Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 155717 dokumen yang sesuai dengan query
cover
R. Arya Rangga Pradipta, auahtor
"Penelitian ini mencoba memaparkan mengenai persepsi mahasiswa dan dosen tentang pendidikan etika profesi akuntansi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai perbedaan persepsi tentang pendidikan etika profesi akuntansi antara mahasiswa dan dosen. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada 134 dosen dan mahasiswa akuntansi di tiga universitas di Jakarta. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji beda (Independent samples t-test). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa dan dosen, dosen menganggap pendidikan etika profesi akuntansi lebih penting dibandingkan mahasiswa.

This paper examines whether accounting stundents' perception on accounting ethics education are different from the perception of accounting lecturers. The purpose of this paper is to provide evidence about accounting students' and lecturers' perception on the importance of accounting ethics education. This study uses a survey instrument to elicit student and lecturer responses to various questions concerning accounting ethics education and analysed using Indepent-Samples T-Test. The results of this study conclude that there is a significant difference between students' and lecturers' perceptions about accounting ethics education, lecturers consider accounting ethics education more important than students."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Paramita Purnaningtyas
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa jurusan akuntansi dan dosen akuntansi tentang Etika Profesi Akuntan dan Prinsip Etika Bisnis apabila dilihat berdasarkan status, usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan lama pengalaman kerja. Hasil analisis pertama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa jurusan akuntansi dengan dosen akuntansi tentang etika profesi akuntan dilihat berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan lama pengalaman kerja. Sedangkan hasil analisis kedua dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bila dilihat berdasarkan status, usia dan tingkat pendidikan terakhir maka terdapat perbedaan persepsi tentang prinsip etika bisnis.

The purpose of this study was to discover the perception differences between accounting student and lecturer about Professional Ethics and Principles of Business Ethics based on their status, age, gender, academic background (educational level) and working experience. The first result of the analysis in this study shows that there is no perception difference between student and lecturer about professional ethics, viewed by age, gender, academic background and working experience. The second result of this research shows that based on status, age and academic background level, there is perception difference about business ethical principle between student and lecturer."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61633
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfian
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penilaian mahasiswa atas etika perilaku dosen yang dimediasi oleh pemahaman mahasiswa tentang matakuliah akuntansi, serta pengetahuan mahasiswa tentang undang-undang akuntan publik terhadap persepsi mahasiswa kepada profesi akuntan publik. Sampel diambil melalui penyebaran kuesioner kepada 171 mahasiswa akuntansi di tiga Fakultas Ekonomi berbeda, yaitu Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, dan Fakultas Ekonomi Universitas Pajajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika perilaku dosen berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi mahasiswa tentang profesi akuntan publik melalui pemahaman mahasiswa tentang matakuliah akuntansi. Sedangkan pengetahuan mahasiswa tentang undang-undang akuntan publik tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap persepsi mahasiswa tentang profesi akuntan publik.

This research aims to identify the influence of student assessment on ethical behavior in mediation lecturers by students understanding of accounting courses, and students knowledge of public accountant legislation toward student perceptions about the public accountant profession. Samples were taken through the distribution of questionnaires to 171 accounting students in three different Faculty of Economics, that is Faculty of Economics, University of Indonesia, Faculty of Economics, Gajah Mada University, and Faculty of Economics, Pajajaran University. The results showed that the ethical behavior of lecturers significantly has positive influence students perceptions of the public accountant profession through student understanding of accounting course. While the students knowledge of public accountant legislation did not show a significant effect on students perceptions about the public accountant profession."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
S44593
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ertiniara Novaria Prasanti
"Skripsi ini membahas mengenai pengaruh muatan etika, lingkungan perkuliahan, prestasi akademik, dan kemampuan dosen dalam pendidikan akuntansi terhadap persepsi etika mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia angkatan 2011 yang sudah mengambil mata kuliah berkaitan dengan etika bisnis. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai data primer. Dari 162 kuesioner yang disebar pada responden, hanya 143 kuesioner yang memenuhi kriteria.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan skala likert. Dalam menganalisis variabel, penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS 17 untuk menganalisis data dalam menentukan hubungan antara variabel dependen dan independen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh muatan etika dan lingkungan perkuliahan tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi etika mahasiswa, dengan nilai signifikan kurang dari 0.05. Sementara prestasi akademik dan kemampuan dosen dalam mengajar berpengaruh signifikan terhadap persepsi etika mahasiswa, dengan nilai signifikan lebih dari 0.05.

