperawatan karena baik buruknya suatu rumah sakit ditentukan oleh bagaimana pelayanan keperawatannya. Oleh karena itu Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong harus mempersiapkan sumber daya keperawatannya yang memegang peranan...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Isi Mularsih Sumarno, author
Pelayanan rumah sakit mempunyai peran yang sangat strategis baik dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat maupun sebagai cermin keberhasilan pelaksanaan tugas Departemen Kesehatan. Menjelang tahun 2000 permintaan pelayanan kesehatan akan semakin meningkat seiring meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pelayanan kesehatan. Kenyataannya saat ini masih banyak sarana pelayanan kesehatan termasuk rumah...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
IGB Bambang Sutarto, author
Program swadana yang sedang digalakkan di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kemandirian rumah sakit. RSCM adalah rumah sakit rujukan nasional yang telah dikembangkan menjadi unit swadana. Perencanaan merupakan elemen awal dan penting dalam siklus manajemen, mengingat perencanaan merupakan persyaratan penting bagi keberhasilan perencanaan program. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi sistem...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library