Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 38 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bond, David
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama , 1994
746.92 BON c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Handayani
"[ABSTRAK
Artikel ini membahas tentang emansipasi perempuan dalam film Coco Avant Chanel
karya Anne Fontaine. Penelitian ini dibahas menggunakan metode kualitatif dengan berdasar
pada teori kajian sinema oleh Joseph Boggs dan Dennis Petrie (2011). Dari hasil penelitian,
ditemukan bahwa tokoh utama Coco Chanel berjuang keras untuk menuju kemandirian
ditengah tekanan masyarakat patriarki Prancis di awal abad ke-20. Dalam perjuangan tersebut
ditemukan banyak wacana emansipasi sesuai pemikiran feminis Simone de Beauvoir (1949).
Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa tokoh utama berhasil memberontak tekanan
masyarakat patriarki melalui penampilan, sikap, dan ideologinya ;ABSTRACT This article is about women emancipation in Coco Avant Chanel, a film by Anne
Fontaine. This research used qualitative method based on Joseph Boggs and Dennis Petrie?s
(2011) film analysis theory. The research founded that the main character Coco Chanel was
struggling to get her independence among the pressure from the french patriarchy society in
the early 20th century. In her struggle founded many emancipation discourses in accordance
with Simone de Beauvoir?s (1949) feminist thoughts. In the end, it concludes that the main
character able to revolte the pressure from patriarchy society through her outfit, attitude,
and ideology., This article is about women emancipation in Coco Avant Chanel, a film by Anne
Fontaine. This research used qualitative method based on Joseph Boggs and Dennis Petrie’s
(2011) film analysis theory. The research founded that the main character Coco Chanel was
struggling to get her independence among the pressure from the french patriarchy society in
the early 20th century. In her struggle founded many emancipation discourses in accordance
with Simone de Beauvoir’s (1949) feminist thoughts. In the end, it concludes that the main
character able to revolte the pressure from patriarchy society through her outfit, attitude,
and ideology.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tika Purwani
"Jurnal penelitian ini memberi kontribusi untuk bidang studi gender, khususnya mengenai liberal feminisme dalam menuntut kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan di dunia fashion seperti dalam film Coco Chanel (2009). Film tersebut memperlihatkan bagaimana Chanel berjuang melawan sistem patriarki melalui dominansi para desainer pria di Prancis sekitar tahun 1890-1919 di bawah pengaruh era Victoria (1837-1901) dan era Edwardian (1901-1910). Jurnal penelitian ini membahas isu liberal feminisme yang dapat dilihat melalui karakter utama dalam film ini, Coco Chanel (Gabriella Chanel). Perempuan ketika itu diatur tidak hanya dalam tata cara mereka berpakaian, namun juga bahan pakaian yang mereka gunakan dan bentuk dari gaun yang mereka kenakan. Film ini memperlihatkan bagaimana Chanel datang sebagai desainer wanita yang melanggar aturan dalam industri fashion karena wanita membutuhkan kebebasan untuk mengekspresikan diri dengan memakai pakaian yang ingin mereka kenakan dan bagi Chanel fashion adalah kebebasan. Menggunakan konsep liberal feminisme dari Hughes, jurnal penelitian ini berkesimpulan bahwa perjuangan Chanel di industri fashion dapat dilihat sebagai perjuangan seorang feminis liberal karena dia berhasil berjuang melawan dominansi sistem patriarki dalam industri fashion.

