Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 169091 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ary Dwiaji
"Infertilitas adalah masalah kesehatan reproduksi yang selama ini sering terlantarkan. Masalah infertilitas ini pun tidak jarang menyebabkan masalah lain seperti stres, depresi dan juga diskriminasi. Salah satu solusi penyelesaian masalah infertilitas tersebut adalah melalui Teknologi Reproduksi Berbantu (TRB). Jumlah klinik atau rumah sakit yang sedikit dan jumlah siklus program TRB yang terus meningkat membuat persaingan antar klinik atau rumah sakit menjadi lebih ketat. Selain itu, program TRB memerlukan tahapan-tahapan medis dan prosedur tes yang kompleks sehingga sudah menjadi hak pasien untuk mendapatkan ringkasan medis yang sudah dilalui oleh pasien. Pengambilan data secara otomatis, kemudahan dan ketersediaan data oleh Aplikasi Seluler Ringkasan Medis Elektronik Perseorangan diharapkan akan mengatasi keterbatasan biaya, waktu, dan ketidakpraktisan yang ada. Aplikasi dikembangkan menggunakan pendekatan Sequential atau Waterfall. Aplikasi tersebut memiliki kelebihan antara lain bisa menjadi inovasi baru yang bisa menjadi daya saing, memungkinkan akses data dan informasi langsung oleh pasien, mengurangi sedikit beban kerja admission dan dokter, dan memungkinkan peluang pengembangan yang luas. Untuk memaksimalkan hasil dan kinerja dari aplikasi perlu dilakukan penambahan programmer, standardisasi pemasukan catatan medis, pelatihan untuk staff dan perawatan secara berkala pada aplikasi.

Infertility is a reproductive health issues which often are abandoned. The problem of infertility is also not uncommon cause other problems such as stress, depression and discrimination. One of the solution is solving the infertility through assisted reproductive technology (ART). The number of clinics or hospitals are few and the number of cycles of ART programs continues to rise makes competition among clinics or hospitals are becoming more rigorous. In addition, the ART program requires stages of medical tests and procedures are so complex that has become the right of patients to obtain medical summary that has been passed by the patient. Automatic data capture, the ease and availability of data by Mobile Electronic Personal Medical Record Applications are expected to overcome the limitations of cost, time, and existing impracticability. Applications developed using Sequential or Waterfall approach. These applications have advantages such as a new innovation that could be could be a competitive advantage, enabling access to data and information directly by the patient, reducing the workload slightly admission and doctors, and allow extensive development opportunities. To maximize the results and performance of the application programmer needs to do the addition, the standardization of medical records of income, training for staff and regular maintenance of the application.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S55910
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nawal Torik
"Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan desain sistem informasi sebagai solusi untuk memfasilitasi pengalaman makan bersama secara sosial dan eksplorasi kuliner melalui aplikasi mobile. Menggunakan pendekatan desain pemikiran dengan metodologi desain sprint, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam menemukan teman makan yang memiliki semangat yang sama dalam mengeksplorasi kuliner baru. Melalui teknik penggalian seperti Big Hairy Audacious Goals (BHAG), pertanyaan How Might We (HMW), persona, Kanvas Model Bisnis, dan peta perjalanan, penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan dan poin- poin penting pengguna. Desain sistem yang dihasilkan, didorong oleh pernyataan "mengapa" - "untuk menemukan teman yang berbagi antusiasme dalam mencoba makanan baru dan bersedia menjelajahi restoran bersama" - dan BHAG "untuk memperluas cakrawala kuliner dan menghubungkan teman-teman yang memiliki pemikiran serupa yang berbagi hasrat mereka untuk mencoba makanan baru dan menjelajahi pengalaman bersantap yang beragam. Dinner Mate berfungsi sebagai jembatan untuk koneksi ini, memperkaya petualangan kuliner."

