Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 68308 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Counterina Wandita
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas terapi Resource Development and Installation (RDI) pada remaja perempuan usia 16 tahun 10 bulan yang mengalami Traumatic Grief . RDI dilakukan dengan tiga tehnik, yaitu Point of Power, Absorption dan Four F ield. Tehnik Point of Power digunakan untuk membangkitkan resource positif yang dimiliki anak. Kemudian, tehnik Absorption digunakan untuk memroses ingatan menyedihkan tentang situasi yang mengingatkan anak pada mendiang/almarhum dan membangkitkan kekuatan anak untuk menghadapi situasi tersebut. Lalu, dilanjutkan menggunakan tehnik Four F ield untuk memvisualisasikan gambar atau bayangan yang masih mengganggu anak, tehnik ini juga bertujuan untuk mempersiapkan anak menghadapi materi traumatis di situasi sebenarnya. Tujuan dari terapi RDI adalah membangkitkan resource guna membentuk positive cognition yang akan bermanfaat untuk mengubah negative cognition pada anak.
Hasil terapi menunjukkan penurunan simptom traumatic grief yang cukup signifikan. Penurunan simptom dan tingkat ketergangguan terhadap materi trauma menjadi bukti telah terjadi pemrosesan informasi yang adaptif pada anak. Hal tersebut nampak dari perubahan perilaku anak yang tidak menampilkan hyperarousal, seperti tangisan yang tak terkendali dan kecemasan yang berlebihan. Setelah terapi, AM menjadi lebih tenang, dapat mengendalikan diri dan tidak larut dalam kesedihannya. AM juga menunjukkan indikasi pergeseran tahapan griefing menuju ke arah acceptance.

This study was conducted to determine the effectiveness of therapy Resource Development and Installation (RDI) in a 16 years and 10 months girl who suffered Traumatic Grief. RDI performed with three techniques, there are Point of Power, Absorption and Four Field. Point of Power techniques are used to awaken positive resources owned by the child. Then, Absorption techniques used to process the sad memories of situations that remind the child of the deceased and awaken the resources/power of the child to deal with the situation. Then, proceed to use the Four Field technique to visualize an image or feeling that still interfere the children, this technique also aims to prepare the child face traumatic material in the actual situation. The goal of RDI therapy is to awaken resources in order to form a positive cognition that would be beneficial to change the negative cognition in children.
Results of therapy showed a decrease in the symptoms of traumatic grief significantly. The decrease in symptoms and subjective unit of distress of the traumatic material have proved that adaptive information processing in children is occurred. It is apparent from the changes in the behavior of the child who do not show hyperarousal, such as uncontrollable weeping and excessive anxiety. After therapy, AM becomes calmer, able to control herself and not dissolve in grief anymore. AM also showed indications of a shift griefing?s stage toward acceptance."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
T44155
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mischa Indah Mariska
"[ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas terapi Resource Development and Installation (RDI) dengan Pendulation Exercise pada anak perempuan usia 12 tahun yang mengalami Developmental Trauma. RDI dilakukan dengan menggunakan protokol dasar RDI untuk anak yang dibuat oleh Korn dan Leeds (2002) untuk membangkitkan resource positif. Setelah itu dilakukan Pendulation Exercise untuk memroses pengalaman traumatik berupa perceraian orangtua yang menjadi sumber munculnya perilaku agresif pada anak. Tujuan dari terapi RDI adalah untuk membangkitkan resource guna membentuk positive cognition yang akan bermanfaat untuk mengubah negative cognition. Hasil dari intervensi menunjukkan penurunan perilaku agresif. Penurunan perilaku agresif ini menjadi bukti bahwa telah terjadi pemrosesan informasi yang adaptif. Hal tersebut nampak dari penurunan skor Child Behavioral Checklist (CBCL) pada area permasalahan perilaku agresif. Selain itu orangtua dan partisipan juga melaporkan bahwa partisipan sudah lebih mampu mengontrol perilaku saat marah.

