Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 119268 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arina Pramudita
"Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam pertumbuhan ekonomi di Jepang. Berdasarkan target yang diinginkan pemerintah untuk mendatangkan wisatawan asing 25 juta di tahun 2020, industri pariwisata Jepang mulai memberikan perhatian terhadap wisatawan muslim. Penelitian ini membahas mengenai industri pariwisata Jepang yang meningkatkan upaya menarik wisatawan muslim. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan tinjauan pustaka sebagai sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa industri pariwisata Jepang mampu menyesuaikan antara penawaran dan permintaan wisatawan muslim sebagai upaya menarik wisatawan asing ke Jepang sebagai pasar potensial. Menyesuaikan penawaran dan permintaan tersebut dengan cara meningkatnya fasilitas dan kesadaran Jepang untuk menyesuaikan dengan peraturan Islam untuk kenyamanan wisatawan muslim selama berada di Jepang. Dengan terpenuhinya kenyamanan untuk wisatawan muslim, maka dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk mencapai target di tahun 2020.

Tourism has been importance as one of sectors enhacing economic growth in Japan. According to the government’s goal of attracting 25 million tourist by 2020, Japanese tourism industry is beginning to pay attention to muslim tourists. This article is about Japanese tourism industry boosting efforts to attracts muslim tourists. This article using descriptive-analytical method and literature review as a sources.
The result shows that Japanese tourism industry was able to adjusts between supply and demand from muslim tourists as an efforts to attract muslim tourist to Japan as a big potential target. The balance between supply and demand accompanying with increasing facility and mindful that related Islam law to make muslim tourists more comfortable. And have a big chace to reach the target in 2020.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tawfiq Salam Ikhtianto
"Semakin bertambahnya populasi Muslim dunia mendorong maraknya praktik pariwisata halal di dunia. Jepang sebagai salah satu negara dengan minoritas penduduk Muslim turut berusaha untuk menarik minat turis Muslim untuk berkunjung dan berwisata di negaranya. Dengan terus bertambahnya jumlah turis Muslim ke Jepang, industri pariwisata halal bisa menjadi sebuah prospek yang menjanjikan bagi industri pariwisata Jepang. Kepuasan turis Muslim dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan keungtungan bisnis yang lebih besar melalui pendapatan dan market share yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kausal antara variabel Muslim Tourist Perceived Value (MTPV) dengan kepuasan berwisata turis Muslim. Sample pada penelitian ini adalah 170 turis Muslim yang pernah mengunjungi Jepang dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) pada Lisrel 8.8. Pada penelitian ini ditemukan bahwa kualitas, emosi dan atribut fisik Islami memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan turis Muslim. Sedangkan harga, sosial dan atribut non-fisik Islami tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan turis Muslim.

The increasing number of the world's Muslim population encourages the number of halal tourism practices in the world. Japan as one of the Muslim minority countries also tries to attract Muslim tourists to visit and travel in their country. With the growing number of Muslim travelers to Japan, the halal tourism industri can be a promising prospect for the Japanese tourism industri. The satisfaction of Muslim tourists can be utilized to get greater benefits through higher income and market share. This study aims to look at the causal relationship between the Muslim Tourist Perceived Value (MTPV) variables and the satisfaction of Muslim tourists. The sample in this study was 170 Muslim tourist who had visited Japan in the past four years. Data is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method on Lisrel 8.8. This study found that the quality, emotion and Islamic physical attributes had a positive influence on the satisfaction of Muslim tourists. Whereas price, social and Islamic non-physical attributes have no influence on the satisfaction of Muslim tourists.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elli Rahmawati Zulaeha
"Sejak tahun 2003 berdasarkan kebijakan Perdana Menteri Junichiro Koizumi, pariwisata di Jepang mulai dikembangkan. Beberapa strategi dilakukan pemerintah Jepang untuk target pencapaian wisatawan asing sebanyak 10 juta orang pada tahun 2010. Strategi-strategi yang dilakukan berupa penunjukkan menteri yang mengurusi pariwisata, pembuatan undang-undang promosi pariwisata dan undang-undang yang berkaitan dengan pariwisata, pengembangan infrastruktur, pelaksanaan kampanye pariwisata, pendaftaran situs alam dan budaya ke UNESCO, pembentukkan agen pariwisata. Semenjak strategi-strategi pengembangan pariwisata dilakukan di Jepang, beberapa pencapaian diraih seperti jumlah wisatawan asing mengalami peningkatan yang signifikan. Namun demikian, target pencapaian tidak tercapai akibat adanya beberapa hambatan berupa peristiwa atau situasi diluar kondisi seperti gempa bumi dan krisis ekonomi global.

