Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 209868 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
S3282
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sidi Fachmi H.
"Peran bystander dalam kejadian bullying sangat penting karena perilaku mereka lebih mudah dirubah dibandingkan perilaku dari pelaku yang agresif atau korban. Dalam penelitian ini ingin diketahui hubungan antara self efficacy, outcome expectancy, dan outcome values dari siswa SMA jika mereka menjadi bystander dalam situasi bullying. Partisipan penelitian ini terdiri dari 92 orang siswa tingkat Sekolah Menengah Atas di Jakarta dan Bekasi yang berumur 16 sampai 18 tahun. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang berasal dari terjemahan kuesioner yang digunakan oleh Pöyhönen, Juvonen dan Salmivalli (2012). Variable bebas adalah Self Efficacy, Outcome Expectancy dan Outcome Values; sedangkan variabel terikat adalah respons sebagai bystander yaitu menjadi defender untuk korban, outsider atau reinforcer dari pelaku bullying. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa korelasi antara respons sebagai bystander dengan self efficacy, outcome expectancy dan outcome values signifikan. Walaupun ada korelasi antara Self efficacy, Outcome expectancy dan Outcome values dengan respon mendukung pelaku (reinforcer) atau diam saja (outsider) namun hasil penelitian ini berbeda dengan penelitian Pöyhönen dkk (2012), karena korelasi antara Self efficacy, Outcome expectancy dan Outcome values dengan respon mendukung pelaku (reinforcer) atau diam saja (outsider) negatif. Oleh karena itu perlu penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan variabel-variabel ini.

Bystander’s role in bullying situation is very important for intervention because it is easier to change the bystander attitude than the perpetrator or the victim. The purpose of this research is to know if there is correlation between high school student perception of their self efficacy, outcome expectancy, and outcome values with their responses as bystander to defend victim, be an outsider or to side up with the bully. Participants are 92 students in senior high school in Jakarta and Bekasi that has a range from 16 to 18 year old. This research used the translation of the instrument that has been developed by Pöyhönen, Juvonen and Salmivalli (2012). Independent variable of this research is self efficacy, outcome expectancy and outcome values; meanwhile dependent variable of this research is the bystander’s response that can be explained such as bystander to defend victim, bean outsider or to side up with the bully. The result shows that correlation between
high school student perception of their self efficacy, outcome expectancy, and outcome values with their responses as bystander to defend victim, be an outsider or to side up with the bully is significantly even there is some result show negative. The result of this research shows some different outcome compared with Pöyhönen et al (2012) study, because there is negative correlation between the variable. It is suggested to do more research involving the variables.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S53341
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Prakoso Wibowo
"PPDB sistem zonasi Jakarta bertujuan untuk pemerataan akses pendidikan sejak 2017, namun masih menimbulkan kontroversi karena menyebabkan siswa memilih sekolah yang tidak sesuai dengan karakteristik mereka. Ketidaksesuaian ini bisa memengaruhi motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara efikasi diri dan motivasi akademik siswa SMA Negeri yang terdampak PPDB sistem zonasi Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dan pengambilan sampel dengan teknik convenience sampling. Sebanyak 881 siswa dengan rentang usia 14-19 tahun yang berdomisili di Jakarta menjadi partisipan dalam penelitian ini. Hasil perhitungan statistik menggunakan teknik korelasi Pearson dengan alat ukur General Self Efficacy Scale Versi Indonesia dan Academic Motivation Scale - Short Indonesia Language Version menunjukkan hubungan signifikan (r = 0.247, p < 0.001) antara efikasi diri dan motivasi akademik siswa setelah PPDB sistem zonasi Jakarta. Implikasi penelitian adalah pentingnya untuk meningkatkan efikasi diri pada siswa agar motivasi akademik mereka tetap terjaga.

