Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 85592 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bella Meriska
"Penelitian ini membahas mengenai potensi pengalaman sebagai proses penumpukan ketegangan yang dialami seorang pustakawan dalam menimbulkan burnout. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dialami pustakawan yang dapat memicu burnout. Pendekatan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan fenomenologi sebagai metode penelitian. Penelitian ini menemukan hasil bahwa burnout sebagai hasil dari proses penumpukan ketegangan terjadi pada individu dengan akumulasi waktu. Akumulasi waktu ini kemudian memunculkan sikap apatis yang sudah menjadi kebudayaan dan kebiasaan mereka sehari-hari dalam menjalankan tugasnya.

This research explain about the tendency of experience as a process of accumulative exhaustion that experienced by librarians in causing burnout. The purpose of this research is identifying factors that cause burnout. This research is using qualitative approach and phenomenology as it`s method. And the result of this research found that burnout happened in accumulative time. Because of this accumulation, the librarians are apatheti"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52515
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amrih Peni
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi pustakawan di Perpustakaan Universitas Indonesia terhadap Kode Etik Pustakawan Indonesia terkait dengan pemahaman dan implementasi kode etik pustakawan pada perilaku pustakawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa sebagian besar perilaku pustakawan di Perpustakaan Universitas Indonesia sudah mencerminkan implementasi dari kode etik pustakawan walaupun para pustakawan kurang memahami isi kode etik pustakawan secara tekstual.

This thesis discusses the perceptions of librarians at the Library of the University of Indonesia towards Indonesian Librarian Code of Ethic related to the understanding and implementation of code of ethic on librarian behavior. This study uses a qualitative approach to the phenomenolgy method. The results of this study conclude that most of the librarians' behavior at the Library of the University of Indonesia have already reflected the implementation of code of ethic even though the librarians do not understand enough the content of code of ethic textually."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42222
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Suryadi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman instruktur literasi informasi
perpustakaan Universitas Indonesia (UI) terhadap program literasi keuangan di
perpustakaan. Penelitian ini juga mengidentifikasi strategi yang dapat dijalankan
perpustakaan UI untuk meningkatkan literasi keuangan penggunanya. Penelitian
ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan
data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Analisis hasil wawancara
terhadap informan menunjukkan bahwa informan secara keseluruhan telah
memahami dengan baik konsep literasi informasi. Sebagian besar informan
memahami bahwa perpustakaan UI perlu turut berperan serta dalam membangun
civitas academica atau pengguna perpustakaan yang memiliki kemampuan melek
keuangan (financial literate). Perpustakaan UI berpotensi untuk berperan sebagai
penyedia akses informasi yang berkaitan dengan keuangan untuk membantu
penggunanya memiliki kemampuan literasi keuangan. Strategi yang dapat
dilakukan perpustakaan UI untuk mendukung program literasi keuangan ini
diantaranya membangun kerjasama dengan lembaga bidang keuangan, meminta
bantuan pakar subjek (subject specialist) bidang keuangan dan dapat juga dengan
membuat percontohan program pelatihan literasi keuangan pada lingkup yang
lebih kecil di tingkat fakultas untuk diadopsi pada tingkat universitas

ABSTRACT
This research aims to know the understanding of information literacy instructor of
University of Indonesia (UI) library about financial literacy programs in libraries.
This study also identifies strategies that could be undertaken to improve financial
literacy of UI Library users. The study was conducted using a qualitative approach
and case study methods. Data collection is done by observation and interviews.
Analysis of the results of the interviews indicated that the informants have
understood the concept of information literacy very well. The majority of
informants understand that UI Library need to contribute in establishing financial
literacy program to develop financial literacy skills of UI civitas academica and
UI Library users. UI Library has the potential to become information access
provider of information sources related to the financial issues, to help its users to
have the capability of financial literacy. The strategy can be done by UI Library to
support this financial literacy program is by building cooperation with financial
institutions, asking the assistance of subject specialist, and may also by making
financial literacy training program on the small scale that can be adopted at
faculty or university level."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57473
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seno Yudhanto
"Skripsi ini membahas kompetensi pustakawan referensi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada dalam melayani pengguna. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kompetensi yang dimiliki oleh pustakawan referensi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada dengan berdasar pada Professional Competencies for Reference and User Services Librarians milik Reference and User Services Association (RUSA), suatu divisi bawahan American Library Association (ALA). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode fenomenologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan referensi memenuhi dua kompetensi dari lima kompetensi yang ditetapkan oleh Reference and User Services Association (RUSA), yaitu kompetensi akses dan kompetensi dasar pengetahuan. Sedangkan kompetensi kolaborasi, pemasaran, dan evaluasi dan pengkajian sumber-sumber dan layanan secara keseluruhan belum terpenuhi. Penulis menyarankan agar pustakawan referensi meningkatkan kompetensi dalam hubungan dengan profesi, kompetensi pemasaran, dan kompetensi evaluasi dan pengkajian sumber-sumber dan layanan. Selain itu, Perpustakaan Universitas Gadjah Mada juga perlu untuk menerapkan program-program agar memiliki pustakawan referensi yang berkompeten.

