Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 33962 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Marvin Julian
"Transparansi telah menjadi suatu instrumen desain yang telah digunakan oleh beberapa arsitek seperti Le Corbusier dan IM Pei. Phenomenal Transparency adalah salah satu cara untuk memberikan efek multiplikasi dari sebuah makna di dalam fasad bangunan untuk menciptakan dialog antara bangunan dan pengamat. Studi dari Phenomenal Transparency tidak dapat dipisahkan oleh pengertian tentang sebuah fasad, baik yang kontekstual maupun fasad yang tidak kontekstual. Sebuah fasad, dengan unsur Phenomenal Transparency di dalamnya, akan menjadi sebuah stimulasi visual dengan figur yang bersinggungan serta elemen yang saling berinteraksi.
Proses mengidentifikasi dimulai dengan menganalisis tentang transparansi, kedalaman visual, dan garis garis yang meregulasi sebuah fasad bangunan dalam bentuk Formal Analysis. Formal Analysis ini diformulasikan dari Villa Garches karya Le Corbusier, baik secara subjektif dan objektif. Formal Analysis ini akan menjadi dasar dari desain yang berhubungan dengan proporsi, ritme, kedalaman, dan motif arstiektural yang nantinya akan mengedepankan artistry dan keorisinalitas matematikal dari sebuah karya fasad.

Transparency has been used as an instrument of design by several architects in the past by the likes of Le Corbusier and IM Pei. Phenomenal Transparency is a way to convey multiplication of meaning in the façade to create a dialogue between the observer and the building. The study of phenomenal transparency is inseparable from the understanding of façade, whether a contextual or autonomous façade. A façade, along perception with Phenomenal Transparency embedded, is expected to stimulate visually with its overlapping figures and interpenetrating elements.
The process of dissection begins with identifying transparency, visual depth, and regulating lines of a project in the form of formal analysis. Formal analyses are drawn from Le Corbusier's Villa Garches, both subjectively and objectively. The formal analyses, later on the process, set the ground rules regarding the proportion, rhythm, depth, and architectural pattern that later will define the artistry and mathematical ingenuity of the façade produced for an architectural mixed use building in Perth, Australia.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55186
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vania Alisha
"Pendekatan visual sebagai salah satu cara manusia merasakan ruang, menjadi objek penelitian berbasis desain pada tugas akhir. Visual blurring hadir dan diharapkan dapat menjadi cara baru untuk manusia memaknai ruang arsitektur. Untuk dapat menghadirkan suatu visual yang tidak jelas, penelitian ini dimulai dengan analisis pembacaan akan sesuatu yang memiliki ketidakjelasan dalam visualnya, yaitu fotografi blur. Pembacaan akan sesuatu yang memiliki ketidakjelasan visual ini mengantarkan pada suatu mekanisme yang menjadi dasar rancangan ide berbasis story pada penelitian berbasis desain ini. Penggunaan material kaca akhirnya menjadi sangat penting, dimana kaca dapat memberikan berbagai tingkatan transparansi yang dibutuhkan untuk menghadirkan ide dari visual blurring itu sendiri.

Visual approach in perceiving spatial elements became the main basis of design research in this final project. Visual blurring became a new method in human perception of architectural space. To visualize the visual blurring, the research began by analyzing blur photos that led to blur mechanism, which was then used as a main design idea based on story methodology. Glass has an important role in this final project, because glass could offer different level of transparency which would present the whole concept of visual blurring.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Astrid Vidya Primadhani
"Tesis ini menelusuri agensi objek pada self generating sebagai metode desain untuk menghasilkan arsitektur. Pada umumnya, hasil karya arsitektur berupa bangunan. Kebutuhan akan bangunan dipertanyakan ketika arsitektur bisa terealisasikan melalui media seperti objek. Tulisan ini mempertanyakan kapabilitas objek sebagai metode perancangan arsitektur yang bisa terbentuk dengan sendirinya. Lingkungan terpisah yang disebabkan oleh objek menghasilkan reaksi dari makhluk hidup. Objek bisa memiliki agensi di luar intensi awal perancang. Agensi objek akan melebihi ekspektasi perancang ketika objek memiliki kegunaan di luar dari fungsi inisial. Potensi objek untuk membentuk ruang dengan kapabilitas di luar fungsi yang ditentukan pada awalnya dieksplorasi dalam tesis ini. Melalui operasi combine dan substitute pada objek, proses self generating makhluk hidup dapat berubah menjadi initiate, inhibit atau redirect. Merancang dengan objek yang dialihkan fungsinya oleh makhluk hidup mewujudkan arsitektur. Agensi objek dirancang agar memberikan dampak pada lingkungan sekitar melalui self generating. Tesis ini menelusuri pembuatan bahan makanan tempe sebagai proses yang membutuhkan objek agar terealisasi. Dari studi proses tersebut, rancangan yang dihasilkan adalah susunan objek yang dapat melangsungkan fermentasi tempe dengan sendirinya melalui kapabilitas peralihan fungsi untuk membentuk ruang berspora.

