Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 194632 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Rismart Firdaus
"ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi kebebasan dalam waktu luang dan kepuasan waktu luang pada mahasiswa Universitas Indonesia. Sampel penelitian ini terdiri dari 126 mahasiswa Universitas Indonesia. Variabel persepsi kebebasan dalam waktu luang diukur menggunakan alat ukur Perceived Freedom in Leisure (Short Form) Scale (Witt & Ellis, 1985) dan variabel kepuasan waktu luang di ukur menggunakan alat ukur Leisure Satisfaction Scale (Short Form) (Beard & Ragheb, 1980). Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara variabel persepsi kebebasan dalam waktu luang dan variabel kepuasan waktu luang pada mahasiswa Universitas Indonesia (r = 0.747, p < 0.05). Analisis tambahan yang mencakup hubungan antara kedua variabel dengan data kontrol seperti jenis kelamin, usia dan pemasukan perbulan juga disertakan.


ABSTRACT

This study aims to find the correlation between perceived freedom in leisure and leisure satisfaction among University of Indonesia students. 126 students were participated in this study. The perceived freedom in leisure was measured by Perceived Freedom in Leisure (Short Form) Scale (Witt & Ellis, 1985) instrument and leisure satisfaction was measured by Leisure Satisfaction Scale (Short Form) (Beard & Ragheb, 1980) instrument. This study finds the positive correlation between perceived freedom in leisure and leisure satisfaction among University of Indonesia students (r = 0.747, p < 0.05). Additional analysis including correlation between two variables and demographic data such as gender, age and income were included.

"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57163
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Herwibowo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi kebebasan dalam waktu luang dengan subjective well-being pada mahasiswa Universitas Inonesia. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Indonesia pada program studi S1. 126 responden penelitian diminta mengisi instrumen penelitian, yaitu perceived freedom in leisure short form (Witt & Ellis, 1985), Satisfaction With Life Scale (Diener et al, 1985), dan Positive Affect ? Negative Affect Scale (Watson & Tellegen, 1985) secara online. Penelitian menemukan adanya korelasi positif antara persepsi kebebasan dalam waktu luang dan affect balance (r=-0,500, p<0,05) serta korelasi positif antara persepsi kebebasan dalam waktu luang dan kepuasan hidup (r= 0,203, p<0,05). Analisis tambahan menunjukkan bahwa terdapat data kontrol ,yakni jenis kelamin, berpengaruh terhadap hasil penelitian.

This research aimed to find the correlation between perceived freedom in leisure and subjective well-being among students of University of Indonesia. 126 respondents were asek to fill our instruments, perceived freedom in leisure short form (Witt & Ellis, 1985), Satisfaction With Life Scale (Diener et al, 1985), dan Positive Affect ? Negative Affect Scale (Watson & Tellegen, 1985) through internet. The finding of this research is that there is a positive correlation between perceived freedom in leisure and affect balance (r=-0,500, p<0,05) and also positive correlation between perceived freedom in leisure and life satisfaction (r= 0,203, p<0,05). Additional analyses showed that gender did have influence the result of this study."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohana yunus
"Remaja mengalami berbagai perubahan sebagai bagian dari proses pertumbuhan dan perkembangan menjadi individu dewasa. Hal ini menjadikan remaja rentan terhadap perilaku kenakalan remaja. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu pemanfaatan waktu luang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan pemanfaatan waktu luang remaja pada masa transisi pandemi dan pengaruh teman dengan perilaku kenakalan remaja. Penelitian menggunakan desain cross sectional kepada 267 responden yang diambil berdasarkan cluster random sampling. Kriteria responden penelitian yaitu remaja usia 15-19 tahun dan pelajar aktif SMA di Kota Depok. Pemanfaatan waktu luang diidentifikasi menggunakan alat ukur adaptasi Leisure Time, sedangkan pengaruh teman diukur dengan konformitas dan perilaku kenakalan remaja diukur dengan adaptasi Self Reported Delinquency Scale (SRD). Hasil analisis penelitian dengan menggunakan uji Spearman menunjukkan terdapat hubungan antara pemanfaatan waktu luang secara keseluruhan pada masa transisi pandemi dengan perilaku kenakalan remaja (p= 0,042). Terdapat hubungan negatif antara pemanfaatan waktu luang terstruktur pada masa transisi pandemi dengan perilaku kenakalan remaja Kota Depok (p=0,023). Sebaliknya, ditemukan tidak adanya hubungan antara pemanfaatan waktu luang tidak terstruktur pada masa transisi pandemi dengan perilaku kenakalan remaja (p = 0,287) dan pengaruh teman (p= 0,209) dengan perilaku kenakalan remaja Kota Depok. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar informasi dalam merencanakan program pencegahan perilaku kenakalan remaja.

