Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 130046 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ika Wulandari
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang Analisi Implementasi Samsat On-Line Tiga Provinsi Pada Samsat Jakarta Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Banyaknya wajib pajak yang enggan membayar pajak dikarenakan alasan domisili membuat Pemda harus mencari alternatif lain untuk itu pada April 2011 dibentuk Samsat Online Tiga Provinsi. Samsat ini dibentuk berdasarkan Nota Kesepahaman yang ditanda tangani oleh beberapa pihak namun dalam prakteknya Samsat Online ini hanya sebatas memindahkan gerai samsat masing masing provinsi ke lokasi samsat yang telah ditunjuk.

Abstract
This paper discusses about Analysis Implementation Of One Roof System Online of Three Provinces at One Roof System South of Jakarta, This type of research is qualitative research by descriptive analysis method. The results of this study are: The number of taxpayers who are reluctant to pay taxes due to the reason of domicile to the local government must find other alternatives, for it was formed in April 2011 One Roof System Online of Three Provinces. Units are formed based on a Memorandum of Understanding which was signed by several parties.;"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anton Elfrino Trisanto
"ABSTRAK
Penelitian yang menggunakan metode deskriptifdengan corak kualitatif tanpa pengujian
hubungan antar variabel inai dapat memberi gambaran keterkaitan antara konsep efektifitas
dengan program Pelayanan SAMSAT Online Tiga Provinsi yang dilaksanakan di Kantor
Bersama SAMSAT Jakarta Selatan. Dimana konsep efektifitas dalam penelitian ini mengacu
kepada proses perencanaan program pelayanan publik SAMSAT Online Tiga Provinsi beserta
pelaksanaannya, hasil-hasil yang dicapainya, dan hambatan-hambatannya. Perencanaan
program yang disusun secara serius dan komprehensif dengan melibatkan pihak-pihak terkait,
seperti Pemda DKI, PT Jasa Raharja dan Polri itu sendiri telah dapat dilaksanakan sesuai
dengan rencana. Artinya program tersebut telah menghasilkan outputs yang telah ditetapkan.
Hanya saja dari sisi outcomes tampaknya masih belum cukup menggembirakan. Disamping
usia program yang belum lama, juga ada beberapa faktor lain yang tampaknya menjadi
hambatan bagi pencapaian outcomes yang lebih baik lagi.

ABSTRACT
The research uses descriptive method with qualitative patterns without testing the relationship
between these variables can illustrate the relationship between the concept of program
effectiveness with which SAMSAT Online Tiga Provinsi services office SAMSAT
implemented in South Jakarta. Where the concept of effectiveness in this study refers to the
process of planning public service program SAMSAT Online TigaProvinsi along with
implementation, results achieved, and constraints. Planning the program seriously and
comprehensively compiled by involving related parties, such as the government of DKI
Jakarta, West Java, Banten, PT. JasaRaharja and POLRI it self has to be implemented
according to plan. It means that the program has produced outputs that have been set. It's just
that in terms of outcomes still seems quite encouraging. Besides age who have a long
program, there are also some other factors that seem to be an obstacle to the achievement of
better outcomes."
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Wulandari
"Skripsi ini membahas tentang Analisi Implementasi Samsat On-Line Tiga Provinsi Pada Samsat Jakarta Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Banyaknya wajib pajak yang enggan membayar pajak dikarenakan alasan domisili membuat Pemda harus mencari alternatif lain untuk itu pada April 2011 dibentuk Samsat Online Tiga Provinsi. Samsat ini dibentuk berdasarkan Nota Kesepahaman yang ditanda tangani oleh beberapa pihak namun dalam prakteknya Samsat Online ini hanya sebatas memindahkan gerai samsat masing masing provinsi ke lokasi samsat yang telah ditunjuk.

