Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 124264 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Iswandi
"Tesis ini menguraikan pengaruh riwayat stunted (pendek) pada anak usia dibawah tiga tahun terhadap prestasi akademiknya pada usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan survey longitudinal atau cohort fixed population dengan menggunakan data Studi Indonesian Family Life Survey/IFLS tahun 1993-2007.
Hasil penelitian menemukan Anak yang mengalami stunted pada usia bawah tiga tahun akan memiliki resiko untuk mengalami prestasi akademik kurang sebesar 1.840 kali dibandingkan dengan anak yang tidak memilik riwayat stunted setelah dikontrol variabel perancu (frekuensi makan, pemberian ASI eksklusif dan pendidikan pra sekolah dasar).
Disarankan agar mengembangkan kerjasama lintas sektoral yang berkelanjutan untuk pembangunan SDM sejak anak usia dini terkhusus anak bawah tiga tahun dan pra sekolah dasar.

The focus in this study is to identify the relationship of history stunted in children under three years to the cl1ild's academic achievement at primary school age. This research is a longitudinal survey or cohort Study fixed population by using data Indonesian Family Life Survey/IFLS year 1993-2007.
The study results showed that experienced stunted children under three years of age will have an increased risk for having low academic achievement at 1.840 times compared with children not having a history of stunted after controlled confounding variables (frequency of meals, exclusive breastfeeding and pre-primary school education for the child).
Researcher suggests to develop cross-sectoral cooperation for sustainable human development since early childhood, especially children under three years and pre-primary school age.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
T33211
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Syarief Darmawan
"Latar Belakang dan Tujuan: Prevalensi pendek pada anak usia di bawah dua tahun (baduta) di Indonesia pada tahun 2018 sebesar 29,9%, sedangkan di Jakarta sebesar 27,2%. Kondisi pendek pada awal kehidupan berhubungan dengan peningkatan morbiditas dan mortalitas, serta dapat mengurangi kapasitas fisik dan peningkatan risiko penyakit metabolik pada usia dewasa. Tujuan penelitian adalah memahami peran inflamasi usus pada baduta terhadap kejadian pendek.
Metode dan bahan: Studi dengan desain kasus kontrol yang dilakukan pada anak usia 6–23 bulan di Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta. Penentuan subjek penelitian secara acak sederhana. Pendek ditetapkan berdasarkan nilai z-score panjang badan menurut­­­­­­ umur (PB/U). Pengukuran panjang dan tinggi badan menggunakan infantometer dan microtoise. Penilaian hormon pertumbuhan berdasarkan kadar TSH, sedangkan penilaian inflamasi usus berdasarkan pengukuran kadar Reg 1B. Fungsi absorbsi usus ditetapkan dengan pengukuran kadar xilosa darah. Infeksi parasit dideteksi dengan pemeriksaan feses secara makroskopis dan kultur Blastocystis. Penilaian asupan energi dan zat gizi makro dilakukan dengan metode recall 24 jam. Frekuensi pengukuran panjang dan tinggi badan, inflamasi usus dan penilaian asupan dilakukan 2 kali dengan selang waktu 6 bulan.
Hasil: Pada penapisan 269 anak didapatkan 20,4% pendek dengan 55,8% laki-laki, 55,0% kelompok umur 12-23 bulan dan 47,3% memiliki kedua orang tua normal. Profil subjek penelitian adalah 61,1% laki-laki, 88,9% pada kelompok umur 12-23 bulan dan memiliki kadar TSH normal. Persentase rata-rata asupan energi dan zat gizi makro anak pendek lebih rendah daripada anak normal, tetapi tidak berbeda secara statistik. Pada subjek penelitian tidak ditemukan Soil Transmitted Helminths dan hanya 1 anak normal yang positif Blastocystis hominis. Untuk pemeriksaan Reg 1B tidak ditemukan perbedaan antara anak pendek dan normal, tetapi subjek penelitian yang mengalami peningkatan kadar Reg 1B sebagian besar terjadi penurunan nilai Z-score PB/U dan berbeda bermakna secara statistik. Pada pemeriksaan kadar xilosa darah tidak ditemukan perbedaan antara anak pendek dan normal. Dalam analisis korelasi, tidak diperoleh korelasi antara infeksi parasit usus dengan inflamasi usus dan malabsorbsi tetapi ada korelasi bermakna antara inflamasi usus dengan malabsorbsi.