Adolescents experience various changes as part of the process of growth and development into adult individuals. This makes teenagers vulnerable to juvenile delinquency behavior. This study aims to identify the relationship between the use of adolescent free time during the pandemic transition and the influence of friends and juvenile delinquency behavior. The study used a cross-sectional design with 267 respondents taken based on cluster random sampling. The research respondents were high school youth in Depok City aged 15-19 years. Utilization of spare time was identified using the Leisure Time adaptation measure, while the influence of friends was measured by conformity and juvenile delinquency behavior was measured by the Self Reported Delinquency Scale (SRD) adaptation. The data analysis used was univariate and bivariate analysis with the Spearman test. As a result, we found a relationship between the overall use of free time during the pandemic transition and juvenile delinquency behavior (p = 0.042). A negative relationship exists between structured free time and delinquency in Depok City during the pandemic transition (p=0.023). There was no correlation between unstructured free time during the pandemic transition and delinquency in Depok City (p = 0.209) or between friend influence and delinquency (p = 0.287). Researchers expect this research to lead to a program to prevent juvenile delinquency."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fuji Lestari Suharso
"ABSTRAK
Akibat kemajuan jaman, masyarakat, maupun teknologi mengundang suatu permasalahan tersendiri dalam hal pemanfaatan waktu luangnya. Aneka ragam produk negara maju, baik yang berbentuk fasilitas maupun budaya, telah diadopsi oleh masyarakat yang siap atau tidak siap harus bertanggung jawab terhadap kansekuensi penggunaan produk ini (Sukadji, S, 1990). Banyak ahli ilmu sosial menganggap pertunya bimbingan terutama yang menyangkut penggunaan untuk mengisi waktu luang bagi remaja, khususnya pelajar SMU.
Sering dijumpai remaja-remaja yang masih berseragam sekolah berkeliaran di pusat perbelanjaan atau bergerombol di tepi jalan melihat orang-orang yang berlalulalang. Kegiatan semacam ini dirasakan kurang bermanfaat dan dapat menimbulkan berbagai masalah sosial, seperti mengganggu ketentraman, perkelahian dll. Bukanlah tidak mungkin dari berbagai situasi yang tidak nyaman seperti sekarang ini, keterlibatan siswa dalam tawuran merupakan wujud dari kurangnya pemanfaatan waktu luang secara maksimal. Dugaan ini dapat ditinjau lebih jauh melalui salah satu manfaat sosial dari pengisian waktu luang. Pelajar yang lebih sibuk dan menyukai kesibukan, umumnya memiliki waktu luang yang membuat Mareka cenderung kurang berminat pada kegiatan-kegiatan yang tidak berguna. Pengisian waktu luang yang kurang terarah, akan mendesak kegiatan yang kurang terarah seperti perbuatan negatif, merusak ataupun keterlibatan mereka pada tawuran. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto (dalam skripsi Dewi D.R. Kumala, 1979) bahwa waktu luang yang tidak dimanfaatkan dengan baik dapat menimbulkan pengaruh-pengaruh yang buruk bagi remaja.
