Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5397 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wilbur
Harper ,
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Schramm, Wilbur Lang, 1907 -
New York: Harper and Row, 1982
001.51 SCH m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bogart, Leo
Lincolnwood, Illinois: NTC Businnes Book, 1990
659.1 BOG a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Silverblatt, Art
London: Praeger, 1995
302.23 SIL m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bagdikian, Ben H.
New York: Harper & Row Publishers, 1971
301.161 BAG i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Gina Aghnia Virginianty
"Skripsi ini membahas tujuan penggunaan dan fungsi kaomoji terhadap pesan verbal yang terjadi dalam komunikasi melalui media-komputer. Dengan mengambil studi kasus Web-blog personil grup idola AKB48, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tujuan yang mendasari penggunaan kaomoji dalam Web-blog dan juga mengetahui fungsi apa yang cenderung digunakan oleh penulis web-bog dalam menggunakan kaomoji. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain eksposisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kaomoji digunakan dengan tujuan untuk menekankan pesan, mengekspresikan emosi, memberikan image kawaii, memberikan nuansa humor, dan menarik perhatian pembaca. Sementara fungsi kaomoji yang banyak digunakan adalah sebagai pelengkap.

The focus of this study is the motives and functions of kaomoji towards verbal messages in computer-mediated communication. Regarding to the case study about the idol group AKB48 members' Web-Blog, the purpose of this research is to know and understand the motives that underlie the use of kaomoji in web-blog, and also to know what function of kaomoji the blog-users tends to use. This research's result shows that kaomoji is use with motives to accent messages, express emotion, give kawaii image, give humor nuance, and attract readers. While the kaomoji functions that is widely use is as a complement."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43016
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dien Novita Aprijarni
"Penelitian  ini  mengkaji  tradisi  lisan  Pidato  Tagak  sebagai  salah  satu  tradisi  lisan  yang masih bertahan hingga saat ini di Minangkabau. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana struktur, fungsi dan perubahan yang terjadi dalam tradisi lisan Pidato Tagak. Tujuan  penelitian  ini  adalah  memaparkan  struktur,  fungsi,  dan  perubahan  yang  terjadi dalam tradisi lisan dalam Pidato Tagak sebagai salah satu tradisi lisan di Minangkabau. Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  kualitatif,  menggunakan teknik  penelitian  studi  pustaka  dan  wawancara.  Pendekatan  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  adalah  pendekatan  etnografi.  Pidato  Tagak  memiliki  karakteristik kelisanan.  Di  dalamnya,  terdapat  formula  yang  berfungsi  sebagai  sarana  memudahkan ingatan  seorang  penutur  dalam  menyampaikan  Pidato  Tagak.  Fungsi  Pidato  Tagak adalah sarana penyampai pesan ajaran religius, Undang-undang Adat Minangkabau, dan urutan  sosial  secara  adat.  Pidato  Tagak  mengalami  transformasi  sesuai  situasi  dan kondisi. 

This  research  examines  the  oral  tradition  of  Pidato  Tagak  as  one  of  the  oral  traditions that  still  survives  today  in  Minangkabau.  The  problem  in  this  research  is  how  the structure, fungsion, and transformation in Pidato Tagak. The The purpose of this study is  to  describe  the  structure,  function,  and  changes  that  occur  in  the  oral  tradition  in Pidato  Tagak  as  one  of  the  oral  traditions  in  Minangkabau.  The  method  used  in  this research  is  literature  study  and  interviews.  The  approach  used  in  this  study  is  an ethnographic approach. Pidato Tagak has orality characteristics. In it, there is a formula that  functions  as  a  means  of  facilitating  a  speaker's  memory  in  delivering  a  Pidato Tagak.  The  function  of  Pidato  Tagak  is  a  means  of  conveying  messages  of  religious teachings,  Minangkabau  Customary  Laws,  and  customary  social  order.  Pidato  Tagak underwent a transformation according to the situation and conditions. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jihan Salsabila
"Penelitian ini berawal dari fenomena menyebarkan lagu melalui Insta Story dengan tujuan untuk menyampaikan pesan kepada seseorang. Penelitian terdahulu menunjukkan adanya kebutuhan untuk membagikan pengalaman emosional. Menggunakan teori Uses and Gratification, penelitian ini berusaha menjelaskan alasan dari pemilihan lagu dan InstaStory sebagai media untuk menyampaikan pesan personal dan emosional. Pemilihan media ini menjadi menarik karena pesan yang disampaikan merupakan pesan personal dan emosional, tetapi media yang dipilih merupakan media yang memungkinkan pesan diterima oleh sekelompok orang. Penelitian ini menggali pengalaman dan pandangan dari Generasi Z mengenai pemilihan media untuk menyampaikan pesan personal dan emosional menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu dan media sosial menjadi dua hal yang erat hubungannya dengan kehidupan kelompok usia muda. Generasi Z menggunakan kedua hal ini untuk mengekspresikan dan membagikan pengalaman emosional mereka kepada seseorang atau kepada sekelompok teman. Lagu dan InstaStory memberikan kemudahan untuk menyampaikan pesan personal dan emosional yang sulit untuk diungkapkan secara langsung. Kebutuhan untuk menyampaikan pesan personal dan emosional dapat terpenuhi tanpa perlu menuliskan pengalaman emosional secara rinci.