ABSTRACT
This study is done to explain the effectiveness of Resource Development and Installation (RDI) with Pendulation Exercise in a 12 year old girl with Developmental Trauma. RDI is done using RDI basic protocol for children made by Korn and Leeds (2002) to activate positive resources. The other technique is using Pendulation exercise to process the traumatic experience: parental divorce as a source of aggressive behavior. The goal of RDI therapy is to activate the resources and install them for the adaptive information processing, and change the negative cognition into positive cognition. The result of this therapy is the reduction of aggressive behavior. The reduction of aggressive behavior reflects that there has been an adaptive information processing. Participant indicates behavioral changes that were reflected in the Child Behavioral Checklist (CBCL) scores. Parent and participant also report that participant was able to successfully control the anger., This study is done to explain the effectiveness of Resource Development and
Installation (RDI) with Pendulation Exercise in a 12 year old girl with
Developmental Trauma. RDI is done using RDI basic protocol for children made
by Korn and Leeds (2002) to activate positive resources. The other technique is
using Pendulation exercise to process the traumatic experience: parental divorce
as a source of aggressive behavior. The goal of RDI therapy is to activate the
resources and install them for the adaptive information processing, and change the
negative cognition into positive cognition. The result of this therapy is the
reduction of aggressive behavior. The reduction of aggressive behavior reflects
that there has been an adaptive information processing. Participant indicates
behavioral changes that were reflected in the Child Behavioral Checklist (CBCL)
scores. Parent and participant also report that participant was able to successfully
control the anger.]"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T44156
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raninta Wulanwidanti
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan terapi Resource Development and Installation RDI pada anak usia 10 tahun yang mengalami Intermittent Explosive Disorder IED RDI dilakukan sebanyak 9 sesi dengan tiga teknik yaitu Point of Power Pendulation exercise dan Four Field Teknik Point of Power digunakan untuk membangkitkan sumber daya atau resource positif yang dimiliki anak Kemudian Pendulation exercise digunakan untuk menyeimbangkan antara perasaan ataupun sensasi positif dan negatif yang dirasakan Lalu diakhiri dengan teknik Four Field untuk memvisualisasikan gambar yang masih mengganggu anak Teknik tersebut juga bertujuan untuk mempersiapkan anak untuk menghadapi situasi yang tidak menyenangkan di kemudian hari Tujuan dari penerapan teknik RDI adalah untuk meningkatkan kemampuan R dalam meregulasi emosi dan membangkitkan resource guna membentuk positive cognition yang akan bermanfaat untuk memudarkan negative cognition Hasil intervensi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengelola rasa marah Hal itu terlihat dari penurunan skor CBCL skala Agresivitas Anger Expression Scale for Children Selain itu adanya perubahan perilaku anak ke arah yang lebih positif Setelah menjalani program anak menjadi lebih tenang dapat mengendalikan diri dan tidak mudah marah.

This study was conducted to determine the implementation of therapy Resource Development and Installation RDI in 10 year old boy with Intermittent Explosive Disorder IED RDI was done in a total of 9 sessions and performed with three techniques there are Point of Power Pendulation and Four Field Point of Power techiques are used to awaken positive resources owned by the child Then Pendulation exercise used to balance between the positive and negative feelings or sensations perceived Then end up with Four Field techiques to visualize a distrupting images or feelings for children Those techniques also to prepare children to faces unhapinnes cirumstances on the other day The goal of RDI therapy is to improve the ability of emotional regulation and develop resources in order to create a positive cognition that would be benefit to change the negative cognition The result of therapy showed there is a significant decreasing of anger level or aggresive behavior It apparent from decreasing score of CBCL skala Agresivitas Anger Expression Scale for Children and also apparent from the behavior change into more positive behavior After therapy child becomes calmer able to control himself and not become easily to anger "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45357
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhan Maulana Akbar
"

Persebaran gangguan kesehatan mental pada remaja Indonesia menunjukkan angka yang cukup signifikan dimana sebanyak satu dari 20 remaja di Indonesia mengalami permasalahan ini. Gangguan kecemasan umum sebagai salah satu bagian dari gangguan kesehatan mental memiliki tingkat prevalensi paling tinggi serta memberikan dampak signifikan pada penurunan kualitas hidup seseorang. Meskipun dampak yang dihasilkan gangguan kecemasan umum cukup signifikan, belum ditemukan aplikasi spesifik yang berfokus untuk menangani gangguan kecemasan umum, terutama pada remaja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna terhadap penanganan gangguan kecemasan umum pada remaja Indonesia serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe aplikasi yang menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode desain systemic design framework yang sejalan dengan topik penelitian ini yaitu seputar permasalahan sustainable living. Proses perancangan prototipe menghasilkan solusi atau fitur utama berupa pre-assessment generalized anxiety disorder-7 (GAD-7), konsultasi ahli, komunitas, peer counselor, dan jurnal. Keseluruhan proses perancangan prototipe aplikasi melibatkan 28 responden wawancara serta 347 responden kuesioner mulai dari fase pengumpulan kebutuhan hingga evaluasi yang terdiri dari calon pengguna yang telah divalidasi menggunakan pre-assessment GAD-7, ahli psikolog, dan ahli desain pengalaman pengguna. Rancangan akhir prototipe dievaluasi oleh calon pengguna melalui usability testing, user interview, dan system usability scale sehingga memperoleh usability score sebesar 86, SUS score sebesar 78,3, serta beberapa masukan pada kegiatan user interview yang mengindikasikan aplikasi telah memenuhi kebutuhan pengguna namun membutuhkan perbaikan minor. Penelitian ini memberikan kontribusi secara praktikal kepada Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan pengembang aplikasi kesehatan mental.dan kontribusi secara teoritis terhadap penjelasan penggunaan metode pengembangan systemic design framework.