This thesis explores the agency of objects in self-generating as a method of design in architecture. In general, architectural projects are in the form of buildings. The need for buildings is questioned when architecture can be realized through media such as objects. This writing questions the capability of objects as a method of architectural design that can be formed by itself. A separate environment that is caused by objects creates a reaction from living beings. Objects can have agency outside of the initial intention of the designer. The agency of objects will exceed the expectations of the designer when objects have a use outside of its initial function. The potential of objects to create space with the capability outside of its determined function is explored in this thesis. Through the operation of combine and substitute towards objects, the process of self generating from living beings can change to initiate, inhibit or redirect. Designing with objects that have been redirected functionally by living beings produces architecture. The agency of object is designed to provide impact towards its environment through self generating. This thesis explores the production of food as a process that needs objects to be realized. From the study of its process, the design is an arrangement of objects that can carry out tempeh fermentation by itself through the capability of functional redirection to create a spore space."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrey Caesar Effendi
"Arsitketur mempunyai kemampuan untuk mengartikulasi ruang sesuai dengan tujuannya dan fotografi sebagai alat untuk mengukur kemampuan tersebut. Oleh karena itu arsitektur dan fotografi adalah sesuatu yang saling terkait. Kaitan antara fotografi dan arsitektur menjadi semakin erat apabila fotografi dapat digunakan secara lebih mendalam dalam proses perancangan. Foto sebagai hasil dari fotogafi merupakan hasil akhir dari sebuah proses fotografi.
Tesis desain ini mencoba untuk mendapatkan manfaat lebih dari foto tersebut sehingga dapat digunakan dalam proses perancangan. Riset ini dilakukan dengan menggunakan Bga metode yang berbeda, yaitu pertama pengambilan gambar yang berupa foto, kedua pembacaan foto oleh Bga agen, dan yang ketiga layering terhadap fokus foto Bap agen untuk melihat gejala simbolik yang terjadi pada foto tersebut.
Narasi dari pembacaan foto yang dilakukan oleh keBga agen akan dikolaborasikan sehingga didapat collaborative idea pada seBap foto yang dilihat untuk mendapatkan hasil pembacaan yang lebih objektif karena seBap agen mempunyai persepsinya sendiri -­‐ sendiri dan dapat di interpretasikan kembali untuk mendapatkan gejala simbolik pada seBap foto. Dengan gejala simbolik yang ada dalam setiap foto tersebut akan digunakan dalam proses perancangan sehingga pengalaman yang dihadirkan berdasarkan fokus -­‐ fokus oleh seBap agen dapat memberikan pengalaman sama pada tempat yang berbeda seperti yang dirasakan oleh seBap agen.

Architecture have the ability to articulate its intended space and photography as a tool to measure the ability. Therefore architecture and photography is something interrelated. The link between photography and architectural photography to be more closely if it can be used in more depth in the design process. Photos are the result of a photographic process.
This design thesis is trying to get more benefits from the photo so it can be used in the design process. The research was conducted using three different methods, namely, first shooting a photo, the second reading of the photograph by the three agencies, and the third to focus photo layering each agent to see the symbolic symptoms that occur in the photo.
Narrative of the readings done by third photo agency will collaborate in order to get collaborative idea on eachphoto to see to get a more objective reading of results because each agency has its own perception and can be interpreted in a symbolic return to get symptoms on each photo. With symbolic symptoms present in each photo will be used in the design process so that the experiences presented by focus by each agency can provide similarexperiences in different places as perceived by each agent.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bimantya Septian Dwi Cahyo
"Tesis perancangan dalam hal ini membahas tentang penelusuran ruang dengan kondisi tanpa gravitasi melalui pembongkaran yang dilakukan pada ruang virtual untuk megetahui sejauh mana karakteristik ruang tersebut dapat hadir dalam ruang cartesian (tiga dimensi). Ruang yang dihadirkan adalah ruang persepsi dengan menghilangkan unsur gravitasi sehingga subyek yang berada dalam ruang tersebut mengalami disorientasi terhadap elemen arsitektural yang berupa atap, dinding dan lantai, sehingga elemen arsitektur tersebut menjadi samar secara esensi. Pemrograman perancangan didasarkan pada konfigurasi ruang tanpa gravitasi secara nyata melalui penelusuran terhadap modul ruang pesawat antariksa (ISS) yang didukung dengan beberapa teori ruang anti gravitasi. Melalui penelusuran ini diharapkan dapat dijadikan suatu metode dalam perancangan sehingga representasi ruang yang terjadi dapat dikembangkan sebagai konsep perancangan ruang arsitektural.

