Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 41941 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Irni Nidya Nurfitri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi layanan perpustakaan YMN, dilihat dari persepsi pengguna (tuna netra) terhadap layanan perpustakaan Yayasan Mitra Netra; layanan perpustakaan yang dibutuhkan oleh pengguna (tuna netra); dan pemanfaatan layanan perpustakaan Yayasan Mitra Netra oleh pengguna (tuna netra). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang pengguna perpustakaan yang terdiri dari tuna netra berjenis low vision dan totally blind. Hasil dari penelitian ini berupa evaluasi layanan perpustakaan YMN menurut persepsi pengguna, yang berkesimpulan bahwa Persepsi pengguna mengenai layanan perpustakaan YMN sangat membantu mereka dalam mendapatkan bahan bacaan atau akses informasi bagi tuna netra. Akan tetapi dari segi layanan koleksinya, ditemukan kendala, seperti sulitnya memperoleh buku-buku pelajaran terbitan baru; .layanan yang dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan YMN yaitu, koleksi yang sifatnya mudah digunakan/ praktis (buku bicara/ digital talking book), jumlah duplikasi koleksi, koleksi yang relevan, seperti koleksi buku pelajaran baru yang dibutuhkan oleh pelajar setiap tahun ajaran baru. ruang perpustakaan yang lebih memadai, lokasi yang terjangkau/ cabang perpustakaan (sehingga dapat memanfaatkan layanan di perpustakaan dengan mudah), penambahan jumlah staf/ pembaca; pemanfaatan perpustakaan oleh pengguna rata-rata hanya pada saat membutuhkan bahan bacaan, dan tidak untuk memanfaatkan fasilitas lain yang ada di perpustakaan. Hal ini disebabkan beberapa faktor yaitu, masa peminjaman yang cukup lama, lokasi perpustakaan yang jauh, waktu yang terbatas/ bersamaan dengan hari kerja bagi pengguna yang sudah bekerja."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15639
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chaerunnisa
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan PBL terhadap layanan perpustakaan fakultas: studi kasus perpustakaan fakultas psikologi UI. Problem-based learning adalah suatu metode belajar yang menempatkan masalah sebagai stimulan dalam proses belajar. Siswa dipertemukan dengan masalah, dan melalui masalah siswa belajar mengenai materi yang hendak dipelajari hari itu. Dalam metode ini pengajar atau dosen hanya berperan sebagai fasilitator bukan pemberi materi seperti dalam metode tradisional. Metode ini mengubah peran siswa yang sebelumnya hanya penerima materi menjadi pencari informasi. Format berkelompok yang diterapkan dalam PBL menuntut siswa untuk dapat bekerja sama dalam mencari sumber-sumber informasi yang dibutuhkan. Metode PBL juga menuntut siswa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki kelas, karena dalam kelas mereka tidak akan hanya menerima tapi membagi pengetahuan yang telah mereka miliki sebelumnya kepada siswa lainnya. Metode ini menuntut siswa untuk lebih aktif mencari informasi, tidak hanya mengandalkan informasi yang diberikan oleh pengajar karena pengajar hanya berperan sebagai fasilitator. Penerapan PBL pun kemudian berpengaruh terhadap layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Penerapan PBL pun tidak hanya merubah siswa dalam kelas tetapi juga merubah peran siswa sebagai pengguna perpustakaan. PBL mengubah peran siswa sebagai pengguna perpustakaan menjadi pengguna aktif perpustakaan bukan pasif seperti dalam metode sebelumnya. Berubahnya peran siswa menjadi pengguna aktif perpustakaan diakibatkan oleh siswa yang lebih sering berkunjung ke perpustakaan untuk mencari sumber informasi yang dibutuhkan, Sumber informasi tersebut dapat berupa buku teks, jurnal tercetak maupun jurnal online.-Selain memanfaatkan sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan, siswa sebagai pengguna perpustakaan juga menggunakan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan seperti ruang baca dan ruang diskusi.