Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 127987 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Shiddiq Manti
"Jasa pelayanan telepon genggam atau telepon seluler saat ini di Indonesia sedang mengalami persaingan baik dari sisi keragaman feature (fasilitas pelayanan pada sisi teknologi komunikasinya), maupun fasilitas pelayanan lainnya. Di antara fasilitas lainnya yang menarik untuk diamati adalah mengenai persaingan dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran. PT. Telkomsel sebagai salah satu operator seluler di Indonesia yang senantiasa memiliki komitmen penuh dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, terus berupaya menyempurnakan seluruh sistem pelayanannya.
Salah satu sistem pelayanan yang sedang terus dikembangkan adalah sistem pembayaran online melalui jasa pihak lain, misalnya jasa perbankan. Sistem pelayanan ini dikenal dengan nama TELKOMSEL ON-LINE PAYMENT (TOP).
Dengan berkembangnya teknologi dan tuntutan kinerja yang lebih baik, maka pcrlu diusahakan adanya suatu sistem yang semakin tangguh dan reliable. Untuk memenuhi tuntutan tersebut maka perlu dilakukan analisa terhadap existing system dari TOP tersebut, dan perancangan alternatif sistem pengganti yang lebih dioptimalkan dari sistem yang telah ada, sesuai dengan strategi bisnis perusahaan dan hubungannya dengan pihak lain, dalam hal ini adalah pihak perbankan.
Hasil dari analisa dan perancangan ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berharga dalam peningkatan kualitas pelayanan PT. Telkomsel, terutama dalam sistem pembayaran online-nya.

Recently, high market competition of mobile phone services is occurring m Indonesia by various features offered (including service facilities on communication technology) and other service facilities. Among other facilities, market competition in giving paying facilities that make customers easier to pay is interesting to watch over. PT. Telkomsel as one of the mobile phone operators in Indonesia has full commitment on giving their best service to the customers and keep on trying to improve their service systems.
One of the service system that being continually developed is Online Payment System through another service facilitator, banking for example. This service system is called TELKOMSEL ONLINE PAYMENT (TOP).
As technology and demand of better performance are growing, more effort is needed to realize more reliable and advance system. In order to fulfill it, analysis to the existing system of TOP is needed, and also design a more optimal alternative system as its replacement, according to the company business strategy and relations to other service facilitator such banking.
The result of this analysis and design is expected to be a valuable input on service quality improvement of PT. Telkomsel especially on the online payment system.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40537
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Utary
"Pelaksanaan sistem perpajakan di Indonesia berhadapan dengan terbatasnya sumber daya manusia padahal beban kerjanya sangat berat. Hal ini juga terkait dengan pemungutan pajak restoran di DKI Jakarta, beban kerja tersebut semakin bertambah sejalan dengan semakin berkembangnya keberadaan restoran di DKI Jakarta. Dengan adanya ketidakseimbangan antara jumlah wajib pajak yang harus dilayani dengan jumlah petugas wajib pajak dikhawatirkan akan terjadi kebocoran serta kecurangan dalam pembayaran dan pelaporan pajak restoran. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan sistem pajak online pada pembayaran dan pelaporan pajak restoran di DKI Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas sistem online pada pembayaran dan pelaporan pajak restoran di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan system online pada pembayaran dan pelaporan pajak restoran di DKI Jakarta menurut indikator pengukur yang digunakan peneliti berdasarkan teori Campbell, yaitu adanya keberhasilan program, keberhasilan sasaran, tingkat output dan input yang efektif dan pencapaian tujuan secara menyeluruh sudah efektif.

Implementation of the tax system in Indonesia dealing with limited human resources when their work is very hard.. It is also related to restaurant tax in DKI Jakarta, the work is increasing in line with the growing of restaurants in DKI Jakarta. With an imbalance between the number of taxpayers who should be served by the number of taxpayers officers, it would cause concern to leakage and fraud in payment and restaurants tax reporting. The government's efforts is to implement an online system in payments and restaurants tax reporting in Jakarta.
The purpose of this study is to analyze the effectiveness of the online system on payment and restaurants tax reporting in DKI Jakarta. This study uses a quantitative approach, qualitative data collection methods and descriptive research. The results of this study conclude that the implementation of an online system in payment and restaurants tax reporting in DKI Jakarta according to indicators based on Campbell's theory, namely the success of the program, the success of the target, the level of output and input which is effective and goal attainment has been effective.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S61032
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lestari Andardini
"DKI Jakarta telah menerapkan sistem pembayaran secara online pajak hotel. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi kebijakan sistem pembayaran secara online pada pajak hotel dimana peneliti fokus melakukan penelitian pada hotel-hotel berbintang 4 dan 5 di Jakarta selatan. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data wawancara mendalam. Sistem pembayaran secara online pada pajak hotel khususnya hotel berbintang 4 dan 5 di Jakarta selatan masih belum optimal, hal ini dikarenakan perbedaan software atau sistem yang digunakan di tiap wajib pajak hotel dan belum compatible nya sistem yang disediakan BRI.