The prevalence of mental health disorders among Indonesian teenagers shows a significant figure, with one in 20 teenagers in Indonesia experiencing these issues. Generalized anxiety disorder, as one of the mental health disorders, has the highest prevalence rate and significantly impacts a person's quality of life. Despite the significant impact of generalized anxiety disorder, no specific application has been found that focuses on addressing this issue, especially among teenagers. Therefore, this research aims to explore the problems and user needs regarding the management of generalized anxiety disorder among Indonesian teenagers. It also aims to develop and evaluate a prototype application as a solution to these problems. This research utilizes the systemic design framework method, which aligns with the research topic of sustainable living issues. The prototype design process results in a main solution or feature, including a pre-assessment using the Generalized Anxiety Disorder-7 (GAD-7) questionnaire, expert consultations, community support, peer counseling, and journal. The entire prototype design process involves 28 interview respondents and 347 questionnaire respondents, from the needs gathering phase to evaluation, which includes validated users through the GAD-7 test, psychologists, and user experience design experts. The final prototype design is evaluated by potential users through usability testing, user interviews, and the System Usability Scale, obtaining a usability score of 86 and an SUS score of 78.3. Additionally, user interviews provide feedback indicating that the application meets user needs but requires minor improvements. This research contributes practically through a clickable prototype that can be further developed by healthcare application developers. This research provides practical contributions to the Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia) and mental health application developers. It also offers theoretical contributions in explaining the use of the systemic design framework development method."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Raihan Andriqa
"Persebaran gangguan kesehatan mental pada remaja Indonesia menunjukkan angka yang cukup signifikan dimana sebanyak satu dari 20 remaja di Indonesia mengalami permasalahan ini. Gangguan kecemasan umum sebagai salah satu bagian dari gangguan kesehatan mental memiliki tingkat prevalensi paling tinggi serta memberikan dampak signifikan pada penurunan kualitas hidup seseorang. Meskipun dampak yang dihasilkan gangguan kecemasan umum cukup signifikan, belum ditemukan aplikasi spesifik yang berfokus untuk menangani gangguan kecemasan umum, terutama pada remaja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna terhadap penanganan gangguan kecemasan umum pada remaja Indonesia serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe aplikasi yang menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Keseluruhan proses perancangan prototipe aplikasi melibatkan 28 responden wawancara serta 347 responden kuesioner mulai dari fase pengumpulan kebutuhan hingga evaluasi yang terdiri dari calon pengguna yang telah divalidasi menggunakan pre-assessment GAD-7, ahli psikolog, dan ahli desain pengalaman pengguna. Rancangan akhir prototipe dievaluasi oleh calon pengguna melalui usability testing, user interview, dan system usability scale sehingga memperoleh usability score sebesar 86, SUS score sebesar 78,3, serta beberapa masukan pada kegiatan user interview yang mengindikasikan aplikasi telah memenuhi kebutuhan pengguna namun membutuhkan perbaikan secara minor.