Jakarta's PPDB zoning system has aimed at equalizing access to education since 2017, but still causes controversy because it causes students to choose schools that do not suit their characteristics. This mismatch can affect student motivation in learning. This research explores the relationship between self-efficacy and academic motivation of state high school students affected by the Jakarta PPDB zoning system. This research uses a correlational method and sampling using convenience sampling techniques. A total of 881 students aged 14-19 years who live in Jakarta were participants in this research. The results of statistical calculations using the Pearson correlation technique with the General Self Efficacy Scale Indonesian Version and Academic Motivation Scale - Short Indonesian Language Version measurement tools show a significant relationship (r = 0.247, p < 0.001) between students' self-efficacy and academic motivation after the Jakarta zoning system PPDB. The implication of the research is that it is important to increase students' self-efficacy so that their academic motivation is maintained."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Amalia Meiliyanti
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara optimisme dan general self-efficacy (GSE) pada mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi di Universitas Indonesia (UI). Optimisme didefinisikan sebagai ekspektasi atau pengharapan yang bersifat umum pada seorang individu, bahwa hal-hal baik akan terjadi dan hal-hal buruk hampir minim akan terjadi di masa mendatang. GSE didefiniskan sebagai persepsi dan belief individu tentang dirinya sebagai orang yang mampu untuk melakukan beragam tugas dalam berbagai macam situasi secara efektif pada konteks yang luas. Pengambilan data dilakukan pada 250 partisipan mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi di UI dengan menggunakan dua buah kuesioner, Life Orientation Test Revised (LOT-R) untuk mengukur optimisme dan General Self-Efficacy Scale (GSES) untuk mengukur GSE. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara optimisme dan GSE (r = 0.263, p = 0.000) pada mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi di UI. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi skor optimisme individu, maka semakin tinggi pula skor GSE.

The aim of this study was to investigate the correlation between optimism and general self-efficacy (GSE) among students of Bidikmisi Scholarship at Universitas Indonesia. Optimism was defined as „„the generalized outcome expectancies in individuals that good things will happen in the future and bad things will be minimal”. GSE was defined as “individuals‟ perception and belief in their tendency to view themselves as capable of performing task demands across variety of different situations effectively in a broad array of contexts”. Two questionnaires, Life Orientation Test Revised (LOT-R) measured optimism and General Self-Efficacy Scale (GSES) measured GSE, were used to obtain data from 250 students of Bidikmisi Scholarship at Universitas Indonesia as participants. The result of Pearson Correlation Test indicated positive and significant correlation between optimism and GSE (r = 0.263, p = 0.000). The result explained that the higher score of optimism, would be followed by higher score of GSE."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59090
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yesi Ariani
"Efikasi diri diperlukan bagi pasien DM tipe 2 untuk meningkatkan kemandirian pasien dalam mengelola penyakitnya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan antara motivasi dengan efikasi diri pasien DM tipe 2 di RSUP H. Adam Malik, Medan. Desain dalam penelitian ini adalah analitik cross sectional dengan jumlah sampel 110 pasien DM tipe 2. Analisa data menggunakan Chi square, uji t independen dan regresi logistik berganda.
Hasil penelitian didapatkan bahwa karakteristik responden tidak ada yang berhubungan dengan efikasi diri kecuali status sosial ekonomi (p value 0.046; α 0.05). Ada hubungan antara dukungan keluarga dengan efikasi diri (p value 0.010, α: 0.05), ada hubungan antara depresi dengan efikasi diri (p value 0.026; α: 0.05) dan motivasi berhubungan dengan efikasi diri (p value 0.031; α: 0.05). Individu yang memiliki motivasi yang baik berpeluang 3.736 kali menunjukkan efikasi diri yang baik dibandingkan dengan individu yang memiliki motivasi kurang baik setelah dikontrol depresi (CI 95% OR: 1.35-10.32).
Diharapkan perawat dapat meningkatkan motivasi dan efikasi diri pasien DM tipe 2 dengan memberikan pendidikan kesehatan terstruktur, memfasilitasi pemberian dukungan sosial dan memberian intervensi untuk mencegah munculnya depresi.

Self-efficacy is required for patient with type 2 diabetes in managing the disease independently. This study aimed to identify the relationship of motivation with selfefficacy in patient with type 2 diabetes in H. Adam Malik Hospital Medan. This study was a cross sectional analytic, recruited 110 respondents. Statistical analysis used for this study was chi-square, independent t-test and multiple logistic regression.
