Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158139 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indra Priawan Djokosoetono
"Penelitian ini mengkaji aspek risiko dan finansial terhadap proses supply chain dan bisnis pada Mini Plant LNG. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengevaluasi risiko yang ada pada bisnis LNG dan menentukan bobot risiko dan faktor finansial sehingga dapat menentukan pilihan terbaik terhadap pengambilan keputusan dan memilih investasi pada berlangsungnya bisnis dan operasi pada Mini Plant LNG.
Kemudian akan didapat analisa dan pembobotan faktor-faktor risiko yang kemudian akan dapat dilakukan mitigasi terhadap risiko yang ada. Pendekatan yang dilakukan adalah Project Risk Management yang kemudian akan dilakukan analisa kuantitatif dan analisa kualitatif. Pada analisa kuantitatif akan dilakukan menggunakan pembuatan Financial Model yang kemudian data dari hasil model tersebut akan dilakukan proses analisa Monte-carlo untuk mendapatkan random number.
Dari simulasi Monte-carlo akan dilakukan perhitungan VaR (Value at Risk). Pada analisa kualitatif akan dibuat Risk Model dengan meggunakan Risk Register. Yang kemudian dari hasil dua analisis tersebut akan dihasilkan faktor dan risiko mana saja yang memiliki bobot dan dampak paling besar dalam bisnis LNG. Yang kemudian hasil dari penelitian ini adalah pengambilan kebijakan dan keputusan terhadap risiko yang mempengaruhi bisnis LNG.

This study examines the risk and financial aspects of the supply chain and business processes on the Mini LNG Plant. The purpose of this study was to evaluate the risks that exist in the LNG business and determining the weight of the risks and financial factors that can determine the best option for making decisions and selecting investments in the course of business and operations at the LNG Mini Plan.
Which then will come the analysis and weighting of risk factors that could then be done to mitigate existing risks. The approach taken is Project Risk Management which will then be analyzed with quantitative and qualitative analysis. In the quantitative analysis will be conducted using the Financial Model manufacture then the data from the results of the model will perform an Motecarlo analysis to get a random number.
VaR (Value at Risk) will be calculated from Monte-carlo simulation. In the qualitative analysis will be made with receipts Risk Model with Risk Register. Then the results of the two analyzes and risk factors will produced a weight and the greatest impact in the LNG business, then the results of this research are to making policies and decisions that affect the risk of LNG business.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53117
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teddy Bertrand
"Dalam proyek pembangunan, terdapat berbagai risiko yang mungkin terjadi. Risiko-risiko tersebut dapat merugikan perusahaan dalam hal peningkatan biaya, terhambatnya kegiatan operasional, dll. Terkait hal tersebut, penelitian ini mengkaji aspek risiko dan finansial dalam proyek pembangunan Mini LNG Plant Semar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran kemungkinan risiko yang terjadi dan dampak dari risiko tersebut terhadap nilai ekonomi proyek pembangunan ini.
Penelitian ini menggunakan metodologi Project Risk Management yang terdiri dari Risk Identification, Qualitative Risk Analysis, Quantitative Risk Analysis, dan Risk Responses and Planning. Untuk melakukan identifikasi kemungkinan risiko yang terjadi dalam proyek digunakan Kuesioner Risk Identification. Daftar kemungkinan risiko yang didapat, kemudian dikelompokan dalam model Risk Register, lalu dilakukan pembobotan jenis risiko berdasarkan probabilitas dan dampak risiko dalam proyek. Perhitungan dampak risiko secara kuantitatif menggunakan data hasil perhitungan Financial Model.
Perhitungan nilai CAPEX, OPEX, Payback Period, NPV dan IRR dari Financial Model akan direplikasi dengan menggunakan simulasi Monte Carlo untuk mendapatkan hasil penghitungan data random. Untuk menganalisa pengaruh dari CAPEX dan OPEX terhadap Payback Period, NPV, dan IRR dari proyek ini digunakan metode perhitungan Expected Shortfall. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa risiko yang terjadi dapat meningkatkan CAPEX dan OPEX yang berbanding lurus dengan kenaikan Payback Period dan menurunkan IRR.

