Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 113706 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahma Novita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana etnis direpresentasikan melalui makna denotasi, konotasi dan mitos serta ideologi yang muncul. Analisis semiotik yang digunakan, diadaptasi dari model analisis Roland Barthes. Data penelitian diperoleh dari tayangan televisi Ethnic Runaway episode Suku Toraja yang disiarkan Trans TV. Dalam membahas digunakan konsep-konsep dalam komunikasi antarbudaya dan pemikiran Adorno tentang 'nonidentitas' dalam Negative Dialectics. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima adegan dalam tayangan ini yang secara khusus merepresentasikan suku Toraja. Untuk kemudian, dari adegan-adegan tersebut teridentifikasi mitos-mitos tentang suku Toraja sebagai berikut; suku Toraja ialah suku yang memiliki tradisi aneh, horor dan mistis, daerah Toraja ialah daerah yang angker, makanan dan proses memasak dalam kebiasaan suku Toraja menjijikan dan tidak praktis, tempat bermatapencaharian orang Toraja untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya ialah sesuatu yang menjijikan, dan terakhir ialah salah satu tradisi suku Toraja berbahaya, menakutkan dan sarat dengan kekerasan. Melalui analisis tanda-tanda berupa aspek visual dan aspek audio, penelitian ini menyimpulkan bahwa tayangan Ethnic Runaway episode Suku Toraja tidak lepas dari sebuah ideologi dominan, yaitu etnosentrisme.

The objective of this research was to find out how an ethnic was represented through the denotative and connotative meaning, myth, and ideology. Semiotic analysis used was adapted from Roland Barthes model analysis. Data of the study was gathered from television program Ethnic Runaway in episode Toraja Tribe broadcasted by Trans TV. In discussing the matter, concepts of intercultural communication and Adorno's hypothesis of non-identity in Negative Dialectics were used. The result of the study showed that there were five scenes that specifically represented Toraja Tribe. Then, myths of Toraja Tribe were identified by those scenes, which were; Toraja was a tribe whose traditions were strange, horror, and mysterious, the territory of Toraja was haunted, the food and food processing of Toraja people were disgusting and complicated, the occupation to maintain the living of Toraja people was something disgusting, and last, one of Toraja tribe's traditions was dangerous, scary, and violent. Through the analysis of visual and audio aspects, the research concluded that television program Ethnic Runaway in episode Toraja Tribe was influenced by a dominant ideology, which was ethnocentrism."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30881
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nicky Stephani
"Penelitian ini membahas tentang penggambaran orang tua tunggal dalam program televisi, khususnya dalam program talkshow. Talkshow Sudut Pandang dipilih karena acara tersebut memberikan perhatian dan membahas permasalahan orang tua tunggal di Indonesia dari segi yang konstruktif. Penelitian kualitatif dengan paradigma kritis konstruksionisme ini membahas representasi orang tua tunggal dalam program televisi dengan menggunakan teknik analisis framing setting dan kategorisasi fakta Murray Edelman.Penelitian ini menghasilkan pola representasi orang tua tunggal di televisi, dimana sosok duda mati dari kalangan orang biasa digambarkan secara lebih positif dibandingkan dengan sosok janda cerai dari kalangan artis. Berdasarkan perspektif feminisme sosialis, pola representasi tersebut tidak dapat dilepaskan dari pengaruh ideologi dominan yang ada dalam media Indonesia, yaitu patriarki dan kapitalisme. Pada akhirnya, representasi orang tua tunggal dalam program yang positif sekalipun hanya menjadi reproduksi isu yang dikonstruksi berdasarkan kepentingan ideologi dominan semata.