Dan berbagai penelitian tampak bahwa makin bertambahnya usia dan tingkat pendidikan seseorang ternyata tidak hanya IQ (kecerdasan) yang berpengaruh pada prestasi akademik seseorang. Temyata ditemukan dimensi lain yang juga berpengaruh pada prestasi akademik (keberhasilan dalam akademik) seperti kepribadian, minat, motivasi dll. yang sebetulnya dapat diperoleh melalui pengisian kegiatan waktu luangnya. Hal ini bisa dimengerti karena pengisian waktu luang dapat bermanfaat untuk pengembangan diri, menambah pengetahuan juga memperluas pergaulan (Mursitolaksmi, 1988).
Pengertian waktu luang masih diasosiasikan sebagai waktu dimana seseorang tidak melakukan sesuatu atau saat orang bermalas-malasan, saat orang melakukan sesuatu seenaknya tanpa tergesa-gesa dan tidak perlu serius (Sukadji, S, 1990). Di lain pihak jika ditinjau dan kegiatan formal maupun non-formal, maka waktu luang adalah waktu di luar jam kerja atau sekolah, di luar kewajiban-kewajiban yang diberikan oleh keluarga dan masyarakat, kegiatan makan, tidur atau istirahat dan pemenuhan kebutuhan fisiologis lainnya (Catursari, 1990).
Penelitian mengenai kegiatan waktu luang, khususnya siswa SMU (sekolah menengah umum) yang dibandingkan dengan siswa SMUK (sekolah menengah umum kejuruan) memang masih sedikit. Ditinjau dan sistem pendidikan (kurikulum), maupun lingkungan antara SMU dengan SMUK, tampaknya ada karakteristik yang berbeda antara siswa dan SMU dan SMUK. Dimana siswa SMUK sudah banyak tertuju pada hal-hal yang lebih khusus sejak mereka menduduki kelas 1, misalnya SMEA, STM, SMT atau SMIP di yang masing-masing terdiri dari beberapa rumpun atau bidang kekhususan dan akan lebih banyak menerima materi pelajaran yang berkaitan dengan jurusannya. Sementara siswa SMU lebih banyak menerima materi pelajaran yang bersifat umum sampai menduduki kolas 2 SMU, Perbedaan penerimaan materi pelajaran bar terlihat begitu siswa memasuki penjurusan di kelas 3 SMU, yaitu pada saat mereka di juruskan ke IPS, IPA atau Bahasa. Perbedaan ini kemungkinan besar juga akan membedakan dalam hal pengisian waktu luang mereka.
Berdasarkan laltar belakang masalah diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan ?Bagaimana gambaran kegiatan waktu Iuang antara siswa SMU dengan siswa SMUK" dan ?Bagairnana gambaran pengisian waktu Iuang siswa SMU maupun SMK berkaitan dengan jurusannya masing-masing?"
Dan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi praktisi, khususnya guru bimbingan di sekolah baik SMU maupun SMUK agar kegiatan bimbingan waktu luang dapat diperkenalkan/ditingkatkan sehingga para siswa dapat diarahkan ke kegiatan yang positif sesuai dengan minat mereka. Dengan demikian diharapkan kegiatan yang tidak bermanfaat yang dilakukan pelajar dapat berkurang. Selain itu dengan kegiatan bimbingan ini, diharapkan siswa dapat memiliki gambaran yang lebih nyata mengenai kematangan karirnya, karena pemilihan kegiatan waktu luang juga banyak berkaitan dengan minat seseorang.
