Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 124968 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ananda Rasulia Wirawan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan memahami persepsi pemustaka terhadap tata ruang pada perpustakaan SMAN 47 Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah untuk mengetaui bagaimana persepsi pemustaka, yang terdiri dari kepala sekolah, pembina perpustakaan, guru, staff perpustakaan dan siswa terhadap penerapan tata ruang pada perpustakaan setelah direnovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka sudah merasa nyaman dan cukup puas dengan tata ruang yang baru namun masih ada kendala yaitu kurangnya luas ruang perpustakaan.

Abstract
The objective of this research is to understand the users perception about interior design in Library of 47 Senior High School, South Jakarta. This research is qualitatif research with descriptive case study method. The problem of this research is to know how perception of users whom are the principle, coordinator of library, teacher, library staff and student, on the design of the library room after had been renovated. The result of the study shows that users become to feel comfortable and satisfield with the new design, but there is still a lack of the size necessary of the library room.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15612
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nadiah Istiqomah
"Skripsi ini membahas persepsi pemustaka terhadap tata ruang di Perpustakaan Nasional RI khususnya pada ruang layanan anak (lantai 7) dan ruang koleksi umum terbuka (lantai 21 dan 22). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan melakukan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemustaka sudah merasa nyaman dengan tata ruang yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional RI namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki seperti akses menuju lantai 22 dan informasi mengenai koleksi anak dalam rak.

