"Masa pubertas merupakan masa perkembangan psikologis dan anatomi dimana pada
saat itu organ-organ reproduksi mcnjadi matang dan berfungsi. Remaja menjadi
bingung pada saat perubalaan fisik dan psikologis itu datang sehingga remaja
berusaha mencari informasi dalam memenuhi rasa keingintahuannya terhadap
perubahan yang mereka alami. Media cetak sebagai alat transformasi berusaha untuk
menyajikan informasi tentang pubertas yang dibutuhkan oleh remaja. Desain
penelitian ini adalah deskriptif korelatif yang berlujuan untuk mengetahui seberapa
kuat pengaruh informasi media cetak terhadap persepsi remaja tentang pubertas.
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28-30 November 2001 di RT 04/07 Kelurahan
Bahakan, Tangerang dengan mengambil sampel scbanyak 30 orang melalui metode
simple random sampling. Instrumen yang digunakan berisi 5 pertanyaan demografi
dan 18 pertanyaan variabel penelitian. Hasil perhitungan uji statistik diperoleh
korelasi antara pedngaruh informasi media cetak dengan persepsi remaja tentang
pubertas dengan koefisien korelasi 0.314."