This paper discusses about Analysis Implementation Of One Roof System Online of Three Provinces at One Roof System South of Jakarta, This type of research is qualitative research by descriptive analysis method. The results of this study are: The number of taxpayers who are reluctant to pay taxes due to the reason of domicile to the local government must find other alternatives, for it was formed in April 2011 One Roof System Online of Three Provinces. Units are formed based on a Memorandum of Understanding which was signed by several parties."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Vicha Aida Charisma
"Fokus utama dari penulisan ini adalah analisis implementasi berikut konsekuensi pada sistem online sebagai salah satu bentuk pengawasan Pajak Hotel yang diatur dalam peraturan Gubernur Nomor 92 Tahun 2011 adapun tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan mengetahui konsekuensi yang akan muncul dengan adanya sistem online sebagai bentuk pengawasan pajak hotel. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Simpulan penelitan ini adalah sistem online memberikan banyak kemudahan khususnya bagi Fiskus dalam melaksanakan pengawasan, juga bagi Wajib Pajak dalam hal dibebaskan dari porporasi bill dan pemeriksaan. Namun sampai dengan tahun 2012 hanya 2% dari keseluruhan Wajib Pajak Hotel di DKI Jakarta yang menggunakan sistem online. Pada implementasinya dilakukan menggunakan dua alat yaitu menggunakan blackbox dan PC Desktop.
Peneliti menyarankan agar Dinas Pelayanan Pajak lebih bersifat memaksa kepada seluruh Wajib Pajak Hotel agar dapat digunakan secara menyeluruh di DKI Jakarta, ditangani oleh vendor yang ahli dan dapat mengantisipasi perbedaan database ataupun hardware dan software dengan lebih baik.

The main focus of this paper is the analysis of the consequences of the implementation of the following online systems as a form of tax on hotel surveillance rules set forth in the Governor Number 92 Year 2011 as for the purpose of this research is to describe and knew the consequences that would arise with the system online as a form of supervision hotel tax. The approach used in this study is a qualitative approach with descriptive research.
Conclusions: This research is an online system gives a lot of convenience especially for the tax authorities to carry out surveillance, as well as for taxpayers in the case released from porporasi bill and examination. But until 2012 only 2% of the overall taxpayer Hotel in Jakarta that use online system. In the implementation using two tools that use the blackbox and PC Desktop.
Researchers suggested that the Tax Office is more force to all taxpayers Hotel to be used as a whole in Jakarta, handled by experts and vendors who can anticipate differences in hardware and software database better.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septian Surya Tyatama
"Penelitian ini membahas mengenai analisis terhadap implementasi pembayaran dan pelaporan pajak parkir melalui online system di DKI Jakarta bagaimana implikasi atas kebijakan tersebut dan apa saja kendala yang dialami dalam implementasi online system pada pembayaran dan pelaporan pajak parkir di DKI Jakarta Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data secara studi literatur dan studi lapangan yang dilakukan dengan wawancara mendalam Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembayaran dan pelaporan pajak parkir melalui online system sudah berjalan sesuai dengan Pergub Nomor 224 Tahun 2012 Implikasi atas penerapan kebijakan tersebut bersifat positif dan telah memenuhi asas efficiency Kendala teknis dan non teknis menjadi penghambat dalam implementasi kebijakan pembayaran dan pelaporan pajak parkir melalui online system.

