Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154676 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Devina Agustin
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor internal dan
eksternal, posisi serta rancangan strategi dari layanan rawat inap RS Yadika
Pondok Bambu. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT, Matriks TOWS
dan Matriks IE. Hasil dari analisis SWOT adalah diidentifikasinya kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh rumah sakit. Berdasarkan
matriks TOWS posisi layanan rawat inap RS Yadika Pondok Bambu saat ini
berada pada internal fix it quadrant dengan rancangan strategi yang digunakan
adalah strategi WO yaitu dengan cara meminimalkan kelemahan untuk
memanfaatkan peluang. Dari matriks IE layanan rawat inap berada pada posisi sel
I yaitu grow and build dengan strategi yang dapat dilakukan adalah penetrasi
pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar. Setelah dilakukan
pencocokan dari kedua matriks tersebut maka strategi yang tepat adalah
pengembangan pasar dan pengembangan produk. Selain itu dari strategi ini
dibuatkan juga strategi untuk program bauran pemasaran yaitu berdasarkan 4P
(produk, harga, tempat dan promosi).

ABSTRACT
This study is conducted in order to identify the internal and external
factors, positioning and design marketing strategies for inpatient rooms of Yadika
Pondok Bambu Hospital. This study uses SWOT analysis, TOWS matrix, and IE
matrix. The SWOT analysis identified strength, weaknesses, opportunities and
threats of the hospital. Based on TOWS matrix, the position of inpatient room is
currently at internal fix it quadrant that can use WO strategies by minimizing the
weaknesses to take advantage of the opportunities. Based on IE matrix the
position is on grow and build cell that makes strategies that can be implemented
are market penetration, product development and market development. After the
matching of two matrices, the appropriate strategy is product development and
market development. In addition to this strategy, another strategy was designed
for marketing mix program based on 4P (product, price, place, promotion)."
Universitas Indonesia, 2013
T36080
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Armi Riana
"Keberhasilan pemasaran jasa pelayanan rumah sakit sangat ditentukan oleh pemahaman rumah sakit terhadap perilaku konsumen yang menjadi pelanggannya. Konsumen yang setia merupakan asset yang tak ternilai bagi rumah sakit. Dengan memaharrii tahapan-tahapan pembentukan kesetiaan pelanggan maka suatu organisasi akan mampu membentuk kesetiaan pelanggan.
RS Yadika merupakan rumah sakit swasta yang terletak di Pondok Bambu Jakarta Timur. Dari data tahun 2000 didapatkan hasil bahwa jumlah kunjungan pasien rawat jalan maupun rawat inap masih rendah, mengingat biaya untuk memperoleh pelanggan baru lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada maka pihak rumah sakit merasa perlu untuk melakukan perubahan dengan terlebih dahulu mengetahui aspek-aspek bauran pemasaran yang mempengaruhi loyalitas pelanggan RS Yadika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang hubungan antara tingkat loyalitas pelanggan dengan aspek-aspek bauran pemasaran Rumah Sakit Yadika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif Pengumpulan data primer dilakukan melalui kuesioner terhadap 141 orang responden.
Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki persepsi yang baik mengenai RS Yadika. Dari uji Chi Square temyata yang berhubungan terhadap loyalitas pelanggan RS Yadika adalah aspek distribusi yang terdiri dari variabel akses lokasi, akses waktu dan akses informasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hubungan antara aspek produk, aspek tarif, aspek promosi dan aspek SDM mungkin dapat lebih banyak diungkapkan melalui penelitian kualitatif.
Saran yang diusulkan adalah dilakukannya pengkajian oleh pihak manajemen RS Yadika untuk membangun suatu program customer retention marketing. Aplikasi program tersebut adalah program Relationship Marketing, Frequent Customer Gift, Testimonial Letter dan Recommend a friend or family member Reward.
Daftar Bacaan : 34 ( 1985 - 2001 )