DKI Jakarta has implemented online payment system on hotel tax. The purpose is to analysis the implementation of online payment system in the hotel tax, where the researcher took the object in 4 and 5 stars hotels in south Jakarta. This research is using qualitative method with techniques of data collection through in-depth interviews. The online payment system on hotel tax especially 4 and 5 stars hotels in south Jakarta has not optimal yet, this is because the differences in system or software used in each of hotel tax payers and the system provided BRI not compatible.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S53481
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggara Narendraputra
"Layanan Pembayaran melalui online payment gateway merupakan salah satu bentuk instrumen pembayaran yang dirancang untuk memperluas jangkauan metode pembayaran yang dapat digunakan untuk mendukung transaksi komersial melalui sarana elektronik. Penulisan skripsi ini menggunakan metodologi penelitian yuridis normatif yaitu mengkaji Peraturan Perundang-undangan, teori hukum dan yurisprudensi yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Data penelitian yang dipergunakan meliputi data sekunder dan tersier yang diperoleh melalui studi kepustakaan. Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis dan metode analisis data dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bank Indonesia selaku lembaga negara yang berwenang menerbitkan regulasi sektor keuangan makro masih terlambat untuk menerbitkan regulasi yang tepat terkait pelaksanaan layanan pembayaran melalui online payment gateway. Selain regulasi, perlindungan hukum juga menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan khususnya dalam rangka perlindungan konsumen. India sebagai salah satu negara berkembang seperti Indonesia telah lebih dahulu menerbitkan regulasi mengenai layanan pembayaran online payment gateway khususnya terkait pelaksanaan dan penyelenggaraan. Perbandingan regulasi dan perlindungan hukum layanan pembayaran online payment gateway di Indonesia dan India menunjukkan beberapa perbedaan dan persamaan yang akan menunjukkan tidak spesifiknya regulasi yang telah terbit di Indonesia.

The darting development of payment instruments is one of the consequences of the need of a more efficient and reachable payment method. Online Payment Gateway Services is the prime example which supports electronic commerce in accordance with electronic payment methods. One of the negative aftermath particularly in developing countries are the late implementation and outdated legal cornerstone regarding the real-life execution of the said payment services. Bank Indonesia as the governing body which authority is to implement macro monetary regulations is still sluggish in producing the perfect regulations in accolade to online payment gateway services. As important as the regulations, protection of law is another aspect that the governing bodies need to address as it directly affect the stakeholders most importantly consumers. India as another developing country have excelled in terms of implementing regulations of online payment gateway services. The comparison between Indonesia and India’s regulations and protection of law will distinguish the differences and similarities between both countries and in conclusion will reveal the unspecificness of Indonesia’s current regulations.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2015
S57276
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marco Van Basten
"Bank Indonesia dalam bidang sistem pembayaran telah menyediakan dua fasilitas yaitu Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Dalam Peraturan Bank Indonesia untuk sistem tersebut harus memiliki suatu contigency plan untuk menjaga kesinambungan dan kelancaran pelaksanaan transfer dana. Bank XYZ dalam menjamin ketersedian sistemnya telah menyediakan sistem pembayaran cadangan di data center cadangan dan juga menerapkan proses replikasi sistem antara data center utama dan data center cadangan, akan tetapi permasalahan yang dihadapi adalah belum maksimalnya penggunaan sistem pembayaran di data center cadangan karena belum optimalnya penggunaan infrastruktur yang ada.
Penelitian difokuskan kepada permasalahan teknologi dengan tujuan melakukan perancangan infrastruktur sistem pembayaran pada Bank XYZ untuk mendukung proses bisnis dan menyediakan sistem yang handal sehingga dapat mewujudkan strategi bisnis. Tahapan dalam penelitian ini mengacu kepada TOGAF yang dihasilkan oleh Kurniawan & Suhardi.
Hasil penelitian ini adalah menyatukan proses bisnis BI-RTGS dan SKN Kredit dan merubah proses kerja manual ke otomasi dengan sistem. Untuk arsitektur aplikasi dilakukan penyederhanaan dari 5 sistem yaitu STPK, SmartInward, Passthrough, Connect Direct, dan KUMF menjadi 1 sistem yaitu Middleware Payment System. Untuk teknologi sudah membuat kedua data center menjadi aktif-aktif dengan memanfaatkan Domain Name System, load balancer, database konsolidasi, server virtual, message queue dan menambahkan jalur komunikasi ke Bank Indonesia.