This research paper gives contribution to the field of gender studies, particularly concerning to liberal feminism in demanding the equality between men and women in fashion as depicted in the movie Coco Chanel (2009). This can be seen on how she struggled against the patriarchal system through the dominant of male fashion designers in France around 1890-1919 under the influence of Victorian Era (1837-1901) and Edwardian Era (1901-1910). This paper examines the issue of liberal feminism that could be seen through the main character, Coco Chanel. Women had been ruled in the way they dressed even with the materials and the shapes of the dresses. The movie shows how Chanel came as a new female designer who broke the rules in the fashion industry because women needs freedom to express themselves by wearing what they want to wear and for Channel fashion is freedom. Using the concept of Hughes’ concept of liberal feminism, this research paper concludes that Chanel’s struggles in the fashion industry can be seen as a struggle of a liberal feminist because she successfully fought against the dominant of patriarchal system in the fashion industry.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Reza Hamami Syah
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2003
S28748
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marpaung, Grace Maron
"Perubahan berbagai aspek yang terjadi pada masyarakat merupakan faktor penentu terjadinya perubahan pola pikir yang mereka pegang. Perubahan pola pikir ini menentukan perubahan prioritas dan preferensi masyarakat secara umum, sehingga menjadi salah satu faktor signifikan dalam perkembangan desain. Di dalam skripsi ini, secara khusus akan dibahas pengaruh modernisasi dalam lingkup desain, dengan berfokus terhadap dua bidang keahlian desain.
Penulisan ini bermaksud untuk memahami bagaimana pengaruh modernisasi dapat terjadi terhadap dua hal yang berbeda, yaitu fashion dalam arsitektur dan busana. Untuk itu, penulisan ini mengandung studi kasus terhadap karya perwakilan arsitektur dan juga busana. Berbasis sistem written fashion oleh Roland Barthes (1967), penulisan ini memegang prinsip bahwa pola pikir masyarakat mengenai fashion dapat ditemukan melalui penanda yang ada pada produk-produknya, dan berlaku pula pada arsitektur. Maka dari itu, analisis dalam studi kasus ini akan dilakukan dengan menemukan penanda-penanda modernisasi.
Penanda-penanda yang ditemukan akan digunakan untuk menentukan perbedaan dan persamaan modernisasi dalam arsitektur dan busana. Perbedaan akan memberikan pengetahuan mengenai berbagai kemungkinan penerapan pola pikir modern terhadap desain. Sedangkan persamaan dapat membuktikan keterhubungan fashion dalam arsitektur dan busana, khususnya dalam menerima efek modernisasi sebagai cabang ilmu desain yang berbeda. Hasil dari studi ini diharapkan dapat menjadi informasi yang memicu kemungkinan-kemungkinan eksplorasi desain yang baru.

The alteration of various aspects within the society are the determining factors of the shiftings in the paradigms they held. These shiftings generally determine changes in the priorities and preferences of the society, therefore, become significant factors of design developments. In this essay, the effects of modernization will be particularly discussed, focusing on two design fields of study.
This study aims to understand how modernization occurs on two different matters, which are fashion in architecture and clothing. In order to do that, this study consists of a case study on architecture and clothing representative artworks. Based on Roland Barthes 's (1967) system of written fashion, this study held the principle that the paradigms of the society, in relation to fashion, are able to be found through the signifiers the items have, and the same thing applies in architecture. Therefore, the analysis in this case study will be done by finding the signifiers of modernization.
The signifiers that will be found will be used to determine the differences and the resemblances of the modernization application towards architecture and fashion. The differences will give information on various possibilities modern mindset can be applied towards design. While the resemblances will prove the relation between architecture and clothing, especially in receiving the effect of modernization as different fields of design study. The result of this study is expected to give information that triggers new possibilities in design explorations.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Aliya Putri Subiyandono
"Celebrity endorsements have been heavily used by brands, including luxury fashion brands, to create brand identity and value for a stronger connection with their consumers. With the sustained growth of the luxury goods market in the Asia Pacific region, the younger asian market will be an even more important target for luxury brands. This prompted major fashion houses to work with Asian celebrities, such as the case of Chanel with BLACKPINK’s Jennie Kim. This study will use qualitative methods of secondary research and content analysis, more specifically data from Instagram, Youtube, and official websites. By using Keller’s Brand Resonance Model, this study aims to find the effectiveness of celebrity endorsement as a marketing strategy and whether or not it can create resonance or active and loyal relationships between a brand and its customers. Through the analysis of Jennie Kim’s endorsement with Chanel using the Brand Resonance Model, this study found that celebrity endorsements are especially effective in creating salience and brand imagery and that in order to create stronger resonance more quickly it should be mixed with other marketing strategies. Overall this study is held in order to give insight on celebrity endorsements as a marketing strategy for brands.

