Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 108545 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lily Irawati Roesma
"Majalah ilmiah memegang peranan yang amat penting sebagai sumber informasi, karena dalam majalah dimuat laporan-laporan penelitian dan karangan-karangan mengenai perkembangan terbaru dalam dunia ilmu pengetahun. Informasi yang tercntum pada majalah lebih baru dari informasi yang tercantum pada buku. Banyak informasi di dalam majalah yang tidakpernah diterbitkan dalam bentuk buku, karena hanya terdiri dari beberapa ribu kata saja. Pencatatan yang tetap mengenai kemanjaun ilmiah biasanya dimuat dalam majalah. Artikel majalah tidak hanya mutakhir, tetapi keuntungannya yang lain adalah singkat, tepat dan menyeluruhdalam penyajiannya. Komunikasi melalui majalah lebih cepat sampai pada sasarannya, karena menerbitkan majalah lebih cepat dari pada buku. Pentingnya majalah ini juga terlihat pada kebijaksanaan di berbagai perpustakaanyang memanfaatkan sebahagian besar dari anggaran belanjanya untuk melanggan majalah. Jumlah majalah yang ada di dalam suatu perpustakaan merupakan gambaran yang paling tepat tentang nilai dari seluruh koleksinya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1975
S15484
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amin
"Penelitian Pemanfaatan Majalah Ilmiah Bidang Ilmu Perpustakaan dilakukan di UPT Perpustakan UI (Perpustakaan Pusat UI), Depok pada bulan Maret s/d Mei 2002. Tujuannya adalah mengetahui sejauh mana majalah dalam bidang ilmu perpustakaan yang masih dilanggan dan pernah dilanggan dimanfaatkan oleh pemakai (11 judul yang masih dilanggan sampai th. 2002, dan 50 judul yang pernah dilanggan).Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan menggunakan analisis dokumen (documentary analysis), yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman, gambar, suara, dan tulisan. Data diambil dari hasil pemanfaatan fotokopi selama 5 tahun ( tahun 1997 ski 2001) dan pendapat pengguna melalui kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode kuantitatif dan disajikan dalam bentuk tabel.Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dari 61 judul majalah bidang ilmu perpustakaan yang diteliti: 1) Hasil pemanfaatan fotokopi: 50 judul (82 %) yang dimanfaatkan,sedangkan judul yang tidak pernah dimanfaatkan sebanyak 11 judul (18 %). 2) Hasil Kuesioner: 55 judul (90 %) yang dipilih responden, sedangkan judulyang tidak dipilih sebanyak 6 judul (10 %). 3)n Terdapat Perbedaan antara judul yang terbanyak dimanfaatkan melalui fotokopi dengan yang dipilih (sering digunakan) oleh pengguna (responden) yaitu, Computer in Libraries (hasil fotokopi) dan Library Journal (hasil kuesioner)Untuk perbedaan hasil tersebut disimpulkan, untuk Computer in Libraries karena adanya minat yang sama terhadap suatu topik oleh banyak pengguna (adanya isu yang sedang trend saat judul tersebut digunakan), sedangkan untuk Library Journal banyak dipilih responden karena merupakan majalah tertua di bidangnya, lebih favorit dan merupakan majalah umum dalam bidang ilmu perpustakaan.Terdapat persamaan antara judul majalah yang tidak pernah difotokopi dengan judul majalah yang tidak dipilih (tidak digunakan) oleh responden, sebanyak 5 judul, antara lain: Emergency Librarians (EL.), The Library of Congress Information Bulletin, NTIS Alert: Computers Control and Information, Online Libraries and Microcomputers, dan Specialist: Newsletter of the Special Libraries Association.."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S14964
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Nur