This research discusses the analysis implementation of online sytem on payment and reporting parking tax in DKI Jakarta how the implications of those policies and what are the constraints being experienced in the implementation of online system on the payment and reporting parking tax in DKI Jakarta Descriptive qualitative data collection methods is chosen to be approach of this research by collecting data from literature review and field studies in depth interview technique The results of this research show that the implementation of online system on payment and reporting parking tax has been running in accordance with Pergub Number 224 by 2012 The implications of the application of the policy is positive and has fulfilled the principle of efficiency Technical and non technical constraints hampered policy implementation of payment and reporting parking tax through the online system
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S55193
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Nyoman Yogi Hermawan
"ABSTRAK
Tingginya laju pertumbuhan kendaraan tidak hanya menimbulkan
permasalahan di jalan raya seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
Permasalahan muncul pula dalam proses Registrasi dan Identifikasi kendaraan
terutam berkenaan dengan manajemen kearsipan menyangkut dokumen fisik
(kertas). Dengan adanya dokumen yang berbentuk fisik tersebut masih terbuka
kemungkinan dokumen yang ada dapat hilang atau tidak ada pada tempatnya yang
disebabkan oleh kelalaian maupun kesengajaan. Hilangnya arsip yang disimpan
pada Kantor Samsat Jakarta Selatan akan berpengaruh pada pelayanan kepada
masyarakat yakni berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap institusi kantor
samsat jakarta selatan yang oleh undang-undang diberikan kewenangan untuk
melakukan retensi terhadap arsip STNK.
Pengembangan manajemen kearsipan elektronik merupakan salah satu
upaya organisasi (Kantor Samsat Jakarta Selatan) melalui pendekatan yang
sistematik terpadu dan terencana untuk meningkatkan eektivitas organisasi dalam
meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan sebagai wujud dari Good
Governance. Manajemen kerarsipan STNK elektronik ini dirancang untuk
memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam pengelolaan arsip STNK fisik
seperti hilangnya arsip, arsip tertukar, arsip berada tidak pada tempatnya serta
proses pencarian yang memakan waktu dapat diatasi melalui model
pengembangan manajemen kearsipan STNK elektronik.
Berdasarkan ketentuan Pasal 68 undang-undang Nomor 43 Tahun 2009
Tentang Kearsipan disebutkan bahwa, “Pencipta arsip dan/atau lembaga kearsipan
dapat membuat arsip dalam berbagai bentuk dan/atau melakukan alih media
meliputi media elektronik dan/atau media lain” oleh karena itu Samsat dalam
kapasitasnya selaku pencipta arsip jenis dokumen fisik seperti Formulir dan
persyaratan pendaftaran kendaraan bermotor, data pengesahan; dan data
pendukung untuk kendaraan mutasi, dapat dilakukan penyimpanan secara
elektronik dengan terlebih dahulu dilakukan alih media dari media fisik (kertas)
menjadi media digital (elektronik).

ABSTRACT
The high rate of vehicle growth does not only cause problems on the road
such as traffic jam and traffic accidents. The problems also show up in the vehicle
registration and identification process, especially those pertaining to archiving
management associated with physical document (paper). By the presence of such
physical form document, there is still a possibility that some existing documents
could be lost or being not in place caused by either a negligence or willfulness.
The lost of any file kept at the Samsat (one stop service office) of south Jakarta
will affect service to the public in term of a reduced public’s trust to South Jakarta
Samsat office institution which is by the law assigned with an authority to do the
retention on STNKs’ (vehicle register numbers)’ archive.
The development of electronic archiving management is one of the
organizational (south Jakarta Samsat office) effort through a systematically
integrated and planned approach to improve the organization’s effectiveness for
bettering its service to the public and as a realization of Good Governance. This
electronic STNK archiving management is designed to solve problems that arise
in the management of physical STNK archive such as the loss of archive, mixed
up archive, archive is being not in place as well as time-consuming searching
processes can be solved by the model of electronic STNK archiving management.
Pursuant to the provisions in article 68 of Law number 43 of 2009
concerning Archiving it is mentioned that ‘an archive creator and/or an archiving
institution may develop archives in various forms and/or conduct media transfer
covering electronic media and/or other media’, therefore Samsat in its capacity as
the creator of physical document type of archive such as forms and requirements
of motor vehicle registration, legalization data; and supporting data for
transferred vehicles, may conduct an electronic storage by firstly doing a media
transfer from physical media (paper) into digital (electronic) media.
"
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sufiarina
"Judicial power as an independent and autonomous power must be free from any intervention and power, thus ensuring that judges possess independence and impartiality in handling cases. One of the measures for enhancing the independence and autonomy of the judiciary is by placing it under the one roof judicial arrangement developed by the Supreme Court, both from the judicial as well as the non-judicial technical aspects. Up to the present time, endeavors for bringing the four court jurisdictions under the one roof judicial arrangement developed by the Supreme Court have not been completely materialized, due to the existing dualism in judicial power at various courts. The objective of this research is to understand the developments in the endeavors towards bringing the Indonesian judicial system under the one roof judicial arrangement developed by the Supreme Court. The type of research applied is descriptive normative juridical research, namely legal research based on examining secondary data. As the research results indicate, the one roof system developed by the Supreme Court is already being implemented, with the exception of the Military Court and the Tax Court within the State Administration Court jurisdiction."
University of Indonesia, Faculty of Law, 2012
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Lestari Andardini
"DKI Jakarta telah menerapkan sistem pembayaran secara online pajak hotel. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi kebijakan sistem pembayaran secara online pada pajak hotel dimana peneliti fokus melakukan penelitian pada hotel-hotel berbintang 4 dan 5 di Jakarta selatan. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data wawancara mendalam. Sistem pembayaran secara online pada pajak hotel khususnya hotel berbintang 4 dan 5 di Jakarta selatan masih belum optimal, hal ini dikarenakan perbedaan software atau sistem yang digunakan di tiap wajib pajak hotel dan belum compatible nya sistem yang disediakan BRI.