Celebrity endorsement telah banyak digunakan oleh merek dan perusahaan, termasuk merek fashion mewah, untuk menciptakan identitas merek dan nilai-nilai untuk hubungan yang lebih kuat dengan konsumen mereka. Dengan pertumbuhan stabil dari pasar barang mewah di kawasan Asia Pasifik, pasar anak muda di Asia akan menjadi target yang lebih penting bagi merek-merek mewah. Ini mendorong rumah mode besar untuk bekerja dengan selebriti Asia, seperti kasus Chanel dengan Jennie Kim BLACKPINK. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif berupa penelitian sekunder dan analisis konten, lebih spesifiknya dengan data dari Instagram, Youtube, dan situs resmi. Dengan menggunakan Model Resonansi Merek milik Keller, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan celebrity endorsement sebagai strategi pemasaran dan dapat tidaknya strategi ini menciptakan resonansi atau hubungan aktif dan loyal antara suatu merek dan pelanggannya. Melalui analisis kasus Jennie Kim dengan Chanel menggunakan Model Resonansi Merek, penelitian ini menemukan bahwa dukungan selebriti sangat efektif dalam menciptakan arti-penting (resonance) dan citra merek (brand imagery), dan untuk menciptakan resonansi yang lebih kuat dengan lebih cepat, sebaiknya celebrity endorsement dicampur dengan strategi pemasaran lainnya. Secara keseluruhan penelitian ini dilakukan untuk memberikan wawasan tentang celebrity endorsement sebagai strategi pemasaran merek."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Steffi Lifita
"Penelitian ini membahas alih kode pada lima video kanal YouTube Keluarga Cemara di Belanda. Penelitian ini berfokus pada jenis dan faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis, proses, dan faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode pada konten video YouTube Keluarga Cemara di Belanda dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan teori alih kode menurut pendapat Poplack (1980) dan Hoffmann (1991). Penelitian ini menemukan bahwa jenis alih kode pada konten video kanal YouTube Keluarga Cemara di Belanda didominasi oleh jenis alih kode dalam kalimat (intrasentential switching). Sebagian besar alih kode dilakukan untuk pengulangan atau klarifikasi dengan tujuan agar konteks percakapan dapat dimengerti anggota keluarganya serta dapat menarik perhatian penontonnya.

This research discusses code switching in five videos of Keluarga Cemara di Belanda youtube channel. This research focuses on the types and factors that cause code switching. The purpose of this research is to describe the types, processes, and factors that led to code switching in 5 videos of Keluarga Cemara di Belanda using a qualitative descriptive research method based on code switching theory according to Poplack (1980) and Hoffmann (1991). The results of this research show that the type of code switching in Keluarga Cemara di Belanda youtube channel is dominated by the type of code switching in sentences (intrasentential switching). The cause of code switching is mostly done for repetition or clarification with the aim that the context of the conversation can be understood by family members as well as attract their visitors. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Aziza
"Brand Ambassador menjadi salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran untuk industri luxury fashion. Penggunaan selebriti dalam merepresentasi suatu luxury fashion brand memiliki dampak positif terhadap aktivitas pemasaran, tak terkecuali untuk social media marketing. Pemilihan selebriti sebagai brand ambassador suatu luxury fashion brand pun harus didasari atas 5 syarat (Okonkwo, 2007) yaitu credibility, global appeal, personality, uniform brand, dan constancy. Makalah ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh yang dihasilkan Jennie ‘Blackpink’ selaku House Ambassador Chanel terhadap customer brand engagement di konten social media marketing Chanel. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah analisa konten secara kuantitatif dan kualitatif, di mana penulis membandingkan engagement dari konten YouTube dan Instagram Chanel yang melibatkan dan yang tidak melibatkan Jennie. Engagement diukur berdasarkan jumlah likes, views, serta perbedaan karakteristik dari komentar yang diberikan audiens. Hasil analisa makalah ini menemukan bahwa kemunculan Jennie ‘Blackpink’ pada konten media sosial Chanel telah meningkatkan customer brand engagement secara signifikan. Sosok Jennie ‘Blackpink’ terbukti dapat memicu motivasi audiens dalam berinteraksi dengan brand dilihat dari 3 dimensi customer brand engagement menurut Hollebeek (2011) yaitu immersion, passion, dan activation.