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa Program Studi Ilmu Politik angkatan 2005 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) mengenai pelatihan penelusuran informasi yang dilaksanakan di Miriam Budiardjo Resource Center dan untuk mengetahui hasil/output yang didapat oleh mahasiswa setelah mengikuti pelatihan penelusuran informasi tersebut. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Politik FISIP UI angkatan 2005 yang telah mengikuti pelatihan penelusuran informasi dan Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT) yang berjumlah 33 orang, dan keseluruhannya digunakan menjadi sampel atau disebut sebagai penelitian populasi dengan sampel total (total sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu pertama melalui wawancara dengan Kepala Miriam Budiardjo Resource Center FISIP UI mengenai sejarah dilakukannya pelatihan penelusuran informasi disertai alasan dan tujuannya. Kedua adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Program Studi Ilmu Politik FISIP UI angkatan 2005. Ketiga adalah dengan studi literatur. Teknik analisis data yang dipakai adalah dengan menggunakan teknik penghitungan persentase dan penafsiran data. Dari analisis yang dilakukan sesuai dengan pendapat mahasiswa diperoleh kesimpulan bahwa pelatihan penelusuran informasi yang diberikan telah cukup dalam hal memberikan pengetahuan, materi yang disampaikan, metode yang digunakan dan hasil yang didapat oleh para peserta antara lain kemampuan menelusur mereka meningkat, tugas-tugas kuliah mereka terbantu, dan terpenuhinya kebutuhan informasi mereka. Namun, ada beberapa masukan dari pendapat mahasiswa-mahasiswa tersebut bahwa promosi pelatihan penelusuran informasi harus ditingkatkan, penyampaian materi dibuat lebih menarik lagi, dan diberikan buku/hand out materi pelatihan penelusuran informasi."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
S14910
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arlinah Imam Rahardjo
"Dalam rumusan pola pengembangan perpustakaan perguruan tinggi dikatakan bahwa fungsi utama perguruan tinggi di Indonesia adalah mendukung dan memperkaya program pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dari perguruan tinggi tempat ia bernaung. Disebutkan lebih lanjut bahwa agar fungsi tersebut dapat dipenuhi, maka tugas perpustakaan adalah melaksanakan pemilihan bahan pustaka yang sesuai dengna kebutuhan para pemakai perpustakaan yaitu mahasiswa atau penelitiserta pihak lainnya yang membutuhkan informasi, mengolah bahan pustakayang tersedia sehingga dengan mudah dapat dipergunakan oleh pemakai, menyelenggarakan peminjaman bahan pustaka dengan cara yang efisien, membantu para pemakai perpustakaan untuk mendapatkan dan memakai bahan pustaka yang diperlukannya baik dalam bentuk program bimbingan penggunaan perpustakaan yang bersifat resmi/kurikuler maupun secara perseorangan, Menyelenggarakan kerjasama antar perpustakaan dengan memanfaatan system jaringan informasi yang ada dalam rangka meluaskan cakupan koleksi dan pelayanan informasi masing-masing perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1981
S15162
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zul Herman
"Dewasa ini ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang dengan pesat. Perkembangan yang pesat itu telah mengakibatkan membanjirnya terbitan literatur ilmiah dan teknis yang pada gilirannya menyebabkan timbulnya ledakan informasi. Sekarang tidak lagi mudah bagi seseorang untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan kebutuhannya secara tepat dan cepat. Kesukaran itu semakin meningkat dari hari ke hari. Sebagai jawaban terhadap ledakan informasi itu, diciptakan berbagai sarana pengawasan literatur yang le_bih modern dan lebih kompleks serta mampu menampung sebanyak mungkin informasi dan data. Saat ini sudah dikenal berbagai alat bibliografi bentuk baue, berbagai ragam literatur sekunder, literatur tersier sampai pada pangkalan data yang menggunakan sistem komputer. Akan tetapi, masih saja ada literatur yang tidak dapat dijangkau oleh pengawasan seperti itu sehingga tidak ditemukan ketika di-telusur_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S15878
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Dyah Angreni
"ABSTRAK
