Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13185 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ringking Marina Korah
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi instrumen Y yang digunakan sebagai
alat seleksi psikologi calon didik instansi X. Instrumen Y, terdiri dari tiga subtes
yaitu kecerdasan, kecermatan, dan kepribadian. Dalam penelitian ini, evaluasi
akan dilakukan untuk menguji kembali validitas, réhabilitas, item tes dan juga
melakukan equaîing terhadap skor. Subtes kecerdasan ini memiliki empat paralel
tes yang telah digunakan dalam seleksi calon didik instansi X. Sampel dalam
penelitian ini dipilih secara random dengan jumlah total 1393 orang (697 berasal
dari peserta tes paralel B/PMJ B dan 696 dari tes paralel D/ PMJ D). Pengolahan
dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori tes klasik (dengan ITEMAN)
dan item response theory (dengan LISREL 8.3, QUEST, dan BILOG-MG). Hasil
pengujian unidimensionalitas menunjukkan bahwa validitas konstruk kedua tes
paralel baik (model fit). Réhabilitas kedua paralel tes juga baik, yaitu dengan nilai
di atas 0.9. Hasil analisis a n eh o r items menunjukkan bahwa terdapat enam buah
item yang perlu dihilangkan. Peneliti kemudian mengusulkan item-item pengganti
yang diperoleh dari 37 item yang merupakan item-item yang telah dianalisis dan
dianggap baik. Dari hasil penyetaraan, ditentukan batas baru (untuk kepentingan
seleksi) yaitu menggunakan tetha sebesar -0.19308."
2008
T38046
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achyar Basyari
"PT. X adalah sebuah perusahaan manufacture yang memproduksi komponen kendaraan bermotor. Sebagai perusahaan manufacture, Bagian Produksi adalah merupakan ujung tombak perusahaan. Bagian ini secara langsung menangani proses produksi, sehingga secara langsung ikut menentukan kuantitas den kualitas hasil produksi. Saat ini Bagian Produksi PT.X memproduksi tiga jenis produk, yaitu : forging part, mechanical jack dan hand tool. Seat ini perusahaan mendapat keuntungan hampir 70%nya dari produk forging. Sehingga saat ini perusahaan berusaha untuk melakukan efisiensi di bagian produksi forging untuk mendapatkan keuntungan yang lebih optimal.
Operator forging adalah karyawan di Bagian Forging yang secara langsung ikut menentukan kuantitas dan kualitas hasil produksi. Kecocokan antara karakteristik seorang operator forging dengan karakterostik jabatan operator forging sangat mempengaruhi keefektifan perusahaan dalam mencapai target secara efisien. Untuk itu diperlukan seorang operator forging yang mempunyai karakterostik yang sesuai dengan jabalan operator forging.
Proses seleksi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencari kecocokan antara individu dan jabatan. Untuk dapat melaksanakan proses seleksi yang efektif diperlukan metode den teknik yang tepat. Saat ini proses seleksi operator forging PT.X menggunakan pendekatan traditional. Pada pendekatan traditional, tes psikologi adalah salah satu metode yang penting untuk menggali karakteristik kemampuan-kemampuan dari para calon operator. Untuk itu agar proses seleksi efektif maka perlu dilakukan tes psikologi dengan benar.
Namun pada kenyataannya, saat ini tes psikologi belum dilaksanakan secara optimal. Tes psikologi didesain dan dilaksanakan oleh seorang yang belum mempunyai kualifikasi psikolog. Hal ini diperkirakan menyebabkan proses seleksi menjadi tidak efektif. Salahsatu yang diperkirakan menjadi salah satu indikator ketidakefektifan seleksi adalah kinerja operator forging yang kurang memuaskan. Untuk itu agar proses seleksi marnpu dilakukan secara efektif, maka perlu penyusunan rancangan tes psikologi untuk seleksi salon operator forging.