In a development project, there are various risks that may occur. These risks can be detrimental to the company in terms of increased costs, delays in operations, etc. Related to this, the study examines the risk and financial aspects in Semar Mini LNG Plant development project. The purpose of this study is to obtain an overview likelihood of the risk occurring and the impact of such risks on the economic value of the project.
This study uses the methodology of Project Risk Management consisting of Risk Identification, Qualitative Risk Analysis, Quantitative Risk Analysis, and Risk Responses and Planning. To identify possible risks in the project used the Risk Identification Questionnaire. Obtained list of possible risks, then grouped in Risk Register Model, and the type of risk weighted based on the probability and impact of risk against the project. Calculation of the risk impact quantitativelyusing data from Financial Model.
The calculation of CAPEX, OPEX, Payback Period, NPV, and IRR of the Financial Model will be replicated by using Monte Carlo Simulation to obtain the results of random calculated data. To analyze the influence of the CAPEX and OPEX against the Payback Period, NPV, and IRR of the project is using Expected Shortfall Method. From the research, it was found that the risk of that happening may increase CAPEX and OPEX that are directly proportional to the increase in Payback Period and decrease in IRR.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56019
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roja Sonaji
"Mini LNG plant adalah kilang LNG berskala kecil yang cocok diterapkan di Indonesia karena geografis serta kebutuhan pasar akan gas yang masih tidak terlalu tinggi. Mengingat mini LNG plant yang memiliki peran penting sebagai pendukung suksesnya program diversifikasi bahan bakar yang dicanangkan pemerintah, diperlukan manajemen risiko pada proyek mini LNG plant agar risiko-risko yang ada dapat ditangani sehingga tidak menghambat proyek.
Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis risiko yang mungkin terjadi pada proyek mini LNG plant secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui dampak dari risiko menggunakan metode Project Risk Management.
Hasil dari penelitian ini adalah risiko yang terangkum dalam Risk Register, nilai Value-at-Risk (VaR), serta perencanaan respon risiko dengan kategori tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi refrensi dalam mengelola dan menangani risiko khususnya untuk fasilitas LNG ke depannya.

Mini LNG is a small-scale LNG plant, which is considered suitable to be applied in Indonesia due to Indonesia?s geographical as well as its growing market of gas. Because of its importance to support the success of fuel diversification launched by the government, it?s necessary to implement the risk management on the project in order to manage the risks so that the effects can be reduced.
This research focused on identifying and analyzing the possible risks that might be occurred in the mini LNG plant with qualitative and quantitative analysis using Project Risk Management.
The result of this research is a risk database in a Risk Register, the Value-at-Risk (VaR), and the risk response planning for the high risk. This research is expected to be a reference in managing and mitigating risks in the future, especially for LNG facilities.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59763
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atiqah Zulfa Nadia
"Ketidakpastian permintaan menjadi sebuah tantangan bagi perusahaan dalam mengatur tingkat persediannya agar dapat memberikan tingkat pelayanan yang baik dengan tetap memperhatikan jumlah persediaan yang tidak berlebih. Manajemen pengendalian persediaan yang diterapkan saat ini pada pabrik compounded polycarbonate belum optimal sehingga biaya total persediaan menjadi tinggi. Oleh sebab itu, penerapan manajemen persediaan probabilistik Q-model diusulkan untuk memungkinkan pemantauan tingkat persediaan secara kontinu dengan penentuan dua parameter yaitu order quantity dan reorder point. Simulasi Monte Carlo dilakukan untuk menganalisis biaya yang dihasilkan oleh kebijakan persediaan saat ini dan kebijakan persediaan usulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan biaya total persediaan dari kebijkan usulan lebih rendah dibanding kebijakan saat ini. Kebijakan optimal tidak semata-mata hanya menurunkan biaya tetapi juga tetap mempertahankan tingkat pelayanan yang memuaskan, sebagaimana dibuktikan dengan nilai fill rate di atas 90%.
Demand uncertainty becomes a challenge for a company to manage its inventory level so that it can give high service level and keep a low level of inventory at the same time. High total inventory cost in compounded polycarbonate plant is caused by the not optimal inventory control management. Q-model, as a probabilistic inventory management, is suggested to allow a continuous review for the inventory level by determining two parameters which are order quantity and reorder point. Monte Carlo simulation is done to analyze total cost obtained from current and proposed inventory policy. Result of this study shows that proposed policy results in lower total inventory cost than current policy. The optimal policy is not only focus on reducing the cost but it also maintain a satisfying service level, as proven by 90% of fill rate."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53684
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Syukrina Abrar
"Perpustakaan UI dibangun sebagai salah satu komitmen UI dalam mencapai visi nya sebagai Universitas kelas dunia. Sebagai sebuah infrastruktur yang mengemban visi UI, perpustakaan pusat UI perlu menggunakan sumberdayanya dengan efisien dan memberikan pelayanan kepada civitas akademika secara memuaskan. Contoh pelayanan utama yang diberikan perpustakaan adalah pelayanan pengembalian dan peminjaman buku. Untuk dapat mengukur performa pengembalian dan peminjaman buku, pendekatan simulasi diskrit perlu dilakukan. Berdasarkan simulasi diskrit pada perpustakaan Universitas Indonesia, terdapat beberapa sumber daya operator pada bagian peminjaman yang tidak optimal. Dengan menggunakan simulasi, jumlah operator yang optimal pada bagian peminjaman dapat ditentukan. Simulasi juga menunjukan bahwa jumlah operator pada bagian pengembalian saat ini sudah optimal.