This aim of this research is to reveal the influence of the effect of the charge of ethics, the ethical campus environment, student’s achievement, and the competence of lecturer in teaching towards student’s ethical perception. The population in this research is accounting student of faculty of economics and business UI who have taken subjects that related to business ethics. The data were collected from the questionnaire distributed to the respondents as primary data. There were 162 questionnaire given out but only 143 questionnaire which meet the criteria of sampling.
This research use quantitative research methods. This research employs multiple linear regression analysis method using SPSS 17 to analyse data to determine the relationship between variables.
The result shows that the charge of ethics and faculty environment has no significant influence on student's ethics perceptions with less than 0.05 significance tolerance. On the other hand, student's achievement and the competence of lecturer in teaching has significance influence on student’s ethics perception with more than 0.05 significance tolerance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S59990
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aidil
"Penelitian ini mencoba memaparkan upaya serta persepsi akuntan dan mahasiswa akuntansi terkait dengan implementasi International Education Standard (IES) No. 5 dan No. 7. Kedua standar ini berisikan tentang persyaratan pengalaman praktek dan pendidikan profesional berkelanjutan yang diwajibkan IAI kepada anggotanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah IAI berencana untuk mengadopsi keseluruhan komponen kewajiban yang ada pada IES 5 dan 7. Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang netral terhadap implementasi standar tersebut sedangkan akuntan baik anggota dan bukan anggota IAI memiliki persepsi yang cenderung setuju. Di samping itu, dari hasil pengujian beda rata - rata, diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara mahasiswa akuntansi dengan akuntan. Dari hasil uji beda rata - rata juga diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara anggota IAI dengan non-anggota IAI.

The purpose of this paper is to describe the efforts that has been done and perception of accountants and accounting students related to the implementation of International Education Standards 5 and International Education Standards 7 by IAI. The content of these standards is about practical experience and continuing professional development requirements that are objected to the member of IAI. This research uses structured interview and questionnaire as instruments. The results of this study conclude that IAI has implemented those standards partially and plans to adopt whole parts of the standards. Other results conclude that accountants, consisting IAI members and non-members, are agree and support IAI to realize the plan while accounting students tend to have neutral perception. By comparing means with independent sample t test, this research concludes that there are no significant differences between accountant and accounting student and between members and non-members of IAI."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44053
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Alif Maggalatta
"ABSTRAK
The focus of this study is the regular and international Accounting students of Faculty of Economy and Business at University of Indonesia‟s Level of Money, and Machiavellian and their degree of Ethical Perception. The purpose of this study is to understand the effect that Love of Money and Machiavellian have on ethics. The knowledge attained from this study will allow lecturers and academicians to better form the methods in teaching ethics in accounting, through the evaluation of Love of Money and Machiavellian. This research is quantitative research. The data were collected with online questionnaires. The result of the study is that love of money and Machiavellian are both negatively affecting the ethical perception.