The focus of this study is the reference librarian competencies of Academic Library at Gadjah Mada University in serving the users. The purpose of this study is to identify competencies owned by reference librarian at Gadjah Mada University Library based on Professional Competencies for Reference and User Services Librarians belonging to Reference and User Services Association (RUSA), subdivision of American Library Association (ALA). This research is qualitative descriptive with phenomenolgy method.
The result of this study shows the reference librarians fulfilled two of five competencies defined by Reference and User Services Association (RUSA), that is access and knowledge base. While collaboration, marketing, and evaluation and assessment of resources and services has not been fulfilled. The author also suggest that reference librarians should increase collaboration within profession, marketing, and evaluation and assessment of resources and services competencies. Besides, Gadjah Mada University Library need to implement any programs to have competent reference librarians.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45967
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Delfi Dwijayanthi Putri
"Penelitian ini membahas tentang komunikasi efektif pustakawan terhadap kepuasan pemustakadi Perpustakaan Universitas Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan komunikasi efektif pustakawan terhadap kepuasan pemustaka dan pengaruh komunikasi efektif terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei. Survei dilakukan kepada anggota aktif Perpustakaan UniversitasIndonesia. Pengumpulan data secara primer dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online kuesioner onaline pada April sampai dengan Mei 2021 dan pengumpulan data secara sekunder dengan melakukan analisis dokumen terkait komunikasi efektif dan kepuasan pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel komunikasi efektif indikator tindakan memiliki hasil rata-rata tertinggi sebesar 3,30 dan kesenangan memiliki rata-rata terendah sebesar 2,87 sedangkan pada variabel kepuasan pemustaka indikator kehandalan memiliki rata-rata tertinggi sebesar 3,08 dan indikator daya tanggap memiliki rata-rata terendah sebesar 2,89. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pustakawan Perpustakaan Universitas Indonesia telah memiliki komunikasi yang efektif dan terdapat pengaruh yang signifikan dan regresi positif antara komunikasi efektif pustakawan dengan kepuasan pemustaka Perpustakaan Universitas Indonesia.

This research discusses the effective communication of librarians on user satisfaction at the University of Indonesia Library. The purpose of this research was to identify the relationship between effective communication of librarians on user satisfaction and the effect of effective communication on user satisfaction at the University of Indonesia Library. This research uses a quantitative approach by using a survey. The survey was conducted to active members of the University of Indonesia Library. Primary data collection is done by distributing online questionnaires online from April to May 2021 and secondary data collection is by analyzing documents related to effective communication and user satisfaction. The results showed that on the effective communication variable, the action indicator had the highest average result of 3.30 and pleasure had the lowest average of 2.87, while the reliability indicator for the user satisfaction variable had the highest average of 3.08 and the power indicator. responsiveness has the lowest average of 2.89. The conclusion of this study is that the librarians of the University of Indonesia Library have had effective communication and there is a significant influence and positive regression between the effective communication of librarians and the satisfaction of the users of the University of Indonesia Library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Richard Togaranta
"Tesis ini bertujuan untuk menentukan usia paro hidup dan keusangan
dokumen di bidang ilmu perpustakaan dan informasi, di media jurnal Library
Trends periode 2009-2012, The Library Quarterly periode 2010-2012 dan
International Journal of Library Science periode 2010-2012.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dimana artikel
dalam jurnal ini digunakan sebagai unit analisis dalam penelitian ini. Jurnal yang
diteliti terdiri dari 30 nomor dengan 202 artikel dan 3.306 sitiran.
Hasil perhitungan pada usia paro hidup pada jurnal secara keseluruhan
adalah 10,3 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa dokumen di bidang ilmu
perpustakaan dan informasi akan dikutip oleh penulis lain sekitar 10,3 tahun
setelah dokumen tersebut diterbitkan. Jika dokumen dikutip lebih dari 10,3 tahun
dari tanggal publikasi tersebut maka informasi dalam dokumen yang dimaksud
dapat dikatakan telah usang.