Penelitian ini dilakukan pada 489 siswa kelas 2 SMU/SMK di Jakarta, yaitu: SMUK 7, SMU YPM, SMU Muhammadiyah 14, Madrasah Aliyah Negeri 7 Lenteng Agung, SMUT Al-lzhar, SMK 29, SMK 57, dan SMK YPM. Seluruh siswa diberikan kuesioner yang berisi sejumlah pertanyaan tertutup yang harus dijawab oleh siswa. Kemudian data yang terkumpul diolah dandi analisa berdasarkan perhitungan frekuensi dan % jawaban.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
Gambaran kegiatan waktu luang antara siswa SMU dengan SMUK, maupun antara jurusan dan masing-masing SMU dan SMUK tampak tidak jauh berbeda. Kegiatan olahraga maupun kegiatan mengerjakan tugas sekolah dan rumah merupakan kegiatan yang umumnya dipilih oleh siswa SMU maupun SMUK. Hal yang menarik dan penelitian ini adalah bahwa bagi siswa SMU kegiatan ekskul merupakan kegiatan yang cukup diminati sebagai kegiatan di luar sekolah selain kegiatan mengerjakan tugas sekolah dan tugas rumah. Sementara bagi siswa SMUK justru tidak memiliki kegiatan di luar sekolah lebih diminati daripada mengikuti kegiatan ekskul.
Kegiatan belajar di rumah umumnya dilakukan di malam hari selama 1-2 jam.
Kegiatan waktu luang cukup positif bagi siswa dimana selain dapat menambah pengetauan juga untuk pengembangan diri. Ada pula yang menganggap dapat menambah teman. Namun hal yang perlu dicatat adalah, ada segelintir siswa yang menganggap kegiatan waktu luang sebagai sesuatu kegiatan yang membuang-buang waktu dan tidak bermanfaat.
Tampaknya sebagian besar siswa menganggap bahwa kegiatan waktu luang yang mereka piiih merupakan pilihan mereka sendiri, dan oleh karena itu juga berhubungan dengan hobi mereka.
Berdasarkan basil penelitian tersebut, maka disarankan agar diperluas ke sejumlah siswa lain agar perbandingan antara siswa SMUN, SMU swasta, SMUK maupun SMU Beragama dapat seimbang, sehingga dinamika jawaban dari setiap sekolah dapat lebih tampak. Selain itu beberapa pertanyaan dapat diperluas dengan pertanyaan lain, seperti alasan mengapa siswa memilih beberapa kegiatan tertentu atau tidak memilih kegiatan apapun di luar kegiatan sekolahnya, atau mengapa siswa memiliki kegiatan belajar yang tidak tentu. Dengan mengetahui alasan jawaban siswa, akan lebih mudah bagi berbagai pihak untuk menciptakan suatu kebiasaan akan pentingnya membagi/mengatur waktu antara kegiatan sekolah dan di luar sekolah. Sebagai suatu kegaitan yang positif sebaiknya sekolah, atau guru khususnya, bahkan keluarga (orangtua) perlu menunjang siswa untuk mengisi kegiatan waktu luangnya. Sebab seperti telah diutarakan kegiatan apapun yang dipilih seseorang tidak dapat dilepaskan dan dukungan keluarga dan pihak sekolah selain penyediaan sarana juga dorongan untuk mengikuti kegiatan tertentu.
Disamping itu sebaiknya kegiatan bimbingan waktu luang maupun bimbingan karir perlu diperkenalkan pada siswa SMU agar siswa juga belajar menghargai waktu dan dapat mengatur waktu secara efektif dan proporsional dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Tentunya orangtua maupun pihak sekolah juga perlu menunjukkan bahwa pengisian kegiatan waktu luang tidak harus berkaitan dengan sesuatu yang sifatnya akademis, tetapi juga perlu diimbangi dengan hal-hal lain yang menunjang hobi mereka."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2000
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Brightbill, Charles K.
Englewood Cliffs: Prentice-Hall, 1961
175 BRI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ramhadtu Prasaditama
"There are textbooks galore, but there aren’t many crafted as intelligently as this one. This book will change the way that students understand leisure. It will give them an easier entry to that place where difficult ideas fuse into something intelligible, where real understanding sits and the educated imagination is stirred."