Analysis of Marketing Mix Aspects Which Related to Customer Loyalty in Yadika HospitalAchievement of hospital marketing is strongly relying on their perception of customer behavior. Loyal Customer grows to be a valuable asset for health service provider. The understanding of customer loyalty development phases could construct consumer trustworthiness.
Yadika Hospital is a private hospital located at Pondok Bambu, East Jakarta. From year 2000 data of In Patient and Out Patient Rate, can be concluded that the number tend to be decreasing and showed no significant improvement. Considering on the situation, which is more expensive to reach new customer than to retain the old ones, then hospital management is willing to improve marketing strategy by identifiying their marketing mix which related to Yadika's customer loyalty.
Thesis objective is to discover relationship between Yadika's marketing mixes with their customer loyalty. There fore, this research is an observational study through cross-sectional quantitative analysis approach. Primary data collection is performed through self administered questionnaire toward 141 respondents.
Quantitative approach indicated majority of respondents are having good perception with the existing marketing mix at RS Yadika. The result of Chi Square test shows that the determining variables are: location aspect, waiting time aspect and access of information aspect. This research conclude: to perform the significance connection between products, prices, promotion and peoples with customer loyalty, this study should be completed with qualitative approach.
This thesis is also proposing suggestion to perform study of building the customer retention marketing programmed by hospital management. The application programmed, based on the research result are Relationship Marketing Programmed , Frequent Customer Gift, Testimonial Letter and Recommend a friend or family member Reward.
Bibliographies: 34 (1985 - 2001)"
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T10756
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Aziz
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26541
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Winardi
Bandung: Mandar Maju, 1989
658.8 WIN s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rangkuti, Freddy
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005
658.8 RAN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
T. Rendra Trisyah Putra
"ABSTRAK
Tesis ini membahas bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan oieh Eka Hospital dalam memasarkan sistem pelayanan, fasilitas dan peralatan canggih yang ditawarkan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptifl Hasil penelitian menyarankan bahwa divisi pemasaran (marketing) Eka Hospital hams lebih mcngutamakan proses brand awareness terhadap masyarakat pada umumnya, dengan begitu akan dicapai keputusan pembelian yang tepat dan brand loyalty oleh masyarakat terhadap Eka Hospital. Eka Hospital juga harus memperhatikan proses WOM (Word 0fMou1h), dengan WOM yang bagus dari pelanggan Eka Hospital maka akan mendatangkan citra yang bagus di mata khalayak umum.

Abstract
This thesis describes how marketing communication is used to promote the service system, facility and high technology equipment done by Eka Hospital. This research uses qualitative research with descriptive design. The result fom this research suggests that Eka Hospital marketing division must put brand awareness process as the primary strategy to achieve good image, so it can achieve precisely buying decision and brand loyalty from its customers. That?s why, Eka Hospital should pay attention to WOM (Word of Mouth) process because WOM will endorse Eka Hospital to get good image in customers? thought.
"
2011
T29382
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Perkasa Temadja
"Dengan pemahaman bahwa kompetisi yang makin ketat dengan pesaing di industri yang sama, ditambah dengan gejala klien-klien yang menggunakan jasa headhzmrer yang semakin banyak tuntutamaya, maka sudah selayaknyalah GLC mempunyai strategi pemasaran yang lebih baik untuk mencapai objektif bisnisnya. GLC akan mampu mcmbedakan dirinya dari kompctitomya hanya pada kemampuan GLC dalam membcrikan pelayanan yang baik secara berkelanjutan. Kualitas kandidat, speed atau kecepatan dalam mcngirimkan kandidat dan kualitas hubungan dengan para klien itu sendiri menjadi sangat penting. Metadologi yang digunakan untuk dalam tesis ini adalah observasi dan wawancara. Metode ini dilakukan untuk memahami strategi pemasarnn yang dilakukan GLC. Diperlukannya pcnelitian lebih lanjut untuk memperkuat analisis dan pembahasan dari strategi pemasaran GLC ini.

With an understanding that the competition is getting jiercer in the headhunter industry, and in addition the clients are more demanding in their necessities, it is apparent that GLC must have a better marketing strategy to achieve their business objective. GLC would be able to d@rentiate themselves from the competition by giving good services continuously. Quality of candidates, speed and the qualify of relationship with the clients are important. The methodology used in this thesis is observation and interview. This methodology is done to understand the marketing strategy of GLC. There is a need to conduct further research to strengthen the analysis and study of this marketing strategy of GLC."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T32340
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Zeta Lubna Aqila Zaafril
"Industri K-pop telah berkembang pesat dan meraih popularitas di Indonesia, salah satu grup K-pop yang berhasil meraih popularitas tersebut adalah NCT. Hal ini dapat didukung oleh strategi pemasaran SM Entertainment yang telah mengeksklusifkan penggemar Indonesia dalam sebagian besar kegiatan NCT. Penggemar NCT di Indonesia telah menyadari hal ini secara positif, bahkan menjadi topik yang ramai dibicarakan di media sosial. Namun, hal tersebut masih berupa reaksi yang belum mencerminkan pemahaman mendalam. Hingga saat ini, studi empiris yang meneliti pemaknaan penggemar terhadap perlakuan eksklusif NCT di Indonesia masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemaknaan NCTZen Indonesia terhadap strategi pemasaran SM Entertainment untuk NCT, menggunakan konsep relationship marketing untuk memahami bagaimana penggemar menginterpretasikan upaya pemasaran yang ditujukan kepada mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretatif, tidak hanya melihat bagaimana strategi tersebut dimaknai oleh penggemar NCT di Indonesia tetapi juga dengan interpretasi oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukan tiga hal, (1) perlakuan eksklusif NCT terhadap penggemar Indonesia menimbulkan loyalitas penggemar, (2) perlakuan eksklusif NCT dalam dimensi relationship marketing “bonding” sangat mempengaruhi para informan dalam merasa diperlakukan secara istimewa, sehingga hal tersebut berdampak signifikan pada timbulnya sikap dan perilaku loyalitas mereka, dan (3) hubungan istimewa antara NCT dan Indonesia dimaknai sebagai sebuah saluran untuk pertukaran budaya Korea dan Indonesia. Tiga hasil tersebut menunjukan pemaknaan penggemar yang lebih dalam dari sekedar reaksi positif. Meski demikian, ada beberapa saran penting agar hubungan NCT dan Indonesia dapat menjadi lebih baik kedepannya. Namun, melihat kesuksesan strategi pemasaran NCT dalam membangun loyalitas NCTZen di Indonesia, penerapan strategi oleh SM Entertainment, terutama terkait dengan konsep relationship marketing, dapat dijadikan contoh oleh perusahaan hiburan atau individu yang ingin membangun hubungan baik dan berkelanjutan dengan konsumen di Indonesia, tentunya dengan penyesuaian yang tepat.

