Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 69644 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Noer Sofiah
"Karyawan merupakan bagian penting dalam perusahaan sehingga komunikasi dengan mereka merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Komunikasi perlu dijalin dan dikelola dengan baik karena komunikasi dapat diarahkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan Dalam usaha meningkatkan gairah kerja tidak terlepas dari tanggung jawab perusahaan untuk me1aksanakan komunikasi yang diarahkan pada tujuan memotivasi karyawan. Berkomunikasi untuk memotivasi dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan employee relations. PT Yudhagama sebagai sebuah percetakan jasa adalah perusahaan yang tidak memiliki bagian hubungan masyarakat (human). Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan membina hubungan dengan karyawan (employee relations) ditangani oleh Seksi Personal ia. Kerangka pemikiran yang digunakan mencakup sejumlah teori mengenai public relations, employee relations, komunikasi internal dan motivasi. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam (in-depth interview) dimana pemilihan informan dilakukan dengan teknik snowballing. Hasil temuan penelitian ditujukan untuk menggambarkan kegiatan employee relations dalam upaya memotivasi karyawan di PT Yudhagama dan bagaimana motivasi karyawan tercipta melalui kegiatan employee relations. Penelitian ini juga banyak menyinggung mengenai komunikasi internal sebagai bagian dari employee relation. Penulisan hasil penelitian adalah dalam bentuk naratif life story. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan employee relations yang rutin diselenggarakan untuk memotivasi karyawan sangat minim. Tahap perencanaan kegiatan yang baik belum sepenuhnya dilakukan mengingat yang terlibat didalarnnya adalah karyawan yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenainya. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan employee relations dan komunikasi internal yang ada di PT Yudhagama sudah diarahkan pada tujuan memotivasi karyawan. Tetapi, kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan optimal tanpa ikut serta pimpinan dalam setiap perencanaannya. Keikutsertaan pimpinan adalah agar kegiatan-kegiatan tersebut dapat dimaksimalkan untuk memotivasi karyawan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4281
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardi Hermawan
"ABSTRAK
Dalam komunikasi organisasi employee relations yang kondusif sangat
diperlukan karena berfungsi untuk menumbuhkan hubungan yang baik, baik itu
antara pimpinan dengan karyawan, karyawan dengan pimpinan, ataupun
karyawan dengan karyawan. Salah satu kegiatan employee relations adalah
program special event.
Pentingnya employee relations dalam suatu organisasi pada kenyataannya
sering tidak berjalan efektif atau bahkan dihiraukan oleh pihak manajemen yang
mengakibatkan hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan tidak terjalin
dengan harmonis, koordinasi di dalam organisasi tidak berjalan baik sehingga
memengaruhi motivasi kerja karyawan dan mengakibatkan sasaran atau tujuan
yang harus dicapai organisasi tidak akan sesuai dengan yang direncanakan
Penelitian ini mencoba mengetahui pengaruh penilaian karyawan tentang
pelaksanaan family gathering dan outbound sebagai kegiatan employee relations
terhadap tingkat motivasi kerja.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari penilaian karyawan
tentang kegiatan special event yaitu family gathering dan outbound terhadap
tingkat motivasi kerja.

Abstract
In an organizational communication, the conducive employee relations is
indispensable because it develop a good relationship, between leaders and
employees, and vice versa, or between employees. One of the activities of
employee relations is a special event program.
The importance of employee relations in an organization in reality is often
not effective or even neglected by the management that cause disharmony in the
working relationship between the management and employees, the coordination
within the organization did not work so well that affect the employee motivation
and lead organization targets or goals will not achieved as planned.
This research tried to find the effect of employee assessment of the
implementation of family gathering and outbound as an employee relations
activity towards the level or work motivation.
The result of this research conclude that there is an effect between
employee assessment of the implementation of family gathering and outbound
towards the level of employee work motivation.
