Ditemukan 35 dokumen yang sesuai dengan query
Riesza Andarwanti Setya, author
Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menjelaskan sumbangan yang diberikan oleh orientasi tujuan siswa dan struktur tujuan kelas pada perilaku menyontek siswa SMP dalam pelajaran matematika. Penelitian iii adalah penelitian non-eksperimental dengan pendekatan kajian lapangan. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP kelas satu. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T17944
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yardinil Firda Nadhirah, author
Perilaku menyontek merupakan salah satu masalah yang dihadapi lembaga pendidikan untuk beberapa dasawarsa ini dan akan terus menjadi perhatian dalam dunia pendidikan. Mahasiswa pada masa sekarang lebih banyak melakukan tindakan menyontek dibandingkan dengan mahasiswa pada 10 tahun yang lalu. Murdock dkk. (2004) dalam penelitiannya menemukan sekitar 70% mahasiswa mengaku menyontek...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T18615
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Martha Emma Fredrika, author
Kecurangan akademik adalah perilaku yang menggunakan cara-cara tidak sah untuk mencapai hasil yang sah, haitu mendapatkan keberhasilan akademik atau menghindari kegagalan akademik (Bowers, 1966). Sejak penelitian Bowers, penelitian-penelitian tentang kecurangan akademik memberikan konfirmasi bahwa kecurangan akademik terus terjadi di negara-negara di seluruh dunia dan berada pada tingkat yang membahayakan (McCabe,...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S45037
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Layalia Fatharani, author
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai perbedaan
persepsi diri terhadap tingkah laku menyontek pada kelompok siswa kelas 12
berdasarkan kecenderungan orientasi tujuan berprestasi. Pengukuran persepsi
siswa terhadap tingkah laku menyontek menggunakan alat ukur berupa kuesioner
atau self-report yang dimodifikasi dari beberapa alat ukur (Anderman, Grissinger,
dan Westerfield 1998; Bolin, 2004; deLambret dkk.; 2003;...
2014
S60647
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Bernadia Dwiyani, author
Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi sumbangan metakognisi moral, emosi malu, dan emosi bersalah dalam ketidakjujuran akademis pada mahasiswa Universitas Indonesia. Pengukuran penelitian menggunakan Academic Integrity Survey, dan Moral Metacognition Scale, dan (TOSCA-3). Penelitian dilakukan pada 959 mahasiswa program sarjana dan vokasi Universitas Indonesia yang berusia 18-25 tahun.
Hasil pengolahan data...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S65265
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Matitaputty, Eunike Karina Nadine, author
Dari fenomena kecurangan akademik yang terjadi di Indonesia, peneliti kemudian meneliti hubungan antara ketidakjujuran akademik dan orientasi tujuan akademik yang dimoderasi oleh keterlibatan siswa. Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara ketidakjujuran akademik dan orientasi tujuan akademik. Partisipan penelitian ini terdiri dari 220 siswa dari seluruh Indonesia. Hasil penelitian ini menemukan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S62851
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Meilinda Rosa D., author
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perilaku curang saat ujian yang dilakukan oleh siswa di sekolah bersistem ability grouping (yang menyebabkan terbentuknya kelas unggulan dan non-unggulan) serta kontribusi faktor-faktor di luar diri individu yang berpengaruh terhadap munculnya perilaku tersebut. Menurut Bushway & Nash (1977), perilaku curang cenderung lebih banyak muncul...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
155.232 MEI p
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Raden Adisty Yunissa, author
Dalam penelitian ini menggunakan alat ukur Life Orientation Test-Revised (LOTR) dari Scheier, Carver, dan Bridges (1994) untuk mengukur optimisme dan menggunakan alat ukur Pattern of Adaptive Learning Scales (PALS) dari Midgley (2000) untuk mengukur perilaku menyontek. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran optimisme dan menyontek, serta hubungan kedua variabel...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Achmad Yani, author
Perbuatan curang telah dimulai sejak jaman Cina kuno (Brickam dalam Klausmeier, 1985), dan perbuatan tersebut telah mengalami peningkatan selama 30 tahun terakhir (Schab dalam Anderman, Griesinger, & Westerfield, 1998). Peneliti sendiri pernah berdiskusi dengan beberapa orang teman bahwa perbuatan curang yang dilakukan oleh banyak mahasiswa dengan tanpa malu-malu. Para mahasiswa...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
S3185
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Arbono Lasmahadi, author
1992
S2307
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library