Bank Indonesia provides two facilities in the payment system. There are Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) and Bank Indonesia National Clearance System (SKNBI). Bank Indonesia Regulation for such a system should have a contingency plan to maintain the continuity and reliablity of funds transfer operations. Bank XYZ in ensuring the availability of the system has been providing backup payment system in alternative data center and also replicating the proses between main and backup data center, but the problem we faced is that the payment system in backup data center had not maximal used because not optimal use of the existing infrastructure.
The research focused on technology issues with the aim of designing payment systems infrastructure at XYZ Bank to support business processes and provides a reliable system that can realize business strategies. Steps in this study refer to the TOGAF produced by Kurniawan & Suhardi.
Results of this research is to combine BI-RTGS and SKN Credit business process and change the manual work processes to automation system. For application architecture made simplification from 5 system there are STPK, SmartInward, Passthrough, Connect Direct, and KUMF into one system that is Middleware Payment System. Technology has made a both of data center into an active-active by using Domain Name System, load balancer, database consolidation, virtual server, message queue and add communication line to Bank Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aldrey Eka Putra
"Skripsi ini membahas dan menganalisis tentang e-readiness implementasi kebijakan integrasi pembayaran QRIS dengan mengambill lokus di DKI Jakarta yang merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan jumlah transaksi digital terbanyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis e-readiness implementasi kebijakan QRIS oleh Bank Indonesia di DKI Jakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah post-positivist, serta metode pengumupulan data kualitatif yaitu wawancara mendalam, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-readiness implementasi kebijakan integrasi pembayaran QRIS sangat baik. Kondisi tersebut disebabkan oleh adanya penetrasi pasar yang besar di DKI Jakarta, regulasi pemerintah yang mendukung adanya QRIS, dan indeks persaingan digital yang tinggi. Adapun hambatan pada penelitian ini adalah data yang disajikan bisa saja sudah diperbaharui seiring dengan perkembangan teknologi finansial QRIS yang ada.

This thesis discusses and analyzes e-readiness of implementation QRIS payment integration policy by taking the locus in DKI Jakarta, which is one of regions in Indonesia with the highest number of digital transactions. The purpose of this study was to analyze the e-readiness of implementation QRIS policy by Bank Indonesia in DKI Jakarta. The research approach used in this study is post-positivist, as well as qualitative data collection methods, with collecting data method of in-depth interviews, and literature studies. The results showed that the e-readiness of implementation QRIS payment integration policy was very good. This condition is caused by the large market penetration in DKI Jakarta, government regulations that support the implementation of QRIS, and the high digital competition index. The obstacle in this research is that the data presented may have been updated along with the development of existing QRIS financial technology."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Muzhaffar
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai pengaturan dan pengawasan sistem pembayaran di Indonesia secara umum. Dalam skripsi juga akan dibahas mengenai efektivitas pengaturan pengawasan sistem pembayaran yang dilakukan oleh Bank Indonesia selaku regulator dan pelaksana fungsi pengawasan. Perkembangan alat pembayaran yang terus mengikuti perkembangan global tentunya harus diikuti pula dengan pengaturan dan pengawasan yang efektif. Dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif dan menggunakan data primer, sekunder dan tersier dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi pengawasan dan pengaturan sistem pembayaran di Indonesia sudah belansung efektif dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