This thesis discusses about investigating space with zero gravity condition by tracing visual in virtual space to determine the extent of spatial characteristics that may be present in cartesian space. Space that presented is about perception by eliminating the gravity so that the subjects has disorientation to it's architectural elements (ceiling, wall and floor) and the architectural elements become vague in its essence. Programming design based on spaceship (International Space Station) and supported by anti gravity space theory. This assesement is expected to be a method in architectural design so that the representation of the space can be develop as an architectural design concept."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T46627
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmawaty
"Penelusuran fenomena menghilang dari perhatian terhadap beberapa karya arsitektur menemukan bahwa fenomena tersebut terjadi melalui mekanisme yang berbeda beda, bersifat sementara, secara terencana maupun tidak. Teori yang digunakan dalam mengungkap adanya potensi mekanisme yang ketiga, yaitu menghilang dari perhatian going out of notice merupakan hasil pengembangan dari teori Gibson mengenai fenomena disappearing berupa peristiwa yang terjadi pada surface sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan perubahan warna pola , tekstur, dan layout yang tampak menyatu dengan lingkungannya atau disebut sebagai peristiwa kamuflase. Pembongkaran kamuflase terhadap Octopus bertujuan untuk mendapatkan mekanisme menghilang dari perhatian dengan fenomena yang berbeda dari yang telah ada dimana pembongkaran tersebut menghasilkan empat mekanisme dasar, yaitu mekanisme 'diafragma' dan mekanisme reflektif yang terkait perubahan warna dan pola surface, mekanisme hidrostatik yang berkaitan dengan perubahan tekstur surface, dan mekanisme perubahan layout surface. Upaya penyusunan kembali keempat mekanisme kamuflase dalam konteks yang sebenarnya merupakan metode yang digunakan untuk menghasilkan ruang arsitektural bagi manusia.