This study aims to determine the age of half-life and obsolescence of
documents in the field of library and information science, on the media of Library
Trends periods 2009-2012, The Library Quarterly periods 2010-2012 and
International Journal of Library Science periods 2010-2012.
This research uses a descriptive quantitative analysis, where the articles in
these journals used as a unit of analysis in this study. These journals are consisting
of 30 issues with 202 articles and 3.306 citations.
The calculation result on half-life age to overall journals is 10.3 years. It
indicates that documents in field of library and information science will cited by
other authors approximately 10.3 years after those documents published. If whole
documents cited more than 10.3 years from the date of those publication then the
information in the documents can be said to have obsoleted.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
T35759
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lydia Christiani
"ABSTRAK
Tesis ini meneliti tentang pemaknaan preservasi pengetahuan pustakawan referen sebagai dasar konstruksi perpustakaan berbasis pengetahuan di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini berusaha menggali peran pengetahuan individu pustakawan referen sebagai faktor kunci kesinambungan siklus pengetahuan perpustakaan Universitas Indonesia. Kesinambungan siklus pengetahuan merupakan esensi dari perpustakaan berbasis pengetahuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data dalam penelitian ini bertumpu pada hasil wawancara, observasi, dan analisa dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesinambungan siklus pengetahuan di Perpustakaan Universitas Indonesia bertumpu pada pengetahuan individu koordinator bidang yang juga merupakan pustakawan referen. Siklus pengetahuan Perpustakaan Universitas Indonesia bertumpu pada tiga bidang yaitu bidang layanan koleksi UI-ana, bidang teknologi informasi, dan bidang layanan referensi. Arti penting preservasi pengetahuan yang dimiliki oleh pustakawan referen bagi eksistensi perpustakaan Universitas Indonesia telah disadari oleh kepala perpustakaan dan koordinator bidang, hanya saja kesadaran tersebut belum mencapai tingkat kesadaran pengetahuan sebagai aset. Hal tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan pandangan terhadap realisasi nilai pengetahuan serta kurangnya motivasi untuk mendorong personil Perpustakaan Universitas Indonesia mengartikulasikan pengetahuan individu yang dimiliki. Perbedaan realisasi nilai pengetahuan serta kurangnya motivasi inilah yang menjadi faktor penghambat proses transfer pengetahuan pustakawan referen ke dalam memori kolektif Perpustakaan Universitas Indonesia.
ABSTRACT
This Thesis observe the meaning of knowledge preservation of reference librarian as the core of the Knowledge-based library construction. This research trying to explore the role of individual knowledge of reference librarian as the key factor of the sustainability of knowledge cycle of Universitas Indonesia Library. Continuity of cycle knowledge is the essence of knowledge-based library. This study is a qualitative research case study method. The data in this study based on interviews, observation, and document analysis. The results of this research indicate that the sustainability of the knowledge cycle in Universitas Indonesia Library relies on individual knowledge of the field coordinator who is also a reference librarian. Knowledge cycle of Universitas Indonesia relies on three areas, namely UI-ana collection services, information technology, and reference services. The importance of the knowledge preservation that possessed by reference librarians for the existence of the library of University of Indonesia has been recognized by the Chief librarian and the field coordinator, but the awareness of knowledge as an asset has not reached yet. This condition caused by the difference in views towards the realization of the knowledge value and a lack of motivation to encourage the personnel of Universitas Indonesia library to articulate their individual knowledge. The differences in the realization of the knowledge value and lack of motivation to articulate the knowledge is the inhibiting factors of knowledge transfer processes from reference librarian into the collective memory of the Universitas Indonesia Library."
2013
T34939
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Aprilia
"Penelitian ini mengkaji penerapan literasi informasi oleh mahasiswa pascasarjana program studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia. Mahasiswa ini seharusnya memiliki kemampuan literasi informasi yang baik. Dalam penelitian ini fokus kajian lebih ditekankan pada kemampuan mahasiswa dalam menelusur informasi menggunakan fasilitas internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Model Empowering 8 digunakan sebagai metode dan menguji penerapan literasi informasi. Model Empowering 8 terdiri dari identifikasi, eksplorasi, seleksi, organisasi, menciptakan, presentasi, penilaian dan penerapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pascasarjana Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia melakukan penerapan literasi informasi hanya beberapa tahap di Model Empowering 8. Namun tidak semua tahapan tersebut dilakukan, seperti tahapan yang termasuk pada bagian identifikasi, menciptakan, presentasi, dan penilaian.