Since 2003 based on Prime Minister of Junichiro Koizumi’s policy, tourism in Japan has been develoved. Some strategies have done for achieving a target 10 million foreign tourist in 2010. The strategies that have been done are the appointment of minister in charge of tourism, tourism legislation and regulation relating to tourism, infrastructure development, tourism campaign implementation, registration natural and cultural sites to UNESCO and the formation tourism agency. Since the tourism development strategies carried out in Japan, some of the accomplishment achieved as the number of foreign tourists has increased significantly. Nevertheless, the achievement of the target was not achieved due to several obstacles such as earthquake, global economic crisis."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septalia Anugrah Wibyaninggar
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai halal tourism di Jepang, sebuah strategi pariwisata baru di Jepang dengan wisatawan Muslim sebagai sasarannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis melalui pendekatan kualitatif dengan metode interpretasi data. Strategi halal tourism di Jepang mencakup bidang restoran, bidang akomodasi dan transportasi, organisasi yang menangani halal tourism, serta layanan informasi, dengan tetap mempertahankan kearifan lokal Jepang. Penerapan strategi halal tourism berimplikasi pada peningkatan ekonomi dan hubungan diplomasi.

ABSTRACT
This research attempts to investigate halal tourism in Japan as its new tourism strategy toward Muslim as its playing field. This study is an analytical descriptive research used qualitative approach through data interpretation method. The halal tourism strategy comprises restaurant, accommodations and transportation, association or institution which related to halal tourism, and also information services while maintaining Japanese local wisdom. Halal tourism strategy has implication to economic improvement and diplomatic relation.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016
T44985
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widya Muslima Utami
"ABSTRAK
Industri pariwisata sangat mempengaruhi peningkatan perekonomian negara Jepang. Peran pemerintah lokal, masyarakat, dan organisasi pariwisata lainnya sangat berperan besar dalam mempromosikan destinasi wisata di suatu daerah agar dapat menarik minat wisatawan lokal maupun asing. Penelitian ini membahas mengenai strategi pariwisata Jepang melalui sistem green tourism, khususnya di kawasan wisata Hokkaido yang melibatkan wisatawan sepeda. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan tinjauan pustaka sebagai sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kawasan wisata yang memiliki sistem green tourism, seperti alam, pegunungan, taman nasional, serta atraksi wisata budaya lokal yang baik dapat meningkatkan minat wisatawan sepeda berkunjung ke Hokkaido. Hal ini juga didukung dengan fasilitas, infrastruktur, dan informasi destinasi wisata.

ABSTRACT
Tourism industry has high impact for economic in Japan. Support from local government, public, tourism organization is very important in order to promote tourism destination to get attention of local and foreign tourist. This study will describe about Japanese tourism strategy through green tourism system, especially in tourism area in Hokkaido which involves bicycle tourist. This study using description analysis method supported by desktop research from some sources. The result of this study indicate that tourism area that has green tourism system, such as nature, mountain, national garden and local culture attraction can increase bicycle tourist interest to visit Hokkaido. Those are supported by facilities, infrastructure, and tourism destination information."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Oka A. Yoeti
Bandung: Angkasa, 1985
338.4 OKA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bani Ibnu Fikri
"Penerapan pariwisata halal di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah khususnya dari sektor pariwisata. Penerapan kebijakan ini sudah diimplementasikan dengan dikeluarkannya Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2016. Kendati demikian, determinan wisatawan muslim dalam mengembangkan loyalitas mereka terhadap destinasi pariwisata halal di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat belum sepenuhnya dipahami. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas wisatawan muslim terhadap pariwisata halal di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini mengadopsi model Theory of Tourism onsumption Systems (TCS) sebagai kerangka teori dan melakukan pendekatan studi kuantitatif dengan menggunakan metode structural equation modeling (SEM). Data primer dikumpulkan melalui survei secara online dengan metode quota sampling yang melibatkan 1068 responden yang pernah melakukan perjalanan wisata ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa experience quality, perceived value, destination image, dan religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan muslim pada pariwisata halal di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hasil studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya literatur terkait pariwisata halal dan dapat menggambarkan potensi pariwisata halal dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara sehingga dapat dijadikan acuan bagi KEMENPAREKRAF, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya.