Kesimpulan: Inflamasi usus terjadi pada anak pendek dan normal serta secara signifikan menurunkan nilai Z-score PB/U dari kedua anak tersebut dan berkorelasi secara bermakna dengan malabsorbsi.

Background and Objective: The prevalence of stunting in children under two years in Indonesia in 2018 is 29.9%, while in Jakarta it is 27.2%. Stunted early in life is associated with increased morbidity and mortality, and can reduce physical capacity and increase the risk of metabolic diseases in adulthood. The aim of the study was to understand the role of intestinal inflammation in children under 2-yrs of age in stunted incidents.
Materials and Methods: A case-control study involving children aged 6-23 months in Kampung Melayu Village, Jakarta was done in 2018. Study sampling was determined by simple randomization. Stunting is determined based on the z-score of the body length by age (LZA). Length was measured using infantometer while height was measured by microtoise. Growth hormone was determined by TSH levels, while intestinal inflammation was determined with faecal Reg 1B levels. The function of intestinal absorption is determined by blood xylose levels. Parasitic infections are determined by macroscopic fecal examination and Blastocystis culture. Assessment of intake of energy and macro nutrients was analyzed by 24-hour recall method. The frequency of length and height measurements, intestinal inflammation and intake assessment were carried out twice with an interval of 6 months.
Results: Screening of 269 children found 20.4% of stunting with 55.8% of men, 55.0% of age group 12-23 months and 47.3% had both normal parents. The percentage of the average intake of energy and macro nutrients from stunting was lower than normal, but not statistically different. Soil Transmitted Helminths were not found and only one child for positive Blastocystis hominis. For the examination of Reg 1B there was no difference between stunted and normal children, but the study subjects who experienced an increase in Reg 1B levels were mostly accompanied by decreased Z-score values of LZA and were significantly different. On examination of blood D-xylose levels no differences were found between stunted and normal children. In correlation analysis, there was no correlation between intestinal parasitic infection and intestinal inflammation and malabsorption but there was a significant correlation between intestinal inflammation and malabsorption.
Conclusion: Intestinal inflammation occurs in stunted and normal children and significantly decreases the Z-score of LZA from these two children and correlates significantly with malabsorption.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teresia Putri Widia Nugraheni
"'Bonding' adalah perkembangan hubungan resiprokal antara ibu dan anak. 'Bonding' dapat dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya depresi pascakelahiran pada ibu dan jenis kelamin anak. 'Bonding' antara ibu dan anak dapat bermasalah, dan diduga berhubungan dengan gejala stres pada anak. Stres diketahui memiliki dampak buruk terhadap perkembangan anak, terutama pada usia batita. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan proporsi gejala stres pada anak usia batita, serta untuk mengidentifikasi korelasi 'bonding' ibu-anak usia batita dengan gejala stres pada anak.
Penelitian ini menggunakan desain studi potong lintang. Sampel yang didapat berjumlah 65 pasang ibu-anak usia batita. 'Bonding' ibu-anak usia batita diukur menggunakan Kuesioner 'Mother-Infant Bonding Scale' (MIBS), sementara gejala stres pada anak diukur dengan wawancara ibu berdasarkan Kuesioner Gejala Stres pada Anak Usia Batita dan pengukuran detak jantung serta laju pernapasan anak.
Penelitian ini menunjukkan bahwa gejala stres yang paling banyak dialami oleh anak adalah perubahan pola makan (52,3%), diikuti oleh perubahan perilaku tidak baik (41,8%) dan perubahan emosi (36,9%). Gejala stres berupa perubahan emosi lebih banyak dialami oleh anak laki-laki daripada anak perempuan (p=0,024). Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan secara statistik antara 'bonding' ibu-anak usia batita dan gejala stres pada anak (p>0,05). Penelitian ini tidak menemukan korelasi yang signifikan secara statistik antara 'bonding' ibu-anak usia batita dan gejala stres pada anak.