Brand Ambassador is an important element in the marketing strategy for the luxury fashion industry. The use of celebrities in representing a luxury fashion brand has a positive impact for marketing activities, including for social media marketing. The appearance of brand ambassadors on social media content of luxury fashion brands can affect the customer brand engagement. This paper aims to examine the impact of Jennie 'Blackpink' as the House Ambassador for Chanel on customer brand engagement through Chanel's social media marketing contents. The method used in this paper is quantitative and qualitative content analysis, in which the authors compare the engagement of Chanel’s contents on YouTube and Instagram, involving and not involving Jennie, based on the number of likes, views, and the characteristics of the comments. This paper found that the appearance of Jennie 'Blackpink' on Chanel's social media content has significantly increased customer brand engagement. Her appearance on Chanel’s social media contents can influence the audiences’ motivation to interact with the brands based on the 3 dimensions of customer brand engagement according to Hollebeek (2011); immersion, passion, and activation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2001
S32228
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriella Andini
"Sebagai komponen utama perangkat elektronik, material semikonduktor belum banyak diproduksi di Indonesia. Serat nata de coco yang memiliki kekuatan mekanik yang tinggi berpotensi untuk dijadikan material komposit yang memiliki sifat semikonduktor jika dicampur dengan serbuk seng oksida (ZnO). Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa campuran ZnO dalam komposit dapat memberikan sifat semikonduktor, yaitu memiliki nilai konduktivitas listrik di antara 10-8 S/cm sampai 103 S/cm.
Pada penelitian ini modifikasi serat nata de coco dengan ZnO dilakukan menggunakan metode post modification (perendaman) selama 3 hari, dengan variasi konsentrasi suspensi ZnO dan ukuran partikel ZnO. Serat yang telah dimodifikasi dikeringkan dengan proses cold press dan hot press.
Dari hasil SEM-EDX dapat diketahui bahwa ZnO telah terdeposisi pada serat. Hasil uji konduktivitas listrik menunjukkan bahwa semua komposit yang dihasilkan dapat digolongkan sebagai material semikonduktor. Kombinasi konsentrasi suspensi 5% w/v dan ukuran partikel 0,2 – 0,5 mm memberikan konduktivitas listrik tertinggi, yaitu sebesar 6,95 x 10-6 S/cm atau kurang lebih 16 kali konduktivitas listrik serat nata de coco polos.

As major component of electronic devices, semiconductor material has not been widely produced in Indonesia. Nata de coco fibers, that has high mechanical strength, has the potential to be used as a semiconductor composite when mixed with zinc oxide (ZnO). Several studies have shown that the addition of ZnO in composite can provide semiconductor characteristic (electrical conductivity value ​​between 10-8 S/cm to 103 S/cm).
In this study, nata de coco fibers-modification with ZnO has been done using post modification method (immersion) for 3 days with variation of suspension concentration and particle size. Modified fibers have been dried by cold pressing and hot pressing.
SEM-EDX results showed that ZnO had been deposited on the fiber. Electrical conductivity test results showed that all of the composites can be classified as semiconductor material. Combination of 5% w/v suspension concentration and 0.2 – 0.5 mm particle size gives the highest electrical conductivity, 6.95 x 10-6 S/cm, or 16 times larger than the electrical conductivity of plain nata de coco fiber.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47611
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>