The implementation of halal tourism on the island of Lombok, West Nusa Tenggara has a positive role in increasing regional economic growth, especially from the tourism sector. The implementation of this policy has been implemented with the issuance of Regional Regulation no. 2 of 2016. However, the determinants of Muslim tourists in developing their loyalty to halal tourism destinations on the island of Lombok, West Nusa Tenggara are not yet fully understood. Therefore, this study aims to analyze the factors that influence the loyalty of Muslim tourists to halal tourism on the island of Lombok, West Nusa Tenggara. This study adopted the Theory of Tourism consumption Systems (TCS) model as a theoretical framework and carried out a quantitative study approach using the structural equation modeling (SEM) method. Primary data was collected through an online survey using the quota sampling method involving 1068 respondents who had traveled to Lombok Island, West Nusa Tenggara. The results of this study indicate that experience quality, perceived value, destination image, and religiosity have a significant influence on the satisfaction and loyalty of Muslim tourists to halal tourism on the island of Lombok, West Nusa Tenggara. The results of this study are expected to contribute in enriching the literature related to halal tourism and can describe the potential of halal tourism in increasing the country's economic growth so that it can be used as a reference for KEMENPAREKRAF, local governments, and other stakeholders."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silvana Yuliani
"Jumlah wisatawan Muslim yang datang ke Jepang semakin bertambah. Faktor pendorongnya adalah kebijakan bebas visa, meningkatnya jumlah fasilitas ruang sholat dan menu makanan halal, depresiasi yen yang berkaitan erat dengan biaya perjalanan murah, serta deflasi Jepang yang menyebabkan harga barang-barang cenderung stabil. Kyoto salah satu kota di Jepang yang giat menjadikan kotanya sebagai Muslim friendly city dengan menyediakan ruangan sholat, restoran halal, hotel ramah Muslim yang tersebar di beberapa lokasi. Namun konsep wisata ramah Muslim menjadi sesuatu yang dikomodifikasi sedemikian rupa untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif eksploratif yang bertujuan memberikan gambaran potensi Kyoto sebagai kota tujuan wisata halal serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memperngaruhi implementasi Muslim Friendly Tourism (MFT) untuk mendapatkan gambaran yang faktual dan akurat mengenai kecenderungan munculnya praktik-praktik komodifikasi MFT. Konsep teori yang dijadikan alat analisis untuk menghasilkan kesimpulan adalah kerangka konsep MFT oleh COMCEC dan teori komodifikasi oleh Cohen.
Hasil penelitian didapatkan pertama, faktor-faktor yang memperkuat potensi Kyoto sebagai kota wisata adalah keunggulan kompetitif berupa Sumber Daya Manusianya yang kreatif dan inovatif serta keunggulan komparatif berupa lanskap kota kuno dan bentang alam yang indah. Kedua, implementasi MFT di Kyoto sudah berjalan sesuai kerangka konsep teori COMCEC yaitu key faith based needs, Demand side key themes, dan Supply side key themes. Ketiga, bukti terjadinya praktik komodifikasi MFT adalah kontradiksi antara program wisata Muslim friendly Kyoto dengan The Gay and Lesbian Guide to Japan,serta tidak adanya sinergi visi-misi antara Muslim friendly Kyoto dengan Kyoto Muslim Association.