The results showed that the characteristic of respondents were not associated with self-efficacy, except sosioeconomic state (p value 0. 046, α: 0.05). There were relationships between family support and self efficacy (p value 0.010, α: 0.05), depression and self-efficacy (p value 0.026, α: 0.05) and motivation and self-efficacy ( p value 0.031, α: 0.05). People with good motivation had chance 3.736 times more to show a good self-efficacy than people with average motivation as this condition had been controlled by depression (CI 95% OR: 1.35;10.32).
It is recommended that nurses would be able to enhance motivation and selfefficacy of type 2 diabetes patients through developing structrured educational programmes, facilitating the social support and providing intervention to prevent depression symptoms.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmatia Andaruni
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecemasan sesaat dan self-efficacy pada pemain bola basket. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui berapa besar sumbangan yang diberikan masing-masing komponen dari kecemasan sesaat terhadap self-efficacy. Pengukuran kecemasan sesaat dilakukan dengan menggunakan The Revised Competitive State Anxiety Inventory-2 (Cox, Martens, & Russell, 2003), sedangkan pengukuran self-efficacy dilakukan dengan menggunakan Individual Efficacy Questionnaire (Chase, Lirgg, & Feltz, 1996). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 155 pemain bola basket yang mengikuti berbagai macam kompetisi bola basket yang diselenggarakan pada bulan April hingga Mei 2013 di Jakarta. Penelitian dilakukan satu jam sebelum pertandingan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan sesaat dan self-efficacy pada pemain bola basket (r = -.559, n = 155, p < .01, two-tailed). Hasil tersebut memiliki arti bahwa semakin rendah kecemasan sesaat yang dimiliki individu, maka semakin tinggi self-efficacy yang dimilikinya. Hasil lain dari penelitian ini adalah komponen self-confidence dari kecemasan sesaat memberikan sumbangan terbesar terhadap self-efficacy, yang berarti bahwa peningkatan pada self-confidence dari kecemasan sesaat akan diikuti oleh peningkatan terhadap self-efficacy.

This research was conducted to understand the relationship between competitive state anxiety and self-efficacy among basketball players. It was also conducted to understand how much each component of competitive state anxiety was given to self-efficacy. Competitive state anxiety was measured by using a modified instrument named The Revised Competitive State Inventory-2 or CSAI-2R (Cox, Martens, & Russell,2003), while self-efficacy was measured by using a modified instrument named Individual Efficacy Questionnaire or IEQ (Chase, Lirgg, & Feltz,1996). The participants were 155 basketball players participated at a number of basketball competitions held between April and May 2013 in Jakarta. The research was done one hour before the competition.
The main result showed that there was a significantly negative correlation" "between competitive state anxiety and self-efficacy among basketball players (r = -.559, n = 155, p < .01, two-tailed). This result means that the lower competitive state anxiety of one’s own, the higher self-efficacy of him. Another result of this research was that the biggest contribution of competitive state anxiety components to self-efficacy was self- confidence, which means, an increase of self-confidence component from competitive state anxiety would be followed by an increase of self-efficacy."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52503
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ruben Anugrah
"[ABSTRAKbr
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara readiness for changes dan
general self-efficacy pada karyawan industri kreatif. Saat ini masih jarang
penelitian yang membahas konstruk general self-efficacy dalam konteks psikologi
industri dan organisasi. Responden pada penelitian ini adalah 102 karyawan yang
bekerja di sektor industri kreatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Readiness For Change Scale oleh Hanpachern (1997) dan New General
Self-Efficacy Scale oleh Chen et al (2001). Hasil penelitian ini menunjukkan
hubungan yang signifikan antara readiness for change dan general self-efficacy
pada karyawan di industri kreatif dengan r = .45 (p < .01).;The purpose of this research is to study the correlation between readiness for
change and general self-efficacy among creative industry. There were rarely
research which study general self-efficacy in industrial and organizational
psychology. The respondents of this research were 102 employees who work in
creative industry. The instruments for this research were Readiness For Change
Scale by Hanpachern (1997) and New General Self Efficacy Scale by Chen et al.
