Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 135763 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arya Wicaksana Ospara
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer value, Perception to Founder dan customer satisfaction terhadap brand loyalty melihat dari pengaruhnya terhadap meninggalnya Steve Jobs terhadap merek Apple. Pada penelitian ini menggunakan data primer dari 165 konsumen pengguna produkproduk Apple yang membeli produk-produk Apple dalam rentang waktu kurang dari 6 bulan sebelum diadakannya penelitian ini.
Hasil penelitian dengan menggunakan SEM menunjukkan bahwa customer value dan Perception to Founder memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Customer value memiliki pengaruh terbesar jika dibandingkan dengan Perception to Founder terhadap customer satisfaction. Customer satisfaction juga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand loyalty.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meninggalnya Steve Jobs ternyata tidak berpengaruh kuat dibandingkan dengan customer value terhadap produk Apple dalam menunjukkan customer satisfaction yang dapat memberikan hasil akhir sebuah loyalitas merek.

This study aims to analyze the influence of customer value, Perception to Founder, and customer satisfaction to see the brand loyalty of its effect on the death of Steve Jobs to the Apple brand. In this study uses primary data from 165 consumers of Apple products users who buy Apple products in less than 6 months before this study start.
The results of studies using SEM showed that the Perception to Founder and customer value have a positive and significant impact on customer satisfaction. Customer value has the greatest effect when compared to the Perception to Founder on customer satisfaction. Customer satisfaction is also providing a positive and significant impact on brand loyalty.
Conclusions of this study was the death of Steve Jobs did not have a strong influence on customer satisfaction than the customer value. Customer satisfaction shows that can give the final results of a brand loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32246
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Reyhan Dahananto Ariyadi
"Tren menggunakan platform streaming daring saat ini muncul secara terus menerus secara bersamaan. Vidio.com adalah salah satu bisnis media digital yang menyediakan layanan secara langsung atau streaming secara daring dan memiliki salah satu basis pengguna resmi terbesar di Indonesia. Untuk mengembangkan loyalitas menggunakan perusahaan sebagai platform streaming maka ada variable yang dapat mempengaruhi variable tersebut seperti kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan juga dapat dipengaruhi oleh beberapa variable seperti persepsi kualitas, nilai yang dirasakan, identifikasi merek, kepercayaan, dan keselarasan gaya hidup. Dalam penelitian ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran persepsi kualitas (PQ), nilai yang dirasakan (PV), identifikasi merek (BI), kepercayaan (TR), keselarasan gaya hidup (LC), dan kepuasan pelanggan (CS) terhadap loyalitas merek (BL) untuk Vidio.com. Untuk penelitian ini, data empiris dikumpulkan melalui instrument survey tertulis dari responden yang menggunakan Vidio.com sebagai platform mereka.Hipotesis ini dianalisa dengan model persamaan structural menggunakan estimasi kemungkinan maksimum. Hasil temuan menunjukan bahwa PQ dan BI tidak berpengaruh signifikan terhadap CS sedangkan PV, TR, dan LC berpengaruh secara signifikan terhadap CS dan juga dari CS terhadap BL. Dari penelitian ini, peneliti menghimbau para praktisi untuk meningkatkan nilai yang dirasakan, kepercayaan, dan keselarasan gaya hidup untuk meningkatkan tingkat kepuasan dari pelanggan.

