Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12221 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Mulyawati
"Skripsi ini mengenai pelaksanaan layanan anak di Perpustakaan Umurn Kotamadya Jakarta Timur (PUJT), dengan data utama berasal dari pendapat anak-anak pemakai layanan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat anak-anak terhadap kegiatan layanan anak di PUJT, yang terdiri dari layanan peminjaman buku, bimbingan menibaca, layanan rujukan, mendongeng dan pertunjukan boneka serta layanan mainan, juga untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan dalam melaksanakan kegiatan layanan tersebut.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap anak-anak pemakai layanan, Kepala Perpustakaan dan staf di bagian layanan anak, sedangkan observasi dilakukan terhadap kegiatan layanan anak di PUJT.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan layanan anak d PUTT sudah dilaksanakan dengan cukup baik, misalnya dalam hal jumlah jenis layanan yang diadakan untuk anak-anak, koleksi anak, ruangan dan perabot. Layanan peminjaman buku dan layanan mendongeng dan pertunjukan boneka sudah dilaksanakan dengan baik, sedangkan dalam hal layanan bimbingan membaca sebagian besar responden ternyata tidak pernah bertanya kepada pustakawan, di sisi lain pustakawan juga bersikap pasif dan tidak pernah membantu responden tanpa ditanya atau dimintai tolong terlebih dahulu. Layanan rujukan dan mainan dari segi koleksi dan ruangan sudah cukup baik, tetapi ternyata masih kurang dimanfaatkan oleh anak-anak.
Hambatan-hambatan yang dihadapi perpustakaan dalam melaksanakan kegiatan layanan anak adalah: minat baca anak yang masih kurang, kurangnya dana untuk promosi, lokasi perpustakaan yang kurang strategis, kurangnya pengetahuan staf di bagian layanan anak mengenai layanan perpustakaan untuk anak, kurangnya bacaan anak tentang Indonesia, karangan pengarang Indonesia maupun majalah anak di pasaran serta kurangnya pemanfaatan layanan rujukan oleh anak-anak."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1997
S15402
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Titiek Kismiyati
"Penelitian mengenai jasa layanan anak telah dilakukan di Perpustakaan Umum DKI Tanah Abang, Perpustakaan Umum DKI Rawa Bunga dan Perpustakaan Anak Balai Pustaka, pada bulan Mei sampai Juli 1989. Tujuannya ialah untuk mengetahui apakah jasa layanan yang,diberikan sudah berjalan dengan baik atau tidak dan usaha apa saja yang dilakukan ketiga perpustakaan di bidang jasa layanan anak. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, pengamatan di perpustakaan dan wawancara dengan Kepala Perpustakaan dan petugas perpustakaan yang menangani layanan untuk anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jasa layanan di tiga perpustakaan tidak berkembang dengan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi terutama adalah tidak tersedianya tenaga pustakawan yang terdidik dan trampil serta tidak tersedianya anggaran yang cukup. Jasa layanan anak di tiga perpustakaan cukup diminati anak-anak, tetapi untuk meningkatkan layanan diperlukan usaha-usaha sebagai berikut:1. Peningkatan ketrampilan pegawai dengan cara mengadakan traininq untuk menyiapkan kader. 2. Mengusahakan penambahan anggaran dengan cara mencari donatur. 3. Melakukan kerjasama antar perpustakaan sekolah dari lembaga pemerintah atau swasta yang mempunyai perhatian terhadap kesejahteraan anak."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S15680
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ray, Colin
London: UNESCO, 1979
027.8 RAY l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Safira Siti Hajar
"Penelitian ini membahas tentang strategi optimalisasi layanan e-Resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di masa pandemi COVID-19. Selama masa pandemi COVID-19, Perpusnas menyatakan peningkatan seluruh layanan daring perpustakaan hingga tiga kali lipat dari sebelumnya. Perpusnas menyediakan layanan akses terbuka secara gratis ke terbitan lokal maupun internasional melalui portal e-Resources. Namun selama tahun 2020, data statistik menunjukkan terjadi penurunan jumlah pengunjung portal e-Resources. Adapun tujuan penelitian ini adalah menemukan strategi Perpusnas dalam mengoptimalisasikan layanan e-Resources di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, serta pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara online dengan pustakawan Perpusnas serta observasi daring terhadap layanan koleksi digital e-Resources. Hasil penelitian menunjukkan strategi Perpusnas dalam mengoptimalkan pemanfaatan e-Resources yaitu bimbingan pemustaka online, kerja sama dengan perguruan tinggi, promosi di media sosial, dan layanan Tanya Pustakawan Virtual.