(2001). The result of this research showed that there was a significant corellation
between readiness for change and general self-efficacy among creative industry
employees with r = .45 (p < .01);The purpose of this research is to study the correlation between readiness for
change and general self-efficacy among creative industry. There were rarely
research which study general self-efficacy in industrial and organizational
psychology. The respondents of this research were 102 employees who work in
creative industry. The instruments for this research were Readiness For Change
Scale by Hanpachern (1997) and New General Self Efficacy Scale by Chen et al.
(2001). The result of this research showed that there was a significant corellation
between readiness for change and general self-efficacy among creative industry
employees with r = .45 (p < .01);The purpose of this research is to study the correlation between readiness for
change and general self-efficacy among creative industry. There were rarely
research which study general self-efficacy in industrial and organizational
psychology. The respondents of this research were 102 employees who work in
creative industry. The instruments for this research were Readiness For Change
Scale by Hanpachern (1997) and New General Self Efficacy Scale by Chen et al.
(2001). The result of this research showed that there was a significant corellation
between readiness for change and general self-efficacy among creative industry
employees with r = .45 (p < .01), The purpose of this research is to study the correlation between readiness for
change and general self-efficacy among creative industry. There were rarely
research which study general self-efficacy in industrial and organizational
psychology. The respondents of this research were 102 employees who work in
creative industry. The instruments for this research were Readiness For Change
Scale by Hanpachern (1997) and New General Self Efficacy Scale by Chen et al.
(2001). The result of this research showed that there was a significant corellation
between readiness for change and general self-efficacy among creative industry
employees with r = .45 (p < .01)]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59173
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kostrowicki, Irena
"ABSTRAK
Perilaku sehat merupakan salah satu hal penting yang perlu dipelihara oleh mahasiswa UI khususnya yang memiliki orangtua penderita hipertensi. Hal ini penting dilakukan karena hipertensi menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak setelah stroke. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk melihat faktor apa saja yang mempengaruhi intensi berperilaku sehat mahasiswa UI yang memiliki orangtua penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan adanya share common environments yang membuat perilaku didalam sebuah keluarga (antara orangtua dan anak) kurang lebih serupa. Berdasarkan Health Action Process Approach (HAPA), intensi sendiri lebih banyak dipengaruhi oleh self-efficacy dan outcome expectancy (Schwarzer, Lippke, & Luszcyznska, 2011). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan The Health Behavior Intention untuk mengukur intensi berperilaku sehat, HSBSES untuk mengukur self-efficacy, dan Life Orientation Test-Revised untuk mengukur outcome expectancy. Penelitian ini dilakukan pada 282 mahasiswa UI yang memiliki orangtua penderita hipertensi yang berusia 18-25 tahun melalui teknik accidental sampling. Berdasarkan teknik analisis multiple regression, ditemukan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi berperilaku sehat pada mahasiswa UI yang memiliki orangtua penderita hipertensi (β = 0,472, p < 0,01). Sedangkan pada variabel outcome expectancy, outcome expectancy memiliki pengaruh yang kecil dan tidak signifikan terhadap intensi berperilaku sehat pada mahasiswa UI yang memiliki orangtua penderita hipertensi ( β = -0,055 , p > 0,01).

ABSTRACT
Health behavior is one of the important thing to improve in Universitas Indonesia students who have parents with hypertension. This is important because hypertension is one of major cause of death after stroke. Because of that, researcher wants to search what factors that influence health behavior intention in Universitas Indonesia students who have parents with hypertension. It?s because of share common environments which make behavior within family (parents and children) more or less similar. Based on Health Action Process Approach (HAPA), intention is mostly influenced by self-efficacy and outcome (Schwarzer, Lippke, & Luszcyznska, 2011). This is a quantitative study which use The Health Behavior Intention to measure health behavior intention, HSBSES to measure self-efficacy, and Life Orientation Test-Revised to measure outcome expectancy. Participants are 282 students from Universitas Indonesia who have parents with hypertension, age between 18-25 years old, selected by accidental sampling technique. The result indicate that self-efficacy have a significant impact in health behavior intention in Universitas Indonesia students who have parents with hypertension (β = 0,472, p < 0,01). While there is outcome expectancy have a little impact and no significant in health behavior intention in Universitas Indonesia students who have parents with hypertension ( β = -0,055 , p > 0,01).