The trend of using an online streaming platform currently emerged in a constant way simultaneously. Vidio.com is a digital media business that provides live/online streaming services and has one of the biggest official user bases in Indonesia. To develop the loyalty for using the company as a streaming platform then there are variables that can affect the loyalty such as the customer satisfaction. The customer satisfaction itself can be affected by some of the varaibles such as perceived quality, perceived value, brand identification, trust, and lifestyle congruence. In this research, the aim of the study is to investigate the role of perceived quality (PQ), perceived value (PV), brand identification (BI), trust (TR), lifestyle congruence (LC), and customer satisfaction (CS) on brand loyalty (BL) towards Vidio.com. For this purpose, the empirical data were collected through an online survey to those who are using Vidio.com as their streaming platform. The hypotheses were analyzed with the structural equation modelling using the maximum-likelihood estimation. The findings revealed that PQ and BI did not have a significant impact to CS while there are significant effects of PV, TR, and LC on CS and also of CS on BL. From this research, the researcher suggest that the practitioners should increase the perceived value, trust, and lifestyle congruence in order to enhance the customer satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juliyana Indah Purmita Sari
"Sebuah perusahaan mengeluarkan biaya lebih banyak untuk mendapatkan pembeli baru dibanding dengan menjaga pembeli lama untuk terus membeli produknya. Pembeli yang berulang atau loyal terhadap produk tertentu sering kali membuat keputusan berdasarkan citra merek produk tersebut. Tulisan ini akan menguraikan seberapa pentingnya loyalitas dalam suatu brand, dan bagaimana cara untuk dapat membentuk hal tersebut. Menurut Griffin dalam Melka, 2012 loyalitas pelanggan adalah wujud pembelian berulang pada produk atau jasa bagi semua orang sebagai bentuk dari pengaruh kompetisi. Sedangkan citra merek menurut Keller 2008 yaitu, ldquo;consumer rsquo;s perception about a brand, as reflected by the brand associations held in consumer memory';. Keller juga menjelaskan bahwa citra merek dapat membuat pelanggan memilih satu dari seluruh produk yang ditemukan. Jika citra tersebut dapat dibentuk dengan baik dapat dikatakan akan terbentuk loyalitas dari konsumen yang merasa puas akan produk tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan studi literature yang menjelaskan pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan dari sudut berbagai brand. Kasus yang dianalisis adalah brand Iphone, The Body Shop, dan Garuda Indonesia.

A company costs more to get new buyers, compared to keeping old buyers to keep buying their products. Repeat or loyal buyers often make choice based on the brand image. This paper will tell how much the impact of loyalty in a brand, and how to able to shape it. According to Griffin in Melka, 2012 , customer loyalty is a form of repeat purchases on products or services for everyone as a form of competitive influence. The brand image according to Keller 2008 , is 'consumer perception of a brand, as reflected by the brand addociations owned by consumers'. Keller 2008 explains about the brand image can make customer choose the one of all products that found. If the image can be formed properly, it can be said will form the loyalty of consumers who are satisfied at the product. The method used in this research is by using literature study which is explains the influence of brand image to customer loyalty from various brands. Cases analyzed were Iphone, Body Shop, and Garuda Indonesia"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmah Syafira
"Persaingan e-commerce di Indonesia mengharuskan perusahaan e-commerce untuk membuat strategi baru untuk dapat mempertahankan loyalitas konsumen. Gamification diyakini memiliki pengaruh yang kuat untuk dapat menarik dan melibatkan konsumen sehingga konsumen loyal terhadap sebuah e-commerce. Tesis ini membahas pengaruh gamification terhadap brand loyalty pada e-commerce di Indonesia melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan customer satisfaction sebagai variabel moderating. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kepada 200 responden pengguna kuis Shopee.
Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Dalam penelitian ini terdapat tiga model penelitian, yaitu pertama pengaruh gamification terhadap brand loyalty secara langsung, kedua pengaruh gamification terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan ketiga pengaruh gamification terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening dan customer satisfaction sebagai variabel moderating.
Hasil penelitian membuktikan gamification berpengaruh terhadap brand loyalty secara langsung; gamification berpengaruh terhadap brand loyalty melalui customer engagement sebagai variabel intervening; dan customer satisfaction tidak dapat memoderasi pengaruh antara customer engagement dengan brand loyalty. Pada praktiknya e-commerce dapat menerapkan gamification dengan menggunakan elemental tetrad model untuk meningkatkan loyalitas konsumen sehingga perusahaan dapat bersaing dan mengembangan bisnis. Selain itu, segmentasi responden dapat dipertimbangkan untuk mengukur karakteristik dari pengguna sebuah gamification sehingga dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dalam penerapan tipe gamification yang tepat.