The number of Muslim tourists visiting Japan is increasing. The driving factor is the visa-free policy, the increasing number of prayer room facilities and halal menus, the depreciation of yen which impact to the cost of cheap travel, and Japan's deflation which causes prices of goods to be stable. Kyoto, one of the cities in Japan that actively makes its city as Muslim friendly city by providing prayer rooms, halal restaurants, Muslim-friendly hotels, are spread over several locations. But the concept of Muslim-friendly tourism is something commodified in such a way as to gain maximum profit.
This study uses a qualitative method with a descriptive exploratory analysis approach that aims to provide an overview of Kyoto's potential as a halal tourist destination city and identify factors that influence the implementation of Muslim Friendly Tourism (MFT) to obtain a factual and accurate picture of the tendency to emerge MFT commodification . The theoretical concept used as an analytical tool to draw conclusions is the concept of MFT by COMCEC and the commodification theory by Cohen.
The results were obtained first, the factors that strengthened Kyoto's potential as a tourist city because it was supported by competitive advantages in the form of creative and innovative human resources and comparative advantages in the form of ancient city and beautiful landscapes. Second, the implementation of the MFT in Kyoto has been in line with the theoretical conceptual framework of COMCEC, namely key faith based needs, demand side key themes, and supply side key themes. Third, the evidence for the commodification of the MFT is the contradiction between the Kyoto-friendly Muslim tourism program and The Gay and Lesbian Guide to Japan, and the absence of a synergy of vision and mission between Muslim friendly Kyoto and the Kyoto Muslim Association."
Depok: Universitas Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global, 2019
T51944
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Fadhilah Wira Shafiyyah
"Kementerian Pariwisata dalam pembangunan pariwisata berusaha meningkatkan pertumbuhan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Agar tercapainya target wisatawan mancanegara, Kementerian Pariwisata khususnya bagian Pemasaran Mancanegara (II) area Jepang memberikan kontribusi dengan melakukan strategi promosi yang dibagi menjadi 4 bidang (Festival, Pameran, Sales Mission, Familiarization Trip). Dalam melaksanakan strategi promosi ini, mereka menggunakan pendekatan Branding-Advertising-Selling (BAS). Sebagai badan pemerintahan, mereka juga menjadi jembatan bagi industri pariwisata antara Jepang dan Indonesia. Skripsi ini menjelaskan analisis dari strategi promosi pada tahun 2017 beserta efektifitas implementasi strategi tersebut yang diperuntukan untuk meningkatkan wisatawan Jepang ke Indonesia.

The Ministry of Tourism in order to develop tourism seeks to increase the growth of foreign tourists to Indonesia. To achieve its target, the Ministry of Tourism, especially in the Marketing of Foreign Affairs (II) area of Japan, contributes by executing its promotion strategy which is divided into 4 fields (Festivals, Fair, Sales Mission, Familiarization Trip). In implementing this promotion strategy, it uses Branding-Advertising-Selling (BAS) as an approach. As a part of government ministries, it becomes the bridge for the tourism industry between Japan and Indonesia. This thesis explains the analysis of the promotion strategy in the year of 2017 along with the effectiveness of its implementation that is intended to increase the Japanese tourists to Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatiha Zahra Wakila Taqwa
"Terpilihnya kota Tokyo menjadi salah satu tuan rumah piala dunia Rugby 2019 dan tuan rumah Olimpiade
dan Paralimpiade 2020 merupakan momentum bagi Tokyo untuk menarik wisatawan asing ke Tokyo dengan membuat strategi pemasaran pariwisata PRIME Tourist Destination City Tokyo dibawah program New Tokyo, New Tomorrow, The Action Plan for 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran strategi-strategi tersebut dalam meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Tokyo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan studi kepustakaan dengan memaparkan data dan menganalisis keterkaitan data tersebut dengan strategi pada program pemasaran pariwisata PRIME Tourist Destination City Tokyo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi-strategi yang terdapat pada
program PRIME Tourist Destination City Tokyo telah berhasil mempertahankan peningkatan jumlah wisatawan asing ke Tokyo.

With the city of Tokyo chosen as one of the 2019 Rugby World Cup host and 2020 Olympics and
Paralympics host, it is a momentum for Tokyo to attract foreign tourists by creating a new tourism
marketing strategy called PRIME Tourist Destination City Tokyo under the New Tokyo, New Tomorrow,
The Action Plan for 2020 program. This study aims to explain the role of these strategies in increasing the number of foreign tourists to Tokyo. The research method used in this study is a qualitative method and
literature study by presenting data and analyzing the data linkages with the strategy on the PRIME Tourist
Destination City Tokyo as a tourism marketing program. The results of this study indicate that the strategies contained in the PRIME Tourist Destination City Tokyo program have managed to maintain an increasing number of foreign tourists to Tokyo.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>