Universitas Indonesia library was built as the commitment of university for creating universitas indonesia a world class university. As an infrastructure which brought universitas indonesia vision, universitas indonesia library need to use It’s resource as efficient as possible and give satisfied service to academic society. Some of the important example of services given by the library are borrowing and returning books. In order to measure the performance of borrowing and returning book service, discrete simulation approach is necessary. Based on the discrete simulation, some of operator resources in borrowing book service are not optimally used. By using the simulation, optimal number of operator can be determined. Based on the simulation result, the current number of operator in returning services is optimal."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52845
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferinda Partiningrum
"Meningkatnya kebutuhan akan reagen di Indonesia pada saat ini membuka peluang besar bagi industri tersebut. Sebagai industri yang masih baru di Indonesia, dibutuhkan suatu sistem operasi proses berbentuk aliran material dan prosedur yang efektif serta efisien guna mempersiapkan diri untuk pemenuhan permintaan tidak hanya pada saat ini tetapi juga pada masa yang akan datang. Penelitian ini mengajukan analisis sistem produksi dengan pendekatan lean operations menggunakan Value Stream Mapping (VSM) dan simulasi kejadian diskrit sehingga diperoleh usulan penetapan waktu standar untuk mengurangi aktivitas yang bersifat non-value added.secara menyeluruh Berdasarkan hasil simulasi, pengurangan aktivitas non-value added dengan penetapan standardized work mampu mempersingkat waktu proses produksi reagen serta dapat dijadikan acuan bagi industri ini untuk mempersiapkan diri terhadap peningkatan permintaan.yang diprediksi terjadi di masa mendatang.

The increasing demand of reagent broadens the opportunity for this industry and drives it to capture the market. As a recently developed industry in Indonesia, reagent industry needs a basis in operation process, which consists of material flow and procedures, which is efficient and effective to fulfill the growing demand not only in this current condition but also in the future. In this paper, lean operations approach is used to analyze the current production system to increase customer value through eliminating waste. Value Stream Mapping (VSM) of this current condition is developed. The use of standardized work is chosen to decrease the non-value added activity completely. Afterward, the lean operations based process is tested using discrete-event simulation to see its impact for this whole production system. Based on simulation results, the elimination of nonvalue added activities through standardized work reduces process time. Therefore, the lean operation process can be applied as guidelines for reagent industry to prepare for upcoming growth of demand.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53124
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lukat Nur Halim
"Perkembangan industri di Indonesia semakin meningkat, khususnya industri manufaktur. Perkembangan industri dipicu karena permintaan konsumen yang meningkat. Dampak dari kenaikan permintaan yang sangat tinggi itu adalah ketidakmampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan yang ada disebabkan oleh kapasitas produksi yang tidak bisa mengimbangi permintaan pasar. Setting kanban pada heijunka post yang tepat dapat menjadikan produktifitas dari lini produksi meningkat. Dalam perkembangannya, setting kanban pada heijunka post sangat sulit untuk dilakukan karena berbagai masalah. Untuk mengatasi kesulitan diatas dapat digunakan goal chased method untuk mengatasi ketidakteraturan produksi. Metode goal chased adalah metode yang dikembangkan oleh Toyota untuk mengatasi permasalahan ketidakseimbangan beban kerja pada lini produksi.

