Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12064 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lasa H.S.
Yogyakarta: Gadjah Mada university Press, 1994
025.5 LAS j
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nirma Hasiana
"Perpustakaan anak tidak hanya dibutuhkan oleh anak yang sehat saja tetapi juga oleh anak yang menderita sakit. Sekalipun sakit, proses tumbuh kembang anak tetap harus diperhatikan. Perpustakaan rumah sakit kanker Dharmais mengadakan kegiatan yang ditujukan untuk anak agar mereka tidak merasa bosan, cemas, atau takut dan mendukung tumbuh kembang anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif.
Hasil penelitian menyarankan perlu adanya komitmen dalam melayani anak di antara staf perpustakaan yang tergabung dalam komunitas peduli anak kanker, adanya penambahan staf perpustakaan staf perpustakaan agar semua anak dapat terlayani dengan baik, dan adanya evaluasi di setiap kegiatan yang telah berlangsung."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15371
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Paulus Iman Soesanto
"Dari berbagai bagian dalam perpustakaan, yang paling menonjol dan menarik adalah Bagian Pelayanan. Demikianlah pandapat para pemakai perpustakaan pada umumnya. Pendapat tersebut memang wajar dan masuk akal, sebab pemakai datang ke perpustakaan hanyalah untuk 'memakai' perpustakaan tersebut. A library (from Lat. liber, book) is a collection of written, printed or other graphic material (including films, slides, phonograph records and tapes) organized for use. _Perpustakaan (pustaka: buku, kitab) adalah suatu koleksi bahan tertulis, tercetak, atau bahan dalam bentuk lain (termasuk film, piringan hitam, dan pita suara) yang diorgani sasikan untuk dipakai. Arti perpustakaan dalam definisi di atas ditekankan pada: ada_nya koleksi bahan pustaka dan adanya organisasi atau pengelola_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1975
S15393
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heni Kholiawati
"Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan jasa informasi terbaru dan terseleksi di perpustakaan BAKOSURTANAL. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah jasa informasi terbaru dan terseleksi dimanfaatkan pengguna untuk menunjang kegiatan penelitian dan kendala apa yang dihadapi pengguna dalam memanfaatkan jasa tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dalam pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna yang dikirimkan melalui e-mail. Sampel yang digunakan dengan menggunakan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel acak berlapis (stratified random sampling), sehingga sampel yang diambil 93 responden dengan metode penarikan sampel acak berdasarkan masing-masing pusat atau balai. Teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu penyuntingan, pengkodean, penyusunan dan perhitungan data dengan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa jasa informasi terbaru dan terseleksi dimanfaatkan pengguna untuk menambah pengetahuan saja dan kendala yang dihadapi ketika memanfaatkan jasa ini adalah keterbatasan waktu. Saran penelitian ini, yaitu perpustakaan perlu mengembangkan jasa informasi terbaru dan terseleksi dalam forum diskusi ilmiah; perlu adanya evaluasi bidang minat pengguna supaya informasi yang diberikan relevan dan dibutuhkan dengan segera.

The Focus of this study is about the use of current awareness service and selective dissemination information at library BAKOSURTANAL. The purpose of this study is to understand whether the users use the current awareness service and selective dissemination information for research and to understand their difficulties in using theses services. The research method to make this study is a descriptive research with quantitative method by distributing questioner in collecting the data The population in this research is the library user who was sent by e-mail. I used Slovin formula to make the sample by stratified random sampling therefore the sample taken, 93 respondents with stratified random sampling are based on each centers and offices. The techniques of data analyze use three steps which are codifying, compiling, and data counting with SPSS 17.0. By comparing to the result of this research, it is informed that the current awareness service and selective dissemination information are only used to enrich their knowledge and their difficulty is the limit time. The result of this research suggests the library to improve current awareness service and selective dissemination information in a discussion forum; it is important that there is a user?s interest in order to give relevant information and also make the information immediately needed."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15164
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pratiwi Anindita Adji
"Skripsi ini membahas strategi promosi jurnal elektronik di Layanan Pustaka dan Informasi Universitas Bahagia (Lapusi UB). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi promosi jurnal elektronik dan kendala promosi jurnal elektronik di Lapusi UB. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lapusi UB melakukan promosi jurnal elektronik melalui personal selling dan direct marketing, tetapi Lapusi UB belum memiliki strategi promosi jurnal elektronik yang terencana. Penelitian ini menyarankan Lapusi UB untuk membuat perencanaan strategi promosi jurnal elektronik, melakukan kerja sama dengan unit pascasarjana UB untuk sosialisasi dan pelatihan jurnal elektronik, dan mengadakan evaluasi kegiatan promosi jurnal elektronik secara rutin.