"
2012
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Melinda
"Frekwensi absen kerja yang tinggi, datang terlambat, ataupun pemakaian waktu dengan tidak berguna dan lain sebagainya merupakan tanda-tanda bagi perusahaan bahwa adanya kekurangtaatan dalam menepati jam kerja. Kegiatan Employee Relations panting sekali artinya dalam meningkatkan disiplin kerja karyawan. Dalam penelitian yang bersifat kualitatif ini, penulis meneliti beberapa aspek, yaitu untuk mengetahui gambaran bentuk kegiatan Employee relations melalui komunikasi antara atasan dan bawahan untuk mengetahui hasil kegiatan Employee Relations melalui komunikasi antara atasan dan bawahan terhadap peningkatan disiplin kerja para karyawan pabrik tekstil Argo Pantes."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 1994
S4139
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yeni Indah Lestari
"ABSTRAK
Iklim komunikasi internal yang baik dapat diciptakan salah satunya melalui penerapan kegiatan employee relations dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan employee relations dalam kurun waktu Januari 2010 hingga Maret 2012 dalam mendukung kualitas iklim komunikasi internal di dalam perusahaan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif dengan strategi studi kasus. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan employee relations yang diterapkan di perusahaan X adalah program penghargaan, program pelatihan, acara khusus, rangsangan berbicara, konferensi karyawan, dan obrolan langsung. Kegiatan-kegiatan ini mampu mendukung iklim komunikasi internal yang bersifat suportif. Ditunjukkan pula dari pemenuhan karakteristik saling mendukung, adanya kepercayaan, keterbukaan dan kejujuran, partisipasi dalam pembuatan keputusan bersama, dan perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi.

ABSTRACT
An excellent internal communication climate can be created from the existence of employee relations? activity. This study aims to recognize the application of employee relations? activities effective as from January 2010 to March 2012 in supporting an excellent internal communication climate at X Public Relations Consultant. This study uses constructivist paradigm and descriptive qualitative approach using case study strategy. Data collection methods used are in-depth interviews and documentation study. The results suggest that the application of activities such as awards, trainings, special events, opinion stimulations, staff conferences, and direct conversations support an excellent internal communication climate. It fulfils supportive nature depicted by characteristics such as mutual assistance, trust, openness and honesty, participation in decision making, and attention to high performance objectives.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
London: Financial Times Professional, 1999
658.315 EMP
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
S5073
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Yusnani
"Perkembangan ekonomi yang global menyebabkan tingkat persaingan dalam dunia usaha semakin ketat. Untuk itulah maka perusahaan berusaha menampilkan strategi manajemen yang dapat menjawab tantangan tersebut. Penggunaan teknologi canggih dan peningkatan mutu sumberdaya manusia merupakan hal mutlak yang harus dilakukan agar perusahaan tetap `eksis'. Disamping itu pembinaan hubungan haik dengan berhagai pihak perlu dijalin diantaranya adalah dengan karyawan sebagai asset perusahaan Pembinaan hubungan baik ini antara lain dilakukan dengan memberikan gaji yang sesuai dan jaminan keda yang baik agar mereka dapat bekerja dengan tenang. Komunikasi merupakan faktor utama dalam memperlancar hubungan tersebut. Komunikasi yang terbuka, saling percaya dan saling menghargai merupakan tuntutan mutlak bagi pembinaan hubungan baik ini. Untuk itulah maka perlu adanya nilai dan tujuan yang dianut bersama. PT. National Gobel sebagai pelopor industri elektronik di Indonesia memandang perlu adanya komunikasi dan pembinaan hubungan baik dengan karyawan. Hal ini tercantum dalam perusahaan diantaranya dalam falsafah perusahaan. Nilai-nilai yang dianut perusahaan merupakan diri atau identitas yang dimiliki oleh perusahaan ini yang membedakannya dengan perusahaan lain. Untuk itulah maka PT. National Gobel berusaha memperkenalkan budaya perusahaan kepada karyawan agar mereka tahu dan rnelaksanakan apa yang menjadi tujuan perusahaan. Kegiatan perusahaan dalam menanamkan budaya dan faktor yang menjadi pendukung serta faktor penghambat kegiatan tersebut merupakan tujuan dari penelitian ini. Disamping itu skripsi ini akan menggambarkan pula budaya yang dianut oleh PT. National Gobel. Metode penelitian ini adalah bersifat Deskriptif yaitu memaparkan dan menggambarkan sesuatu yang berhubungan dengan obyek penelitian sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif yang ditujukan untuk mengemban an cara-cara agar dapat memahami data yang diperoleh di lapangan berdasarkan sudut pandang masyarakat yang dijadikan obyek penelitian. Dari penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa setiap Kegiatan Hubungan Karyawan PT. National Gobel merupakan kegiatan yang ditujukan pula untuk memperkenalkan dan menanamkan budaya perusahan kepada karyawan. Pandangan manajemen terhadap pembinaan hubungan baik dengan karyawan merupakan faktor yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Sejauh ini belum ada hambatan yang berarti dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Budaya yang dianut oleh PT. National Gobel adalah budaya konsisten yaitu budaya yang memfokuskan strategi manajemennya pada kegiatan internal perusahaan. Disamping itu sirnbol kepahlawanan clan protokoler didisain untuk mendukung kerjasama dalam mencapai tujuan. Saran yang diberikan penulis berdasarkan hasil penelitian ini adalah pada kegiatan komunikasi internal dimana feedback yang berupa saran dan laporan kerja hendaknya MA) diperhatikan, sehingga pemberian saran bukan merupakan usaha untuk menyenangkan pirnpinan. Disamping itu hendaknya perusahaan lebih meningkatkan hubungan dengan khalayak luar perusahaan karena komunikasi sangat diperlukan untuk mendapatkan perhatian dan simpati mereka terhadap perusahaan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1997