The search for a phenomenon disappears from the attention of some architectural works to reveal that the phenomenon occurs through different mechanisms, whether planned or not. The theory used in revealing the potential of a third mechanism, i.e., going out of notice, is the result of the development of Gibson 39 s theory of the disappearing phenomenon of events occurring on the surface in such a way as to produce color changes patterns , textures, and layouts that seem to blend with the environment or occur as camouflage events. Camouflage discharged against an Octopus aims to get the mechanism to disappear from attention with a different phenomenon from the existing one where the disassembly produces four basic mechanisms, namely the 39 diaphragm 39 mechanism, the reflective mechanism associated with the color change and the surface pattern, the hydrostatic mechanism associated with the surface texture change, and the surface layout change mechanism. The attempts of rearranging all four camouflage mechanisms in the actual context are the methods used to generate the architectural space for humans."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T47791
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aryo Bodroseno
"[ ABSTRAK
Motor listrik merupakan sebuah mesin yang mengubah energi listrik
menjadi energi mekanik. Ada banyak jenis motor, salah satunya adalah PMSM
(Permanent Magnet Synchronous Motor). PMSM merupakan motor listrik yang
menggunakan permanen magnet sebagai penghasil medan magnet di rotor,
sehingga medan magnet yang ada di rotor pun cenderung konstan. Salah satu
ukuran kinerja dari PMSM adalah efisiensi. Efisiensi PMSM dapat digambarkan
dalam bentuk map effisiensi. Ada beberapa cara untuk membuat map effisiensi
motor. Dalam penelitian ini akan digunakan metode quasi statik. Penggunaan
metode ini didasarkan pada alasan kemudahannya. Hasil map efisiensi yang didapat
dari metode quasi statik akan dibandingkan dengan map efisiensi yang didapat
dengan perangka lunak FEM. Hasil dari kedua metode ini akan dibandingkan
dengan map efisiensi yang didapat dari pengujian motor. Untuk membuktikan
efektivitas metode quasi statik akan diambil contoh PMSM yang digunakan di
mobil Toyota Prius. Dari map efisiensi yang didapat metode quasi statik memiliki
tingkat akurasi yang tidak berbeda dengan FEM.
ABSTRACTElectric motor is a machine to convert electric energy become mechanic
energy. There are many type of electric motor, one of them is PMSM (permanent
magnet synchronous motor). PMSM is electrical motor which using permanent
magnet as magnetic field producer in rotor, so as the values of magnetic field on
rotor has tended to fix. One of the method to evaluate performance of permanent
magnet motor is efficiency, efficiency of PMSM can be created in map efficiency
map. Some method has been using to create efficiency map of motor. In this
research will use quasi static method. The election of this method for the simplicity.
Result of efficiency which gotten from quasi static method will be compared with
efficiency map that resulted by FEM software. And then the result of them will be
compare with real testing of the motor. Toyota prius IPM wll be use as a PMSM
example to prove the effectivity of the quasi static method. Base on the result, quasi
static method has not be different accuracy than FEM.;Electric motor is a machine to convert electric energy become mechanic
energy. There are many type of electric motor, one of them is PMSM (permanent
magnet synchronous motor). PMSM is electrical motor which using permanent
magnet as magnetic field producer in rotor, so as the values of magnetic field on
rotor has tended to fix. One of the method to evaluate performance of permanent
magnet motor is efficiency, efficiency of PMSM can be created in map efficiency
map. Some method has been using to create efficiency map of motor. In this
research will use quasi static method. The election of this method for the simplicity.
Result of efficiency which gotten from quasi static method will be compared with
efficiency map that resulted by FEM software. And then the result of them will be
compare with real testing of the motor. Toyota prius IPM wll be use as a PMSM
example to prove the effectivity of the quasi static method. Base on the result, quasi
static method has not be different accuracy than FEM.;Electric motor is a machine to convert electric energy become mechanic
energy. There are many type of electric motor, one of them is PMSM (permanent
magnet synchronous motor). PMSM is electrical motor which using permanent
magnet as magnetic field producer in rotor, so as the values of magnetic field on
rotor has tended to fix. One of the method to evaluate performance of permanent
magnet motor is efficiency, efficiency of PMSM can be created in map efficiency
map. Some method has been using to create efficiency map of motor. In this
research will use quasi static method. The election of this method for the simplicity.
Result of efficiency which gotten from quasi static method will be compared with
efficiency map that resulted by FEM software. And then the result of them will be
compare with real testing of the motor. Toyota prius IPM wll be use as a PMSM
example to prove the effectivity of the quasi static method. Base on the result, quasi
static method has not be different accuracy than FEM., Electric motor is a machine to convert electric energy become mechanic
energy. There are many type of electric motor, one of them is PMSM (permanent
magnet synchronous motor). PMSM is electrical motor which using permanent
magnet as magnetic field producer in rotor, so as the values of magnetic field on
rotor has tended to fix. One of the method to evaluate performance of permanent
magnet motor is efficiency, efficiency of PMSM can be created in map efficiency
map. Some method has been using to create efficiency map of motor. In this
research will use quasi static method. The election of this method for the simplicity.
Result of efficiency which gotten from quasi static method will be compared with
efficiency map that resulted by FEM software. And then the result of them will be
compare with real testing of the motor. Toyota prius IPM wll be use as a PMSM
example to prove the effectivity of the quasi static method. Base on the result, quasi
static method has not be different accuracy than FEM.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S61883
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Tesis ini mengungkap salah satu aspek penyusun atmosfer dalam arsitektur, yaitu quasi. Ide ini berawal dari problematika diskursus materialitas yang selalu berkutat pada form dan hardware dari arsitektur, namun masih sedikit yang berbicara mengenai aspek materialtas dan karakteristik ruang yang menghubungkan antara manusia dengan arsitektur. Quasi dalam atmosfer kemudian menjadi penting, sebab kehadiran quasi mampu menghadirkan arsitektur yang bersifat immaterial, amorphic, dan transcendental, yang mengubah material dan things dalam atmosfer menjadi Quasi-Material dan Quasi-Things. Kemampuan yang dimiliki oleh Quasi-Material dan Quasi-Things dapat dikembangkan menjadi sebuah Metode Desain Arsitektur yang menghubungkan arsitektur dengan manusia. Metode desain arsitektur dengan menggunakan Quasi-Material dan Quasi-Things dapat memindahkan fokus desain, dari atmosfer yang terbentuk secara accidental, menjadi intentional. Metode ini memberikan kebebasan pada arsitek untuk bereksplorasi dalam merancang atmosfer yang dituju tanpa harus memikirkan bentuk. Posisi form dalam metode ini adalah hasil dari rancangan atmosfer yang terbentuk dalam arsitektur. Melalui rangkaian eksperimen dan skenario alur lintasan matahari sebagai batasan desain, arsitektur yang dirancang dengan menggunakan metode Quasi-Material dan Quasi-Things mampu menghadirkan atmosfer yang terdesain untuk mempertahankan kualitas atmosfer ruangnya sehingga dapat memaksimalkan pengalaman sensori manusia.