The competition of e-commerce in Indonesia requires e-commerce companies to create new strategies to be able to maintain consumer loyalty. Gamification is believed to have a strong influence to attract and engage consumers so that consumers are loyal to the e-commerce. This thesis discusses the effect of gamification on brand loyalty in e-commerce in Indonesia through customer engagement as an intervening variable and customer satisfaction as a moderating variable. The approach used in this study uses quantitative approach with 200 respondents Kuis Shopee users.
Data analysis method is done by using descriptive analysis and path analysis. In this study there are three research models, firstly the effect of gamification on brand loyalty directly, secondly the effect of gamification on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable and thirdly the effect of gamification on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable and customer satisfaction as a moderating variable.
The results of the study prove that gamification directly affects brand loyalty; gamification has an effect on brand loyalty through customer engagement as an intervening variable; and customer satisfaction cannot moderate the influence between customer engagement and brand loyalty. In practice e-commerce can apply gamification by using elemental tetrad model to increase consumer loyalty so that companies can compete and develop the business. In addition, segmentation of the respondent can be considered to measure the characteristics of gamification users so that it can be used as a reference for companies in applying the right type of gamification.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T55307
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Sophia Ulfa
"Komunitas merek mengalami perkembangan, yang kemudian melahirkan komunitas merek online, dicirikan dengan penggunaan internet sebagai platformnya. Perkembangan ini tidak hanya bermanfaat bagi konsumen, tetapi juga bagi siapa saja yang aktif di pasar, salah satunya adalah meningkatnya loyalitas pelanggan. Tak hanya itu, keterlibatan pelanggan juga merupakan diskusi utama dalam komunitas merek online yang menggambarkan pengalaman interaktif konsumen, memiliki sifat iteratif yang dapat bertindak sebagai penyebab antecedent maupun akibat consequence. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh komunitas merek online terhadap keterlibatan pelanggan, pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek, serta pengaruh mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengaplikasikan SEM melalui AMOS. Hasilnya adalah komunitas merek online terbukti secara positif mempengaruhi keterlibatan pelanggan, keterlibatan pelanggan terbukti secara positif mempengaruhi loyalitas merek, dan adanya peran mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia.

Brand community is experiencing growth, which then develops into online brand community, characterized by the use of the Internet as its platform. This development is not only beneficial for consumers, but also for anyone who is active in the market, one of which is increasing customer loyalty. More than that, customer engagement is also a major discussion in the online brand community that describes the interactive experience of the consumer, that has iterative nature act as an antecedent or consequence. Therefore, this study aims to prove the influence of the online brand community on customer engagement, the influence of customer engagement on brand loyalty, and the role of community loyalty as mediation in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community. This thesis is conducted using quantitative analysis by applying SEM through AMOS. The result is online brand community is proved to affect customer engagement positively, customer engagement is proved to affect brand loyalty positively, and there is mediation role of community loyalty in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51533
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Salsabila
"Fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengalaman merek, kepercayaan merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek Citilink di Bandara Seokarno Hatta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner offline kepada 100 dari 18 sampai 64 tahun responden di Bandara Soekarno Hatta yang setidaknya dua kali memilih Citilink sebagai pilihan penerbangan mereka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk analisis inferensi deskriptif dan statistik adalah perangkat lunak SPSS versi 25 untuk Sistem Operasi Windows. Dalam penelitian ini, hasilnya menunjukkan bahwa Brand Experience, Brand Truts, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap Brand Loyalty. Brand Experience juga memiliki efek positif terhadap Kepercayaan Merek dan Kepuasan Konsumen yang membuat kedua variabel tersebut valid untuk digunakan sebagai variabel mediasi untuk efek tidak langsung dari Brand Experience terhadap Loyalitas Merek. Meskipun semua faktor memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Merek, faktor yang memiliki pengaruh terbesar adalah Kepercayaan Merek. Ini menunjukkan bahwa perasaan aman dan keyakinan bahwa konsumen memiliki efek terbesar dalam membuat mereka loyal kepada Citilink. Ini juga menunjukkan bahwa pengalaman sensorik, perilaku, afektif, intelektual dan kepuasan layanan yang diberikan tidak cukup kuat untuk membuat konsumen loyal terhadap merek ini. Rekomendasi untuk penelitian ini adalah bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menjaga alasan mengapa pengalaman merek tidak cukup untuk membuat konsumen loyal melalui kepercayaan yang mereka miliki, sehingga kepercayaan hanya memiliki efek yang lebih besar daripada menjadi variabel mediasi.