This study discusses the strategy for optimizing e-Resources services for Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) during the COVID-19 pandemic. During the COVID-19 pandemic, Perpusnas stated that all online library services have increased three times from before. Perpusnas provides free open access services to local and international publications through the e-Resources portal. However, during 2020, statistical data shows a decrease in the number of visitors to the e-Resources portal. The purpose of this research is to find the Perpusnas's strategy in optimizing e-Resources services during the COVID-19 pandemic. This research method is a qualitative approach with a case study method, as well as data collection carried out by online interviews with National Library librarians and online observations of e-Resources digital collection services. The results show that the National Library of Indonesia's strategies in optimizing the use of e-Resources are online user guidance, collaboration with universities, promotion on social media, and the Ask a Librarian servic"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Leny Sukowati
"[ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang pelaksanaan program pelayanan luar lembaga di
Pusat Pengembangan Pelayanan Sosial Anak (P3SA) serta melihat kendala yang
ditemukan dalam pelaksanaanya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelayanan luar
lembaga merupakan program yang ada karena adanya kebijakan Standar Nasional
Pengasuhan Anak (SNPA). Dalam pelaksanaannya ditemukan kendala dalam hal
sumber daya manusia, sistem pendampingan, dan kebijakan yang terkait dengan
program, dan menyarankan agar P3SA/SDC lebih jauh lagi terlibat dalam
pendampingan kepada penerima manfaat terutama dalam pelaksanaan FDS dan
CDS yang merupakan kegiatan utama dari program pelayanan luar lembaga.

ABSTRACT
This thesis discusses the implementation of an external service program at the
Child Development Center of Social Services (SDC) and see the constraints that
are found in practice. This study is a qualitative research with descriptive design .
The results showed that an external service program is an existing program
because of the policy of the National Childcare Standards. Found in the
implementation constraints in terms of human resources , guidance systems , and
policies related to the program , and suggested that P3SA / SDC further involved
in the assistance to the beneficiaries , especially in the implementation of the FDS
and CDS which is the main activity of the service program outside the institution ,, This thesis discusses the implementation of an external service program at the
Child Development Center of Social Services (SDC) and see the constraints that
are found in practice. This study is a qualitative research with descriptive design .
The results showed that an external service program is an existing program
because of the policy of the National Childcare Standards. Found in the
implementation constraints in terms of human resources , guidance systems , and
policies related to the program , and suggested that P3SA / SDC further involved
in the assistance to the beneficiaries , especially in the implementation of the FDS
and CDS which is the main activity of the service program outside the institution ,]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York : The Haworth Press , 1991
025.1 CRE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"ABSTRAK
Despite adequate documentation of monograph arrearages in academic libraries, backlogs of music materials for the entire library community have gone unreported. In confirming the existence of music backlogs, it also becomes necessary to address questions concerning how the grew, what causes these backlogs to continue, and what it might take to eliminate them. In a survey of institutional subscribers to the Music Cataloging Bulletin, libraries were asked to quantify their uncataloged scores and sound recordings and to describe their music cataloging staff and procedures. Of the 358 participating libraries, 77% reported having music backlogs. These backlogs grew primarily as a result of large acquisitions and gifts without corresponding staffing staff to process them. Respondents also cited lack of knowledgeable staff as a deterrent to the reduction and elimination of the backlog."
Chicago: American Library Association, 2018
020 LRTS
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Rasiono
"Skripsi ini membahas tentang layanan perpustakaan bagi pemustaka berkebutuhan khusus pada Perpustakaan Nasional RI yang tentunya berhubungan dengan koleksi dan fasilitas perpustakaan. Latar belakang penelitian ini adalah butir pasal lima ayat tiga Undang-Undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang menjelaskan bahwa masyarakat yang memiliki cacat dan/atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh layanan perpustakaan yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perencanaan dan pewujudan inovasi dalam pembentukan ketersediaan aksesibilitas dan fasilitas dalam bentuk layanan yang diberikan oleh perpustakaan bagi seluruh pemustakanya baik yang pernah dilakukan, sedang dilakukan, atau akan dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, analisis dokumen,dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan beberapa kendala penting yang dihadapi oleh Perpustakaan Nasional dalam menyediakan fasilitas dan memberikan layanan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, antara lain: kebijakan, anggaran, perencanaan gedung, sumber daya manusia, pertimbangan pengembangan, dan pemustaka berkebutuhan khusus itu sendiri.
Sedangkan upaya yang akan dilakukan sebagai inovasi yaitu: Perpustakaan Nasional akan membangun gedung layanan baru sebesar 24 lantai, melakukan sentralisasi perpustakaan dengan menggabungkan sistem layanan terbuka dan tertutup, menyediakan lantai khusus dengan segala koleksi yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, menyediakan lantai khusus dengan segala fasilitas yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, meningkatkan mutu pelayanan khususnya bagi pemustaka berkebutuhan khusus, dan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi pustakawan maupun petugas yang ada berkenaan dengan pemustaka berkebutuhan khusus.

This thesis discusses about library services for special needs at the National Library of Indonesia which is certainly related to the collection and library facilities. The background of this research is the point section five, verse three of Undang-Undang 43 of 2007 about the library which explains that people who have disabilities and/or physical, emotional, mental, intellectual, and/or social are entitled to library services which costumized to the abilities and limitations.
The purpose of this study is to understand the planning and realization of innovation in the establishment of the availability and accessibility of facilities in the form of services provided by the library for everyone. The type of research used in this study is a qualitative research with case study strategy. Data collected through interviews, observation, document analysis,and triangulation of data. These results indicate that found some important obstacles faced by the National Library in providing the facilities and providing the services to the library user with special needs, such as: policy, budgets,building planning, human resources, development considerations, and library user with special needs itself.
The efforts or services innovations of National Library are: the National Library will build a new 24 floors buiding, the National Library will conduct a centralization of library services by combining open access and closed access systems, the National Library will provide a special floor for people with special needs, the National Library will provide an education and training for librarians and existing officers, etc.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>