-Penerapan PBL di Fakultas Psikologi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap layanan perpustakaan fakultas seperti jumlah pengunjung perpustakaan meningkat, peminjaman koleksi seperti buku teks dan referens meningkat, kebutuhan akan akses jurnal online maupun pemanfaatan fasilitas hotspot bertambah. Pengaruh yang besar dari penerapan metode ini cukup mampu diatasi oleh perpustakaan fakultas. Penambahan ruang baca meski bukan karena pengaruh penerapan PBL cukup membantu menjawab tantangan PBL, jumlah koleksi yang cukup banyak dan lengkap pun membantu siswa dalam proses belajar berbasis metode PBL. Namun sayangnya, fasilitas dan layanan yang disediakan oleh perpustakaan fakultas psikologi UI belum digunakan secara maksimal oleh pengajar. Hal ini dikarenakan pengajar lebih memilih memanfaatkan fasilitas hot spot yang terdapat di seluruh lingkungan fakultas psikologi UI kecuali perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muldian
"Promosi layanan perpustakaan adalah salah satu langkah praktis yang dapat dilakukan perpustakaan untuk meningkatkan pemanfaatan dan pelayanan perpustakaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan pula citra dan apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan. Promosi jasa layanan perpustakaan pada perpustakaan perguruan tinggi, dalam hal ini Perpustakaan FEUI Kampus UI Depok, dapat menjadi titik temu antara perpustakaan sebagai pemberi jasa dengan sivitas akademika sebagai pemakai jasa.
Penelitian ini menggambarkan bagaimana peran pustakawan, dalam hal ini staf Perpustakaan FEUI melakukan kegiatan promosi jasa layanan perpustakaan dalam upaya meningkatkan layanan kepada pengguna perpustakaan. Dalam penelitian ini juga mengkaji kegiatan promosi apa saja yang sesuai dengan perpustakaan perguruan tinggi dan juga menjelaskan keterlibatan dan partisipasi lenbaga induk, dalam hal ini perguruan tinggi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15571
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eliza
"Penelitian mengenai kebutuhan informasi staf/karyawan divisi Pengembangan Perusahaan PT INDOSAT, TBK dan peran perpustakaan PT INDOSAT, Tbk dalam memenuhi kebutuhan informasi tersebut, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan informasi dari staf/karyawan di Direktorat Pengembangan Perusahaan PT INDOSAT, Tbk dalam menjalankan tugasnya. Selain itu juga ingin diketahui seberapa jauh perpustakaan PT INDOSAT, Tbk telah memenuhi kebutuhan informasi tersebut menurut pendapat mereka.Dalam penelitian ini, metode yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada 46 orang staf/karyawan di Direktorat Pengembangan Perusahaan PT INDOSAT, Tbk dari 86 staf/karyawan yang ada di direktorat tersebut.Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa Direktorat Pengembangan Perusahaan PT INDOSAT, Tbk sangat membutuhkan informasi dalam menjalankan tugasnya. Adapun subjek-subjek yang dibutuhkan oleh mereka adalah teknologi telekomunikasi, ekonomi & bisnis, komputer, dan regulasi atau peraturan-peraturan. Adapun bentuk bahan pustaka yang paling digunakan untuk mencari informasi-informasi tersebut adalah majalah dan surat kabar yang bersifat current (mutakhir).Dari penelitian ini juga diketahui bahwa menurut pendapat staf/karyawan Direktorat Pengembangan Perusahaan PT INDOSAT, Tbk perpustakaan PT INDOSAT belum dapat memenuhi kebutuhan informasi mereka, hal ini dikarenakan koleksi perpustakaan PT INDOSAT, Tbk masih bersifat umum (kurang spesifik untuk tugas mereka)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15261
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Nurhayanti