S4230
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leat, Mike
Amsterdam : Butterworth-Heinemann, 2007
658.315 LEA e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mitchell, W.
London: Macmillan, 1973
658.3 MIT e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Beta
"PT Bank Tabungan Negara adalah suatu perusahaan yang memberikan pelayanan jasa di bidang perbankan. Sebagai suatu perusahaan yang membutuhkan kepercayaan publik, diperlukan adanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan dapat dipercaya. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan adanya kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada karyawan agar dapat tercipta suatu rasa disiplin, loyalitas dan dedikasi yang tinggi, yang dapat tercipta jika terdapat rasa turut memiliki perusahaan atau sense of belonging pada diri karyawan. Sense of belonging tersebut dapat tumbuh jika karyawan merasa dirinya diakui, dihargai dan diperhatikan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kegiatan-kegiatan employee relations yang telah dilakukan di PT BTN cabang Jakarta Harmoni dan untuk melihat dampak dari kegiatan-kegiatan tersebut terhadap rasa turut memiliki perusahaan (sense of belonging) karyawan PT BTN cabang Harmoni Jakarta Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data mengenai kegiatan employee relations di PT BTN cabang Harmoni Jakarta diambil dari berbagai sumber, baik literatur maupun dokumen perusahaan. Wawancara dengan karyawan maupun kepala divisi SDM selaku divisi yang melakukan kegiatan kehumasan juga dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai fakta yang diperlukan. Data tersebut diperlukan untuk melihat kegiatan employee relations yang telah dilakukan oleh PT BTN cabang Harmoni Jakarta agar dapat digambarkan sejelas dan secermat mungkin sehingga dapat dikaji dan dilihat dampak dari kegiatan employee relations tersebut terhadap sense of belonging karyawan terhadap perusahaan. Dad hasil pengamatan ditemukan bahwa kegiatan employee relations yang telah dilakukan oleh PT BTN cabang Harmoni Jakarta sangat bervariasi, meliputi kebutuhan fisik dan jiwa, yaitu kegiatan olahraga, darmawisata, kegiatan kerohanian, pemberian penghargaan kepada karyawan berprestasi dan kegiatan pelatihan (training). Kegiatan olahraga terdiri atas olahraga sepakbola, bowling, senam, bulu tangkis, dan tennis meja. Melalui kegiatan employee relations yang telah dilakukan oleh Bank Tabungan Negara cabang Harmoni Jakarta tersebut, karyawan dapat merasakan dampak yang positif dari kegiatan tersebut, antara lain perasaad bangga dan merasakan adanya dukungan dari rekan kerja maupun dad pimpinan. Kedua pihak, balk perusahaan maupun karyawan mendapatkan keuntungan yang sama dalam bentuk yang berbeda. Karyawan dapat merasakan dampak positif dari kegiatan yang dilakukan, seperti perasaan bangga, bahagia, puas karena rasa dibutuhkan oleh perusahaan. Sedangkan perusahaan diuntungkan karena memiliki karyawan yang memiliki dedikasi tinggi, disiplin, loyalitas terhadap perusahaan dan tentu saja Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Sumber Daya Manusia yang berkualitas dapat berbentuk inisiatif dari karyawannya untuk memberikan sumbangan ide, masukan dan kritik membangun yang ditujukan kepada perusahaan demi kemajuan perusahaan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4252
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>