ABSTRACT
Fokus penelitian ini adalah level of money, Machiavellian, dan persepsi etis dari mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kelas regular dan internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari love of money dan Machiavellian terhadap persepsi etis. Pengetahuan yang di dapat dari penelitian ini bisa di manfaatkan pengajar dan akademisi untuk membentuk metode pembelajaran yang lebih baik lagi dalam pengajaran
etika di akuntansi, melalui evaluasi love of money, & Machiavellian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data di dapat menggunakan kuesioner online. Hasil dari penelitian ini adalah love of money & Machiavellian berpengaruh negatif terhadap persepsi etis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Ayu Puspa Cindra Rini
"ABSTRACT
Profesi akuntan memiliki hubungan erat dengan lingkungan bisnis dan masyarakat karena profesi ini merupakan pelaku aktif dalam dunia bisnis dan ekonomi. Melihat hal tersebut peningkatan kemampuan lulusan akuntansi perlu dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi arus perubahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi terhadap pentingnya keterampilan berkomunikasi untuk sukses berkarir di profesi akuntan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 212 responden yang merupakan mahasiswa akuntansi tingkat awal dan tingkat akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Selain itu, analisis deskriptif juga digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui rata-rata kemampuan setiap mahasiswa akuntansi dalam berkomunikasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa akuntansi terhadap kebutuhan berkomunikasi lisan bagi karir di profesi akuntan sudah dianggap penting karena mahasiswa akuntansi sudah memahami jika ingin sukses dalam karir akuntan, maka keterampilan komunikasi sangat diperlukan. Selain itu hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa akuntansi terhadap kebutuhan komunikasi lisan bagi profesi akuntan tinggi. Hasil ini didapatkan karena mahasiswa akuntansi sudah mengembangkan keterampilan yang luas, termasuk di dalamnya keterampilan komunikasi lisan dan tidak hanya mengembangkan keterampilan teknikal saja. Dalam hasil penelitian ini juga menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi mahasiswa tingkat awal maupun tingkat akhir terhadap pentingnya komunikasi lisan di profesi akuntan. Hasil ini bisa terjadi karena mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir sama-sama mengetahui tentang pentingnya komunikasi lisan di berbagai karir akuntan.

ABSTRACT
Accounting professions have a very close relationship with the business environment and society because this profession is part of the business and economic world. Seeing this, increases the ability of accounting graduates have to be done in an effort to anticipate the flow of change. The purpose of this study is to determine the perception of accounting students on the importance of communication skills for successful career in the accounting profession. This study was conducted by using survey method and questionnaries distributed on 212 respondents. The respondents is consist of entry level accounting students and final year accounting students from Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. In addition, descriptive analysis is also used in this study to determine the average ability of each accounting students in communicating. The results of this study indicate that perceptio of accounting students to the needs of oral communication for a career in the accounting profession has been considered important because accounting students already understand if we want to success in accounting career, we must have a good oral communication skill. In addition, the results of this study also concluded that the perception of accounting students to the needs of oral communication for accounting profession is high. This result is obtained because accounting students have developed extensive skills, including oral communication skills and not just developing technical skills. In the results of this study also found that there is no difference in student perceptions of new students and final year students of the importance of oral communication in the accounting profession. This result can happen because the new students and final year students know the importance of oral communication in various accounting careers."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cornelia Aryanti
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Persepsi Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan Ekspektasi Pemberi Kerja terhadap Keterampilan dan Pengetahuan yang dibutuhkan Lulusan Akuntasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mendapat gambaran yang respresentatif mengenai keterampilan dan pengetahuan lulusan akuntansi menurut persepsi mahasiswa dan ekspektasi pemberi kerja. Data-data dalam penelitian ini akan diolah menggunakan software SPSS versi 21.0 melalui beberapa pengujian. Hasil penelitian ini adalah persepsi tertinggi dari mahasiswa terhadap keterampilan yang dibutuhkan lulusan akuntansi adalah honesty, continuous learning, dan work ethics sedangkan ekspektasi tertinggi dari pemberi kerja terhadap keterampilan yang dibutuhkan lulusan akuntansi adalah work ethics, teamwork, dan time management. Persepsi tertinggi dari mahasiswa terhadap pengetahuan yang dibutuhkan lulusan akuntansi adalah financial accounting, accounting and financial reporting, dan Financial statement analysis. sedangkan ekspektasi tertinggi dari pemberi kerja terhadap pengetahuan yang dibutuhkan lulusan akuntansi adalah financial statement analysis, microsoft office program, dan financial accounting. Selain itu Terdapat gap antara persepsi mahasiswa dan ekspektasi pemberi kerja terhadap keterampilan yang dibutuhkan lulusan akuntansi dan tidak terdapat gap antara persepsi mahasiswa dan ekspektasi pemberi kerja terhadap pengetahuan yang dibutuhkan lulusan akuntansiKata Kunci:Keterampilan, pengetahuan, mahasiswa, pemberi kerja, gap