The focus of this study is about information literacy application for postgraduate student of Library and Information Science, University of Indonesia batch 2013. The informant must have a good information literacy skill. Information literacy we talks about in this research related with internet. This study emphasize in the postgraduate student information literacy skill using internet. This is a qualitative research with descriptive methods. The analysis of this study is based on Empowering 8 model which consist of identification, exploration, selection, organization, creation, presentation, assess, and application. The result of this research suggests that the postgraduate student of Library and Information Science apply some of the steps of Empowering 8 model. The steps that are not being applied areidentification, creation, presentation, and assess.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57028
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Elita
"Penelitian ini membahas mengenai Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia, khususnya layanan referensi lantai 4. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana tingkat kualitas Layanan Referensi Lantai 4 Perpustakaan Universitas Indonesia berdasarkan dimensi kualitas layanan LibQual+TM. Dimensi-dimensi tersebut diantaranya, yaitu Affect of Service (kinerja pustakawan), Information Control (kualitas koleksi), dan Library as Place (perpustakaan sebagai tempat). Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 80 sampel. Penentuan sampel, yaitu dengan cara accidental sampling.
Analisis menunjukkan bahwa secara umum seluruh kualitas layanan berada pada zone of tolerance, atau memenuhi harapan minimum pengguna. Namun, keseluruhan layanan tersebut belum dapat dikatakan sebagai layanan yang unggul (superior service). Hal ini dikarenakan keseluruhan dimensi layanan tidak ada yang memenuhi harapan yang benarbenar diinginkan oleh para pengguna.

The focus of this study is about the reference service at the University of Indonesia. The purpose of this study is to analyze the quality of the reference service, especially the reference service at the 4th floor, based on the service quality dimension of LibQual+TM. The dimensions are Affect of Service, Information Control, and Library as Place. This is a quantitative study with questionnaire as a data collection tool. The sample used were 80 respondents who are determined based on population of the reference services visitors.
The result shows that all the dimensions of quality service are within users zone of tolerance, or in other words have met the minimum expectaition of users. However, the overall dimensions of the services cannot be said as a superior service. This is because there is no services that meet with the maximum expectation of the users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Najla Dinnur Aisyah
"Penelitian ini menganalisis tesis mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) pada tahun 2018–2022 dengan menggunakan metode bibliometrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren penelitian dan kajian bibliometrik pada tesis mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Perpustakaan FIB UI yang ditulis pada tahun 2018–2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode bibliometrik. Tesis yang dianalisis pada penelitian ini, yaitu sebanyak 73 tesis. Komponen tesis yang dianalisis pada penelitian ini adalah subjek atau topik tesis, dosen pembimbing, metode penelitian dan teori yang digunakan, serta pembahasan dari tesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa topik yang menjadi tren pada penelitian tesis adalah manajemen dalam bidang Ilmu Perpustakaan dan juga pembahasan mengenai perilaku pengguna. Kemudian, hasil kajian bibliometrik yaitu dosen pembimbing yang paling banyak membimbing adalah Dr. Laksmi, S.S., M.A., dengan metode penelitian yang paling banyak digunakan yaitu metode kualitatif, serta kajian teori yang paling banyak digunakan adalah teori model SECI (Socialization, Externalization, Combination, dan Internalization) milik Nonnaka dan Takeuchi (1995) yang ditemukan dalam lima tesis mahasiswa dengan subjek Ekonomi dan Manajemen dalam Industri Informasi. Temuan penelitian yang menarik adalah jumlah topik penetitian tesis yang beragam dengan penggunaan teori yang juga beragam. Hal ini menunjukkan disiplin ilmu perpustakaan merupakan merupakan ilmu yang interdisiplin.

This study analyzes masters theses from the Library Science major at Universitas Indonesia from 2018 to 2022 using the bibliometrics method. The purpose of this study is to find the trends and the bibliometric analysis of the masters theses. This study uses a quantitative approach with the bibliometrics method. The number of master theses being analysed in this study is 73 theses. Components that are being analyzed in this study are the subjects in the theses, the supervising lecturers, the methods, and theories that they used in the theses. The results of this study indicate that the topic that is becoming a trend in theses research is management in the field of Library Science and user behaviour. And then, the results of the bibliometric study showed that the most active supervising lecturer was Dr. Laksmi, S.S., M.A., the most widely used research method was the qualitative method, and also the most widely used theoretical study was the SECI model (Socialization, Externalization, Combination, and Internationalization) written by Nonnaka and Takeuchi in 1995, this theory was found in five theses with Economics and Management in Information Industry as a subject.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>