Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15264 dokumen yang sesuai dengan query
cover
McColvin, Lionel R.
New York: UNESCO , 1986
027.625 MCC p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fasick, Adele M.
Englewood, Colorado: Colo Libraries Unlimited, 1991
027.625 FAS m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sullivan, Michael
"With more than one-third of library users under the age of 12, it may be said that children's services drive public libraries. Still, many administrators don't fully appreciate how integral these services are to their institutions.
Sullivan conducts a friendly tour in this comprehensive reference, covering both innovative and standard practices in children's services."
Chicago: American Library association, 2005
e20440192
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Sullivan, Michael
"With more than one-third of library users under the age of 12, it may be said that children's services drive public libraries. Still, many administrators don't fully appreciate how integral these services are to their institutions."
Chicago: American Library Association, 2005
e20436058
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Blanshard, Catherine
London: Library Association Publishing, 1998
025.197 6 BLA m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmad
"Skripsi ini membahas proses layanan anak ditinjau dari sudut pandang pustakawan Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pandangan, layanan, dan kendala yang terjadi pada proses layanan anak di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana sudah berjalan cukup lancar. Pustakawan telah melayani anak sesuai dengan kebutuhan anak-anak berdasarkan visi dan misi perpustakaan yakni menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini. Namun menurut penulis masih dibutuhkan seorang staf yang memiliki kemampuan dan kompetensi secara khusus dalam melayani anak.

This objective of this research is to discuss about the process of childrens services that Yayasan Pustaka Kelana Library gives based on the librarian overview. The purpose of this study is to identify the opinion, services and the problem happens in the processed of children services at the Yayasan Pustaka Kelana Library. The research is a case study by using qualitative method. The data collection was taken by using participant observation, in-depth interviews and literature review. The results of this research shows that the implementation of children services in Yayasan Pustaka Kelana Library has been done fairly well. The librarians has served the children according to their needs well enough based on their library vision and mission, to gain the children's interest of reading at early age. However, the writer experienced that Yayasan Pustaka Kelana Library still requires a staff which has the good capability and competence in children serving."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrinna
"Skripsi ini berfokus pada pengelolaan koleksi anak, khususnya koleksi anak di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu pengelolaan koleksi anak mulai dari pengadaan koleksi, pengolahan, temu balik dan kegiatan layanan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pihak pengelola Perpumda DKI Jakarta yang memahami topik dari penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan koleksi anak di Perpumda DKI Jakarta.Metode pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara (depth interview), dan analisis dokumen.
Hasil dari penelitian pengelolaan koleksi anak di Perpumda DKI Jakarta, yaitu bila dilihat dari koleksi buku sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari koleksi buku yang tersedia sudah disesuaikan dengan usia pemustaka anak. Selain itu terdapat juga koleksi non-buku berupa mainan namun di dalam mainan yang ada tidak dapat digunakan oleh anak karena dikhawatirkan akan rusak. Hambatan dalam pengelolaan koleksi anak di Perpumda ini, yaitu anggaran dan lokasi perpustakaan.

The study is about the management of children collection in public library of DKI Jakarta. Problems of study are processing, retrieval, services in order children collection is used eficiently and effectively. The research approach is qualitative research with case study method. Methods of data collection are observation, interviews (depth interview), and document analysis.
The result of the research in children's collection management in Perpumda DKI Jakarta shown that book collection management is met users needs. It could be seen from the collection of books which already fullfilled the needs of children users. In addition, there also non-book collection such as toys. But, all the toys are unusable because of avoiding the damage. The obstacle in managing children collection in Perpumda is the limit of budget and the location is not strategic.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43265
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurullita Akmalia
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pemilihan buku bacaan yang dilakukan
oleh anak yang berusia 8 (delapan) – 10 (sepuluh) tahun yang merupakan anggota
aktif perpustakaan, dengan frekuensi peminjaman terbanyak dari bulan Januari -
April 2014 di Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus
pembahasan terdiri dari proses pemilihan buku yang dikaitkan dengan
perkembangan anak, faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam memilih buku
bacaan, serta hambatan yang dialami oleh anak dalam proses pemilihan buku
bacaan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pemilihan buku bacaan oleh
anak, ketiga informan memilih buku bacaan berdasarkan apa yang mereka sukai
dan mereka butuhkan. Selain itu, anak cenderung memilih buku berdasarkan judul
dan gambar yang terdapat pada cover buku. Hanya satu informan yang mengalami
hambatan dalam proses pemilihan buku bacaan yang disebabkan oleh
ketidaktepatan dalam penataan dan penempatan koleksi (shelving) di layanan anak
Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta yang dapat menyulitkan anak dalam
menemukan buku bacaan yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini juga menunjukan
bahwa dalam proses pemilihan buku bacaan terlihat adanya kesesuaian antara
perilaku informan dengan tahap perkembangan anak diusianya yang dapat dilihat
dari perkembangan kognitif, bahasa, sosial, dan emosi.

ABSTRACT
This research discusses the book selection process carried out by children as
young as 8 (eight) - 10 (ten) years an active member of the library, with the
frequency of borrowing most of the month from January to April 2014 in Public
Library Of DKI Jakarta Province. This study used a qualitative approach to the
case study method. In this study discusses the selection process associated with
the development of children's books, the factors that affect children in selecting
books, as well as discuss the barriers experienced by children in the book
selection process. The results of this study are in the book selection process
conducted by third informant reading a book of their choosing based on what they
like and they need. In addition, the findings in this study children tend to choose
books based on titles and images contained on the cover of the book. Only one
informant who experience barriers to reading the book selection process caused by
inaccuracies in the structuring and placement of collection (shelving) in Public
Library Of DKI Jakarta Province children's services in who find reading difficult
for children in need. The results of this study also showed that in the book
selection process looks a match between the behavior of the informant with the
development stage of children at the age of which can be seen from the
development of cognitive, language, social, and emotional."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rindy Priyanka Estri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa yang menjadi motivasi intrinsik dan ekstrinsik orangtua mengajak anaknya berkunjung dan memanfaatkan Perpustakaan Anak Rimba Baca, serta latar belakang ekonomi, pendidikan, dan sosial yang mendukung terjadinya motivasi pemanfaatan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua belas orang yang terdiri dari sepuluh pemustaka dan dua orang pihak perpustakaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: motivasi intrinsik orangtua adalah edukasi, rekreasi, dan sosialisasi. Motivasi ekstrinsik yang menjadi pendorong untuk memanfaatkan perpustakaan adalah tempat dan koleksi yang dimiliki perpustakaan tersebut. Motivasi pemanfaatan dapat timbul karena didukung latar belakang ekonomi dan pendidikan orangtua, kebiasaan membaca dalam keluarga dan kegiatan sekolah yang mendukung.

The purposes of this research are to identify the intrinsic and extrinsic motivation of the parents who bring their children for using Rimba Baca and the economic, academic, and social background which are supported the motivations. This research uses descriptive qualitative approach with case study method. There are twelve informants in this research, consists of are ten users, and two people from Rimba Baca Children Library.
The conclusions from this research are: intrinsic motivations of the parents are education, recreation, and socialization. Extrinsic motivations of the parents to use the library are place and collections in that library. The motivations of library use can emerge because they are supported by economic and academic background of the parents, reading habit in the family, and supporting school activities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55107
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cerny, Rosanne
"What does it truly take to provide excellent library service to children? The Association for Library Service to Children (ALSC) has outlined seven core competencies?skills and best practices that are the building blocks for professional development for children?s librarians."
Alexandria, VA: [American Library association, American Library association], 2006
e20435878
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>