Bonding is the growth of reciprocal relationship between mother and child. Maternal factors such as postpartum depression and children factors such as gender can affect mother-child bonding. Impaired bonding may possibly be related to stress symptoms in children. Stress can negatively impact children's development, particularly those under 3 years-old. This research aims to obtain the proportion of stress symptoms in children under 3 years-old, and to identify the correlation between mother-child bonding and stress symptoms in children under 3 years-old.
This cross-sectional research involved 65 pairs of mother and child under 3 years-old. The mother-child bonding was measured by 'Mother-Infant Bonding Scale' (MIBS) questionnaire, while the stress symptoms in children were measured by interviewing the mother according to Stress Symptoms in Children under 3 Years-Old Questionnaire and children's heart rate and respiration rate measurement.
From the measured stress symptoms, alteration of eating pattern (52.3%), followed by behavioral symptoms (41.8%) and emotional symptoms (36.9%) were the most likely to occur. Emotional symptoms were more prominent in boys than girls (p=0.024). Spearman's correlation test showed no statistically significant correlation between mother-child bonding and stress symptoms in children under 3 years-old (p>0.05). This research shows no statistically significant correlation between mother-child bonding and stress symptoms in children under 3 years-old.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Agung Ari Wiweka Nanda
"ABSTRACT
Latar Belakang: Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas GPPH merupakan kelainan kronis yang ditandai dengan ketidakmampuan berkonsentrasi, hiperaktivitas, dan impulsif. Prevalensi GPPH pada siswa SD di Jakarta tahun 2004 sebesar 26,2 dan diduga berhubungan dengan dengan perolehan prestasi akademis siswa di sekolah. Tujuan: Mengetahui hubungan antara GPPH dengan prestasi akademis siswa sekolah dasar. Metode: Studi case control dilakukan terhadap 372 siswa SD Kenari 01,03, dan 05 pada periode tahun ajaran 2015-2016. Hasil: Berdasarkan analisis data, didapatkan 107 28,8 siswa SD mengalami GPPH dan sebanyak 265 70,2 tidak mengalami GPPH. Terdapat 188 49,5 siswa mendapatkan nilai dibawah rata-rata dan 186 50,5 siswa mendapatkan nilai diatas rata-rata. Pada uji chi square, terdapat hubungan bermakna antara GPPH dan prestasi akademis dengan nilai signifikansi.

ABSTRACT
Background Attention deficit hyperactivity disorder is a chronic disorder ADHD characterized by inability to concentrate, hyperactivity, and impulsivity. Prevalence ADHD on elementary students in Jakarta in 2004 is about 26.2 and related to academic achievement in school. Aim To find relation between ADHD with academic achievement in elementary students. Methods Case control study was done involving 372 elementary students in SD Kenari 01, 03, 05 on school year 2015 ndash 2016. Results According to data analyzing, there were 107 28.8 elementary school students have ADHD and 265 70.2 of elementary school students did not have ADHD. There were 188 49.5 students get academic underachievement and other 186 50.5 students got higher academic achievement. By using chi square test, there was correlation statistically between ADHD and academic achievement with significance point p 0.001. Conclusion ADHD is related with academic achievement on elementary students with odds ratio 2,1. "
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
S70338
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Waruwu, Cindy Janice Helianthe Marella
"Rendahnya prestasi akademik pada siswa sekolah dasar akan memberikan dampak buruk bagi kualitas hidupnya di masa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dan hubungan antara prestasi akademik dengan kebiasaan sarapan, kebiasaan konsumsi sayur dan buah, kebiasaan olahraga, durasi tidur, durasi menonton televisi, kecemasan sekolah, pendidikan orangtua, pekerjaan orangtua dan pendapatan orangtua siswa SDN Terpilih di Banten Tahun 2016.