This research examines representation of single parents in television program, especially talkshow. Talkshow Sudut Pandang is chosen because of its concern and discussion of Indonesian single parents issue from positive perspective. This qualitative research using critical constructionism paradigm discussed single parents representation in television through Edelman`s framing setting and facts categorization analysis.This research describes the pattern of single parents representation in television which died single father from common people is represented more positive than divorced single mother from celebrity realm. Through socialist feminism, those patterns could not be separated from dominant ideologies in Indonesian media, which are patriarchy and capitalism. At the end, representation of single parents in positive program just becomes media reproduction which is constructed by dominant ideologies interest."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cadle, Patrick
Jakarta: UNDP, 2008
324.63 CAD b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Juanita Anandasari Sumantri
"ABSTRAK
RINGKASAN EKSEKUTIF BAGIAN SATU Analisis Situasi TV UI merupakan televisi komunitas Universitas Indonesia yang digagas dan dikelola oleh Departemen Ilmu Komunikasi. Dari hasil pengamatan pada platform media sosial TV UI dan riset kuesioner, terlihat masih kurangnya ketertarikan mahasiswa UI terhadap program TV UI. Karena itu, dengan mengolah konten mengenai isu yang dekat dengan kehidupan kampus dan talent utama mahasiswa, penulis membuat program My Campus Life yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan khalayak TV UI dan menaikkan jumlah penonton TV UI.BAGIAN DUA Manfaat dan Tujuan Pengembangan PrototipeManfaat dari program ini tidak hanya sebagai hiburan yang informatif bagi mahasiswa UI, tetapi juga sebagai wadah bagi sivitas akademika UI untuk lebih mengenal lingkungan UI. Tujuan dari program ini adalah mengembangkan citra positif TV UI kepada lingkungan UI dengan menghadirkan konten yang menarik dan dekat dengan mahasiswa. BAGIAN TIGA Prototipe Yang DikembangkanProgram ini dirancang selayaknya program yang akan diproduksi oleh TV UI nantinya. Konsep tayangan ini adalah mendokumentasikan profil seorang mahasiswa UI dalam menjalani kegiatannya sehari-hari. Program terbagi menjadi tiga segmen yang membahas diantaranya profil akademik, kehidupan sosial, dan kegiatan eksternal baik itu projek penelitian ataupun kegiatan organisasi atau komunitas mahasiswa. Prototipe yang juga merupakan episode pertama program, menceritakan tentang mahasiswa Fakultas Teknik bernama Kynan yang mengajak khalayak untuk melihat kesehariannya sebagai mahasiswa Teknik Mesin.BAGIAN EMPAT EvaluasiPre-test dilakukan melalui metode focus group discussion FGD , dengan responden yang terdiri dari delapan peserta yang mewakili target khalayak yaitu mahasiswa UI. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan melalui Youtube Analytics.BAGIAN LIMA AnggaranAnggaran prototipe program sebesar Rp. 390.000,00. Anggaran pembuatan satu episode program yang diajukan untuk dikembangkan sebesar Rp 517.000,00, dengan total anggaran untuk tiga belas episode sebesar Rp 6.721.000,00. Prakiraan pendapatan program yang didapatkan melalui sponsor diberi harga Rp. 150.000,00 per episode. Pada anggaran evaluasi tidak dikenakan biaya karena dilakukan secara online.

ABSTRACT
EXECUTIVE SUMMARY CHAPTER ONE Situation Analysis UI TV is The University of Indonesia Community Television that is initiated and managed by The Department of Communication. Based on the observation on TV UI social medias and surveys, there are still a lack of interest from UI students on TV UI programs. Therefore, the author would like to create a program called My Campus Life that will focus on UI Student as the main talent, and content that is engaging with the UI students. This program aims to attract the UI Students and raise the number of UI TV viewers.CHAPTER TWO Benefits and Goals of Prototype Development The benefits of this program are just not as an informative entertainment to the UI students, but also as a platform for UI Communities to know more about UI and its environment. The objective of this program is to develop a positive image of UI TV to its communities by providing a content that is entertaining and engaging with the students. CHAPTER THREE Developed PrototypeThis program is designed as a program that will be produced by UI TV later on. The concept of this program is documenting a UI student daily life on campus. This program divided into three segments that will discuss the student academic profile, social life, research projects, organization activities, and communities. This prototype also served as the first episode of the program, the episode tells about an Engineering