This research discusses the promotion strategy of electronic journals at Bahagia University Library and Information Service (Lapusi UB). The purpose of this study is to describe the promotion strategy of electronic journals and its constraints at Lapusi UB. This research is a qualitative with case study method. The results of this research show that Lapusi UB has promoted electronic journals through personal selling and direct marketing, but Lapusi UB has not run a wellplanned promotion strategy of electronic journals. In hence, this research suggests Lapusi UB should manage a better plan of promotion strategy to promote electronic journals, regularly to cooperation with UB Magister Unit in socializing the electronic journals, carrying out some trainings and evaluating the promotion activities of electronic journals."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47133
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antoni Panji Purnomo Adi
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai peran perpustakaan khusus dalam memenuhi
kebutuhan informasi peserta diklat di perpustakaan Lemhannas RI. Tujuan penelitian
ini adalah mengetahui kebutuhan informasi yang dibutuhkan bagi peserta diklat dan
layanan yang diberikan Perpustakaan Lemhannas RI dalam memenuhi kebutuhan
informasi peserta diklat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan
wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah
kebutuhan informasi peserta diklat sangat beragam tergantung dari jenis pekerjaan
masing-masing peserta. Dari segi layanan yang diberikan perpustakaan Lemhannas
RI belum mampu memenuhi kebutuhan informasi bagi peserta diklat.

ABSTRACT
This research examines about the role of special libraries in fulfilling the information
needs by training participants in National Resilience Institution RI. This research to
identify the need of information by training participants and the services provided by
Library of National Resilience Institution RI in fulfilling the need of information by
training participants. This research is a qualitative research with use case study
method. This study used data collection techniques with interviews, observation and
document analysis. The results of this research are training of participants needs of
information vary depending on the type of work each participant. In terms of library
services provided National Resilience Institution RI has not been able to fulfill the
need of information by training participants"
2014
S57445
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Novita Ernaningsih
"Perubahan paradigma perpustakaan dari konvensional menuju ke virtual, secara langsung maupun tidak langsung telah mempengaruhi peran perpustakaan dalam siklus transfer informasi, terutama bagi perpustakaan di perguruan tinggi. Perpustakaan Binus University atau disebut LKC (Library and Knowledge Center) merupakan salah satu perpustakaan yang mengalami perubahan tersebut, yaitu dari koleksi terpusat yang bersifat lokal dan umumnya berbentuk teks dalam format dan media yang berbeda-beda ke dalam koleksi yang terdistribusi secara virtual. Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh perpustakaan maupun pemustaka dengan diimplementasikannya virtual library sebagai media dalam transfer informasi, meskipun terdapat juga beberapa kendala yang harus dihadapi baik teknis maupun non-teknis terutama berkaitan dengan hak cipta, promosi dan faktor humanistik. Namun semua kendala itu dapat diminimalisir dengan menerapkan sistem aplikasi dan media transfer informasi yang berkualitas, interaktif dan ?ramah? terhadap pemustaka. "
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2014
020 VIS 16:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rochani Nani Rahayu
"Kajian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Jumlah pemustaka yang datang ke PDII selama 2009 ? 2013; 2) Kota asal pemustaka; 3) Koleksi perpustakaan yang digunakan; 4) Jumlah anggota perpustakaan; 5) Jumlah buku yang dipinjam. Kajian ini dilakukan secara deskriptif dengan sumber data laporan bulanan layanan jasa perpustakaan dari sub bidang jasa perpustakaan 2009 ? 2013. Dari hasil kajian disimpulkan bahwa pemustaka utama adalah mahasiswa (D3, S1, S2/3) dengan jumlah yang semakin menurun yang sebagian besar berasal dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang. Koleksi yang paling banyak digunakan adalah majalah indonesia, namun mikrofis sangat minim digunakan. Anggota perpustakaan terbanyak adalah mahasiswa. Selama 2009 ? 2013 jumlah buku yang dipinjam cenderung menurun. Mengingat perpustakaan PDII merupakan perpustakaan khusus instansi yang diharapakan melayanai kebutuhan organisasinya, maka diperlukan strategi khusus agar peneliti LIPI menjadi pemustaka utama juga diperlukan survey untuk mengetahui kebutuhan peneliti LIPI secara detail."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2014
020 VIS 16:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Niken Lestari
"ABSTRAK
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengalaman penulis ketika melakukan pencarian di web sebagai salah satu sumber informasi termutakhir yang ada saat ini. Sabelum melakukan penelitian penulis sudah menyiapkan suatu model pola perilaku pencarian dan model strategi pencarian sebagai perbandingan terhadap perilaku yang dilakukan responden. Kedua model yang digunakan adalah milik Ellis sementara strategi pencarian dipakai milik Pathridge dan Hussein. Pemilihan kedua model di atas karena keduanya cenderung menonjolkan peran atau faktor manusia dalam berinteraksi dengan sistem informasi berbasiskan kompurer.
