Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
Ira Oktora Dwi Artati, author
2008
T38319
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Ari Nuratman, author
2007
T38238
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Siti Maskuriyati Wasilah, author
Pengabaian menimbulkan dampak serius pada tumbuh kembang anak yang termanifestasi ke dalam problem sosial (DePanfilis, 2006). Intervensi yang digunakan untuk mengatasi problem sosial pada anak yang diabaikan yaitu Theraplay. Theraplay bertujuan untuk membangun hubungan yang sehat antara anak dan orangtua serta meningkatkan attachment. Studi ini menekankan pada pentingnya kualitas orangtua...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T44581
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Belinda Agustya Pawidya Putri, author
Theraplay digunakan untuk mengatasi masalah insecure attachment yang termanifestasi melalui perilaku oposisi pada anak usia 5 tahun dengan diagnosis oppositional defiant disorder. Subyek mendapatkan pengalaman baru yang lebih positif, responsif, dan menyenangkan melalui aktivitas bermain dalam sesi theraplay bersama dengan peneliti.
Aktivitas bermain disusun berdasarkan dimensi-dimensi yang disesuaikan dengan kebutuhan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30651
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Adisti Fathimah Soegoto, author
Theraplay merupakan suatu intervensi yang berdasarkan pada teori attachment dan bertujuan untuk mcningkatkan hubungan yang positif antara anak dau pengasuh. Terdapat empat dimensi dalam theraplay, yaitu structuring, engaging, challenging, dan nurlming. Theraplay antara lain dapat diterapkan pada anak yang agresifl mengalami ADHD, atau mengaiami maltreatment.
Dalam Tugas Akhir ini, theraplay...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T34207
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Luisa Larasati Wirawan, author
ABSTRAK
Anak dengan ADHD diketahui memiliki defisit dalam regulasi diri dan menampilkan perilaku impulsif. Adanya hambatan dalam meregulasi diri membuatnya kesulitan untuk secara sadar mengatur serta mengendalikan emosi, pikiran, dan tubuhnya untuk berperilaku sesuai dengan situasi yang dihadapi. Hal ini yang membuat anak dengan ADHD sulit diatur, cenderung menarik diri, menampilkan...
2016
T46530
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Napitupulu, Astrid Wulandari Emeline, author
Penerapan rheraplay diberikan kepada anak laki-laki berusia 5.5 tahun dengan Reactive Attachment Disorder Inhibited Type, yaitu anak yang secara persisten gagal memulai atau rnerespon dengan cam yang tepat pada kcbanyakan interaksi sosial. Tujuan dari intervensi adalah mengctahui pengamh penerapan rheraplay terhadap hubungan antara orangtua dan anak dengan Reactive Attachment Disorder....
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T-pdf
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Fathya Artha Utami, author
ABSTRAK
Anak memiliki regulasi diri yang baik apabila ia mampu mengendalikan tindakannya. Pada usia prasekolah, kemampuan regulasi diri diharapkan sudah dikuasai oleh anak agar bisa berfungsi lebih baik pada kehidupan sehari-hari khususnya lingkungan sosial. Jika kemampuan ini terhambat, maka anak dapat menunjukkan berbagai permasalahan khususnya masalah perilaku dan menghambat berbagai aspek...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45292
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Erynda Trihardja, author
Kecemasan sosial pada anak usia sekolah perlu mendapatkan penanganan. Penelitian ini menggunakan desain single-case untuk mendapatkan gambaran penerapan intervensi Theraplay dalam mengatasi masalah kecemasan sosial dan Parent-Child Relational Problems pada anak. Partisipan penelitian adalah anak perempuan berusia sembilan tahun dengan masalah kecemasan sosial dan didiagnosis parent-child relational problems, bersama dengan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46572
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Anastasia Setyaning Anandiputri Satriyo, author
Tesis ini membahas tentang penerapan Theraplay pada anak usia prasekolah yang mengalami Generalized Anxiety Disorder (GAD). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif single-case design yang melibatkan anak dan orangtua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi Theraplay efektif dalam menangani GAD pada anak usia pra-sekolah. Efektivitas Theraplay dalam menangani GAD terlihat dari...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46723
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library