This research focuses on designing an information system to facilitate social dining experiences and culinary exploration through a mobile application “Dinner Mate”. Utilizing a design thinking approach with a design sprint methodology, the study aims to address the challenge of finding dining companions who share a passion for exploring new cuisines. Through elicitation techniques such as Big Hairy Audacious Goals (BHAG), How Might We (HMW) questions, personas, a Business Model Canvas, and journey mapping, the research identified key user needs and pain points. The resulting system design, driven by the "why" statement - "to find a companion who shares the excitement of trying new foods and is willing to explore restaurants together" - and the BHAG of "expanding culinary horizons and connecting like- minded friends who share a passion for trying new foods and exploring diverse dining experiences," aims to create a platform that fosters meaningful connections between food enthusiasts and enriches their culinary adventures.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erry Suprayogi
"Popularitas telepon pintar dan aplikasi seluler membuat unduhan dan pengguna aplikasi meningkat secara eksponensial. Pengguna dapat memberikan ulasan terkait dengan penggalaman menggunakan aplikasi, ulasan ini dapat berisi keluhan atau saran yang berharga untuk dikaji lebih lanjut. Namun jumlah ulasan yang sangat banyak menyulitkan untuk mencari dan memahami informasi yang terkandung pada teks ulasan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pada penelitian ini mengusulkan model yang dapat menggali informasi serta mengkategorikan konten dan sentimen ulasan dengan menggunakan teknik pembelajaran mesin. Algoritme SentiStrength, Support Vector Machine SVM , Na ve Bayes, Logistic Regresion, Latent Dirichlet Allocation LDA dan Non-negative Matrix Factorization NMF digunakan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian didapatkan rerata presisi sentimen ulasan mencapai 85 dan algoritme terbaik untuk klasifikasi konten ulasan didapatkan menggunakan SVM dengan nilai rerata f1-score 84.38 menggunakan fitur unigram sedangkan NMF berkerja lebih baik daripada LDA untuk menemukan topik pada teks ulasan.

The popularity of smartphones and mobile applications makes app downloads and users of applications rises exponentially. Users can provide reviews related to their experience during using the app, these reviews may contain valuable complaints or suggestions which can be used for further in depth review based on the reviews given before. However, the large number volume of the reviews can make it very difficult to find and understand the information contained in a review. To solve the problem in this study proposes a model that can diging information by categorizing the content and sentiment reviews using machine learning technique. The algorithm SentiStrength, Support Vector Machine SVM , Na ve Bayes, Logistic Regression, Latent Dirichlet Allocation LDA and Non-negative Matrix Factorization NMF are used in this study. The result of the research shows that the average sentiment precision of review is 85 and the best algorithm for the review content classification is obtained using SVM with an average f1-score 84.38 using unigram feature whereas the NMF works better than LDA to find topics in a reviews.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Boston: Artech, 1990
621.38 MOB
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sasti Hapsari Nurdiana
"ABSTRAK
Analisis Situasi: Jakarta selain sebagai pusat pemerintahan juga merupakanpusat hiburan yang memiliki berbagai daya tarik wisatasalah satunya pariwisata makanan atau gastronomi dengan menawarkan hampir 4.000 gerai makanan. Perkembanganteknologi dan informasi yang cepat juga berpengaruh pada bidang kuliner yang mendorong perilaku generasi mudalebih suka makan di luar rumah dengan mencari referensi gerai makan di internet. Namun, masyarakat membutuhkanlebih dari sekedar referensi. Hal yang terjadi dengan banyaknya referensi gerai makan atau makanan menimbulkan efek konsumtif bagi masyarakat, karena kebanyakan hanya menyajikan makanan tanpa disertai sisiedukasinya. Media baru jurnalisme makanan ini dengan lingkup Jakarta dapat menjadi upaya dalam memberikan informasi akurat dan