The focus of this study is about users perception of interior design in National Library of Indonesia particularly in childrens room (7th floor) and open access book collection room (21st and 22nd floor). This research is using quantitative descriptive interpretive and questionnaire. The result of the study shows that users feel comfortable and satisfied with the interior design that used by National Library of Indonesia but there are still some flaws like access to 22nd floor and the information about children collection in the bookshelves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulastri Dewi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi siswa terhadap koleksi perpustakaan di SMAN 70 Jakarta, layanan perpustakaan di SMAN 70 Jakarta, sarana dan prasarana perpustakaan di SMAN 70 Jakarta, serta sumber daya manusia perpustakaan di SMAN 70 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 70 Jakarta berjumlah 1329 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling berjumlah 100 responden. 1-Iasil penelitian menunjukkan Persepsi siswa terhadap koleksi perpustakaan, terdiri atas: kesesuaian koleksi dalam mendukung kegiatan belajar, kemutakhiran koleksi, dan jumlah koleksi perpustakaan adalah tinggi. Namun, persepsi terhadap kelengkapan koleksi adalah rendah. Layanan perpustakaan dipersepsikan oleh siswa adalah baik atau tinggi, yang mencakup kualitas layanan, kesesuaia, layanan, dan kemudahan mengakses informasi di perpustakaan. Namun persepsi siswa terhadap waktu layanan yang disediakan perpustakaan adalah rendah. Persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana, meliputi: persepsi siswa terhadap letak perpustakaan adalah rendah. Menurut mereka, lokasi perpustakaan dinilai tidak strategis dengan ruang belajar karena tidak berada dalam satu gedung. Sedangkan persepsi siswa terhadap luas ruangan perpustakaan, suasana ruangan perpustakaan, sistem penerangan ruangan perpustakaan, dan jumlah sarana meja dan bangku perpustakaan adalah tinggi, karena sudah mencukupi kebutuhan siswa. Sumber daya manusia dipersepsikan siswa adalah baik atau tinggi, yang mencakup jumlah petugas perpustakaan, dan bantuan layanan yang diberikan petugas perpustakaan kepada pengguna. Sedangkan persepsi siswa terhadap kemampuan petugas perpustakaan, dan sikap petugas perpustakaan dalam melayani pengguna adalah rendah. Agar perpustakaan SMAN 70 Jakarta mampu menunjang proses belajar mengajar siswa dan guru dengan baik, maka perlu adanya peningkatan dalam beberapa hat, yaitu: Perpustakaan hendaknya menambah koleksi, dengan mempertimbangkan koleksi dari segi kelengkapan/subjek, kemutakhiran, kesesuaian dengan kebutuhan belajar, dan jumlah koleksi. Waktu layanan yang disediakan perpustakaan hendaknya ditambah, misalnya dengan membuka perpustakaan lebih awal dan menutupnya lebih akhir. Lokasi perpustakaan hendaknya lebih dekat dengan lokasi belajar siswa, karena lokasi perpustakaan yang sekarang berada pada gedung yang berbeda dengan tempat belajar siswa. Meningkatkan profesionalisme petugas dalam mengelola perpustakaan, dan lebih ramah ketika membantu pengguna perpustakaan yang membutuhkan informasi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15338
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tati Widiastarti Suntoro
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan mengapa beberapa perpustakaan anak di Jakarta kurang memperhatikan-penerapan teori tata ruang perpustakaan dan untuk mengetahui faktor manakah yang merupakan kendala dalam keberhasilan menerapkan teori tata ruang pada perpustakaan-perpustakaan anak tersebut. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk dapat memberi gambaran situasi tata ruang perpustakaan anak di Jakarta, khususnya di perpustakaan anak yang menjadi obyek penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi perbandingan pada 4 buah perpustakaan anak di Jakarta. Data pokok yang dikumpulkan menyangkut lokasi perpustakaan anak, gedung dan perlengkapannya, termasuk luas ruangan, penerangan ruangan, sirkulasi udara, pengunaan warna untuk dinding dan langit-langit, bahan untuk lantai serta mebiler perpustakaan anak. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan tata ruang pada perpustakaan anak, di Jakarta ada kaitannya dengan letak gedung perpustakaan, model bangunan perpustakaan, keseragaman dalam pemilihan mebiler perpustakaan dan penyediaan ruang yang lapang bagi penganjung perpustakaan anak. Faktor lain yang menentukan keberhasilan tersebut adalah pengetahuan tentang tata ruang yang dimiliki oleh pustakawan dan biaya yang tersedia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riko
"Tesis ini membahas tentang persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan, yang meliputi layanan yang diterapkan dan fasilitas yang mendukung pelaksanaan layanan, koleksi, dan petugas layanan di kantor perpustakaan dan kearsipan kota singkawang. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah permustaka pada Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang. Sampel diambil secara acak sederhana sebanyak 40 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka memberikan persepsi cukup terhadap layanan perpustakaan. Hasil penelitian menyarankan bahwa perpustakaan perlu meningkatkan layanannya, dan kinerja petugas layanan dalam memberikan layanan kepada pemustaka, serta melakukan pendidikan pemakai.
This thesis describes users? perceptions of library service; including services and facilities which are used to support the implementation of the services, collections, and librarians at The Library and Archive Offices in Singkawang. This is a survey research with a quantitative approach. The population is users of The Library and Archive Offices in Singkawang. Data were collected by using questionnaires. The results showed that users provide good perception of library services. The results suggest that the library needs to improve its services, and the performance of librarian in providing services to users, and make user education program."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26780
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Komarudin
"Tesis ini membahas tentang persepsi pemustaka terhadap layanan rujukan yang meliputi persepsi pemustaka terhadap koleksi, pustakawan dan fasilitas layanan rujukan di Perpustakaan STAIN Kediri. Penelitian ini adalah penelitian survai dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah pemustaka aktif mahasiswa STAIN Kediri, Sampel diambil secara acak sederhana sebanyak 94 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka menunjukkan persepsi negatif terhadap layanan rujukan. Peneliti menyarankan bahwa perpustakaan perlu meningkatkan koleksi rujukan baik kualitas maupun kuantitasnya, pengetahuan dan sikap pustakawan, dan fasilitas layanan rujukan.