Desain studi yang digunakan untuk penelitian ini adalah cross sectional dengan total sampel 363 responden. Metode yang digunakan untuk mengukur prestasi akademik siswa sekolah dasar adalah melalui rekapitulasi nilai rapor pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA sedangkan variabel lainnya diukur menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan prestasi akademik responden sebanyak 49,3 tergolong baik sekali. Kemudian, hasil analisis data bivariat mengggunakan uji chi square didapatkan kebiasaan sarapan, kebiasaan konsumsi sayur dan buah, kecemasan sekolah, pendidikan orangtua, dan pendapatan orangtua memiliki hubungan dengan prestasi akademik siswa di SD Negeri terpilih di Banten tahun 2016. Oleh karena itu, pihak sekolah diharapkan dapat memberikan edukasi gizi seimbang dan melaksanakan program konsultasi dengan orangtua dan siswa.

The low academic achievement of elementary school students will adversely affect their quality of life in the future. The purpose of this study was to find out the representation and the relationship between academic achievement with breakfast habits, consumption habits of vegetables and fruits, exercise habits, sleep duration, television watching duration, school anxiety, parent education, parent work and parent income of Elected SDN Elementary School in 2016.
The study design used for this study was cross sectional with total sample of 363 respondents. The method used to measure the academic achievement of elementary school students was through the recapitulation of school report on Indonesian, Mathematics and IPA subjects while other variables were measured using questionnaires.
The results showed that the academic achievement of respondents classified as 49.3 very good. Then, the results of bivariate data analysis using chi square test found that breakfast habits, consumption habits of vegetables and fruits, school anxiety, parent education, and parent income have correlation with student achievement in Elementary School in Banten in 2016. Therefore, the school is expected to provide balanced nutrition education and implement consultation programs with parents and students
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
S68514
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Restu Krisnata
"Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh urutan kelahiran serta faktor-faktor sosial, ekonomi dan demografi lainnya terhadap pencapaian pendidikan SMA anak umur 16-18 tahun di Indonesia. Hasil analisis regresi logistik biner dengan data Susenas 2012 menunjukkan bahwa anak dengan urutan kelahiran pertama dan urutan kelahiran ketiga dan seterusnya tidak memiliki perbedaan kecenderungan untuk mencapai SMA, sedangkan anak urutan kelahiran kedua memiliki kecenderungan lebih rendah dalam mencapai SMA. Faktor yang paling besar memengaruhi pencapaian pendidikan SMA adalah pendidikan ibu. Berdasarkan hasil deskriptif dan inferensial diketahui bahwa anak perempuan memiliki kecenderungan lebih besar untuk mencapai SMA daripada anak laki-laki.

This research aims to study the effect of birth order and social, economic and demographic factors on the high school attainment of children aged 16-18 years in Indonesia. The results of binary logistic regression using the 2012 Indonesian National Socio-economic Survey data show that first child and third and higher order children are not significantly different in the tendency to reach high school while second child have lower tendency to attain high school. The most dominant factor influencing educational attainment is mother?s education. The results of descriptive and inferential analyses also show that girls have a greater tendency to reach high school than boys."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf-
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Chairunnisa
"Bonding merupakan ikatan emosi yang terbentuk antara seorang ibu dengan anaknya sejak pertama kali terjadinya kontak antara ibu dan anak. Bonding yang erat pada masa awal perkembangan anak, khususnya pada usia bawah tiga tahun, merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan emosi dan sosial anak. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap bonding ibu-anak adalah psikopatologi ibu. Terdapat berbagai studi yang meneliti hubungan antara psikopatologi ibu dengan bonding, tetapi studi-studi tersebut umumnya berfokus pada depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi korelasi antara jenis psikopatologi lainnya pula dengan bonding ibu-anak usia bawah tiga tahun. Pada penelitian cross-sectional ini, sebanyak 65 ibu yang memiliki anak berusia 0-36 bulan diminta untuk mengisi kuesioner Mother Infant Bonding Scale (MIBS) sebagai instrumen pengukuran bonding ibu-anak dan kuesioner Symptoms Checklist 90 (SCL-90) sebagai instrumen pengukuran psikopatologi pada ibu. Uji korelasi Spearman kemudian dilakukan untuk melihat korelasi antara skor total MIBS dengan skor total SCL-90 maupun skor per dimensi psikopatologi, yang mencakup gejala depresi, ansietas, obsesif kompulsif, phobic anxiety, hostilitas, ideasi paranoid, somatisasi, sensitivitas interpersonal, serta psikosis. Ditemukan korelasi positif lemah yang bermakna antara psikopatologi ibu secara keseluruhan (r=0,228), gejala depresi (r=0,236), ansietas (r=0,313), phobic anxiety (r=0,207), dan psikosis (0,221) dengan bonding ibu-anak usia bawah tiga tahun. Tidak ditemukan korelasi yang bermakna antara gejala obsesif kompulsif, hostilitas, ideasi paranoid, somatisasi, dan sensitivitas interpersonal dengan bonding (p>0,05). Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi hubungan antara psikopatologi yang memiliki korelasi tidak bermakna tersebut dengan bonding, serta penelitian untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang dapat turut memengaruhi bonding ibu-anak usia bawah tiga tahun.

The term bonding refers to the emotional tie between a mother and her infant which forms since their earliest contact. Bonding during the childs early years, especiallyup until the age of three, is crucial for the childs emotional and socia development. Maternal psychopathology is one of the most important factors affecting mother-child bonding. Studies in this area have primarily focused on the association between depression and mother-child bonding, with limited studies investigating other types of psychopathology. This cross-sectional research aims to identify the correlation between various types of psychopathology and bonding among mothers and children under three years old. As many as 65 mothers of children aged 0-36 months were asked to complete two questionnaires: the Mother-Infant Bonding Scale (MIBS) as a measure of mother-child bonding and the Symptoms Checklist 90 (SCL-90) as a measure of maternal psychopathology. Spearmans correlation test was then performed to investigate the correlation between the total scores of each questionnaire, as well as the correlatio between MIBS total score and the SCL-90 subscores for each type of psychopathology. This includes depression, anxiety, obsessive-compulsiveness, phobic anxiety, hostility, paranoid ideation, somatization, interpersonal sensitivity, and psychoticism. Weak but significant positive correlation between maternal psychopathology in general and mother-child bonding was observed (r=0.228). Similar correlation was also observed between bonding and maternal depression (r=0,236), anxiety (r=0.313), phobic anxiety (r=0.207), and psychoticism (r=0,221). No significant correlation was found between bonding and maternal obsessive-compulsiveness, hostility, paranoid ideation, somatization, as well as interpersonal sensitivity (p>0.05). Further research investigating the association of these five psychopathologies with mother-child bonding is needed. Factors other than materna psychopathology that might have affected mother-child bonding also needs to be explored.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Mulia Ningsih
"ABSTRAK
Nama : Winda Mulia NingsihProgram Studi : Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kekhususan GiziJudul : Pengaruh Stunted pada Usia 1 ndash; 5 Tahun terhadap Obesitas Usia5 ndash; 26 Tahun Berdasarkan Data IFLS Tahun 1993 ndash; 2014 Latar Belakang: Seperti Negara berkembang lainnya, Indonesia sedangmenghadapi masalah gizi yang cukup serius. Masalah gizi kurang belum teratasinamun muncul masalah gizi lebih yang terjadi pada semua siklus daur kehidupan.Bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat mengakibatkan kerugian baiksecara ekonomi maupun sumber daya manusia yang berkualitas.Tujuan: Diketahuinya pengaruh stunted pada usia 1 ndash; 5 tahun terhadap obesitasusia 5 ndash; 26 tahun berdasarkan data IFLS tahun 1993 ndash; 2014Metode Penelitian: Desain yang digunakan adalah studi longitudinal denganmenggunakan data Indonesian Family Life Survey IFLS I tahun 1993, IFLS 2tahun 1997, IFLS 3 tahun 2000, IFLS 4 tahun 2007, dan IFLS 4 tahun 2015. Sampelyang dapat di follow-up dari IFLS I ndash; IFLS 5 sebanyak 927 orang.Hasil Penelitian: Stunted pada usia 1 ndash; 5 tahun tidak mempengaruhi obesitas usia5 ndash; 26 tahun p= 0,284; OR = 0,982 . Akan tetapi, variabel riwayat IMT ayah p=0,000; OR=1,27 , daerah tempat tinggal p=0,037; OR=0,969 , dan polakonsumsi buah dan sayur p= 0,000; OR = 0,918 mempengaruhi obesitas dewasa.Kesimpulan: Obesitas usia 5 ndash; 26 tahun dipengaruhi oleh riwayat IMT ayah,daerah tempat tinggal, pola konsumsi buah dan sayur, bukan dipengaruhi olehstunted pada usia 1 ndash; 5 tahun.Kata Kunci: Stunted, riwayat IMT ayah, daerah tempat tinggal, pola konsumsibuah dan sayur, obesitas.