komprehensif tentang makanan danmemberikan manfaat positif bagi masyarakat. Manfaat dan Tujuan: Pengembangan Prototipe: Memberikan informasi komprehensif dan aktual mengenaimakanan di Jakarta kepada masyarakat. Tujuannya adalahmenjadi pionir media jurnalisme makanan dengan formatmobile-app yang mudah diakses, dinamis, interaktif,menarik serta menawarkan informasi yang komprehensif. Prototipe yang Dikembangkan: Jakartagastro adalah media jurnalisme makanan berbasis mobile-application yang memiliki wilayah cakupan Jakarta. Media ini memiliki berbagai konten yang dibutuhkan khalayak diantaranya liputan terkini, informasi umum gerai makanan, ulasan, resep, nutrisi, dan latar belakang sejarah suatu makanan. Evaluasi: Pre-tes dilakukan sebelum situs diluncurkan denganmenyebarkan kuesioner langsung kepada khalayak. Evaluasi khalayak hampir sama dengan pre-test dilakukan untuk melihat kepuasan khalayak terhadap situs. Evaluasi input, output, dan outcome akan dilakukan dengan analisislaporan divisi serta survei khalayak setiap empat bulan. Anggaran: Anggaran Pembuatan Prototipe Rp 745.000. Investasi Awal Rp 79.067.000Total Pengeluaran Bulanan Rp 139.000.000Total Pengeluaran 1 Tahun Rp 1.602.000.000Perkiraan Pendapatan Tahun Pertama Rp 325.596.000. Perkiraan Pendapatan Tahun Kedua Rp 1.883.400.000.

ABSTRACT
Situation Analysis: Jakarta as the central government, also holds a role as thecenter of entertaiment with various tourism attractions. Oneof tourism attractions is its gastronomy tourism, providingalmost 4000 outlets. Rapid development of technology andinformation also give massive effect to gastronomy industry. It drives people to go eating out more often andusually using the internet as their reference. But, peopleneed more than reference. Sadly, people become moreconsumptive, because the references only cover about theproducts and overlook its educative role. New food journalism can be a platform for giving accurate and comprehensive information about food and positive impactto society. Benefits and Goals of Developing Prototype: To give comprehensive and actual information related tofood in Jakarta. The objective is to be pioneer as a dynamicand interactive food journalism media.Developing Prototype: Jakarta gastro is mobile app basis food journalism mediawith coverage in entire Jakarta. This media provides actualinformation, recipe, nutrition, related to food. Evaluation: The pre test will be conducted before the site is launched bydistributing questionnaires directly to the audience.Evaluation of the audience is almost the same as the pre test. It will be conducted to see the satisfaction of the audiencefor the site. Evaluation of inputs, outputs, and outcomes willbe conducted by analyzing reports of division and surveysevery four months. Budgeting: Protoype development budget Rp 745.000Initial Investments Rp 79.067.000. Total monthly expenses Rp 139.000.000. Expenses in a year Rp 1.602.000.000Predicted income first year Rp 325.596.000. Predicted income second year Rp 1.883.400.000 "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"after the world witnessed groundbreaking early advances in assisted reproduction that utilized conventional in vitro fertilization in the human, more complex invasive techniques of oocyte and embryo manipulation were introduced to treat human subfertility. amongst these were numrous micromanipulation techniques such as partial zona dissection (PZD; 1988), subzonal insemination (SUZI, 1988) and subsequently ICSI, which became the most powelful tool of assisted fertilization (1992). ICSI requires micromanipulation of both the male and the female gamete. another importand approach is laser-assisted opening of the zona pellucida at different stages of preimplantation development either; to assist hatching (1990) or to remove cells for preimplantation genetic diagnosis (1989), or fragments to restore the integrity of an embryo (1999). sometimes even blastocysts considered for vitrification need further manipulation in order to artificially shrink the blastocoel which facilitates survival of expanded blastocyst (2002). other methods for reproductive purposes, however, failed to gain acceptance in population, such as cytoplasm transfer (1997), nuchler transfer (1998) and cloning (1996), to name but a few."