ABSTRACT
This thesis discusses the regulation and supervision of payment systems in Indonesia in general. In this thesis will discuss the effectiveness of supervision payment systems conducted by Bank Indonesia as regulator and executive oversight functions. The development of payment instruments continue to follow global develoment of payment system. This should be followed by the effective regulation and supervision. By using normative juridical research method and using primary data, secondary and tertiary can be concluded that the implementation of the supervision and regulation functions of the payment system in Indonesia has been going effectively and in accordance with applicable regulations."
2017
S66757
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septian Surya Tyatama
"Penelitian ini membahas mengenai analisis terhadap implementasi pembayaran dan pelaporan pajak parkir melalui online system di DKI Jakarta bagaimana implikasi atas kebijakan tersebut dan apa saja kendala yang dialami dalam implementasi online system pada pembayaran dan pelaporan pajak parkir di DKI Jakarta Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data secara studi literatur dan studi lapangan yang dilakukan dengan wawancara mendalam Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembayaran dan pelaporan pajak parkir melalui online system sudah berjalan sesuai dengan Pergub Nomor 224 Tahun 2012 Implikasi atas penerapan kebijakan tersebut bersifat positif dan telah memenuhi asas efficiency Kendala teknis dan non teknis menjadi penghambat dalam implementasi kebijakan pembayaran dan pelaporan pajak parkir melalui online system.

This research discusses the analysis implementation of online sytem on payment and reporting parking tax in DKI Jakarta how the implications of those policies and what are the constraints being experienced in the implementation of online system on the payment and reporting parking tax in DKI Jakarta Descriptive qualitative data collection methods is chosen to be approach of this research by collecting data from literature review and field studies in depth interview technique The results of this research show that the implementation of online system on payment and reporting parking tax has been running in accordance with Pergub Number 224 by 2012 The implications of the application of the policy is positive and has fulfilled the principle of efficiency Technical and non technical constraints hampered policy implementation of payment and reporting parking tax through the online system
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S55193
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A. Erich Nubli Mardhi
"Dalam tulisan ini dirancang sebuah sistem pelayanan kerja praktek untuk Sekretariat Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Sistem ini dirancang dengan menggunakan metode online dengan bahasa pemrograman HTML dan PHP dengan menggunakan database PostgreSQL. Sistem diimplementasikan dengan menggunakan server localhost dan dievaluasi dengan menggunakan kuisioner. Hasil evaluasi yang baik menunjukkan bahwa sistem yang dirancang layak untuk digunakan.

In this paper designed a system of practical work services for the Secretariat Departement of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Indonesia. This system is designed using the online method with HTML and PHP programming language using a PostgreSQL database. System is implemented using localhost server and evaluated using a questionnaire. Good results from the evaluation show that the designed system is feasible for use."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47044
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Is Indratno
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan produk inovasi sistem pembayaran dan pengaruh inovasi sistem pembayaran terhadap pengukuran jumlah uang beredar di Indonesia. Dalam penelitian ini, produk inovasi sistem pembayaran direpresentasikan oleh perkembangan instrumen pembayaran elektronis, alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) yaitu kartu debet dan kartu kredit serta emoney. Sedangkan untuk pengukuran jumlah uang digunakan metode simple sum aggregate dan divisa.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error-Correction Model untuk melihat hubungan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan produk inovasi sistem pembayaran penjualan eceran, jumlah akses, resiko, suku bunga deposito, sukubunga kredit, nilai transkasi dan volume transkasi dan hubungan inovasi sistem pembayaran terhadap pengukuran jumlah uang beredar M2 simple sum dan divisia. Dari hasil studi diperoleh bahwa faktor nilai transkasi berpengaruh terhadap seluruh produk sistem pembayaran dan inovasi sistem pembayaran memiliki hubungan jangka pendek dan jangka panjang dengan pengukuran jumlah uang beredar.

The thesis is devoted to the factors that influence the use of product innovation and influence innovation payment sistem payment sistem to measure the amount of money circulating in Indonesia. In this study, innovation product of innovation represented by the development of the payment sistem of electronic payment instruments (SKN and RTGS), card payment ( APMK ) that debit cards and credit cards and emoney also . As for the money demand used simple sum aggregate and divisa method.
Error - Correction Model is applied in order to study the relationship factors that influence the use of product innovation of payment sistem, the amount of access, risk, deposit rates, loan interest rates, transaction value and volume of transaction and payment sistems innovation relationship to measure the money supply M2 simple sum and Divisia. This study showed that the transaction value factor affecting product innovation of payment sistem and payment sistems innovations have short -term relationships and long-term measurement of the money supply.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T42871
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>