"
2016
S64116
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pelawi, Bram Yoga
"
Untuk mengejar ketinggalannya dari bangsa lain, telah disadari betapa
pentingnya menciptakan sumber daya manusia yang memiliki task
involvement di segala bidang. Penulis mengamati bidang olahraga dalam
lingkup kampus, untuk diteliti. Dari pengamatan tersebut didapati perilaku ego
involvement pada anggota tim bola basket kampus. Penulis memandang hal
ini sebagai kesenjangan, karena pada akhirnya akan membawa akibat buruk
bagi prestasi tim itu sendiri. Gunarsa (1989) mengatakan bahwa motivasi
yang baik bagi seorang atlet ialah motivasi intrinsik, bukan karena iming-iming
uang atau pujian. Dari pengamatan tersebut penulis mencoba untuk
melakukan penelitian, dengan mengaitkan faktor goal orientation dan physical
self efficacy.
Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat hubungan antara physical self
efficacy dan task involvement, serta untuk melihat gambaran ilmiah tentang
keadaan orientasi gol sampel dalam menjalankan perannya sebagai anggota
Penelitian ini menggunakan beberapa teori penting sebagai landasan. Teoriteori
tersebut antara lain ialah, teori goal orientation (Nicholls, 1985; Ames &
Archer, 1988), teori self efficacy (Bandura, 1986, 1995), teori Psikologi
Olahraga (Gunarsa, 1989), dan daftar istilah keterampilan bermain basket
(Ambler, 1986). Penulis mencoba melihat hubungan diantara ketiganya dalam
bidang olahraga tingkat kampus. Bandura mengatakan bahwa dalam dunia
olahraga, atlet yang physical self efficacy-nya tinggi akan menampilkan
performance yang baik pula (Bandura, 1986). Hal ini berkaitan dengan teori
dari Ames & Archer (1988) yang mengatakan bahwa performance merupakan
salah satu karakteristik pembeda dalam menentukan orientasi gol pada
individu. Berdasatkan keterkaitan antara teori yang digunakan maka dapat
diajukan hipotesis yang berbunyi "ada hubungan yang positif dan signifikan
antara physical self efficacy dengan orientasi tugas pada anggota tim bola
basket kampus di daerah Jakarta dan sekitarnya.
Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif, dengan sampel
mahasiswa pria, berusia 18 sampai 23 tahun, dan masih aktif sebagai
anggota tim bola basket kampus. Sedangkan intsrumen yang digunakan ialah
skala goal orientation dan physical self efficacy.
Penelitian dilaksanakan pada 60 orang subyek dari berbagai perguruan tinggi
di Jakarta dan sekitarnya, seperti UI, Atmajaya, Tarumanegara, UKI,
Gunadarma, Trisakti, dan lain sebagainya. Penyebaran instrumen dilakukan
dengan bantuan contact person di masing-masing kampus. Setelah pengolahan data diketahui bahwa ada beberapa item dari masingmasing
kuesioner yang dihilangkan dan tidak ikut dalam pengolahan
selanjutnya. Setelah proses homogenisasi dan melihat nilai alpha sebagai
ukuran reliabilitas alat, dilakukan penghitungan korelasi antara kedua
variabel. Dari hasil pengolahan data, terlihat bahwa physical self efficacy
berhubungan secara positif dan signifikan dengan task involvement pada
mahasiswa anggota tim bola basket di daerah Jakarta dan sekitarnya.
Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis alternatif yang
berbunyi "ada hubungan yang positif dan signifikan antara physical self
efficacy dan task involvement pada anggota tim bola basket kampus di
daerah Jakarta dan sekitarnya", diterima. Selain itu gambaran umum sampel
menunjukkan bahwa orientasi golnya cenderung task involvement, dan
tingkat physical self efficacy-nya tinggi.
Berdasarkan kesimpulan tersebut pada Bab V, selanjutnya diajukan diskusi
dan saran. Saran aplikatif dimaksudkan sebagai wujud nyata peranan ilmu
psikologi dalam membangun sumber daya manusia yang baik dalam bidang
olahraga. Saran ini ditujukan kepada pelatih tim dengan tujuan meningkatkan
physical self efficacy anggotanya."