JRSCB 1:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Situmorang, Batara Yehezkiel
"Perkembangan pesat aplikasi mobile telah menjadi bagian penting dalam mendukung berbagai aktivitas, termasuk di industri telekomunikasi. Perusahaan pada industri telekomunikasi di Indonesia sendiri memiliki tantangan dalam menjaga tingkat customer churn yang tinggi. Faktor utama penyebab tingginya customer churn pada industri telekomunikasi adalah rendahnya tingkat customer experience dan loyalitas pelanggan yang rendah. Meskipun berbagai fitur telah dihadirkan oleh aplikasi mobile telekomunikasi seperti MyTelkomsel sebagai upaya peningkatan customer experience dan loyalitas pelanggan, tingkat kehilangan pelanggan di industri ini masih tinggi, sehingga diperlukan pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor kualitas layanan mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mobile service quality terhadap continuance intention pengguna aplikasi MyTelkomsel, yaitu aplikasi mobile telekomunikasi dari provider seluler dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Dalam meneliti hal tersebut, tim peneliti menggunakan SERVQUAL theory, konstruk inertia, dan continuance intention yang diadaptasi dari berbagai penelitian terdahulu. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh 487 responden dan data kualitatif melalui wawancara dengan 30 narasumber. Data kuantitatif dianalisis menggunakan metode Partial Least Square structural Equation Modelling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 4, sementara data kualitatif menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mobile service quality yang terdiri dari dua dimensi, yaitu application quality dan outcome quality berpengaruh terhadap continuance intention. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi penyedia layanan telekomunikasi, terkhusus pihak pengembang, mengenai aspek mobile service quality pada aplikasi mobile telekomunikasi apa saja yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan niat keberlanjutan penggunaanya.

The rapid development of mobile applications has become an essential part of supporting various activities, including in the telecommunications industry. Companies in the Indonesian telecommunications industry face the challenge of maintaining high customer churn rates. The main factors causing high customer churn in the telecommunications industry are the low level of customer experience and low customer loyalty. Although various features have been introduced by mobile telecommunication applications like MyTelkomsel in an effort to improve customer experience and loyalty, the rate of customer loss in this industry remains high. Therefore, a deep understanding of the factors influencing the quality of mobile services is necessary. This study aims to analyze the impact of mobile service quality on the continuance intention of MyTelkomsel users, which is the mobile application of the largest cellular provider in Indonesia. To investigate this, the research team employs the SERVQUAL theory. constructs inertia, and continuance intention adapted from previous studies. Quantitative data was collected through a questionnaire completed by 487 respondents and qualitative data through interviews with 30 informants. The quantitative data was analyzed using the Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method through the SmartPLS 4 software, while the qualitative data was analyzed using content analysis. The results of this study indicate that mobile service quality, comprising two dimensions: application quality and outcome quality, affects continuance intention. These findings are expected to provide insights for telecommunications service providers, especially developers, on which aspects of mobile service quality in mobile applications can be enhanced to increase users' continuance intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Takayuki Muhamad Rabbani
"Perkembangan pesat aplikasi mobile telah menjadi bagian penting dalam mendukung berbagai aktivitas, termasuk di industri telekomunikasi. Perusahaan pada industri telekomunikasi di Indonesia sendiri memiliki tantangan dalam menjaga tingkat customer churn yang tinggi. Faktor utama penyebab tingginya customer churn pada industri telekomunikasi adalah rendahnya tingkat customer experience dan loyalitas pelanggan yang rendah. Meskipun berbagai fitur telah dihadirkan oleh aplikasi mobile telekomunikasi seperti MyTelkomsel sebagai upaya peningkatan customer experience dan loyalitas pelanggan, tingkat kehilangan pelanggan di industri ini masih tinggi, sehingga diperlukan pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor kualitas layanan mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mobile service quality terhadap continuance intention pengguna aplikasi MyTelkomsel, yaitu aplikasi mobile telekomunikasi dari provider seluler dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Dalam meneliti hal tersebut, tim peneliti menggunakan SERVQUAL theory, konstruk inertia, dan continuance intention yang diadaptasi dari berbagai penelitian terdahulu. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh 487 responden dan data kualitatif melalui wawancara dengan 30 narasumber. Data kuantitatif dianalisis menggunakan metode Partial Least Square structural Equation Modelling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 4, sementara data kualitatif menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mobile service quality yang terdiri dari dua dimensi, yaitu application quality dan outcome quality berpengaruh terhadap continuance intention. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi penyedia layanan telekomunikasi, terkhusus pihak pengembang, mengenai aspek mobile service quality pada aplikasi mobile telekomunikasi apa saja yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan niat keberlanjutan penggunaanya.