The focus of this study is user's perceptions of reference services that comprises of reference collection, reference librarian, and reference facilities at the Library of State College of Islamic Studies (STAIN) Kediri. This is a survey research with quantitative approach. Population of this research is library active user of undergraduate students of STAIN Kediri. The samples taken are 94 persons of the population by using simple random sampling. The data were collected by means of questionnaire and interview. The data were analysed with descriptive analysis method. The research shows that user's perception of reference service is negatif. The researcher suggests that library should improve reference collection both quantity and quality, librarian knowledge and behaviour, and reference service facilities."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T39951
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Farizal Andriansyah
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap perpustakaan
MTs Negeri 3 Jakarta Selatan yang di tinjau dari aspek sumber daya manusia
(SDM), koleksi, serta sarana dan prasarana. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data
dengan kuesioner sebagai sumber utama, dan dilengkapi dengan wawancara, dan
observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap
perpustakaan yang ditinjau dari aspek tenaga perpustakaan mendapatkan skor
2,74, aspek koleksi mendapatkan skor 2,64, dan aspek sarana dan prasarana
mendapat skor 2,48. Sehingga skor rata-rata persepsi siswa terhadap perpustakaan
yang dinilai dari 3 aspek tersebut hanya bernilai 2,61 dari skor maksimal 4,00.
Skor 2,61 berada pada interval 2,51-3,75 yang menunjukan penilaian baik.

ABSTRACT
This research aimed to discover the students? perceptions toward library in
Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 of South Jakarta that reviewed from three aspects;
those are human resources, collections, facilities and infrastructures. This research
is a quantitative one using a descriptive case study approach. The data collecting
techniques are questioners as a main source, interview and observation as
additional sources. The results of this research show that the students? perceptions
toward library that reviewed from human resources aspect obtain score 2,74;
collections aspect obtain score 2,64; facilities and infrastructures obtain score
2,48. So that the average score of the students? perceptions toward library that
reviewed from those three aspects obtain score only 2,61 from the maximum
score 4,00. Score 2,61 is on interval 2,51-3,75 that shows good appraisal."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42186
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Insan Imani
"Ekonomi berbagi merupakan sistem ekonomi yang menyediakan pemanfaatan sumber daya secara kolaboratif dengan tujuan meningkatkan pemanfaatan aset secara optimal. Perpustakaan menjadi contoh historikal dari penerapan ekonomi berbagi. Praktik ekonomi berbagi di perpustakaan belum disadari secara signifikan oleh pengguna meskipun perpustakaan telah mengimplementasikan layanan terkait. Studi ini dilakukan untuk menganalisis persepsi pemustaka terkait peran perpustakaan umum pada era ekonomi berbagi serta memberikan preferensi nilai yang dianggap relatif lebih penting bagi Perpustakaan Umum di Provinsi DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran survei kepada 248 responden di lima perpustakaan umum di Provinsi DKI Jakarta, yakni Perpustakaan Cikini, Perpustakaan Kota Administrasi Jakarta Timur, Perpustakaan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Perpustakaan Kota Administrasi Jakarta Barat, dan Perpustakaan Kota Administrasi Jakarta Utara. Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) juga digunakan untuk mengidentifikasi nilai dan peran prioritas dari setiap perpustakaan dengan menghitung bobot tertimbang dari setiap jawaban responden. Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas pemustaka tidak mengetahui konsep ekonomi berbagi, tetapi menilai adanya kesamaan konsep yang ditawarkan antara perpustakaan umum dan ekonomi berbagi. Karakteristik personal pemustaka seperti frekuensi kunjungan dan wilayah perpustakaan turut mempengaruhi persepsi atas konsep dan peran perpustakaan umum di era ekonomi berbagi. Secara keseluruhan kelima Perpustakaan Umum di Provinsi DKI Jakarta memiliki tingkatan persepsi berbeda-beda terhadap implementasi peran perpustakaan umum pada era ekonomi berbagi.