This thesis unveils quasi as one of the components of atmospheres inside architecture. This idea emerges from problematical discourse in materiality, which likely talks about form and the hardware of architecture. However, the literature on aspects of materiality and spatial characteristics that connect humans with architecture is still less adequate. Quasi as the component of the atmosphere became important because the presence of quasi could project an immaterial, amorphic, and transcendental architecture that could turn material and things (in the atmosphere) into quasi-material and quasi-things. The capability of those quasi-material and quasi-things can be developed into architecture design methods that could connect the relationship between humans and architecture. Quasi-material and quasi-things as architecture design methods could shift the design focus from an accidental-formed atmosphere into an intentional-formed atmosphere. This method removes the architect’s circumscription to explore and design their own desired atmosphere without concern about form. This method makes form as a result of the atmospheric design that is formed in the architecture. Through several experiments and scenarios of the sun’s path as a design limitation, architecture designed using the quasi-material and quasi-things method is able to present a design atmosphere to maintain the quality of the spatial atmosphere and maximize the human sensory experience."
[Depok;Depok, Depok]: [Fakultas Teknik Universitas Indonesia;Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia], 2023
T-pdf;T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asysyifa Azzahra
"Kubisme merupakan suatu gerakan seni dengan keunikan dan konsep tersendiri dimana kualitas mendasar yang ingin dihadirkan pada aliran ini ialah adanya penyajian lsquo potongan potongan rsquo image dari perspektif yang berbeda beda dimana masing masing bagian potongan dari image tersebut mewakili sebuah cerita atau memori tertentu sehingga ketika seluruh potongan image tersebut tergabung terciptalah sebuah cerita yang kompleks karena terbentuk dari berbagai sudut pandang Aspek penting dalam metode aliran ini diantaranya ialah aspek transparency dan simultaneity Perancangan interior sama halnya dengan metode pembuatan karya kubisme memiliki potongan potongan objek yang harus diperhatikan penyusunannya agar tercipta suatu rancangan dengan konsep tertentu Tugas akhir ini mencoba mengimplementasikan aspek transparency dan simultaneity tersebut pada perancangan interior

Cubism is an art movement with its own uniqueness and concepts which its fundamental qualities are presented on the flow of the presentation of bits and pieces image from different perspectives where each piece of the image portion representing a story or a specific memory So that when all the pieces are fused it creates a complex story because it is formed from a variety of viewpoints Transparency and simultaneity are important aspects in this method Interior design as well as the work of cubism method has pieces of objects that need to be arranged to create a design with a particular concept This final task is trying to implement those aspects transparency and simultaneity toward interior design "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S54662
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Marvin Octavdio
"Skripsi ini membahas mengenai keterbukaan atas dampak lingkungan. Dengan dibukanya informasi mengenai dampak lingkungan, maka masyarakat dapat terlibat dalam usaha perlindungan lingkungan secara lebih optimal. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Terdapat pembahasan mengenai keterbukaan informasi lingkungan serta penerapannya di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian hukum doktrinal dengan sifat eksploratoris dengan menggunakan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informasi lingkungan sudah diatur dan diterapkan di Indonesia. Meskipun demikian, belum terdapat ketentuan yang jelas mengenai keterbukaan informasi dampak lingkungan. Selain itu tindak lanjut dari dampak lingkungan yang dipublikasikan tersebut juga masih belum diatur secara jelas.

This thesis discusses the transparency on environmental damage information. The transparency is related to the people?s right on healthy environent. By the disclosure of environmental damage, it is hoped that the protection of environment can be improved. This thesis studies the theories and regulations on the publication of environmental information and its application in Indonesia. The study is an exploratory law doctrinal research which uses secondary data. The result of the research indicates that the transparency of environmental information has been regulated and applied in Indonesia. However, there is no regulation that follows up on the publication of the damage and force the companies to disclose their environmental damage information.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2016
S63635
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>