The focus of this research is to analyze the influence of brand experience, brand trust, and customer satisfaction on Citilink brand loyalty at Seokarno Hatta Airport. This research is a quantitative study with an approach carried out by distributing offline questionnaires to 100 of 18 to 64 years of respondents at Soekarno Hatta Airport who at least twice chose Citilink as their flight choice. The analysis technique used in this study for the analysis of descriptive and statistical inference is SPSS software version 25 for the Windows Operating System. In this study, the results show that Brand Experience, Brand Truts, and customer satisfaction have a positive effect on Brand Loyalty. Brand Experience also has a positive effect on Brand Trust and Consumer Satisfaction which makes these two variables valid for use as mediating variables for the indirect effect of Brand Experience on Brand Loyalty. Although all factors have an influence on Brand Loyalty, the factor that has the biggest influence is Brand Trust. This shows that the feeling of security and the belief that consumers have the greatest effect in making them loyal to Citilink. It also shows that the sensory experience, behavior, affective, intellectual and service satisfaction provided is not strong enough to make consumers loyal to this brand. The recommendation for this research is that further research needs to be done to safeguard the reasons why brand experience is not enough to make consumers loyal through the trust they have, so trust only has a greater effect than being a mediating variable."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Zahir
"Di masa pandemi covid-19, hampir seluruh sektor ekonomi terkena dampaknya. Salah satu sektor yang bisa bertahan kuat adalah industri transportasi dan logistik online. Industri ini bisa kuat menghadapi resistensi dampak dari pandemi dikarenakan kapabilitasnya bisa menghubungkan banyak orang dengan berbagai macam kebutuhan dengan minim kontak fisik. Selanjutnya, situasi pascapandemi kemudian membuat mobilitas masyarakat semakin masif dan pesat setelah pemerintah Indonesia secara resmi mencabut aturan pembatasan sosial yang selama ini menghambat pertumbuhan ekonomi. Melihat hal tersebut, Gojek sebagai operator layanan aplikasi transportasi online terbesar di Indonesia menyampaikan rencana visi dan misi mereka di acara tahunan Gojek Outlook 2023. Perubahan strategi secara besar akan dilakukan perlahan-lahan oleh Gojek dengan mengurangi biaya promosi yang selama ini mereka keluarkan dan mengalihkannya ke dalam peningkatan pelayanan maupun optimisasi berbagai keputusan bisnis yang mendukung Gojek dalam mendapatkan profitabilitas. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana pengaruh customer review sebagai variabel yang mencerminkan pendapat konsumen mengenai layanan Gojek saat ini terhadap variabel customer satisfaction dan customer loyalty ditambah dengan brand image sebagai moderasi. Penelitian dengan jenis kuantitatif ini menggunakan metode survei yang disebarkan pada bulan November-Desember 2023 pada masyarakat Generasi Z dan Milenial di Jabodetabek dan mendapatkan 153 responden. Sementara itu data text mining juga dilakukan untuk data kualitatif pada aplikasi Gojek dan mendapatkan 45.273 dataset. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan software SPSS, Smart PLS 3.0, dan Orange. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa beberapa dimensi customer review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Lalu brand image dan customer satisfaction yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Begitupun dengan peran brand image sebagai moderasi terhadap customer loyalty. Namun, tidak ada satupun dimensi customer review yang berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty diikuti beberapa dimensi customer review terhadap customer satisfaction.

