Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 24721 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nirma Hasiana
"Perpustakaan anak tidak hanya dibutuhkan oleh anak yang sehat saja tetapi juga oleh anak yang menderita sakit. Sekalipun sakit, proses tumbuh kembang anak tetap harus diperhatikan. Perpustakaan rumah sakit kanker Dharmais mengadakan kegiatan yang ditujukan untuk anak agar mereka tidak merasa bosan, cemas, atau takut dan mendukung tumbuh kembang anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif.
Hasil penelitian menyarankan perlu adanya komitmen dalam melayani anak di antara staf perpustakaan yang tergabung dalam komunitas peduli anak kanker, adanya penambahan staf perpustakaan staf perpustakaan agar semua anak dapat terlayani dengan baik, dan adanya evaluasi di setiap kegiatan yang telah berlangsung."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15371
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lasa H.S.
Yogyakarta: Gadjah Mada university Press, 1994
025.5 LAS j
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Destiya Puji Prabowo
"Perpustakaan lembaga pemasyarakatan bermanfaat sebagai sarana yang menghubungkan narapidana dengan dunia luar, sebagai sarana hiburan dan rehabilitasi mental sehingga dapat mengubah perilaku mereka menjadi lebih baik agar dapat kembali ke masyarakat.
Objek penelitian adalah Perpustakaan Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria Kelas IIA Tangerang. Penelitian ini berfokus pada bagaimana gambaran sesungguhnya mengenai layanan perpustakaan di lembaga pemasyarakatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan perpustakaan belum dijalankan secara optimal dikarenakan pengelolaan perpustakaan belum dilaksanakan secara profesional; sumber daya manusia yang kurang memadai; anggaran yang tidak tersedia; koleksi yang kurang berkualitas; serta kegiatan layanan yang tidak optimal pula.

The Correctional institution library is a useful media to connect the inmates with the outer world; as an entertainment as well as a mental rehabilitation place, expected to be able to change the inmates behaviours better so that they can go back to the society with improved attitudes and behaviours.
The research`s object is the Prison Library for Male Young Offenders Class IIA Tangerang Indonesia. It focuses on how library services are performed in a correctional institution. This is a qualitative research using descriptive research design.
The result shows that the library has not yet been managed and organised properly because it lacks of human resources and budget, poor quality collection and inadequate library services."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15461
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Paulus Iman Soesanto
"Dari berbagai bagian dalam perpustakaan, yang paling menonjol dan menarik adalah Bagian Pelayanan. Demikianlah pandapat para pemakai perpustakaan pada umumnya. Pendapat tersebut memang wajar dan masuk akal, sebab pemakai datang ke perpustakaan hanyalah untuk 'memakai' perpustakaan tersebut. A library (from Lat. liber, book) is a collection of written, printed or other graphic material (including films, slides, phonograph records and tapes) organized for use. _Perpustakaan (pustaka: buku, kitab) adalah suatu koleksi bahan tertulis, tercetak, atau bahan dalam bentuk lain (termasuk film, piringan hitam, dan pita suara) yang diorgani sasikan untuk dipakai. Arti perpustakaan dalam definisi di atas ditekankan pada: ada_nya koleksi bahan pustaka dan adanya organisasi atau pengelola_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1975
S15393
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riko
"Tesis ini membahas tentang persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan, yang meliputi layanan yang diterapkan dan fasilitas yang mendukung pelaksanaan layanan, koleksi, dan petugas layanan di kantor perpustakaan dan kearsipan kota singkawang. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah permustaka pada Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang. Sampel diambil secara acak sederhana sebanyak 40 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka memberikan persepsi cukup terhadap layanan perpustakaan. Hasil penelitian menyarankan bahwa perpustakaan perlu meningkatkan layanannya, dan kinerja petugas layanan dalam memberikan layanan kepada pemustaka, serta melakukan pendidikan pemakai.