Faculty student called Kynan that invites the audience to see his daily life as a Mechanical Engineering student.CHAPTER FOUREvaluationThe pre test will be done by conducting a focus group discussion with eight respondents that are representing the UI students as UI TV main audiences. The evaluation will be conducted by handing out an online survey and evaluation by Youtube Analytics.CHAPTER FIVE BudgetingThe budget of this program prototype is Rp 390.000,00. The proposed budget for the program development for one episode is Rp 517.000,00, and the budget for thirteen episodes are Rp 6.721.000,00. Forecast revenue through sponsorship of one episode is Rp 450.000,00. There are no expenses for the evaluation process, because it will be conducted online. "
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Nadya Putri
"Analisis SituasiTV UI merupakan sebuah Televisi Komunitas dibawa Departemen Ilmu Komunikasi. Berdasarkan hasil riset kuesioner menunjukkan bahwa masih kurangnya ketertarikan khalayak TV UI untuk menyaksikan tayangan TV UI. Karena itu, dengan mengolah konten yang dekat dengan kehidupan mahasiswa dan menggunakan talent utama mahasiswa, penulis membuat program "Anak Kos" yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan khalayak TV UI dan meningkatkan kesadaran khalayak akan TV UI. Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe. Manfaat dari program ini adalah menjadi salah satu program yang dapat menumbuhkan kedekatan antara mahasiswa UI dan TV UI. Sehingga akan tumbuh citra positif bagi TV UI. Prototipe yang Dikembangkan Program ini adalah program tutorial yang dikemas dengan drama mockumentary yang berjudul "Anak Kos" berdurasi 15 menit. Program ini akan terdiri dari tiga segmen yang masing-masing segmen membahas tutorial. Program ini mengangkat tema kehidupan mahasiswa. Rencana tayang di TV UI setiap hari Jumat pukul 16.00 WIB. Target khalayak primer mahasiswa usia 18-22 yang memasuki masa remaja akhir. Evaluasi Pre-test akan dilakukan dengan metode focus group discussion FGD sedangkan evaluasi dilakukan melalui survei online dan Youtube analytics. Anggaran prototipe program sebesar Rp 430.000,00 dengan total anggaran untuk lima belas episode sebesar Rp 8.250.000,00. Prakiraan pendapatan program yang didapatkan melalui sponsor diberi harga Rp 200.000,00 per episode. Sedangkan untuk evaluasi tidak dikenai biaya karena menggunakan kuesioner online.

Situation AnalysisTV UI The Community Television of Universitas Indonesia that is managed by Department of Communication. Based on the observation on surveys, there are still a lack of interest from students on TV UI programmes. Therefore, the author would like to create a programme called "Anak Kos" that will focus on student as the main talent and tell about tutorials that relate with collage life. This programme aims to make a suitable and useful content for student and increase the awareness of TV UI. The benefits of this programme is to create a positive image of TV UI to its communities by providing a content that is entertaining and engaging with the students. This programme is a 15-minutes television programme titled "Anak Kos". This programme tells about student life. Plans aired on TV UI, Friday at 4 PM. The primary target audience is young people aged 18-22 years who work as students and college students.EvaluationPre-test done by FDG and evaluation are done survey method and Youtube analytics. The realization of prototype budget of this programme "Anak Kos" is Rp 430.000,00, and the budget for fifteen episodes areRp 8.250.000,00, Forecast revenue through sponsorship of one episode is Rp 200.000,00. There's no expense for the evaluation because it will be done by online questionnaire."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Melisa Arisanty
"ABSTRAK
Keberhasilan Proses Perdamaian salah satunya ditentukan oleh adanya ego
representatif yang memposisikan dirinya sebagai celah struktur yang menjadi
jembatan komunikasi antar pihak-pihak berkonflik. Ego tersebut memainkan
peranannya dalam jaringan komunikasi yang simetris vertikal dan lintas saluran
dalam proses perdamaian dengan menggunakan komunikasi persuasi. Pada
konteks perdamaian ini, seorang ego tidak boleh mempertahankan posisinya
sebagai celah struktur agar perdamaian dapat berhasil. Dengan begitu, penelitian
ini dapat memberikan masukan mengenai konsep structural non-hole dalam
jaringan komunikasi perdamaian yang dapat mengkritisi teori celah struktur
Ronald Burt.

ABSTRACT
One of the success of Peacekeeping Process is determined by a representative ego
which positions itself as a structural hole which becomes communication bridge
between the conflicting parties. Such ego plays its role in vertical and cross
channel simetric of communication network by using persuasive communication.