2001
S3051
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abraham Purnomo
"Pengangguran dan pekembangan sistem persaingan organisasi menunjukkan sistem daya saing baru pada level dunia kerja. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang siap untuk berubah menunjukkan dibutuhkannya individu dengan kesiapan untuk berani memberikan keputusan dan memimpin, setidaknya dimulai dari diri sendiri. Hal ini menunjukkan pentingnya kepemimpinan dan kesiapan diri pada mahasiswa sebagai salah satu calon sumber daya manusia dalam dunia kerja. Penelitian ini dilakukan untuk melihat self-leadership melalui creative self-efficacy CSE mahasiswa. Creative self-efficacy yang didefinisikan sebagai keyakinan individu atas kemampuan dirinya untuk melakukan suatu tugas spesifik dalam menciptakan hal yang baru, orisinil, dan solusi yang sesuai Abbot 2010. Dalam creative self-efficacy terdapat dua dimensi penyusunnya, yaitu creative thinking self-efficacy CTSE dan creative performance self-efficacy CPSE. Self-Leadership didefinisikan sebagai proses dimana individu mengontrol perilaku mereka sendiri, mempengaruhi dan mengarahkan diri mereka melalui penggunaan strategi perilaku dan kognitif. Strategi tersebut disusun oleh dimensi behaviour-focused strategies, natural reward strategies, dan constructive thought pattern strategies. Pengukuran terhadap CSE diukur melalui Revised Model of CTSE II and CPSE II Inventories yang dikembangkan oleh Abbot 2010, sementara self-leadership diukur melalui Revised Self-Leadership Questionnaire yang dikembangkan oleh Houghton dan Neck 2002. Penelitian ini dilakukan dengan sampel partisipan yang berada di lingkungan Universitas Indonesia N=146. Analisis statistik pearson correlation menunjukkan hubungan yang positif secara signifikan terdapat pada creative thinking self-efficacy dan self-leadership r = 0,394, p = 0,000, signifikan pada LoS 0,01 dan creative performance self-efficacy dan self-leadership r = 0,561, p = 0,000, signifikan pada LoS 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa creative self-efficacy yang semakin baik atau tinggi mahasiswa, maka semakin baik atau tinggi juga self-leadership nya. Selain itu, hasil penelitian korelasi terhadap creative self-efficacy dan dimensi self-leadership menunjukkan bahwa constructive pattern though strategies memiliki hubungan terkuat dibandingkan dimensi lainnya.

Unemployment and development of an organization 39s competitive system show a new competitiveness system at the world level of work. The need for ready to change human resources demonstrates the need for an individual with the readiness to dare to make decisions and lead, at least starting with oneself. This shows the importance of leadership and readiness of the students as one of the candidates of human resources in the world of work. This research is conducted to see self leadership through student self efficacy CSE. Creative self efficacy is defined as the individual 39 s belief in his or her ability to perform a specific task in creating the novel, original, and appropriate solutions of Abbot 2010. In creative self efficacy there are two dimensions of the compilers, namely creative thinking self efficacy CTSE and creative performance self efficacy CPSE. Self Leadership is defined as the process by which individuals control their own behavior, influence and direct themselves through the use of behavioral and cognitive strategies. The strategy is structured by the dimensions of behaviour focused strategies, natural reward strategies, and constructive thought patterns strategies. Measurements of CSE were measured through the Revised Model of CTSE II and CPSE II Inventories developed by Abbot 2010, while self leadership was measured through the Revised Self Leadership Questionnaire developed by Houghton and Neck 2002. This research was conducted with sample of participants who were in University of Indonesia N 146. Pearson correlation statistic analysis showed a positive correlation significantly in creative thinking self efficacy and self leadership r 0,394, p 0,000, significant at LoS 0,01 and creative performance self efficacy and self leadership r 0,561, p 0,000, significant at LoS 0.01. This shows that the creative self efficacy of the better or higher the student, the better or higher also his self leadership. In addition, the results of a correlation study on creative self efficacy and the self leadership dimension show that constructive patterns though strategies have the strongest relationship compared to other dimensions. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>