This thesis describes users? perceptions of library service; including services and facilities which are used to support the implementation of the services, collections, and librarians at The Library and Archive Offices in Singkawang. This is a survey research with a quantitative approach. The population is users of The Library and Archive Offices in Singkawang. Data were collected by using questionnaires. The results showed that users provide good perception of library services. The results suggest that the library needs to improve its services, and the performance of librarian in providing services to users, and make user education program."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26780
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Perdi Ridwan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas layanan Perpustakaan Keliling di Perpustakaan Daerah Kota Tangerang Selatan di 7 kecamatan berdasarkan 3 dimensi yang dimiliki oleh LibQual+® yaitu; (1) Information Control, (2) Affect of Services, (3) Library as a Places. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung kepada 100 responden yang merupakan pengunjung perpustakaan keliling dan sebelumnya pernah menggunakan layanan perpustakaan keliling.
Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa kualitas layanan Perpustakaan Keliling di Perpustakaan Daerah Kota Tangerang Selatan dinilai cukup baik oleh pengunjung perpustakaan keliling. Hal ini dapat diketahui dari kepuasan pengunjung perpustakaan keliling terhadap sebagian besar layanan yang diberikan oleh perpustakaan keliling. Saran terhadap kualitas layanan adalah menambah jumlah koleksi dan armada mobil perpustakaan keliling.

This research aim to identify the quality of the mobile library in South Tangerang at 7 (seven) district by three dimensional owned by LibQual+®, namely; (1) Information Control, (2) Affect of Services, (3) Library as a Places. This research using descriptive method , with quantitative approach, data collection techniques was done by distributing questionnaires directly to 100 respondents who were visitors of mobile library and had previously used this mobile library.
This research results a conclusion that quality of the mobile library in South Tangerang are good enough based on visitors judgment. This can be known from the visitors of mobile library satisfaction based on service which provide by mobile library South Tangerang. Suggestion this research are increase library collection and mobile library vehicle.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52483
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Ambarwati
"Perpustakaan keliling BPAD DIY telah berupaya meningkatkan layanan perpustakaan dengan cara menyediakan fasilitas dan pelayanan yang baik kepada segenap pemustakanya. Peningkatan layanan perpustakaan yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode Lib Qual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan perpustakaan keliling dalam meningkatkan layanan perpustakaan di BPAD DIY menurut pemustaka adalah baik karena (i) demensi affect of service adalah baik dengan indikasi petugas ramah, sabar, serta sopan dan santun, petugas rapi menggunakan seragam, kemampuan petugas baik, mampu berkomunikasi secara efektif, peduli dan bisa memenuhi kebutulhan informasi yang dibutuhkan pemustaka, dan keluhan pemustaka sudah terselesaikan oleh petugas kecuali keluhan mengenai kebijakan; (ii) dimensi information control adalah baik dengan indikator jam layanan perpustakaan perpustakaan sudah sesuai dengan pemustaka, petugas selalu memberikan bimbingan dan penelusuran informasi, dan koleksi lengkap sesuai dengan kebutuhan pemustaka; (iii) dimensi library as a place adalah baik dengan indikator lokasi perpustakaan keliling sudah tepat dan strategis, mobil perpustakaan keliling sudah nyaman, dan fasilitas peralatan fisik perpustakaan keliling sudah memadai; (iv) strategi yang dilakukan oleh perpustakaan keliling BPAD DIY sudah tepat, tetapi perlu disosialisasikan kepada pemustaka dan dilaksanakan kepada pemustaka dan dilaksanakan dengan konsisten serta dievaluasi secara berkala."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2015
020 VIS 17:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Rasiono
"Skripsi ini membahas tentang layanan perpustakaan bagi pemustaka berkebutuhan khusus pada Perpustakaan Nasional RI yang tentunya berhubungan dengan koleksi dan fasilitas perpustakaan. Latar belakang penelitian ini adalah butir pasal lima ayat tiga Undang-Undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang menjelaskan bahwa masyarakat yang memiliki cacat dan/atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh layanan perpustakaan yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perencanaan dan pewujudan inovasi dalam pembentukan ketersediaan aksesibilitas dan fasilitas dalam bentuk layanan yang diberikan oleh perpustakaan bagi seluruh pemustakanya baik yang pernah dilakukan, sedang dilakukan, atau akan dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, analisis dokumen,dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan beberapa kendala penting yang dihadapi oleh Perpustakaan Nasional dalam menyediakan fasilitas dan memberikan layanan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, antara lain: kebijakan, anggaran, perencanaan gedung, sumber daya manusia, pertimbangan pengembangan, dan pemustaka berkebutuhan khusus itu sendiri.