ABSTRACT
ABSTRACTName Winda Mulia NingsihStudy Program Ilmu Kesehatan Masyarakat, Speciality GiziTitle Stunted Influence on Ages 1 ndash 5 Years Against Obesity Ages 5 ndash 26 Years Based on IFLS Data Year 1993 ndash 2014 Background Like the other developing countries, Indonesia is facing seriousnutrition problems. Under nutrition problems are not yet resolved but over nutritionproblems arise in all life cycles. If not handled quickly and accurately can lead tolosses both economically and qualified human resources.Aim To find out of Stunted Influence on Ages 1 ndash 5 Years Against Obesity Ages 5 ndash 26 Years Based on IFLS Data 1993 ndash 2014 .Method The design used is longitudinal study using Indonesian Family Life Survey IFLS I data 1993, IFLS 2 year 1997, IFLS 3 year 2000, IFLS 4 year 2007 andIFLS 4 year 2015. Samples eligible as many 927 people.Results Stunted at age 1 5 years did not influence obesity aged 5 26 years p 0.284 OR 0.982 . The father 39 s BMI history p 0,000 OR 1,27 , residencearea p 0.037, OR 0.969 , and fruits and vegetables consumption patterns p 0,000 OR 0.918 influence obesity at age 5 26 years.Conclusion Obesity at aged 5 26 years by father 39 s BMI history, residence area,and fruits and vegetables consumption patterns, not by stunted at age 1 5 years.Key Word Stunted, father 39 s BMI history, residence area, fruits and vegetablesconsumption patterns, obesity
"
2017
T50024
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Caroline Rafaella Siasta
"Anemia terjadi saat jumlah hemoglobin dalam darah berada di bawah batas normal. Prevalensi anemia pada anak usia sekolah di Indonesia mencapai 26,8%, angka yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nasional. Kondisi ini dapat berdampak negatif seperti gangguan pertumbuhan, penurunan daya tahan tubuh, keterlambatan pubertas, dan penurunan tingkat kecerdasan. Gejala yang umum muncul antara lain lesu, lemah, letih, lelah, dan lalai (5L), serta menghambat perkembangan otot dan tulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prevalensi anemia, faktor-faktor yang berhubungan, dan faktor dominan pada anak usia sekolah di Indonesia menggunakan data dari IFLS tahun 2014 dengan desain studi cross-sectional. Hasilnya menunjukkan prevalensi anemia pada anak usia sekolah sebesar 25,9%. Analisis menemukan hubungan signifikan antara status gizi, konsumsi makanan (hewani, sayuran, buah), diare, perilaku buang air besar, dan daerah tempat tinggal dengan n anemia (p<0,05). Faktor dominan anemia dari analisis multivariat adalah daerah tempat tinggal, dengan risiko 2,88 kali lebih besar. Pemerintah menyediakan akses pemeriksaan Hb di sekolah melalui UKS, serta edukasi tentang kesehatan bagi pendidik dan siswa. Masyarakat juga diminta untuk melakukan perilaku hidup sehat dengan memperhatikan asupan gizi sekaligus mencegah infeksi pencernaan

Anemia occurs when the blood's hemoglobin level is below normal. The prevalence of anemia among school-aged children in Indonesia reaches 26.8%, higher than the national average. This condition can have negative impacts such as growth disturbances, decreased immunity, delayed puberty, and reduced intelligence levels. Common symptoms include lethargy, weakness, tiredness, fatigue, and negligence (5L), which can hinder muscle and bone development. This study aims to identify the prevalence of anemia, related factors, and dominant factors in school-aged children in Indonesia using data from the 2014 IFLS with a cross-sectional study design. The results show a prevalence of anemia among school-aged children of 25.9%. The analysis found significant relationships between nutritional status, food consumption (animal-based, vegetables, fruits), diarrhea, defecation behavior, and residential areas with anemia (p<0.05). The dominant factor for anemia from multivariate analysis is the residential area, with a risk 2.88 times greater. The government provides access to Hb tests in schools through UKS and health education for educators and students. The community is also encouraged to practice healthy living by paying attention to nutritional intake while preventing digestive infections."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gracia Amanda Francisca Tinihada