"Penting bagi perpustakaan sekolah untuk mengetahui sikap guru terhadap koleksi dan layanannya karena sikap ini akan mempengaruhi perilaku guru terhadap perpustakaan. Perilaku guru terhadap perpustakaan mempunyai pengaruh besar terhadap penggunaan perpustakaan oleh para siswa. Bila guru merekomendasikan penggunaan perpustakaan sekolah secara baik maka banyak siswa akan menggukan perpustakaan, begitupun sebaliknya. Maka tidak salah bila kemudian prioritas pelayanan perpustakaan diberikan pada guru. Penelitian yang mengambil sampel di SMUN 70 Jakarta sebagai salah satu sekolah plus di DKI Jakarta ini bertujuan untuk memberikan gambaran deskriptif sikap guru terhadap koleksi dan layanan perpustakaan SMUN 70 Jakarta. Menggunakan tipe penelitian deskriptif dan metodologi survei penulis menganalisis 52 lembar kuesioner yang dibagikan kepada para guru selaku responden. Hasil yang diperoleh secara umum sikap guru terhadap koleksi dan layanan perpustakaan SMUN 70 Jakarta adalah cenderung positif. Empat aspek dalam koleksi perpustakaan yang diteliti yaitu sikap guru terhadap relevansi koleksi dengan kurikulum sekolah, ketersediaan koleksi, pengorganisasian koleksi dan sarana temu kembali secara umum adalah cenderung positif. Sikap ini lebih dikarenakan masih kurang representatifnya koleksi perpustakaan yang ada, walaupun sebagian besar dari guru mengakui bahwa koleksi yang ada sudah cukup mendukung untuk sebagian besar mata pelajaran. Sikap guru terhadap layanan dilihat dari 7 aspek yaitu layanan sirkulasi, layanan rujukan, layanan bimbingan pemakai, layanan audio visual, layanan kesiagaan informasi dan promosi, layanan bahan pustaka pesan, dan unsur penting yang ada dalam sebuah layanan perpustakaan. Secara umum sikap mereka terhadap layanan ini juga cenderung positif. Hampir semua layanan disikapi secara positif oleh guru kecuali layanan audio visual yang memang masih sangat terbatas disediakan oleh perpustakaan sekolah. Dari penelitian ini diketahui bahwa memang sikap guru perpustakaan SMUN 70 Jakarta pada dasarnya adalah positif, tinggal bagaimana pihak perpustakaan sekolah mengelola dan memperbaiki hal-hal yang selama ini masih menjadikan perpustakaan kurang dihargai oleh para guru."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S16220
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2000
R 026.00025 DIR
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Sutarsyah
"Pemasyarakatan perpusdokinfo merupakan kegiatan membujuk masyarakat untuk datang ke perpustakaan dan memanfaatkan koleksi perpustakaan. Kegiatan ini merupakan salah satu unsur utama yang dinilai dalam pemberian angka kredit pustakawan. namun, kegiatan ini jarang bahkan tidak dilaksanakan sehingga berdampak rendahnya tingkat kunjungan ke perpustakaan dan peran perpustakaan sebagai agen perubahan belum terlihat keberhasilannya dan tidak populer. Tujuan artikel ini menjelaskan kepentingan pemasyarakatan perpusdokinfo yang meliputi kegiatan penyuluhan, publisitas, dan pameran sebagai media komunikasi pengelola perpustakaan kepada masyarakat penggunanya. kegiatan penyuluhan dikerjakan berdasarkan kebutuhan, lingkup, atau peristiwa tertentu. Publisitas dilakukan untuk promosi perpustakaan dengan membuat brosur, leaflet, film, atau tulisan dimedia cetak/elektronik, pameran biasanya dilakukan pada peristiwa tertentu seperti hari-hari besar, hari ulang tahun perpustakaan, atau peristiwa penting lainnya. DIharapkan dengan kegiatan pemasyarakatan, perpustakaan menjadi lingkungan tempat (i) berinteraksi dengan orang lain, (ii) mencari informasi yang dibutuhkan, (iii) berbagi pengetahuan, dan (iv) memotivasi inovasi dan kekreatifitas."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2015
020 VISI 17:3 (2015) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Maulidia
