Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 147632 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anita Nisai Fauziah
"Penelitian ini memiliki latar belakang Fachsprache yang muncul karena adanya kebutuhan akan pemahaman yang jelas dan tidak bermakna ambigu dari suatu bahasa dalam bidang tertentu. Objek penelitian dalam skripsi ini adalah dua artikel dari majalah Gesund-durch versi online tentang kemoterapi dari dua penulis yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua artikel mengandung unsur-unsur bahasa kedokteran, namun jika dibandingkan antara keduanya, sifat-sifat fachliche Texte dalam artikel yang ditulis oleh dokter lebih kuat karena penggunaan istilah-istilah kedokteran dan lebih banyak mengandung kalimat-kalimat penjelas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1483
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ario Eko Wicaksono
"Dalam melakukan proses penerjemahan sering dijumpai penggunaan kata kata yang tidak efektif dan cenderung melupakan prinsip komunikasi Prinsip komunikasi juga dijadikan dasar oleh beberapa penerjemah dan digunakan sebagai salah satu cara yang dinilai cukup tepat dalam mengalihkan makna bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran Artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerjemah mempertahankan prinsip komunikatif Hal inilah yang menjadi dasar penulis untuk menganalisis sejauh mana pilihan kata digunakan berdasarkan prinsip komunikatif dalam menerjemahkan artikel ini.

In the process of translation we often encounter some words that are ineffective and tend to forget about the communication principal Communication principal relies upon by several translators and is used as a way which are valied appropriately enough in shifting the meaning of the source language into the targeted language This article aims to find out how far the translators can maintain the communication principal This is the background which I came from to analyze how far the translators rsquo choices of words are used based on the correlation of communication principal in translating this article.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nurfi Adinillah
"Penelitian ini bertujuan membahas prosedur, metode, dan kesepadanan pada penerjemahan frasa nomina takarir film Netflix berjudul Isi & Ossi dari Bahasa Jerman ke Bahasa Indonesia. Penelitian ini berbasis kualitatif deskriptif dengan model komparatif. Teori yang digunakan untuk menunjang penelitian ini adalah teori kesepadanan (Nida dan Taber), teori metode dan prosedur penerjemahan (Newmark), serta teori pergeseran penerjemahan (Simatupang). Frasa nomina yang dibahas dalam penelitian ini adalah frasa nomina yang mengandung adjektiva atributif bermakna superlatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima dari enam data frasa dinilai sepadan. Selain itu, ditemukan beberapa jenis prosedur penerjemahan yang digunakandalam penerjemahan takarir ini, yakni prosedur transposisi, modulasi wajib, modulasi bebas, dan pemadanan berkonteks. Prosedur-prosedur itu mengarah ke metode yang berorientasi pada BSa, yakni metode komunikatif dan penerjemahan bebas.

The aim of this research is to discuss the translation procedures, methods, and equivalences in translating noun phrases from German into Indonesian inthe subtitles of the Netflix film “Isi & Ossi”. This research was conducted through descriptive-qualitative method with comparative model. The theories used in this study are translation equivalence (Nida and Taber), translation methods and procedures (Newmark), and translation shift theory (Simatupang). The noun phrases that discussed in this research are the attributive adjective noun phrases which contain supelative meaning. Based on the results there are five translated noun phrases were classified as equivalent and one were considered non-equivalent. The result also indicate few procedures used in these translations. Those are transposition, modulation, and contextual conditioning which refer to TL-emphasis communicative and free translation method.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Pattinasarany, M. Sally H.L.
"Bahasa merupakan alat komunikasi yang dipakai oleh sekelompok masyarakat untuk saling berhubungan dan bahasa ini pulalah yang mengatur kehidupan sosial suatu masyarakat. Dengan pertolongan bahasa, manusia belajar mengenal lingkungannya, sesamanya, dan dirinya sendiri. Dan juga dengan bahasa manusia dapat menyatakan pikiran dan perasaannya. Selain dipergunakan oleh masyarakat biasa, bahasa juga dipergunakan oleh tokoh-tokoh politik, seperti kepala negara, para menteri, dan orang-orang yang mempunyai penga_ruh dalam masyarakat. Tokoh-tokoh politik ini mempergunakan bahasa tidak saja untuk menyatakan pendapat dan pikirannya, melainkan juga untuk menyernbunyikannya, seperti yang dikemukakan oleh dua tokoh politik Prancis, yaitu: (1) Talleyrand menteri luar negeri Prancis setelah Napoleon jatuh--yang mengatakan bahwa bahasa diberikan kepada manusia untuk menyembunyikan pikirannya; (2) Fouche menteri kepolisian Prancis pada masa itu juga yang mengatakan bahwa bahasa dibuat untuk menyembunyikan pikiran kita."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S14740
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elia Nurpradina Fitri
"Penelitian ini membahas penggunaan kata sapaan dalam karya sastra berupa novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori dan konteks penggunaan kata sapaan di kalangan di kalangan remaja Jerman. Dalam penelitian ini, digunakan sumber data berupa novel remaja Und Wenn Schon! karya Susan Fessel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan bentuk studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam novel ini terdapat sepuluh kategori sapaan yang diperoleh dengan melihat konteks penggunaan kata sapaan di dalam percakapan. Hal ini menunjukkan bahwa konteks percakapan memiliki peranan dalam penggunaan kata sapaan.