The prevalence of mental health disorders among Indonesian teenagers shows a significant figure, with one in 20 teenagers in Indonesia experiencing these issues. Generalized anxiety disorder, as one of the mental health disorders, has the highest prevalence rate and significantly impacts a person's quality of life. Despite the significant impact of generalized anxiety disorder, no specific application has been found that focuses on addressing this issue, especially among teenagers. Therefore, this research aims to explore the problems and user needs regarding the management of generalized anxiety disorder among Indonesian teenagers. It also aims to develop and evaluate a prototype application as a solution to these problems. The entire prototype design process involves 28 interview respondents and 347 questionnaire respondents, from the needs gathering phase to evaluation, which includes validated users through the GAD-7 test, psychologists, and user experience design experts. The final prototype design is evaluated by potential users through usability testing, user interviews, and the System Usability Scale, obtaining a usability score of 86 and an SUS score of 78.3. Additionally, user interviews provide feedback indicating that the application meets user needs but requires minor improvements. This research contributes practically through a clickable prototype that can be further developed by healthcare application developers."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Raihan Andriqa; Rayhan Maulana Akbar; Salman Marsha
"Persebaran gangguan kesehatan mental pada remaja Indonesia menunjukkan angka yang cukup signifikan dimana sebanyak satu dari 20 remaja di Indonesia mengalami permasalahan ini. Gangguan kecemasan umum sebagai salah satu bagian dari gangguan kesehatan mental memiliki tingkat prevalensi paling tinggi serta memberikan dampak signifikan pada penurunan kualitas hidup seseorang. Meskipun dampak yang dihasilkan gangguan kecemasan umum cukup signifikan, belum ditemukan aplikasi spesifik yang berfokus untuk menangani gangguan kecemasan umum, terutama pada remaja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna terhadap penanganan gangguan kecemasan umum pada remaja Indonesia serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe aplikasi yang menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode desain systemic design framework yang sejalan dengan topik penelitian ini yaitu seputar permasalahan sustainable living. Proses perancangan prototipe menghasilkan solusi atau fitur utama berupa pre-assessment generalized anxiety disorder-7 (GAD-7), konsultasi ahli, komunitas, peer counselor, dan jurnal. Keseluruhan proses perancangan prototipe aplikasi melibatkan 28 responden wawancara serta 347 responden kuesioner mulai dari fase pengumpulan kebutuhan hingga evaluasi yang terdiri dari calon pengguna yang telah divalidasi menggunakan pre-assessment GAD-7, ahli psikolog, dan ahli desain pengalaman pengguna. Rancangan akhir prototipe dievaluasi oleh calon pengguna melalui usability testing, user interview, dan system usability scale sehingga memperoleh usability score sebesar 86, SUS score sebesar 78,3, serta beberapa masukan pada kegiatan user interview yang mengindikasikan aplikasi telah memenuhi kebutuhan pengguna namun membutuhkan perbaikan minor. Penelitian ini memberikan kontribusi secara praktikal kepada Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan pengembang aplikasi kesehatan mental.dan kontribusi secara teoritis terhadap penjelasan penggunaan metode pengembangan systemic design framework.

The prevalence of mental health disorders among Indonesian teenagers shows a significant figure, with one in 20 teenagers in Indonesia experiencing these issues. Generalized anxiety disorder, as one of the mental health disorders, has the highest prevalence rate and significantly impacts a person's quality of life. Despite the significant impact of generalized anxiety disorder, no specific application has been found that focuses on addressing this issue, especially among teenagers. Therefore, this research aims to explore the problems and user needs regarding the management of generalized anxiety disorder among Indonesian teenagers. It also aims to develop and evaluate a prototype application as a solution to these problems. This research utilizes the systemic design framework method, which aligns with the research topic of sustainable living issues. The prototype design process results in a main solution or feature, including a pre-assessment using the Generalized Anxiety Disorder-7 (GAD-7) questionnaire, expert consultations, community support, peer counseling, and journal. The entire prototype design process involves 28 interview respondents and 347 questionnaire respondents, from the needs gathering phase to evaluation, which includes validated users through the GAD-7 test, psychologists, and user experience design experts. The final prototype design is evaluated by potential users through usability testing, user interviews, and the System Usability Scale, obtaining a usability score of 86 and an SUS score of 78.3. Additionally, user interviews provide feedback indicating that the application meets user needs but requires minor improvements. This research contributes practically through a clickable prototype that can be further developed by healthcare application developers. This research provides practical contributions to the Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia) and mental health application developers. It also offers theoretical contributions in explaining the use of the systemic design framework development method."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Iletta Nathania Tjioe
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan Resource Development and Installation (RDI) untuk menurunkan simtom trauma pada anak dengan Posttraumatic Stress Disorder (PTSD). Partisipan merupakan anak laki-laki usia 8 tahun yang mengalami trauma seksual. Intervensi dilakukan selama 7 sesi menggunakan 4 teknik yaitu Point of Power, Container, Pendulation Exercise, dan Four Field.