Topik skripsi ini adalah mengenai pemanfaatan koleksi buku di Perpustakaan Umum Soemantri Brodjonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh penggunaan koleksi buku di Perpustakaan Umum Soemantri Brodjonegor dan juga untuk mengetahui buku-buku yang paling sering dipinjam. Jumlah koleksi umum yang ada berjumlah 21.825 judul. Sampel yang diambil berjumlah 384 judul dengan probabilitas 95% dan batas galast 5 0/00. Besar interval sample adalah 57 dan unsur pertama sebesar 10 maka nomor selanjutnya adalah merupakan bilangan kelipatan 57, sehingga urutan yang didapat adalah 10, 67, 124, 181, dan seterusnya sampai sample berjumlah 384. Slip peminjaman yang diperiksa hanyalah slip peminjaman pada periode tahun 1990 sampai tahun 1994. Dari hasil penelitian diketahui bahwa koleksi terbesar didominasi oleh 3 kelas yaitu kelas Ilmu-ilmu Sosial (300), kelas Ilmu-ilmu Terapan (600) dan kelas Ilmu-ilmu murni, jumlah buku-buku yang dipinjam selama kurun waktu 5 tahun sebesar 63,97% dengan jumlah peminjam sebanyak 1.196 dari 245 judul yang pernah dipinjam. BUku-buku yang paling sering dipinjam berasal dari kelas Ilmu-ilmu Sosial (300). Koleksi buku terbesar adalah buku-buku yang bertahun terbit antara tahun 1985 sampai tahun 1989.

"
1996
S15136
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chaerunnisa
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan PBL terhadap layanan perpustakaan fakultas: studi kasus perpustakaan fakultas psikologi UI. Problem-based learning adalah suatu metode belajar yang menempatkan masalah sebagai stimulan dalam proses belajar. Siswa dipertemukan dengan masalah, dan melalui masalah siswa belajar mengenai materi yang hendak dipelajari hari itu. Dalam metode ini pengajar atau dosen hanya berperan sebagai fasilitator bukan pemberi materi seperti dalam metode tradisional. Metode ini mengubah peran siswa yang sebelumnya hanya penerima materi menjadi pencari informasi. Format berkelompok yang diterapkan dalam PBL menuntut siswa untuk dapat bekerja sama dalam mencari sumber-sumber informasi yang dibutuhkan. Metode PBL juga menuntut siswa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki kelas, karena dalam kelas mereka tidak akan hanya menerima tapi membagi pengetahuan yang telah mereka miliki sebelumnya kepada siswa lainnya. Metode ini menuntut siswa untuk lebih aktif mencari informasi, tidak hanya mengandalkan informasi yang diberikan oleh pengajar karena pengajar hanya berperan sebagai fasilitator. Penerapan PBL pun kemudian berpengaruh terhadap layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Penerapan PBL pun tidak hanya merubah siswa dalam kelas tetapi juga merubah peran siswa sebagai pengguna perpustakaan. PBL mengubah peran siswa sebagai pengguna perpustakaan menjadi pengguna aktif perpustakaan bukan pasif seperti dalam metode sebelumnya. Berubahnya peran siswa menjadi pengguna aktif perpustakaan diakibatkan oleh siswa yang lebih sering berkunjung ke perpustakaan untuk mencari sumber informasi yang dibutuhkan, Sumber informasi tersebut dapat berupa buku teks, jurnal tercetak maupun jurnal online.-Selain memanfaatkan sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan, siswa sebagai pengguna perpustakaan juga menggunakan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan seperti ruang baca dan ruang diskusi.-Penerapan PBL di Fakultas Psikologi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap layanan perpustakaan fakultas seperti jumlah pengunjung perpustakaan meningkat, peminjaman koleksi seperti buku teks dan referens meningkat, kebutuhan akan akses jurnal online maupun pemanfaatan fasilitas hotspot bertambah. Pengaruh yang besar dari penerapan metode ini cukup mampu diatasi oleh perpustakaan fakultas. Penambahan ruang baca meski bukan karena pengaruh penerapan PBL cukup membantu menjawab tantangan PBL, jumlah koleksi yang cukup banyak dan lengkap pun membantu siswa dalam proses belajar berbasis metode PBL. Namun sayangnya, fasilitas dan layanan yang disediakan oleh perpustakaan fakultas psikologi UI belum digunakan secara maksimal oleh pengajar. Hal ini dikarenakan pengajar lebih memilih memanfaatkan fasilitas hot spot yang terdapat di seluruh lingkungan fakultas psikologi UI kecuali perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