Further on this peacekeeping context, ego which positions structural hole may not
maintain its position as a structural hole to reach the success of Peacekeeping.
Thus this research can provide conceptual inputs about structural non-hole in
peacekeeping communication network which can critizise the structural hole of
Ronald Burt."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41959
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eduard Lazarus Tjiadarma
"ABSTRAK
Menggunakan perspektif psikoanalisis Slavoj i ek yang menyatakan bahwa wacana mengenai hantu merupakan kembalinya sebuah hal yang direpresi karena mengkontradiksi ideologi dominan, penelitian ini menganalisis cara kerja ideologi dalam tayangan dengan genre infotainment horor yang berhubungan dengan wacana anti-komunisme di Indonesia. Tayangan yang dipilih merupakan dua episode program televisi Mister Tukul Jalan-Jalan mengenai hantu korban pembantaian yang dilakukan Partai Komunis Indonesia di Madiun serta pembantaian terhadap anggota Partai Komunis Indonesia di Kediri pada tahun 1965. Untuk menganalisis teks secara metodologis, penelitian ini menggunakan kerangka tiga aspek order of discourse yang dicetuskan Norman Fairclough berupa genre, Discourse, dan style.

ABSTRACT
Using Slavoj i ek rsquo s psychoanalysis perspective that postulates spectres as the return of an information that was repressed as it contradicts a dominant ideology, this research analyzes the mechanisms of ideology within television shows with the lsquo infotainment horror rsquo genre that contains anti communism discourse. The texts that were chosen are two episodes of a television program titled lsquo Mister Tukul Jalan Jalan rsquo about the spirits of victims who were murdered by Indonesia rsquo s Communist Party PKI at Madiun and the mass murder of PKI members at Kediri in 1965. To analyze the texts methodically, this research utilizes the three orders of discourse coined by Norman Fairclough, namely genre, Discourse, and style."
[;, ]: 2017
S67775
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widiyanti Sri Lestari
"Penelitian ini mengevaluasi penggunaan saluran komunikasi antarpribadi sebagai salah satu strategi komunikasi dalam proses adopsi inovasi program pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sementara evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses dengan menyusun kerangka evaluasi berdasarkan teori difusi inovasi oleh Everett M. Rogers.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa saluran komunikasi antarpribadi digunakan sebagai salah satu strategi komunikasi pada tahap menciptakan pengetahuan dan penyebarluasan informasi dalam proses adopsi inovasi. Agen perubahan dan pemimpin (opinion leader) berperan penting dalam tahap menciptakan pengetahuan khalayak terhadap program. Pemimpin digunakan untuk menjembatani perbedaan dan jarak sosial antara agen perubahan dan target sasaran. Dalam tahap persuasi perilaku positif target sasaran dipengaruhi oleh manfaat relatif dari inovasi tersebut. Sementara dalam tahap implementasi penerimaan inovasi oleh target sasaran dilakukan berdasarkan keputusan kolektif/otoritas yang dibuat oleh beberapa individu dalam suatu sistem yang memiliki kekuasaan, status, atau keahlian teknis tertentu.
Selain itu, untuk mempercepat adopsi inovasi oleh target sasaran, lembaga perubahan memberikan insentif negatif dalam bentuk sanksi terhadap target sasaran yang tidak memenuhi kewajibannya. Dalam tahap konfirmasi, umumnya peserta tahu dan menjalankan apa yang menjadi hak dan kewajiban mereka. Hal tersebut terjadi karena PKH sebagai inovasi program penanggulangan kemiskinan relatif lebih mudah dipahami dan dilaksanakan. Meskipun demikian masih ada peserta yang merasa terbebani dengan kewajiban dan menyalahgunakan bantuan yang diterima.

This research is aimed at evaluating the usage of interpersonal channel as one of communication strategies in the process of innovation adoption of government program. Descriptive qualitative methods is used in this research. The evaluation is done using process evaluation by formulating evaluation framework based on diffusion innovation theory by Everett M. Rogers.