Tujuan dari penerapan teknik RDI yaitu untuk mengurangi simtom trauma dengan meningkatkan sumber daya positif dan menurunkan perasaan-perasaan negatif.
Hasil intervensi menunjukkan adanya penurunan simtom trauma, peningkatan sumber daya positif, dan penurunan perasaan negatif yang terlihat dari penurunan skor CRIES-13. Selain itu, terjadi perubahan perilaku anak menjadi lebih adaptif. Anak merasa lebih mampu meregulasi emosi negatifnya dengan menggunakan sumber daya positif yang telah dipelajarinya.

This study was conducted to determine the therapeutic application of Resource Development and Installation (RDI) to reduce trauma symptoms on a child with Posttraumatic Stress Disorder (PTSD). Participant was an 8 year old boy who?s experiencing sexual trauma. The intervention process was conducted in a total of 7 sessions using 4 RDI techniques including Point of Power, Container, Pendulation Exercise, and Four Field.
The purpose of RDI application was to reduce trauma symptoms by increasing positive resources and minimize negative cognitions.
The results showed decreasing of trauma symptoms and negative cognitions and an increase of positive resources and cognitions that is marked by lowering of scores obtained from CRIES-13. In addition, participant's behaviors were noted to be more adaptive. The participant felt that he?s able to regulate his negative emotion more using his positive resources.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46585
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anastasia Setyaning Anandiputri Satriyo
"Tesis ini membahas tentang penerapan Theraplay pada anak usia prasekolah yang mengalami Generalized Anxiety Disorder (GAD). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif single-case design yang melibatkan anak dan orangtua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi Theraplay efektif dalam menangani GAD pada anak usia pra-sekolah. Efektivitas Theraplay dalam menangani GAD terlihat dari beberapa gejala GAD yang tidak lagi muncul setelah intervensi, seperti ketegangan otot dan kesulitan tidur. Selain itu, tingkat kecemasan juga menurun setelah intervensi sehingga anak tidak lagi mengalami kecemasan yang mengganggu fungsi adaptif di rumah, sekolah, dan lingkungan sosial. Setelah intervensi ia lebih mampu mengelola kecemasannya, menerima pengalaman baru secara lebih positif, dan memiliki fungsi adaptif yang lebih baik. Melalui intervensi Theraplay, terjadi peningkatan kualitas interaksi antara ibu dan anak sehingga attachment antara ibu dan anak menjadi lebih positif. Interaksi antara anak dan orangtua yang semakin positif mengubah internal working model (IWM) anak sehingga kepercayaan diri anak meningkat. Selain itu, perubahan IWM juga menjadikan cara pandang anak terhadap lingkungan dan dunia sekitarnya lebih positif. Hal ini berdampak pada penurunan skor internalizing scale dan peningkatan fungsi adaptif dalam kehidupan sehari-hari.