N. Wien Fatma L.
"Penelitian mengenai ketersediaan buku telah dilakukan di perpustakaan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, pada bulaii Oktober 1995, tujuannya adalah : Mengetahui ukuran ketersediaan buku yang dapat langsung diperoleh pemakai pada saat pemakai mencarinya; Mengetahui ukuran ketidaktersediaan buku; Mengetahui ukuran kinerja ketersediaan di Perpustakaan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia; Menemukan faktor-faktor yang menyebabkan ketidaktersediaan buku sehingga pemakai tidak berhasil memperoleh buku yang diinginkannya di Perpustakaan Fakultas Psikologi UI; Melihat perbandingan ukuran kinerja ketersediaan dengan penelitian senipa yang pernah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan inelalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Cara penyebaran kuesioner dan pelaksanaan penelitian dijelaskan.
Hasilnya menunjukkan bahwa 43% buku berhasil disediakan oleh peipustakaan dan 57% buku yang tidak berhasil langsung disediakan di perpustakaan. Faktor-faktor yang nienyebabkan tidak berhasilnya buku ditemukan oleh pemakai di Perpustakaan Fakultas Psikologi yang terbesar adalah karena buku tidak dimiliki oleh perpustakaan sebesar 26.18% dari total seluruh buku yang dicuri atau 45,3% dari total buku yang tidak berhasil ditemukan oleh pemakai. Penyebab ketidaktersediaan buku yang lainnya adalah buku sedang dipinjam 41 buku (16,01%), penempatan buku yang salah di rak 13 buku (5,09%), kesalahan pemakai dalam mencari buku sebanyak 12 buku (4,69%), buku difotokopi oleh pemakai lain 7 buku (2,73%), buku sedang menunggu untuk dirakkan kembali 3 buku (1,17%), dalam proses pengolahan 2 buku (0,78%) hilang atau dicuri 2 buku (0,78%) dan 1 buku (0,39%) sudah ditarik dari raknya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15625
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Munawar Hadi
"
ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi yang berkomponen teknologi telekomunikasi dan komputer telah diaplikasi ke dalam banyak bidang kehidupan manusia. Salah satunya adalah penerapan teknologi tersebut dalam kegiatan temu kembali informasi. Perpustakaan sebagai lembaga pengolah informasi juga menerapkan teknologi informasi dalam bentuk layanan penelusuran terpasang pangkalan data seperti yang dilakukan oleh Pusat informasi Kompas.
Skripsi ini mendeskripsikan pendapat pernakai atau pelanggan pangkalan data Kompas yang beralamat di Jakar_ta dan mencoba mendapatkan gambaran penelusuran yang dilakukan oleh pemakai. Diharapkan hasil penelitian ini dari dapat dimanfaatkan untuk masukan evaluasi layanan dan sistem penelusuran pangkalan data Kompas.
"
1997
S15312
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lifanur Asri Rasad
"Setiap negara selalu bereita-cita dan berusaha untuk mencerdaskan bangsanya. Tingkat kecerdasan yang tinggi dari suatu bangsa lebih panting dari pada besarnya jumlah penduduk bangsa itu. Bangsa dengan kecerdasan yang ting_gi dapat bekerja lebih efektif dan efisien, sehingga prestasi dan kemajuan yang dapat dicapainya lebih tinggi dari pada bangsa dengan tingkat kecerdasan yang rendah. Kecerdasan itu dapat ditingkatkan dengan memberi pendidikan yang baik dan terarah. Oleh karena itu pendi_dikan dimasukkan kedalam kebutuhan pokok manusia disamping pangan, sandang, papan dan kesehatan. Bangsa Indo_nesia menyadari hal tersebut, sebagaimana tercermin di_dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat yang berbunyi, Kemudian dari pada itu untuk membentuk Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bang_sa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1982
S15483
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>