This research attempts to show the use of addressform in literay work such as novel. This research is aimed to describe the categories and context in the use of address form. The German novel by Karen-Susan Fessel entitled "Und Wenn Schon!" is employed as data source in this research. This research is conducted through qualitative method with library studies. It is shown that there are ten categories of address form which is obtained by looking the context of the use of address form. It is shown that the speaking context has a role in the use of address form.

Diese Forschung beschäftig sich mit der Verwendung der Anredeformen in literarischen Werk wie Roman. In dieser Forschung wurde die Kategorien und die Kontexte in der Verwendung der Anredeformen untersucht. Der deutsche Roman von Karen-Susan Fessel mit dem Titel Und Wenn Schon! wird als Datenquelle benutzt. Diese Untersuchung wird durch qualitative Methode mit Datenquellen von Literatur durchgeführt. Es wurde in der Forschung gefunden, daβ es zehn Kategoriën die von der Kontexte in der Verwendung der Anredeformen erhalten gibt. Es wurde gezeigt, dass der Kontext eine Rolle in der Verwendung des Anredeformes spielt."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1271
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nicky Lestari
"Skripsi ini meneliti gaya bahasa, pelanggaran prinsip kerja sama, presuposisi, dan pemarkah kohesi yang terdapat dalam teks satire Die Kofferbombe karya Osman Engin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya bahasa, penyebab humor, dan kepaduan teks yang terdapat dalam teks Die Kofferbombe. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah teks satire Die Kofferbombe menggunakan beberapa gaya bahasa terutama ironi dan hiperbola. Pelanggaran prinsip kerja sama yang terdapat dalam teks ini digunakan satiris untuk menciptakan humor dan menyampaikan kritiknya. Pemarkah kohesi dalam teks ini berfungsi untuk mengaitkan tema dengan isi cerita.

This study examines the trope, violations of cooperative principle, presuppositions, and cohesion within the satirical text Die Kofferbombe written by Osman Engin. The purpose of this study is to determine the tropes, the cause of humor, and the text cohesion. The research method is a qualitative method.
The result shows that the text of satire Die Kofferbombe uses several tropes, mainly irony and hyperbole. Violations of the cooperative principle contained in this text are used by satirist to create humor and to convey his critics. The function of cohesion marker in this text is to link the theme with the story."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1273
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fanny Puji Rakhmi
"Iklan merupakan salah cara untuk menyampaikan suatu pesan kepada khalayak sebagai sasaran iklan. Sasaran iklan bisa berbeda-beda tergantung di mana iklan tersebut dipublikasikan. Perusahaan global sering kali mempublikasikan iklannya di banyak negara, seperti Jerman dan Indonesia, seperti yang dilakukan oleh perusahaan Unilever melalui produk Dove. Meskipun konten iklan dibuat sama, namun gaya bahasa yang digunakan di setiap negara dapat berbeda, disebabkan oleh perbedaan kebudayaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan bersumber pada kajian pustaka. Hal yang dianalisis dalam iklan adalah kalimat-kalimat pada headline ditinjau dari segi sintaksis dan semantis serta dibandingkan antara iklan Jerman dan iklan Indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian, kalimat dalam iklan Indonesia cenderung lebih singkat dan bermakna apa adanya, sedangkan dalam iklan Jerman sering ditampilkan variasi kata yang berupa frase sehingga memiliki beragam makna.