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara parenting style dari ibu bekerja dengan persepsi ibu terhadap prestasi akademik anak usia sekolah. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Parenting Styles and Dimensions Questionnaire ` Short Version (PSDQ ` Short Version) dari Robinson, Mandleson, Olsen dan Hart (2001) untuk mengukur parenting style dan Scale of Perceived Academic Achievement (SPAA) dari Sumargi, Haslam dan Filus (2014) untuk mengukur persepsi ibu terhadap prestasi akademik anak. Jumlah partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 orang ibu bekerja penuh waktu yang memiliki anak usia sekolah dan berdomisili di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa authoritative parenting style dari ibu bekerja memiliki hubungan yang positif dengan persepsi ibu terhadap prestasi akademik anak usia sekolah dan authoritarian parenting style dari ibu bekerja memiliki hubungan yang negatif dengan persepsi ibu terhadap prestasi akademik anak usia sekolah.
Hasil ini menunjukkan bahwa ibu bekerja yang menerapkan authoritative parenting style akan mempersepsi prestasi akademik anak usia sekolah secara positif dan ibu bekerja yang menerapkan authoritarian parenting style akan mempersepsi prestasi akademik anak usia sekolah secara negatif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara usia ibu, tingkat pendidikan ibu, status sosial-ekonomi ibu, budaya suku asal ibu dan jenis kelamin anak dengan parenting style dari ibu bekerja. Selain itu ditemukan pula bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan ibu, status sosial-ekonomi ibu, dan jenis kelamin anak dengan persepsi ibu terhadap prestasi akademik anak usia sekolah.

The objective of the present study is to investigate the correlation between parenting style of working mothers and mothers` perception of the academic achievement of school-age children. Parenting style is measured with The Parenting Styles and Dimensions Questionnaire ` Short Version (PSDQ ` Short Version) (Robinson, Mandleson, Olsen & Hart, 2001). Mothers` perception of the academic achievement is measured with Scale of Perceived Academic Achievement (SPAA) (Sumargi, Haslam & Filus, 2014). 150 full-time working mothers with at least one school-age child and who live in Jabodetabek region participated in this study. The result of this study shows that authoritative and authoritarian parenting style are significantly correlated with the mothers` perception of the academic achievement of school-age children. This result means that working mothers who use authoritative parenting style will perceive the academic achievement of their school-age children positively and working mothers who use authoritarian parenting style will perceive the academic achievement of their school-age children negatively.
The result of this study also shows that mothers` age, mothers` educational level, mothers` socioeconomic status, mothers` culture of origin, and children`s gender are not significantly correlated with parenting style of working mothers. Moreover, the result of this study also shows that mothers` educational level, mothers` socioeconomic status, and children`s gender are not significantly correlated with mothers` perception of the academic achievement of school-age children."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
S60881
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>