DKI Jakarta has implemented online payment system on hotel tax. The purpose is to analysis the implementation of online payment system in the hotel tax, where the researcher took the object in 4 and 5 stars hotels in south Jakarta. This research is using qualitative method with techniques of data collection through in-depth interviews. The online payment system on hotel tax especially 4 and 5 stars hotels in south Jakarta has not optimal yet, this is because the differences in system or software used in each of hotel tax payers and the system provided BRI not compatible.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S53481
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thalita Yosananda
"Mengacu kepada Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor, maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan Kantor Bersama Samsat dapat dilakukan dengan cara membentuk unit pembantu, salah satunya adalah Samsat Drive-Thru. Adanya sistem ini, dimaksudkan pemerintah untuk mempermudah wajib pajak serta meningkatkan kualitas layanan dengan menyediakan alternatif pembayaran PKB melalui berbagai macam sistem. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan sistem pembayaran PKB melalui Sistem Drive-Thru di Jakarta Timur ditinjau dari Asas Ease of administration. Analisis dilakukan menggunakan teori Asas Ease of administration. Penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan manfaat secara akademik maupun dari segi kepetingan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-positivist dengan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari asas certainty untuk indikator mengenai peraturan rinci mengenai Samsat Drive-Thru belum mencerminkan asas certainty. Hal ini, dikarenakan belum ada peraturan secara rinci mengenai pembayaran PKB melalui sistem Drive-Thru. Dari asas convenience of payment, pembayaran PKB melalui sistem Drive-Thru dikatakan sudah mencerminkan asas ini dari sisi kenyamanan pembayaran. Dari asas efisiensi, pembayaran PKB melalui sistem Drive-Thru dikatakan sudah mencerminkan asas efisiensi dengan baik dari sisi petugas pajak maupun bagi wajib pajak. Dari asas simplicity, pembayaran PKB melalui sistem ini juga sudah mencerminkan asas simplicity. Untuk kontribusi penerimaan PKB melalui sistem Drive-Thru hanya menyumbang angka sebesar 2%-5,5% terhadap penerimaan PKB secara keseluruhan dalam 4 tahun terakhir. Dari segi penerimaanya, pembayaran PKB melalui sistem Drive-Thru selalu mengalami peningkatan.