The sharing economy is an economic system that facilitates the collaborative utilization of resources to optimize asset usage. Libraries represent a historical example of the application of the sharing economy. Despite libraries implementing related services, users have not fully realized the significance of sharing economy practices in libraries. This study was conducted to analyze library users' perceptions regarding the role of public libraries in the era of the sharing economy and to determine the relative value preferences considered necessary for Public Libraries in the DKI Jakarta Province. The research method employed a quantitative approach with surveys distributed to 248 respondents across five public libraries in the DKI Jakarta Province, including Cikini Library, East Jakarta City Administration Library, Central Jakarta City Administration Library, West Jakarta City Administration Library, and North Jakarta City Administration Library. The Analytic Hierarchy Process (AHP) method was also utilized to identify each library's priority values and roles by calculating the weighted scores of each respondent's answers. The study reveals that most library users are unaware of the concept of a sharing economy. Yet, they recognize the similarities between the offerings of public libraries and the sharing economy. Personal characteristics of library users, such as visit frequency and location, influence their perceptions of the concept and role of public libraries in the sharing economy era. Overall, the five Public Libraries in DKI Jakarta Province exhibit varying levels of perception towards implementing the public library's role in the era of the sharing economy."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yanni Karina
"Skripsi ini membahas persepsi pemustaka perpustakaan Universitas Indonesia yang merupakan mahasiswa D3, S1 dan S2 Universitas Indonesia angkatan 2010 - 2013 tentang kinerja OPAC. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Pemustaka ternyata memiliki persepsi bahwa OPAC adalah alat penelusuran yang berfungi mempercepat penelusuran dibandingkan dengan menggunakan metode lain, dan karena itu menuntut agar OPAC menyediakan fitur yang sesuai untuk mempercepat penelusuran. Hasil penelitian menyarankan agar koneksi internet di perpustakaan UI ditingkatkan kekuatannya, pembaharuan dan penyederhanaan interface OPAC, adanya pelatihan penggunaan OPAC selain pada orientasi perpustakaan, adanya pustakawan di daerah komputer OPAC, dan sinkronisasi data koleksi yang ada dengan jajaran koleksi.

The focus of this study is to explain the preception of the user of Ilbrary of Universitas Indonesia have about OPAC. The user consist of the vocation, undergraduate and graduate student from 2010 – 2013 batch. This is a quantitative research with descriptive approach. The user perceive the OPAC as an helpful tools to fasten the process of searching the information they need compared to other methods, and therefore demand for the suitable feature to fasten search result in OPAC. The result suggest that the library strenghten the internet connection inside the library, redesigning and simplifying of OPAC interface, conduct OPAC guidance class other than library orientation, providing librarians around OPAC, and synchronizing OPAC’s collection data with the collection in shelves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57537
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erland Cahyo Saputro
"Fokus penelitian ini adalah mengukur kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan di perpustakaan STAIN Surakarta berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka. Metode yang digunakan adalah LibQual+? untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indikator pengukuran yaitu Affect of Service (sikap petugas perpustakaan dalam melayani pemustaka), Information Control (ketersediaan koleksi dan kemudahan akses informasi) dan Library as Place (perpustakaan sebagai sebuah tempat). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan yang diberikan telah memenuhi harapan pemustaka, dapat diartikan pula bahwa pemustaka puas terhadap layanan perpustakaan yang diterimanya. Dan tingkat kepuasan pemustaka berdasarkan kesenjangan (gap) antara persepsi dan harapan responden menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan STAIN Surakarta dinilai baik, berada pada ?zone of tolerance?, dimana kualitas layanan berada diantara tingkat harapan minimum yang dapat diterima dan tingkat harapan yang diinginkan (desired).

The Focus of this study is to measure satisfaction of users to quality service in the library of State College of Islamic Studies (STAIN) Surakarta, based on users expectation and perception. The LibQual+? is the measure for this research and it?s 3 dimension used as research indicator, they were Affect of Service, Information Control and Library as Place. The data were collected by means of questionnaire.
The result indicates that the quality of the services provided meets users expectations, it also means that users satisfied to a library service received. And indicate that the quality of library service is considered good, located in the "zone of tolerance", where the quality of service is between the minimum level of expectation that can be received and the desired level of expectations (desired).
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T25863
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>