The purpose of this study is to examine the effectivity of Theraplay on preschool children with Generalized Anxiety Disorder (GAD). This study uses a qualitative single-case design which involves a child and his parent. Results show that Theraplay is an effective intervention for a preschooler with GAD. Several GAD symptoms were no longer present after the intervention, specifically muscle tension and sleeping problem. Furthermore, the level of anxiety also decreased to a point where the child no longer experienced excessive and uncontrollable anxiety which intervered with her adaptive functioning at home, school, and other social environments. After the intervention, she is more able to manage her anxiety, perceive new experiences more positively, and has improved adaptive functions. Through Theraplay, the quality of interaction between the mother and child evidently increased in that the attachment between them became more positive. The improved interaction between the parent and child shifted the internal working model (IWM) so that the child's self-esteem increased. Moreover, this shift in IWM also positively influenced the child`s perspective of looking at her environment. This in turn resulted in a decrease in internalizing scores and an increase in daily adaptive functioning."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46723
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Tresiana
"Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengurangan gejala Posttraumatic Stress Disorder PTSD , berupa intrusion, avoidance dan hyperarousal, perubahan kognisi dan mood, serta keluhan somatis dan perilaku agresif pasca trauma yang dialami seorang anak perempuan berusia 7 tahun akibat tindak kekerasan seksual berulang. Gejala PTSD dikurangi dengan Resource Development and Installation RDI yang menumbuh-kembangkan sumber daya positif anak tanpa pemaparan pada traumanya, dan Integrated Group Treatment Protocol IGTP yang secara langsung memroses-ulang trauma. RDI dapat mengurangi gejala avoidance dan hyperarousal, sedangkan gejala intrusi perlu ditangani dengan IGTP yang memroses-ulang ingatan traumatik agar menjadi adaptif. Dilakukan tiga kali pengukuran gejala PTSD, keluhan soatis dan perilaku agresif: pra intervensi, pasca intervensi dan tiga minggu setelah intervensi terakhir, dengan menggunakan The Children's Impact of Event Scale-13 CRIES-13 yang mengukur gejala PTSD dan Child Behavior Checklist CBCL yang mengukur berbagai gangguan perilaku anak termasuk keluhan somatis dan perilaku agresif. Skor CRIES-13 pasca intervensi menurun pada gejala avoidance dan hyperarousal. Intrusi masih terjadi meski dalam frekuensi yang berkurang, namun mimpi buruk tidak lagi pernah terjadi. Perubahan negatif pada mood dan kognisi mengalami penurunan yang ditunjukkan oleh subskala anxiety/depression CBCL. Skor CBCL pasca intervensi juga menurun pada area masalah kecemasan, depresi, keluhan somatis dan perilaku agresif. Dampak intervensi masih menetap tiga minggu pasca intervensi, bahkan gejala intrusi semakin menurun. Intrusi ingatan traumatik dan mimpi buruk tidak lagi dialami anak, ia tidak lagi menghindari pembicaraan tentang tindak kekerasan seksual yang dialaminya, meski masih menghindari sosok yang mengingatkannya pada pelaku. Anak menjadi lebih mampu mengendalikan pikiran dan emosinya. Rasa harga dirinya mulai tumbuh dan perlu terus diperkuat agar dapat mengatasi masalah dalam interaksi sosial yang masih dialaminya.

This study was conducted to explore decreases in the symptoms of intrusion, avoidance, negative alterations of cognition and mood, and hyperarousal of Posttraumatic Stress Disorder PTSD , somatic complaints and aggressive behavior showed by a seven years old girl, a survivor of repeated sexual molestation. The intervention involved Resource Development and Installation RDI that was originally designed to develop positive resources without trauma exposure and Integrated Group Treatment Protocol IGTP that directly reprocess the trauma. RDI was known to decrease the symptoms of avoidance and hyperarousal, whereas intrusion was needed to be dealt with IGTP that reprocesses traumatic memory become adaptive. Three times measurement of PTSD symptoms, somatic compalints and aggressive behavior were conducted pre intervention, post intervention and three weeks after post intervention measurement using The Children rsquo s Impact of Event Scale 13 CRIES 13 that measures PTSD symptoms and Child Behavior Checklist CBCL that measures various child problems including somatic complaints and aggressive behavior. Post intervention scores of CRIES 13 showed decrease in avoidance and hyperarousal. Eventhough intrusion was still experienced in lower frequency, nightmares have disappeared. The negative alterations of cognition and mood were decreased showed by the CBCL anxiety depression sub scale scores. There were also decreases in CBCL scores on the area of anxiety, depression, somatic complaints and aggressive behavior. Measurement at three week after intervention showed the maintenance of post intervention measures. Interestingly intrusion was apparently keep decreasing. Intrusive traumatic memories and nightmares ceased. The child showed no avoidance to talk about the sexual molestation she experienced, although she still avoids person that reminds her of the perpetrator. She had better ability to regulate her thoughts and emotions. Her self worth began to grow albeit needed reinforcement to better cope with difficulties in social peer interaction."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T47365
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>