ABSTRACT
This study describes Perception of Students of Accounting, Faculty of Economy and Business, University of Indonesia and Expectation of Employer towards Skills and Knowledge, which are needed by Accounting Graduate. This research use quantitative methods to get a representative picture about skills and knowledge of accounting graduates according to the perception of students and the expectation of employers. The data in this study processed using SPSS software version 21.0 with some testing. The results of this study as follows skills that are needed by accounting graduates in the perception of students are honesty, continuous learning, and work ethics. While in the perception of employers, skill that are needed are work ethics, teamwork, and time management. Knowledge that are needed by accounting graduates in the perception of students are financial accounting, accounting and financial reporting, and financial statement analysis. Whereas, in the perception of employers, knowledge that are needed by accounting graduates are financial statement analysis, microsoft office program, and financial accounting. Other than that there is a gap between the perception of students with the expectations of employers towards skills that are needed by accounting graduates. But in the perception of students and expectations of employers towards knowledge that are needed by accounting graduates, there were no gaps. Keywords Skills, Knowledge, Students, Employer, Gap"
2017
S66494
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Dzarin Fadhilah
" ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti fungsi Excel manakah yang dirasakan penting dan berguna bagi pegawai baru. Survei dilakukan terhadap akuntan publik di the big four dan juga mahasiswa S1 akuntansi dari Universitas Indonesia dan universitas lainnya di Indonesia untuk mengukur persepsi mereka terkait pentingnya, pengetahuan, dan penggunaan Excel di kantor akuntan publik. Peneliti menemukan responden akuntan publik percaya bahwa basic formula, filter and sort data, vertical horizontal lookup, pivot table, keyboard shortcuts, dan format functions merupakan fungsi-fungsi yang paling penting dalam mendukung pekerjaan mereka di kantor akuntan publik. Sedangkan mahasiswa cenderung tidak menganggap penting beberapa fungsi yang akuntan publik persepsikan penting.
ABSTRACT This research aims to investigate which Excel functions that perceived to be important and useful for new hires. This study conducts a survey to public accountants in the big four and also undergraduate accounting students from Universitas Indonesia and other universities to measure their perceptions about Excel importance, knowledge, and usage in accounting firms. This study finds that public accountants perceive that basic formula, filter and sort data, vertical horizontal lookup, pivot table, keyboard shortcuts, and format functions are the most important functions that support their tasks in accounting firms. This study also finds that students tend to underestimate several functions that are perceived as important by public accountants."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S66133
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herwindo Hadi Wibowo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara jenis kelamin, indeks prestasi kumulatif, tingkat semester mahasiswa, program studi dan tahu tidaknya mahasiswa mengenai Undang-Undang Akuntan Publik No. 5 Tahun 2011 terhadap minat mahasiswa untuk menjadi akuntan publik. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan subjek penelitian adalah mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Vokasi Universitas Indonesia.
Penelitian ini menemukan bahwa bahwa variabel semester dan IPK memiliki hubungan terhadap minat mahasiswa untuk menjadi akuntan publik dengan nilai signifikan masing-masih di bawah 0,05. Sementara variabel jenis kelamin, program studi dan tahu tidaknya mahasiswa mengenai UU AP tidak memiliki hubungan terhadap minat mahasiswa menjadi akuntan publik.

This research aims to determines whether there is a relationship between gender, grade point average, the level of the semester students, study programs and the knowledge of student about the Public Accountant Act No. 5 Year 2011 to the interest of students to become CPAs. The data was collected by distributing questionnaires and the study subjects were students of accounting Vocational Program and Faculty Economics of Universitas Indonesia.
This research discovers that the variables such as the semester and GPA have correlation the interest of students to become public accountants with their significant value is still below 0.05. While the gender variable, the program of study and know whether or not a student of the Public Accountant Act does not have correlation the interest of students into public accounting.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>