Sedangkan upaya yang akan dilakukan sebagai inovasi yaitu: Perpustakaan Nasional akan membangun gedung layanan baru sebesar 24 lantai, melakukan sentralisasi perpustakaan dengan menggabungkan sistem layanan terbuka dan tertutup, menyediakan lantai khusus dengan segala koleksi yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, menyediakan lantai khusus dengan segala fasilitas yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, meningkatkan mutu pelayanan khususnya bagi pemustaka berkebutuhan khusus, dan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi pustakawan maupun petugas yang ada berkenaan dengan pemustaka berkebutuhan khusus.

This thesis discusses about library services for special needs at the National Library of Indonesia which is certainly related to the collection and library facilities. The background of this research is the point section five, verse three of Undang-Undang 43 of 2007 about the library which explains that people who have disabilities and/or physical, emotional, mental, intellectual, and/or social are entitled to library services which costumized to the abilities and limitations.
The purpose of this study is to understand the planning and realization of innovation in the establishment of the availability and accessibility of facilities in the form of services provided by the library for everyone. The type of research used in this study is a qualitative research with case study strategy. Data collected through interviews, observation, document analysis,and triangulation of data. These results indicate that found some important obstacles faced by the National Library in providing the facilities and providing the services to the library user with special needs, such as: policy, budgets,building planning, human resources, development considerations, and library user with special needs itself.
The efforts or services innovations of National Library are: the National Library will build a new 24 floors buiding, the National Library will conduct a centralization of library services by combining open access and closed access systems, the National Library will provide a special floor for people with special needs, the National Library will provide an education and training for librarians and existing officers, etc.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simbolon, Rosmawati
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11139
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nita Ismayati
"
ABSTRAK
Penelitian mengenai pemanfaatan layanan perpustakaan kelurahan telah dilakukan di Perpustakaan Kelurahan Lubang Buaya, Perpustakaan Kelurahan Cipinang Cempedak, dan Perpustakaan Kelurahan Bidara Cina. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemanfaatan layanan perpustakaan kelurahan di Jakarta Timur, khususnya perpustakaan kelurahan yang telah meraih prestasi dalam pengelolaan perpustakaan.
Pengumpulan data dilakukan melalui kajian pustaka, pengamatan, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Hasil kajian pustaka diharapkan dapat diperoleh informasi mengenai pengertian dan bentuk perpustakaan kelurahan. Hasil pengama_tan dan wawancara diharapkan dapat memperoleh gambaran menge-nai kondisi perpustakaan kelurahan yang sesungguhnya, sedang_kan dari penyebaran kuesioner diharapkan memperoleh gambaran pendapat masyarakat tentang perpustakaan kelurahan dan peman_faatannya. Pelaksanaan pengumpulan data dijelaskan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan kelurahan belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Keberadaan perpustakaan kelurahan hanya diketahui oleh 16.21persen responden. Dari sejumlah itu, yang pernah berkunjung berjumlah 31.94 persen. Tingkat pemanfaatan yang dilakukan pemakai hampir seluruhnya (78.25 %) bersifat tidak tetap, yaitu berkunjung jika ada urusan di kantor kelurahan dan tidak tentu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kondisi perpustakaan kelurahan yang meliputi tenaga pengelola, koleksi dan promosi perpustakaan belum berjalan sebagaimana aturan yang tercantum di Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta No. 234 tahun 1995 tentang Fetunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Perpustakaan Kelurahan di Lingkungan Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
"
1997
S15307
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>