The K-pop industry has rapidly expanded and gained popularity in Indonesia. NCT is one of the K-pop groups that has achieved this popularity. The success can be attributed to SM Entertainment's marketing efforts, which have provided exclusive treatment to Indonesian fans in many of NCT's activities. This special treatment has been positively recognized by NCT fans in Indonesia and has become a widely discussed topic on social media. However, these reactions on social media do not yet reflect a deep understanding of how Indonesian NCTZen perceive this exclusive treatment. Empirical studies examining fans' interpretations of NCT's exclusive treatment are still limited. Therefore, this research aims to explore how Indonesian NCTZen give meanings to SM Entertainment's marketing strategies for NCT, using the concept of relationship marketing to understand how fans respond to these marketing efforts. This study use a qualitative approach with interpretative paradigm, examining not only how Indonesian NCT fans interpret these strategies but also using the researcher's interpretation. The findings indicate three main things; (1) the exclusive treatment for Indonesian NCTZen, result in fan loyalty. However, each informant has their own way of expressing their loyalty, which can be linked to how they perceive NCT's relationship with Indonesia, (2) "bonding" is a dimension of relationship marketing that significantly influences informants to feel special, giving impact to their attitudes and behaviors of loyalty, and (3) the special relationship between NCT and Indonesia is seen by the informants as a channel for mutual cultural exchange between Korea and Indonesia. The three results show a deeper fan interpretation than just positively recognized. Nonetheless, there are still several important suggestions for SM Entertainment to further improve the relationship between NCT and Indonesia in the future. Given the success of NCT's marketing strategies in building loyalty among Indonesian NCTZen, SM Entertainment's approach, especially those related to relationship marketing, can serve as a model for entertainment companies or individuals aiming to build strong and sustainable relationships with consumers in Indonesia, with adjustments."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riska Gininda Arginnovianty
"Pemasaran merupakan proses menciptakan, mengomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan serta mengelola hubungan pelanggan yang saling menguntungkan antara organisasi dan pemilik saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk Poli Kandungan dan Kebidanan RS Masmitra dengan pendekatan commercial marketing dan social marketing. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, sedangkan metode kualitatif dilakukan dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran 4P untuk Poli Kandungan dan Kebidanan adalah memaksimalkan program senam hamil, parenting club, dan mengadakan pemeriksaan HIV untuk ibu hamil dan pasangan product ; menghitung unit cost, membuat standarisasi clinical pathway, memanfaatkan fornas dan e-catalogue, serta membuat kartu membership price ; mengadakan kunjungan ke komunitas para ibu serta mengadakan penyuluhan di sela-sela waktu tunggu pasien place ; dan memperbaharui media promosi yang ada serta mengembangkan media promosi baru promotion .
Marketing is a process of creating, communicating, and delivering value to customers and managing customer relationship of mutual benefit between the organization and shareholders. This study aims to develop a marketing strategy for Poli Kandungan dan Kebidanan RS Masmitra with commercial marketing and social marketing approach. This study used cross sectional design with quantitative and qualitative methods. Quantitative methods conducted by distributing questionnaires, while the qualitative methods used in depth interview. The results of this research for 4Ps marketing mix strategies are to maximize pregnancy exercise program, parenting club, and conduct HIV testing for pregnant women and couples product calculate the unit cost, standardize clinical pathway, utilizing fornas and e catalogue, and make a membership card price visit the mother rsquo s community and provide an intervention when patients are waiting place and update the existing media campaign as well as developing new promotional media promotion ."
2016
S66360
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sofjan Assauri
Jakarta: Rajawali, 2013
658.8 SOF m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>