"Judul penelitian ini adalah Pemanfaatan Portal `Digital Library Bina Nusantara' sebagai Web Based Online Public Access Catalogue di Perpustakaan Universitas Bina Nusantara. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah Digital Library Bina Nusantara sudah dimanfaatkan sebagai Web-Based Online Public Access Catalogue, sera pemanfaatan lainnya selain untuk mencari buku.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan pengumpulan datanya dengan cara menyebarkan kuesioner. Kuesioner disebarkan di Perpustakaan Universitas Bina Nusantara kepada pengunjung perpustakaan sebanyak 100 kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Library Bina Nusantara sudah dimanfaatkan sebagai Web-Based Online Public Access Catalogue oleh pengguna, tetapi pernanfaatannya hanya sebatas mencari buku saja, belum dimanfaatkan untuk mencari informasi lainnya. Dengan demikian, hendaknya pihak perpustakaan sebaiknya lebih meningkatkan sosialisasi keberadaan WebPAC, khususnya menu-menu yang dapat dimanfaatkan selain untuk mencari buku."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15670
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Dhiani
"Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh tingkat kepuasan pemakai terhadap pelayanan Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat, yang mencakup penggunaan katalog, pelayanan referens dan penelusuran buku di rak. Lebih lanjut kemudian adalah mengungkapkan permasalahan yang dihadapi dan memberikan saran/gagasan yang berhubungan dengan peningkatan kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 90 orang, dengan perincian untuk penggunaan katalog 30 orang, pelayanan referens 30 orang dan penelusuran buku di rak 3 orang. Penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 13-31 Desember 1991. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar responden merasa puas terhadap pelayanan perpustakaan. Untuk penggunaan katalog dengan pengaran dan/atau judul buku yang diketahui tingkat kepuasan pemakai mencapai 71,4% dan untuk subjek yang diketahui tingkat kepuasan pemakai adalah 73,7%. Untuk penelusuran buku di rak kepuasan pemakai ada pada tingkat 93.3%, dan untuk pelayanan referens tingkat kepuasan pemakai adalah 86,7%. Selain hal tersebut diatas, penelitian ini juga mengungkap kan bahwa banyak dari koleksi perpustakaan sudah tidak layak untuk dijadikan modal yang bisa menunjang jasa pelayanan perpustakaan. Baik dari informasinya yang tidak aktual lagi, maupun dari segi fisik buku-buku."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Suryandari
"Penelitian tentang persepsi diri staf perpustakaan dan persepsi pemakai terhadap staf perpustakaan di 6 (enam) perpustakaan fakultas dalam lingkungan UI, seperti FE, FH, FISIP, FK, FKM, dan FS telah dilakukan dan bulan April 1997 sampai Juli 1997. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi pemakai terhadap staf perpustakaan dan perbedaan persepsi diri staf perpustakaan di 6 (enam) perpustakaan fakultas di lingkungan UI, serta mengetahui apakah terdapat korelasi linear di antara kedua persepsi tersebut. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dan 3 (tiga), yaitu aspek pendidikan, aspek profesionalisme, dan aspek kepribadian. Item-item yang diukur dalam ketiga aspek tersebut adalah sama, untuk staf perpustakaan maupun untuk pemakai. Dengan demikian persepsi diri staf perpustakaan dapat dikorelasikan dengan persepsi pemakainya berdasarkan item-item dalam ketiga aspek tersebut.
Pengumpulan data dilakukan melalui pengujian kuesioner. Jenis penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik pemilihan responden dijelaskan. Cara menganalisa data dilakukan berpedoman pada penggunaan metode skala Likert dan rumus Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi untuk aspek pendidikan dan profesionalisme. Sedangkan pada aspek kepribadian, terdapat perbedaan persepsi antara pemakai perpustakaan dan staf perpustakaan dalam memandang masalah ini.
Selanjutnya, berdasarkan uji hipotesis, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat korelasi linear antara persepsi dini staf perpustakaan dengan persepsi pemakai terhadap staf perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1997
S14892
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>