Program penyusunan rancangan tes psikologi ini secara garis besar terdiri dari tiga tahapan, yaitu : penentuan persyaratan jabatan operator forging, penentuan tes psikologi dan pelaksanaan tes psikologi."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T18575
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Learning paradigm had been shifted to “student centered” in which teacher or instructor role is more as facilitators who help students develop optimal potential. In order to be effective teacher needs to better understand all potentials of students. One form of the potential is multiple intelligences. To determine the learning achievement, the assessment should cover multiple intelligence-based learning outcomes which are performance tests. Variety of performance tests can be used to access the actual performance or learning outcomes achieved by students."
JPUT 12:1 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Didik Purwodarsono
Jakarta: Pustaka Salma, 2004
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Angela Oktavia Suryani
"Era globalisasi adalah era persaingan mutu/kualitas. Oleh karena itu, perguruan tinggi di era globalisasi harus berbasis pada mutu. Salah satu indikator yang dapat menunjukkan baik tidaknya mutu pendidikan suatu perguruan tinggi adalah kualitas produk yang dihasilkan oleh perguruan tinggi tersebut. Untuk itu Universitas AJ mengadalak Tes Potensi Akademik untuk menyaring mahasiswanya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji karakteristik psikomotorik tes seleksi yang digunakan oleh sebuah perguruan tinggi di Jakarta, yakni tes potensi akademik. Karakteristik psikometrik ini menyangkut item parameter,validitas kontsruk, dan validitas prediksi tes serta reliabilitas tes. Dari hasil yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa item-item alat tespotensi akademik yang digunakan Universitas AJ untuk seleksi calon mahasiswa cukup baik. Hal ini terlihat dari jumlah item yang dieliminir dari setiap subtes pada tiap form berkisar mulai dari 3% sampai dengan 30%. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwitaningrum Azzahro Khoirunnisa
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi reliabilitas dan validitas alat ukur resiliensi akademik yang diadaptasi dari Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Sebanyak 178 mahasiswa psikologi berpartisipasi dalam penelitian ini dengan melengkapi kuisioner online untuk mengukur tingkat resiliensi akademik, kepercayaan diri, optimisme dan resiliensi umum. Validitas dihitung menggunakan Pearson Correlation dan hasilnya menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara resiliensi akademik dengan kepercayaan diri, optimism, dan resiliensi umum, mengindikasikan bahwa alat ukur yang baru ini valid. Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa item dalam alat ukur ini memiliki reliabilitas yang rendah dengan konsistensi internal α = .55. Reliabilitas setiap item dievaluasi menggunakan indeks diskriminasi. Jika alat ukur baru ini valid, maka dapat dipergunakan dalam bidang akademik, misalnya untuk membantu konselor akademik mengukur resiliensi akademik siswa. Hasil penelitian, limitasi, dan saran untuk penelitian selanjutnya turut dibahas dalam laporan ini. ABSTRACT The purpose of this study was to evaluate the reliability and validity of newly developed academic resilience scale adapted from Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). A total of 178 psychology students completed online questionnaire that assessed academic resilience, self-esteem, optimism, and resilience in general (CD-RISC). Pearson correlation was used to calculate validity. Results indicated that the new scale was valid through positive correlation between academic resilience with self-esteem, optimism, and general resilience. New academic scale had poor reliability with internal consistency α = .55. Each item?s reliability was evaluated using item discrimination index. If valid, the new scale could be utilized in many academic settings such as helping academic counselor. Results, limitation and future strength of the study are discussed., The purpose of this study was to evaluate the reliability and validity of newly developed academic resilience scale adapted from Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). A total of 178 psychology students completed online questionnaire that assessed academic resilience, self-esteem, optimism, and resilience in general (CD-RISC). Pearson correlation was used to calculate validity. Results indicated that the new scale was valid through positive correlation between academic resilience with self-esteem, optimism, and general resilience. New academic scale had poor reliability with internal consistency α = .55. Each item’s reliability was evaluated using item discrimination index. If valid, the new scale could be utilized in many academic settings such as helping academic counselor. Results, limitation and future strength of the study are discussed.]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Maringan, Raoul Samuel
"This internship report aims to evaluate audit procedures of substantive test carried out by KAP Saya on PT X’s sales account for the period ending December 31, 2022. PT X is a company engaged in biofuels industry. The evaluation was carried out by comparing the procedures conducted in the actual practice done during the internship with the theoretical framework applicable. The evaluation result shows that the substantive test carried out by KAP Saya are in accordance with the framework. This report also explains about selfreflection during the internship period at KAP Saya. This experience will become a highly valuable lesson for the author in the future.

aporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit pengujian substantif yang dilakukan oleh KAP Saya terhadap akun penjualan PT X untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2022. PT X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri biofuel. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur yang dilakukan dalam praktik nyata yang dilakukan selama magang dengan kerangka teori yang berlaku. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengujian substantif yang dilakukan oleh KAP Saya sebagian besar sudah sesuai dengan kerangka teoritis. Laporan ini juga menjelaskan tentang refleksi diri penulis selama magang di KAP Saya. Pengalaman ini akan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi penulis di kemudian hari."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Syamsu Yusuf L.N
Jakarta: Rajawali, 2011
371.8 SYA p (1);371.8 SYA p (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hendro Sugiyono Wibowo
"Dalam dunia pendidikan, evaluasi pembelajaran memiliki peranan penting dalam menentukan sukses atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Untuk itu, evaluasi pembelajaran perlu dilaksanakan secara seksama agar dapat memberikan gambaran ideal tentang perkembangan masing masing individu peserta didik. Namun begitu, kondisi peserta didik yang berbeda beda dilihat dari segi latar belakang fisik, mental, sensorik, dan motoric membuat media dan bentuk evaluasi yang dibutuhkan berbeda antar satu peserta didik dengan lainnya. Kondisi ini menuntut adanya kesadaran dari pendidik untuk dapat melakukan berbagai modifikasi inovatif terkait dengan bentuk dan media evaluasi pembelajaran untuk menjawab permasalahan di atas. Beberapa bentuk modifikasi media dan bentuk evaluasi pembelajaran sudah pernah dilakukan oleh beberapa institusi pendidikan dalam melayani peserta didik difabel. Di antara modifikasi modifikasi media dan bentuk evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan untuk melayani peserta didik difabel khususnya difabel netra meliputi ujian mandiri dengan bantuan komputer bicara, ujian dengan pendamping resmi, ujian dengan pendamping bebas, dan ujian lisan. Bentuk bentuk ujian tersebut merupakan alternative yang dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam penerapannya dibutuhkan komunikasi yang efektif antara pendidik dan peserta didik. Sebab, kesalahan memilih bentuk dan media dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran akan berakibat fatal terhadap hasil evaluasi itu sendiri. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana fenomena fenomena yang diungkap dijelaskan dengan narasi deskriptif. Adapun untuk teknik pengumpulan data penulis menggali dari tulisan tulisan lain yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan difabilitas. Disamping itu, penulis juga melakukan beberapa wawancara untuk melengkapi data yang dibutuhkan."
Yogyakarta: Pusat Layanan Difabel (PLD), 2015
370 JDSI 2:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sitanggang, Norce Martauli
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen aset pada pengelolaan barang rampasan di Instansi X, dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Metode penulisan yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen aset pada pengelolaan barang rampasan negara pada instansi X belum sepenuhnya efektif, masih terdapat kelemahan dalam penerapannya. Kelemahan tersebut adalah regulasi pengelolaan barang rampasan negara di Instansi X belum ada, Prosedur Operasi Baku yang dimiliki belum untuk semua siklus pengelolaan barang rampasan, kebijakan untuk barang yang penurunan nilainya sangat cepat belum ada, gudang penyimpanan belum memadai, jumlah pegawai masih sedikit, sistem informasi yang terintegrasi benda sitaan dan barang rampasan belum ada/selesai, Pengendalian yang ada atas risiko yang sudah terregister belum memadai.

This study aimed to determine the implementation of asset management in the management of state booty in Institution X, using qualitative methods and case study approaches. The writing method used is descriptive analysis. The results of this study indicate that the implementation of asset management in the management of state booty at Institution X has not been fully effective. These weaknesses are regulations for the management of state booty in Agency X, there is no Standard Operating Procedure for all cycles of loot management, there is no policy for goods that decline in value very quickly, storage warehouses are not sufficient, the number of employees is still small, information systems which are integrated with confiscated objects and state booty that have not yet been completed. The existing control over the risks that have been registered is not adequate."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>