This research concludes that interpersonal channel can be used as one of the communication strategies to create knowledge and disseminate information in the process of innovation adoption. Change agent and opinion leader have important roles in creating the adopters? knowledge towards inovation. The opinion leader is utilized to bridge the gap and social distance between the change agent and the adopters. In the persuasion stage, the adopters? attitude is influenced by the relative advantge of the innovation. In the implementation stage, the adoption of innovation is made based on collective/authority decision by some individuals in the social system who have power, status, or certain technical skills.
Furthermore, to enhance the innovation adoption rate, the change agency gives negative incentives in form of sanction to the adopters who do not fulfil their obligation. In the confirmation stage, most adopters have the knowledge about their rights and fulfil their obligation since the conditional cash transfer program, as the innovation of poverty alleviation program, is relatively easy to understand and implement. However, there are some adopters who feel that the obligation is a burden and misuse the aid they receive.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30091
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Addy Hasan
"[ABSTRAK
Realityshow Primitive Runaway (PR) episode Lia Wa Ode dan Rio Dewanto
mengunjungi suku Sambori di Bima, Nusa Tenggara Barat, merepresentasikan
pertemuan dua budaya yang berbeda, modern (Barat) dan tradisional (Timur).
Pertemuan dua budaya tersebut menghasilkan oposisi biner maju dan terbelakang,
percaya gaib dan berfikir rasional, bersih dan kotor, yang merupakan cara pandang
Orientalisme Edward Said yakni cara Barat memosisikan Timur.
Penelitian ini membahas bagaimana suku Sambori direpresentasikan dalam
Primitive Runaway serta bagaimana sudut pandang orang kota terhadap masyarakat
yang tinggal di belahan Indonesia Timur itu. Penelitian ini menggunakan pendekatan
Semiotik Roland Barthes untuk membongkar mitos (mythologies) serta ideologi
hegemoni yang terkandung di program reality show ini.

ABSTRACT
Reality Show Primitive Runaway on Lia Wa Ode and Rio Dewanto episode
visiting Sambori tribe in Bima, Nusa Tenggara Barat, represented the meeting of two
different cultures modern and traditional. The meeting of those two different cultures
produced binary opposition, deveveloped and undeveloped, mistics and rational,
hygienis and dirty, which was the Orientalism view of Edward Said, how West
positioned East.
This Research aims to analyze how Sambori tribe represented in Primitive
Runaway and the view of modern people about the tribe from East Indonesia. This
research used methodology approach of Semiotic Roland Barthes to find the
mythologies and its ideology.;Reality Show Primitive Runaway on Lia Wa Ode and Rio Dewanto episode
visiting Sambori tribe in Bima, Nusa Tenggara Barat, represented the meeting of two
different cultures modern and traditional. The meeting of those two different cultures
produced binary opposition, deveveloped and undeveloped, mistics and rational,
hygienis and dirty, which was the Orientalism view of Edward Said, how West
positioned East.
This Research aims to analyze how Sambori tribe represented in Primitive
Runaway and the view of modern people about the tribe from East Indonesia. This
research used methodology approach of Semiotic Roland Barthes to find the
mythologies and its ideology.;Reality Show Primitive Runaway on Lia Wa Ode and Rio Dewanto episode
visiting Sambori tribe in Bima, Nusa Tenggara Barat, represented the meeting of two
different cultures modern and traditional. The meeting of those two different cultures
produced binary opposition, deveveloped and undeveloped, mistics and rational,
hygienis and dirty, which was the Orientalism view of Edward Said, how West
positioned East.
This Research aims to analyze how Sambori tribe represented in Primitive
Runaway and the view of modern people about the tribe from East Indonesia. This
research used methodology approach of Semiotic Roland Barthes to find the
mythologies and its ideology., Reality Show Primitive Runaway on Lia Wa Ode and Rio Dewanto episode
visiting Sambori tribe in Bima, Nusa Tenggara Barat, represented the meeting of two
different cultures modern and traditional. The meeting of those two different cultures
produced binary opposition, deveveloped and undeveloped, mistics and rational,
hygienis and dirty, which was the Orientalism view of Edward Said, how West
positioned East.
This Research aims to analyze how Sambori tribe represented in Primitive
Runaway and the view of modern people about the tribe from East Indonesia. This
research used methodology approach of Semiotic Roland Barthes to find the
mythologies and its ideology.]"
Depok: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, 2014
T43398
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>