- Tony Blackshaw, Sheffiled Hallam University Peter Bramham and Stephen Wagg provide a foundation for those studying within the broad field of leisure "
London: Sage, 2014
306.481 2 BRA i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Aldila Surya Hutami
"ABSTRAK
Remaja yang rentan terhadap stress harus dapat memanfaatkan waktu luangnya dengan baik untuk dapat mengurangi dampak negatif dari stress tersebut. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan ialah mengisi waktu luang di restoran. Perubahan gaya hidup yang terjadi di masyarakat membuat fungsi restoran tidak lagi hanya menjadi sebuah tempat untuk makan, tetapi juga menjadi salah satu sarana orang untuk melepas lelah dan sebagai salah satu bentuk leisure. Pemilihan lokasi restoran yang akan dikunjungi merupakan sebuah proses yang ditentukan oleh faktor pendorong yang berasal dari diri remaja yaitu motivasi, waktu tempuh dan asal keberangkatan. Ada juga faktor penarik yang berasal dari karakteristik lokasi restoran (site dan situation). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemilihan lokasi restoran untuk mengisi waktu luang remaja. Untuk mencapai tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah melakukan analisis spasial dengan metode deskriptif berdasarkan hasil penyebaran kuisioner kepada remaja. Hasil yang diperoleh yakni pola pemilihan lokasi restoran untuk mengisi waktu luang remaja beragam. Berdasarkan motivasinya, remaja dengan motivasi fisik dominan lebih mengutamakan situation dan remaja dengan motivasi sosial dominan lebih mengutamakan site dalam memilih restoran untuk mengisi waktu luang. Berdasarkan waktu tempuhnya, semakin cepat ditempuh lokasi restoran dari asal keberangkatan remaja, maka restoran itu akan semakin banyak dipilih oleh remaja. Berdasarkan asal keberangkatannya, remaja dominan pergi ke restoran dari kost.

ABSTRACT
Youth who are prone to stress should be able to use their leisure time well in order to reduce the negative impact of such stress. One of the activities that can be done is to go to a restaurant. Lifestyle changes that occur in the community make the restaurant function is no longer just be a place to eat, but also be one of the means of people to unwind and as a form of leisure. Selection of the location of the restaurant to be visited is a process that is determined by the driving factor that comes from youth is motivation, travel time and origin of departure. There are also pull factors derived from the characteristics of the destination location (site and situation). This study aims to determine selection pattern of restaurant location for spending youth's leisure time. To achieve the research objectives, the method used is to analyze the spatial analysis with descriptive methods. The results obtained by the pattern of the restaurant selection to fill youth leisure time are variety. Based on the motivation, dominant of youth with physical motivation prefers situation, and youth with social motivation prefer the site to choose the restaurant to spend their leisure time. Based on the travel time, the sooner reached the location of the restaurant from the original departure of youth, then the restaurant will be chosen by the youth. Based on the origin of departure. Dominant of youth went to the restaurant from the boarding house.
"
Universitas Indonesia, 2016
S61684
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Ismaryanti
"Gen Z tumbuh dengan banyaknya pengaruh dari internet dan media sosial. Pemilihan
aktivitas waktu luang juga dapat dipengaruhi oleh influencer di media sosial. Salah
satunya melalui pengaruh tren BookTok, Gen Z menjadi tertarik untuk membaca.
Tujuan penelitian adalah untuk melihat kontribusi leisure satisfaction terhadap
subjective well-being dan happiness pada Generasi Z dalam konteks leisure reading.