Perilaku manusia yang diteliti menyebabkan dipilihnya metode pengunpulan data berupa catatan harian dan ditindaklanjuti dangan wawancara semi terstruktur. Data yang terkumpul lalu dianalisis dan dideskripsikan pada bab empat. Penelitian ini termasuk pada studi kasus yang berusaha menggali pengalaman dan perilaku individu sehingga sampel yang diambil hanya berjumlah 8 orang.
Berbagai masalah, mulai dari mengenali kebutuhan informasi, perencanaan pencarian, formulasi kata kunci dan mengikuti link yang disediakan harus dihadapi oleh pemakai web. Search engine menjadi tumpuan pemakai untuk dapat menemuk in informasi yang diinginkan. Namun setiap search engine memiliki prinsip kerja yang berbeda dan sebagian besar pemakai tidak menyadari hal ini dan akibatnya adalah bits yang diperoleh begitu besar dan proses panyortiran informasi juga semakin sulit dan lama.
Terdapat beberapa perbedaan penting antara prinsip kerja mesin dengan manusia yang harus dipahami terlebih dahulu untuk dapat mengetahui perilaku responden ketika melakukan pencarian. Pemahaman mengenai internet terutama sarana web, sebrgai setting dari penelitiln inl jugs sama pentingnya.
Pencarian sebagai suatu aksi yang disadari didahului dengan kegiatan identifikasi kebutuhan informasi kemudian ketika sudah diputuskan bahwa pencarian akan dilakukan di web maka perencanaan mengenai sumber informasi dari search engine apa yang digunakan sudah dipikirkan. Namun kemudian diketahui bahwa terdapat perbedaan perilaku dalam mencari informasi hiburan dan tugas kuliah. Penelitian ini juga rnengungkapkan beberapa kesulitan eksternal yang mempengaruhi proses pencarian pemakai contohnya gangguan teknis seperti virus komputervdan akses internet yang lambat.
Kesulitan lainnya adaiah penggunaan Boolean operator yang sebenarnya merupakan alat bantu yang berguna untuk mempersempit atau memperluas pencarian jika pemakai mengetahui cara kerjanya. Berbagai permasalahan di atas dijelaskan dalam skripsi ini untuk membantu pengembangan kajian pemakai di bidang informatika dan perpustakaan.

"
2001
S15351
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tenny Rosanti
"The House of representative's library is one supporting component of the performance of the House of Representatives' member and its lines. With the changing of time, the library is demanded to provide a prompt and precise information services. Five dimensions of Servqual namely reliability, assurance, tangibles, empathy and responsiveness become the starting point to study about quality of the House of Representatives' library.
This research is to indentify the service quality of the House of representative's library and to find out position the service quality of the House of Representatives' library on Diagram Kartesius.
Descriptive-quantitative method is being use on this research. Data gathered consist of primary data and secondary data. Questionnaires are the primary data while secondary data gathered through documentation assessments and library studies. Questionnaire on this research is Servqual Questionnaire that is designed based on Liked scale. Service quality scoring is calculated by the gab due to different score of expectation and perception of service quality performance accepted by the user. While the overall score of quality services is based on calculation of average score of all five Servqual dimensions. And sum scale is used to calculate the importance of each dimension.
The research samples were 116 visitor of the House of Representative' library visiting from 1 October to 30 November 2004 and only were considered respondent using the Simple Random Sampling technique.
The research shows that the service quality of the House of Representatives' library in general is fair it is 73% of the maximum service. Services' attributes need to have priority improvement are physical facilities are visually appealing, promises to do something by a certain times and shows a sincere interest in solving library user.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T14170
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>