Industry development in Indonesia has developed, particularly in manufacture industry. Industrial development triggered by the growing consumer demand. The impact of the increase in demand is the company's inability to meet existing demand caused by the production capacity can't compensate for market demand. The right setting kanban on heijunka post can make the increase of productivity in production line. In the development process, setting kanban on heijunka post is very difficult to do because of the various problems. To overcome the difficulties above, can be used goal chased method to anticipated irregularity production. Goal chased method is a method developed by Toyota for solving the problem of workload on the production line."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42807
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anindya Hassanti Tamin
"ABSTRAK
Seiring dengan berkembangnya teknologi, fenomena internet memiliki peran yang
sangat penting. Di Indonesia sendiri, fenomena internet cukup berkembang sangat
pesat dalam 12 tahun terakhir ini. Salah satu fenomena yang berkembang seiring
dengan peningkatan penggunaan internet adalah tumbuhnya e-commerce. Salah satu
tipe situs e-commerce di Indonesia yang sedang marak adalah situs e-retailer.
Walaupun e-commerce di Indonesia meningkat setiap tahunnya ternyata masih
banyak sekali orang yang masih ragu untuk melakukan transaksi pada suatu situs
online. Menurut salah satu penelitian mengatakan bahwa konsumen memberanikan
diri untuk berbelanja pada suatu situs yang memiliki rekomendasi yang baik.
Sehingga kepuasan pelanggan memiliki peran sangat besar. Oleh karena itu perlu
kiranya dilakukan analisa preferensi konsumen terhadap atribut situs e-retailer secara
komprehensif yang ditinjau dari faktor teknologi, faktor berbelanja dan faktor produk.
Penelitian ini dilakukan terhadap 124 pengguna situs e-retailer yang tinggal di
Jabodetabek. Adapun metode yang digunakan adalah Conjoint analysis serta Cluster
analysis untuk menentukan segmentasi. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa
urutan aspek dari yang paling penting pada sebuah situs e-retailer adalah keragaman
produk yang ditawarkan, keamanan situs e-retailer, kepercayaan konsumen,
Kenyamanan berbelanja, nilai dari produk yang dibeli, pengiriman produ, privasi data
konsumen dan yang terakhir adalah fitur dan desain situs.

ABSTRACT
Along with the development of technology, the Internet phenomenon has a very
important role in our everyday life. In Indonesia, this phenomenon is developing very
rapidly in the past 12 years. Another phenomenon that is growing along with the use
of the Internet is e-commerce. One of e-commerce sites that are emerging in
Indonesia is e-retailer. Although e-commerce in Indonesia is increasing every year
there are still many people who are reluctant to do transactions on an online site.
According to a research, consumers are more attracted to a site that has a good
recommendation. So the customer satisfaction has a very important role. Therefore, it
would needed to analyze comprehensively the consumer preferences for attributes of
the e-retailer sites in terms of technology factors, shopping factors and product
factors. This study was conducted on 124 users of e-retailers who live in Jakarta,
Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi Area. The method used is Conjoint analysis
and Cluster analysis to determine segmentation of consumers. The results of this
study is that the three most important aspect of an e-retailer in order to increase the
level of customer satisfaction is the diversity of products offered, followed by the
security of e- retailers, and consumer’s trust. These are followed by shopping
convenience, the value of the product purchased, shipping, data privacy and features
of the site."
2014
S53126
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Ramadhana Indaryanto
"Implementasi pembuatan software CMMS ditujukan untuk kegiatan maintenance dari pesawat angkut tipe sedang. CMMS dibuat dengan menggunakan java sebagai bahasa pemrograman berbasis objek. Metode penelitian dilakukan dengan cara observasi langsung kepada perusahaan terkait. Pembuatan software CMMS dinilai dapat menjadi penghubung antara teknisi sebgai pelaksana lapangan dan pihak manajerial sebagai pihak yang mengolah data terkait. Implementasi dari CMMS disesuaikan dengan kegiatan maintenance yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut, sehingga tidak akan menyulitkan pengguna dalam ber adaptasi terhadap sistem tersebut. CMMS juga dapat mengoptimalkan kinerja maintenance yang dilakukan perusahaan tersebut, terutama dalam hal schedulling, dan penyimpanan data.