The rapid development of mobile applications has become an essential part of supporting various activities, including in the telecommunications industry. Companies in the Indonesian telecommunications industry face the challenge of maintaining high customer churn rates. The main factors causing high customer churn in the telecommunications industry are the low level of customer experience and low customer loyalty. Although various features have been introduced by mobile telecommunication applications like MyTelkomsel in an effort to improve customer experience and loyalty, the rate of customer loss in this industry remains high. Therefore, a deep understanding of the factors influencing the quality of mobile services is necessary. This study aims to analyze the impact of mobile service quality on the continuance intention of MyTelkomsel users, which is the mobile application of the largest cellular provider in Indonesia. To investigate this, the research team employs the SERVQUAL theory. constructs inertia, and continuance intention adapted from previous studies. Quantitative data was collected through a questionnaire completed by 487 respondents and qualitative data through interviews with 30 informants. The quantitative data was analyzed using the Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method through the SmartPLS 4 software, while the qualitative data was analyzed using content analysis. The results of this study indicate that mobile service quality, comprising two dimensions: application quality and outcome quality, affects continuance intention. These findings are expected to provide insights for telecommunications service providers, especially developers, on which aspects of mobile service quality in mobile applications can be enhanced to increase users' continuance intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prana Vindayata Pendit
"PProses rekapitulasi data secara manual pada sistem informasi program usaha kesehatan sekolah di Kota Bogor membutuhkan waktu analisis data yang lama dan sering menyebabkan kesalahan-kesalahan perhitungan variabel data yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi sistem informasi program usaha kesehatan sekolah (UKS) yang mampu menghasilkan informasi sesuai dengan kebutuhan esensial di tingkat institusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengunakan metode RAD (Rapid Application Development) yang meliputi tahapan perencanaan kebutuhan, rancangan pemakai, dan kostruksi. Penelitian ini menghasilkan prototipe aplikasi sistem informasi manajemen program UKS berbasis web terintegrasi dari tingkat sekolah sampai ke tingkat Dinas Kesehatan Kota Bogor. Rancangan aplikasi sistem informasi program UKS dapat membantu pelaksana program UKS di Kota Bogor dalam melakukan input data, pengolahan data, penyajian data dan disitribusi data sehingga diharapkan kedepanya mampu meningkatkan keakuratan dan ketepatan waktu pelaporan.

Recapitulation process data manually on information systems school health program in the City of Bogor takes a long data analysis and often lead to errors existing data variable calculation. This study aims to design management information systems application for school health program is able to produce the information in accordance with the essential requirements at the institutional level. This study is a qualitative research method using a RAD (Rapid Application Development) which includes the stages of planning needs, design the user, and construction. This research resulted in a web-based prototype application of management information systems for school health program to integrated of in school level up to the level of Bogor City Health Department. The design of the application management information systems can help implementers users of school health program in Bogor to doing data input, data processing, and data presentation so that the expected inforward disitribution able to improve the accuracy and timeliness of reporting.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S55592
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>