Peneliti juga bertujuan untuk melihat perbedaan tingkat subjective well-being dan
happiness pada jenis bacaan fiksi dan non-fiksi. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian korelasional non ekperimental. Leisure satisfaction diukur dengan LSS
(Beard & Ragheb, 1980). Subjective well-being diukur dengan SWLS (Diener et al.,
1985) dan PANAS (Watson et al., 1988). Sedangkan Happiness diukur dengan SHS
(Lyubomirsky & Lepper, 1999). Diperoleh sebanyak 184 partisipan yang berusia 18-26
tahun dan memiliki pilihan kegiatan membaca pada waktu luangnya. Secara
keseluruhan leisure satisfaction terbukti berkontribusi terhadap komponen subjective
well-being dan happiness pada Generasi Z yang suka membaca di waktu luang.
Sedangkan pada jenis bacaan fiksi, leisure satisfaction tidak terbukti secara signifikan
berkontribusi terhadap happiness. Disimpulkan dari hasil pengukuran dengan T-test
menunjukkan bahwa tingkat happiness dan tingkat subjective well-being ditemukan
lebih tinggi pada partisipan yang suka membaca non-fiksi dibandingkan fiksi

Gen Z grew up with the influence of internet and social media. Social media influencers can
impact leisure activity choices, that is BookTok trend influenced Gen Z to read. The aim of
this research is to see the contribution of leisure satisfaction to subjective well-being and
happiness in Generation Z in the context of leisure reading. Researcher want to see the
differences level of subjective well-being and happiness in the types of fiction and non-fiction
reading. This study uses a non-experimental correlational research method. Leisure
satisfaction is measured by LSS (Beard & Ragheb, 1980). Subjective well-being is measured
by SWLS (Diener et al., 1985) and PANAS (Watson et al., 1988). Happiness is measured by
SHS (Lyubomirsky & Lepper, 1999). There were 184 participants aged 18-26 years who likes
to read in their free time. Overall leisure satisfaction is proven to contribute to the components
of subjective well-being and happiness of Generation Z in the context of leisure reading.
Whereas in fiction reading, leisure satisfaction is not proven to significantly contribute to
happiness. It is concluded from the measurement results with the T-test, that happiness and
subjective well-being level is found to be higher in participants who like to read non-fiction.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Salwa Wanda Al-Bani
"Pekerjaan yang membosankan dan mobilitas masyarakat yang tinggi menyebabkan aktivitas waktu luang menjadi gaya hidup pekerja. Pekerja generasi milenial menjadi sangat pemilih mengenai tempat dimana mereka akan beraktivitas untuk menghabiskan waktu luang karena mereka tidak hanya ingin menggunakan waktu luang untuk bersenang-senang, melainkan menggunakan waktu luang dengan optimal dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesiskan aktivitas berdasarkan motivasi serta pola penggunaan waktu dan ruang pekerja generasi milenial pada area perkantoran Segitiga Emas DKI Jakarta ketika menggunakan waktu luangnya pada hari kerja di dalam mall. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner di media sosial internet dan observasi lapang. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan analisis spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rutinitas harian yang padat, mengutamakan motivasi convenience sebagai keefektifan berkunjung ke mall yang dekat dan strategis dari kantor, serta variasi jenis tenant dan fasilitas. Penggunaan waktu luang pekerja milenial di mall paling sering dilakukan di tenant kebutuhan primer yaitu tenant F&B sebagai ruang bersosialisasi dengan durasi kunjungan pendek.

Boring work and high social mobility cause casual activities to become a lifestyle for workers. Millennial generation workers are very picky about where they spend their free time doing activities because they don't only want to use their free time for fun, but to use their free time optimally and productively. This study aims to synthesize activities based on the motivations and patterns of space and time utilization of millennial generation workers in the DKI Jakarta Golden Triangle office area when using their free time on weekdays at the mall. Data collection was carried out by distributing questionnaires on internet social media and field observations. Data analysis was performed using descriptive analysis and spatial analysis. The results of the study show that busy daily routines prioritize convenience motivation as the effectiveness of visiting malls that are close and strategic from the office, as well as variations in the types of tenants and facilities. Most of the millennial workers' free time at the mall is used by primary needs tenants, namely F&B tenants as a social space with a short visit duration."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>