Implementation of CMMS software development activities aimed at the maintenance of the type of medium transport aircraft. CMMS created using Java as object-based programming language. Methods of research done by direct observation related to the company. CMMS software development can be assessed as a liaison between technicians and field operators as the managerial process data related parties. Adapted to the implementation of CMMS maintenance activities that have been performed by the company, so it will not be difficult for users to adapt to the system. CMMS can also optimize the performance of maintenance by the company, especially in terms of scheduling, and data storage."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45867
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Puspita
"Salah satu strategi pemasaran yang sudah banyak dilakukan pada produk FMCG di pasaran adalah bundling. Penelitian sebelumnya tentang bundling dapat dibagi menjadi 4 kategori yaitu analisis ekonomi bundling; penelitian marketing mengenai optimalitas bundling dengan menggunakan pendekatan ekonomi; aspek psikologi konsumen terhadap bundling; dan evaluasi konsumen terhadap bundling (Shibin Sheng, 2004).
Dua jenis penelitian pertama sudah sering dilakukan, namun aspek psikologis dan behavioral konsumen terhadap bundling masih kurang diketahui dan belum banyak penelitian yang membahasnya lebih dalam. Padahal, atensi pembelanja terhadap suatu produk sangat penting dalam pengambilan keputusan pembelian. Kenyataan inilah yang mendorong perlunya dilakukan penelitian mengenai lebih lanjut mengenai atensi pembelanja terhadap beberapa faktor stimuli berupa komponen/faktor pada bundling.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah diperolehnya faktor-faktor yang mempengaruhi atensi pembelanja pada bundling, sehingga dapat menjadi acuan yang tepat dan efektif untuk bundling bagi produsen maupun retailer. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan eye-tracking, dan penelitian ini didesain dengan desain faktorial fraksional.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor yang signifikan dalam mempengaruhi atensi pembelanja pada bundling adalah jumlah produk, komposisi produk, framing diskon, dan peletakan. Sementara itu, faktor cara pengemasan terbukti tidak signifikan. Level yang dominan dan paling berpengaruh dalam menarik atensi pembelanja pada setiap faktor yang diujikan yaitu, bundling dengan jumlah 3 produk, komposisinya terdiri dari produk utama dan komplemen, tampilan label harga revised price, seluruh produk terlihat dan pengemasannya tidak menggunakan penutup.

One of the marketing strategy applied to FMCG products is bundling. The researches about bundling consist of 4 categories, they are economy analysis of bundling; marketing optimality; psychological aspect; and consumer evaluation (Shibin Sheng, 2004).
The first two categories have been done often, but there were only a very few researches regarding consumer’s psychological and evaluation aspect of bundling. Whereas, attention is very important since it determines the buying decision. The facts above urge the need for a research about bundling and consumer’s attention.
The aim of this research is to determine the factors of bundling affecting consumer’s attention, so the company/retailer can have guidance to bundle products accordingly, based on consumer’s attention. The data collection method uses eye-tracking and this research uses fractional factorial design.
From the result, it is concluded that significant bundling factors affecting consumer’s attention are amount of product, composition, discount frame, and product’s position in the bundle. The dominant factor’s levels attracting consumer’s attention the most are bundling consists of three products, the composition consists of main and complement product, using revised price discount frame, all products are visible, and the packaging don’t use a cover.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52768
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>