Advertising is one way to convey a message to a target audience. Target ads can vary depending on where the ad is published. Global companies often publish ads in many countries, such as Germany and Indonesia, as is done by the company Unilever through Dove products. Although the ad contents are similarly created, but the language style which is used in each country may differ, due to cultural differences.
The method used in this research is a qualitative method which is from literary review. This research is being analyzed by an analyzing the headline sentences in each ad in terms of syntactic and semantic and comparing them between German and Indonesian ad.
Based on the research results, the sentence in Indonesian ads tend to be brief and often only have the referential meaning, while in german ads the sentences are often displayed in the form of and word variations that has multiple meanings.
"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Raisha Verginia
"[ ABSTRAK
iPhone merupakan perusahaan internasional yang memiliki gerai toko di banyak negara, termasuk di Jerman. Pasar yang ditargetkan oleh iPhone adalah kalangan menengah ke atas. Dalam memasarkan produknya tersebut, iPhone menggunakan iklan sebagai media promosi. Untuk menarik konsumen, iklan harus dibuat semenarik mungkin. Salah satunya dengan melihat skema pembicaraan dan alat retorika yang dipakai dalam iklan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan skema pembicaraan serta alat-alat retorika dalam iklan iPhone berbahasa Jerman. Metode kualitatif yang bersumber pada kajian pustaka digunakan untuk menganalisis sepuluh iklan iPhone yang menjadi korpus data. Berdasarkan hasil penelitian, tidak semua skema pembicaraan dan alat retorika dipakai dalam iklan berbahasa Jerman.
ABSTRACT iPhone is an international company, which has a lot of outlets in many countries, including in Germany. The market target is from the upper middle class. In marketing their products, iPhone uses advertising as a media campaign. To attract consumers, advertising must be made as attractive as possible. One of the ways for looking them up is look the scheme talk and rhetorical device, which are used in the advertisement. This study aimed to analyze the use of schemes talks and rhetorical device, which are used in iPhone advertisement. Qualitative method which is from literary review is used to analyze ten iPhone?s advertisement as the corpus data. Based on the result of this research, not all of scheme talk and rhetorical device are used in one German?s advertisement;iPhone is an international company, which has a lot of outlets in many countries, including in Germany. The market target is from the upper middle class. In marketing their products, iPhone uses advertising as a media campaign. To attract consumers, advertising must be made as attractive as possible. One of the ways for looking them up is look the scheme talk and rhetorical device, which are used in the advertisement. This study aimed to analyze the use of schemes talks and rhetorical device, which are used in iPhone advertisement. Qualitative method which is from literary review is used to analyze ten iPhone?s advertisement as the corpus data. Based on the result of this research, not all of scheme talk and rhetorical device are used in one German?s advertisement, iPhone is an international company, which has a lot of outlets in many countries, including in Germany. The market target is from the upper middle class. In marketing their products, iPhone uses advertising as a media campaign. To attract consumers, advertising must be made as attractive as possible. One of the ways for looking them up is look the scheme talk and rhetorical device, which are used in the advertisement. This study aimed to analyze the use of schemes talks and rhetorical device, which are used in iPhone advertisement. Qualitative method which is from literary review is used to analyze ten iPhone’s advertisement as the corpus data. Based on the result of this research, not all of scheme talk and rhetorical device are used in one German’s advertisement]"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Elvina Tria Nilamsari
"[ABSTRAK
Makalah ini membahas analisis tujuh iklan produk bir yang diterbitkan di media cetak Jerman ditinjau dari bidang semantis. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui makna denotatif, konotatif, dan asosiatif dari setiap unsur verbal yang muncul dan mengetahui citra yang dibangun terhadap produk tersebut. Metode yang akan digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik studi kepustakaan. Hasil dari análisis ini menunjukan bahwa sebagian besar iklan bir menggunakan kata-kata yang membangun citra positif yang berasosiasi dengan relaksasi (Warsteiner, Franzikaner, Flensburger Pilsener, dan Heineken), kesehatan dan kesegaran (Bitburger dan Paulaner), dan tradisi (Krombacher)ABSTRACT This paper discusses the semantic meanings of advertisement language of 7 selected German beer products. The purposes of this research are to know the denotative meaning, conotative meaning, and asosiative meaning from every verbal language in the printed advertisements and to know which image that want to be built for the product or brand. This research method is qualitative research and library research. The result of this research shows that the most ads use selective words that build positive image, which give the consumers association about relaxation (Warsteiner, Franzikaner, Flensburger Pilsener, and Heineken), health and refreshment (Bitburger and Paulaner), and tradition (Krombacher);This paper discusses the semantic meanings of advertisement language of 7 selected German beer products. The purposes of this research are to know the denotative meaning, conotative meaning, and asosiative meaning from every verbal language in the printed advertisements and to know which image that want to be built for the product or brand. This research method is qualitative research and library research. The result of this research shows that the most ads use selective words that build positive image, which give the consumers association about relaxation (Warsteiner, Franzikaner, Flensburger Pilsener, and Heineken), health and refreshment (Bitburger and Paulaner), and tradition (Krombacher);This paper discusses the semantic meanings of advertisement language of 7 selected German beer products. The purposes of this research are to know the denotative meaning, conotative meaning, and asosiative meaning from every verbal language in the printed advertisements and to know which image that want to be built for the product or brand. This research method is qualitative research and library research. The result of this research shows that the most ads use selective words that build positive image, which give the consumers association about relaxation (Warsteiner, Franzikaner, Flensburger Pilsener, and Heineken), health and refreshment (Bitburger and Paulaner), and tradition (Krombacher), This paper discusses the semantic meanings of advertisement language of 7 selected German beer products. The purposes of this research are to know the denotative meaning, conotative meaning, and asosiative meaning from every verbal language in the printed advertisements and to know which image that want to be built for the product or brand. This research method is qualitative research and library research. The result of this research shows that the most ads use selective words that build positive image, which give the consumers association about relaxation (Warsteiner, Franzikaner, Flensburger Pilsener, and Heineken), health and refreshment (Bitburger and Paulaner), and tradition (Krombacher)]"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>