Referring to Presidential Regulation No. 5 of 2015 concerning the Implementation of the One-Stop Administration Services Office, so to improve the quality of office services with Samsat can be done by forming auxiliary units, one of which is Samsat Drive-Thru. The existence of this system, intended by the government to facilitate taxpayers and improve service quality by providing alternative PKB payments through various systems. This study aims to analyze how the implementation of the PKB payment system through a drive-thru system in East Jakarta in terms of the principle of Ease of Administration. The analysis was carried out using the principle of ease of administration. Research conducted is expected to provide academic benefits and in terms of practical interests. The method used in this study is post-positivist with in-depth interviews. The results of the study show that from the Certainty principle for indicators regarding detailed regulations regarding Samsat Drive-Thru have not reflected the Certainty principle. This is because there are no detailed regulations regarding PKB payments through the drive-Thru system. From the principle of convenience of payment, PKB payments through the drive-thru system are said to have reflected this principle in terms of payment comfort. From the principle of efficiency, PKB payments through the drive-Thru system are said to have reflected the principle of efficiency both in terms of tax officials and for taxpayers. The contribution of PKB revenue through The Drive-Thru system only contributes a figure of 2%-5,5% to the overall PKB revenue in the last 4 years. In terms of revenue, PKB payments through a drive-thru system always increase."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leganek Mawardi
"Dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan dalam kaitan program pelayanan prima, Polda Metro Jakarta Raya melakukan berbagai inovasi. Salah satu inovasi pada fungsi lalu lintas Polda Metro Jaya adalah penyelenggaraan Samsat Drive Thru untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (roda dua maupun roda empat). Dimaksudkan agar mempermudah dan mempersingkat waktu pembayaran Pajak Tahunan dan pengesahan STNK mengingat saat ini jumlah kendaraan di wilayah Jabodetabek mencapai kurang lebih 8 juta kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat atau lebih.
Program Samsat drive thru ini dalam eksposenya bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam bentuk pelayanan yang cepat, tepat, mudah, dan murah dalam rangka pembayaran pajak kendaraan yang oleh setiap pemilik kendaraan bermotor setiap tahun. Karena, masyarakat tak usah repot-repot turun dari kendaraannya, hanya dalam hitungan menit urusan yang sebelumnya harus diselesaikan sampai berjam-jam bisa selesai dengan lancar. Tujuan lain yang lebih esensial dalam rangka pelaksanaan program Samsat Drive Thru, yaitu interaksi masyarakat dengan para calo atau pemberi jasa pengurusan menjadi terhambat, karena masyarakat tanpa kesulitan langsung berada di depan loket dan diurus dengan cepat dan praktis.
Dampak yang dirasakan adalah transaparansi Pelayanan Polri yang terjaga sehingga akan menimbulkan kepercayaan publik terhadap polisi karena pelayanan ini memberikan bukti akan adanya transparansi dengan jumlah pembayaran yang tertera jelas, serta akuntabilitas dengan pelayanan yang rasional dan cepat. Dengan demikian penulisan Tesis ini akan bisa memberikan analisis lebih mendalam dan mendetail mengenai optimalisasi program inovasi Samsat Drive Thru dalam rangka dukungan bagi Grand Strategy Polri.

In order to provide improved services in terms of excellent service program, the Greater Jakarta Metro Police perform a variety of innovations.One of the innovations in the traffic function is the operation SAMSAT Drive Thru for motor vehicle tax payment (two wheels or four wheels). Intended to simplify and shorten the time of payment of annual tax and vehicle registration endorsement given the current number of vehicles in Jakarta area reached more than 8 million for two-wheeled motor vehicle and four or more wheels.
SAMSAT drive thru this program in eksposenya aims to provide community facilities in the form of fast service, precise, easy, and inexpensive in order to pay the vehicle tax every year. Because, people do not bother to come down from his vehicle, just minutes before the affairs which must be resolved until many hours can be completed smoothly. Another goal is more essential in the implementation of the program SAMSAT Drive Thru, namely the interaction of society with the broker or the maintenance service provider to be blocked, because a society without difficulty directly in front of the counter and taken care of quickly and practically.
The impact is felt by the Police Service transaparansi maintained so that it will lead to public confidence in the police because the service provides evidence that there is transparency with total payment listed clearly, and accountability with a rational and fast service. Thus the writing of this thesis will be able to give more in-depth and detailed analysis of the optimization program SAMSAT Drive Thru innovation in the framework of support for the Grand Strategy of Police.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T31547
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>