During the Covid-19 pandemic, nearly all economic sectors were affected. One sector that can remain robust is the online transportation and logistics industry. This industry can sustain itself in facing the impact of the pandemic due to its capability to connect many people with various needs with minimal physical contact. Furthermore, the post-pandemic situation made people's mobility even more massive and rapid after the Indonesian government officially lifted the social restrictions that had hampered economic growth. Observing this trend, Gojek, as the largest online transportation application service operator in Indonesia, presented its vision and mission plan at the annual Gojek Outlook 2023 event. Gojek aims to make significant strategic changes gradually by reducing the promotional costs they have been incurring and redirecting them to improve services and optimize various business decisions that support Gojek in achieving profitability. For this reason, this research was conducted to analyze the influence of customer reviews as a variable that reflecting consumers opinions on current Gojek services. The study focused on the variables of customer satisfaction and customer loyalty, with brand image considered as a moderating factor. This quantitative research employed a survey method distributed in November-December 2023 among Generation Z and Millennial communities in Jabodetabek, with 153 respondents. Additionally, text mining data was conducted for qualitative data on the Gojek application, resulting in 45,273 datasets. The collected data was then processed using SPSS, Smart PLS 3.0, and Orange software. The research results indicate that several dimensions of customer reviews have a positive and significant effect on customer satisfaction. Moreover, brand image and customer satisfaction positively and significantly influence customer loyalty, with brand image playing a role as a moderator of customer loyalty. However, none of the customer review dimensions show a significant effect on customer loyalty, followed by several customer review dimensions on customer satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aufa Ahda
"Inovasi merupakan variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan yang bergerak di industri high-tech untuk mendapatkan keunggulan kompetitif jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari inovasi pada keyakinan terhadap merek, kepuasan konsumen, dan juga loyalitas merek dengan studi pada Apple iPhone. Penelitian ini melibatkan 301 responden dari seluruh Indonesia yang sedang menggunakan iPhone dalam minimal dua belas 12 bulan terakhir. Pengolahan data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling SEM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi memiliki pengaruh positif terhadap keyakinan terhadap merek, kepuasan konsumen, dan juga loyalitas merek, sedangkan keyakinan terhadap merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek, dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas merek.

Innovation could lead firms in high tech industry to a long term competitive advantages. This research aims to analyze the impact of innovation towards brand trust, customer satisfaction, and brand loyalty with the study of Apple iPhone by the help of 301 respondents from all over Indonesia who have been using iPhone for the last twelve 12 months.
Results of this study shows that innovation has a positive effect towards brand trust, customer satisfaction, and brand loyalty. However, brand trust was found to be has no effect towards brand loyalty but customer satisfaction has a positive effect towards brand loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67299
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aveline Leonadiputri
"Tesis ini menganalisa pengaruh customer perceived value, brand trust, dan brand affect terbadap brand loyalty. Studi ini adalah riset kuantitatifyang menggunakan data primer melalui kuesioner yang disebarkan ke pengguna telepon genggrnn di Jakarta. Desain riset ini adalab riset desktiptif yang menggunakan metode analisa regresi sederbana. Hasil penelitian ini menunjukkan babwa teradapat hubungan yang positif dan signifikan antara customer perceived value, brand trust, dan brand affect dalam membangun brand loyalty.

This thesis analyzed the effect of customer perceived value, brand trust, brand affect to build brand loyalty. This research is a quantitative research which uses primary data through questionaire from mobile phone users in Jakarta. The design of this research is a descriptive research which use simple regression method. The results of this research show that there is a positive and significant relationship between customer perceived value, brand trust, and brand affect to build brand loyalty.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T 27212
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hariyo Tri Sedewo
"Skripsi ini meneliti tentang pengaruh outcome quality, interaction quality dan peer-to-peer quality terhadap customer satisfaction dan customer loyalty pada industri kedai kopi. Dalam penelitian ini diambil responden dari dua sampel kedai kopi yang berbeda yaitu kedai kopi Florist dan kedai kopi Starbucks yang tersebar di seluruh pulau Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa outcome quality dan interaction quality memiliki pengaruh terhadap customer loyalty yang dimediasi oleh customer satisfaction. Sementara peer-to-peer quality tidak memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction namun memiliki pengaruh langsung terhadap customer loyalty.

This research is analyze about the effect of outcome quality, interaction quality and peer-to-peer quality on preference, customer satisfaction and customer loyalty in the coffee shops industry. In this study, respondents were drawn from two different samples of coffee shops, Florist coffee shops and Starbucks coffee shops spread across the Java Island. The method used in this research is Structural Equation Model (SEM). The results of this study prove the outcome quality and interaction quality has an influence on customer loyalty mediated by customer satisfaction. While peer-to-peer quality has no effect on customer satisfaction but has a direct influence on customer loyalty."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S69997
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>