This research started from the phenomenon of uploading songs through InstaStory to convey a message to someone. Past research suggests there is a need to share emotional experiences. With the Uses and Gratification Theory, this study tries to explain the aim of choosing songs and InstaStory as a medium to convey personal and emotional messages. The selection of this media is interesting because the message conveyed is private and emotional, but the media chosen is a medium that allows the message received by a group of people. This study explores the experiences and views of Generation Z regarding the choice of media to convey personal and emotional messages using qualitative methods. The results show that songs and social media are two things that are closely related to the lives of young age groups. Generation Z uses song and InstaStory to express and share their emotional experiences with a person or with a group of friends. Songs and InstaStory make it easy to convey personal and emotional messages that are difficult to express in person. Generation Z can fulfill their need to communicate private messages without describing down detailed emotional experiences.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Gusni Febriasari
"Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan sebuah masalah kesehatan masyarakat dunia. Belum ditemukannya vaksin untuk pencegahannya, membuat pencegahan dan pengendaliannya sangat tergantung pada upaya pengendalian vektor utamanya, yaitu Aedes Aegypti. Persepsi barrier (hambatan) yang lebih besar daripada persepsi benefit (manfaat) yang dimiliki ibu-ibu di Kecamatan Jagakarsa membuat ibu-ibu memiliki kecenderungan untuk tidak berperilaku membersihkan tempat penampungan air serta kebiasaan menggantung palaian bekas pakai di luar lemari. Pemberian pesan dengan Messages Framing melalui aplikasi whatsapp dapat menjadi trigger dan motivasi seseorang untuk melakukan perilaku pencegahan DBD. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah model intervensi dengan pemberian pesan kesehatan berbasis whatsapp dengan Gain Frame Messages lebih efektif dibandingkan dengan Loss-Frame Messages untuk meningkatkan perilaku pencegahan DBD pada ibu-ibu di kecamatan Jagakarsa. Penelitian ini menggunakan disain studi eksperimental dengan analisis two-way anova. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-November 2018. Hasil yang didapatkan adalah pemberian messages framing (gain frame messages dan loss-frame messages) tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan perilaku pencegahan DBD (p-v = 0,24). Kesimpulan dari penelitian ini adalah intervensi dengan Gain Frame Messages lebih efektif meningkatkan perilaku pencegahan DBD pada ibu-ibu di kecamatan Jagakarsa dibandingkan dengan Loss Frame Messages tidak terbukti.

Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) is a public health problem in the world. Since no vaccine has been found for prevention, dengue control and prevention highly depend on vector control, Aedes Aegypti. Effective, sustained community participation for dengue prevention remains a challenge in Jagakarsa District. Perceive of barriers that are greater than the perceive of benefits among mothers in Jagakarsa Subdistrict making mothers have a likelihood not to perform DHF preventive behavior which are cleaning water container regularly and hanging used clothes outised cupboard. Giving WhatsApp messages framing could become a trigger and motivation to perform preventive behavior. This study aims to examine effectiveness of gain frame messages compare to loss frame messages in improving DHF preventive behavior among mothes in Jagakarsa district. This study is experimental design with two-way ANOVA analysis. This research was conducted in September-November 2018. The finding of the study is whatrsapp messages framing (gain frame messages and loss-frame messages) have no effect in improving DHF preventive behavior (p-v = 0.24). The conclusion of this study is Gain Frame Messages more effective than Loss frame messages among mothers in Jagakarsa district in improving DHF preventive behavior is unproven."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T51956
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melati Oktaviana Lestyan Putri
"Digitalisasi pada era ini sudah merambah ke pangsa jual beli online melalui aplikasi, dengan banyaknya kompetitor maka lokapasar yang bersaing di Indonesia harus pintar mencari peluang dan memiliki ide-ide yang kreatif. Shopee salah satu dari lokapasar online yang bersaing dengan lokapasar lainnya untuk mengakusisi konsumen pria dengan usia milenial, hal ini dikarenakan peminatnya masih dalam lingkup gender wanita. Shopee mencoba melakukan melalui strategi iklan dan sponsorship pada event sepak bola Indonesia untuk meningkatkan kesadaran merek dan citra merek Shopee di kalangan konsumen pria. Tesis ini akan membahas seberapa besar pengaruh dari strategi yang dilakukan oleh Shopee. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitati dengan jumlah responden sebanyak 180 orang pria dengan rentang usia milenial yaitu 20-34 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masing-masing variabel pesan iklan dan variabel sponsorship memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kesadaran merek maupun citra merek. Hasil ini juga diharapkan menjadi acuan untuk penelitian berikutnya serta evaluasi bagi pemegang merek tersebut.

Digitalization in this era has penetrated into the online buying and selling market through applications, with so many competitors, competing local markets in Indonesia must be smart in looking for opportunities and have creative ideas. Shopee is one of the online marketplaces that compete with other markets to acquire millennial male consumers, this is because the enthusiasts are still in the female gender sphere. Shopee tries to do this through advertising and sponsorship strategies at Indonesian football events to increase brand awareness and Shopee brand image among male consumers. This thesis will discuss how much influence Shopee's strategy has. The approach used is a quantitative approach with 180 male respondents with a millennial age range of 20-34 years old. The results of this study indicate that each advertising message variable and sponsorship variable has a significant effect on brand awareness and brand image variables. These results are also expected to become a reference for further research and evaluation for these brand holders.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>