Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 215334 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vadia Rahma Fitriani
"Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan penyebab utama masalah meningkatnya voluntary turnoverpada Talent Engineerdi PT. XXX dan merancang sebuah program intervensi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dan kualitatif. Tipe penelitian kuantitatif digunakan untuk pengukuran penyebab utama. Tipe penelitian kualitatif melalui metode wawancara dan analisis data sekunder digunakan untuk mengenali masalah dan mencari faktor-faktor penyebab mengapa masalah tersebut terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan merupakan penyebab utama meningkatnya voluntary turnover intentionpada Talent Engineerdi PT. XXX. Berdasarkan kajian terhadap hasil pengukuran menggunakan alat ukur Withdrawal Cognition, Work Design Questionnaire, dan Leadership Behaviour Analysis, hasilnya menunjukkan bahwa penilaian Engineermengenai gaya kepemimpinan atasannya tidak sesuai dengan gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh atasannya tersebut, baik untuk directive behaviour maupun supportive behaviour. Oleh karena itu, intervensi yang diberikan fokus untuk meningkatkan kompetensi para Engineering Managersebagai mentormelalui pelatihan agar dapat menurunkan voluntary turnover intentionpada Talent Engineerdi PT. XXX.

The purpose of this study is to determine the cause of Talent Engineer?s voluntary turnover problem at PT. XXX and design an intervention program to overcome it. This study used quantitative and qualitative research type. Quantitative research type were used to measure major cause. Qualitative research type were used to determine the problem and the factor that cause the problem. The results show that leadership is the cause of voluntary turnover problem. Based on measurement with Withdrawal Cognition, Work Design Questionnaire, dan Leadership Behaviour Analysis tools, the results show that Engineer judgement about leadership style did not match with their superordinate?s leadership style for directive and supportive behaviour. Therefore, the intervention is focused on improving Engineering Manager competency as a mentor through training in order to reduce Talent Engineer?s voluntary turnover problem at PT. XXX.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41610
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bimandri Yosafat
"PT P, merupakan perusahaan startup dalam bidang teknologi. Saat ini perusahaan tersebut sedang mengalami permasalahan yaitu tinggi nya persentase turnover setiap bulannya, terutama di divisi Teknologi dan Customer Service. Secara umum, Turnover pada karyawan dapat disebabkan oleh faktor individual dan faktor di luar karyawan. Salah satu faktor di luar karyawan yang mempengaruhi turnover adalah Kepemimpinan Hamstra et al., 2011 . Berdasarkan survei Organizational Blockage Inventory dan structured interview terhadap karyawan PT P, peneliti mengidentifikasi adanya kaitan antara gaya kepemimpinan transformasional pada supervisor dengan intensi turnover karyawan di divisi Teknologi dan Customer Service di PT P. Kepemimpinan supervisor diukur dengan menggunakan kuesioner Multifactor Leadership Questionnaire MLQ dan Turnover Intention Scale digunakan untuk mengukur intensi turnover para karyawan pada divisi tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan negatif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional pada supervisor dengan intensi turnover bawahan yang artinya semakin supervisor menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, maka intensi turnover pada karyawan pada divisi Teknologi dan Customer Service akan semakin rendah, dan semakin supervisor tidak menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, maka intensi turnover pada karyawan pada divisi Teknologi dan Customer Service akan semakin tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti kemudian merancang program intervensi berupa pelatihan kepemimpinan transformasional pada supervisor di divisi Teknologi dan Customer Service, dengan tujuan memperbaiki gaya kepemimpinan mereka yang kelak berdampak menurunkan intensi turnover karyawan di divisi tersebut.

PT P is a startup technology company. Currently, the company has a high rate of turnover every month, especially in Technology and Customer Service division. In general, turnover can be caused by individual factor and external factor. One of the external factor is leadership Hamstra et al., 2011 . Based on Organizational Blockage Inventory survey and structured interview to PT P employees, researcher identified a correlation between transformational leadership style on supervisor with turnover intention employee in Technology and Customer Service division. Supervisor rsquo s transformational leadership style is measured by Multifactor Leadership Questionnaire MLQ , and staff rsquo s turnover intention is measured by Turnover Intention Scale.
The result of this study indicated a significant negative correlation between supervisor rsquo s transformational leadership style and staff rsquo s turnover intention, which means if the supervisor do not apply transformational leadership style staff rsquo s turnover intention will be increased, and if the supervisor apply transformational leadership style staff rsquo s turnover intention will be decreased. Based on this result, researcher create a transformational leadership training intervention program for supervisor to fix their leadership style in order to reduce staff rsquo s turnover intention in Technology and Customer Service division.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T47429
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Nurhayati
"Penelitian ini bertujuan untuk mencari apakah ada pengaruh dari gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, dengan gaya kepemimpinan structure dan gaya kepemimpinan consideration sebagai fokusnya. 120 responden dari beberapa perusahaan yang memiliki latar belakang berbeda berpartisipasi dalam penelitian.
Penelitian ini menggunakan adapatasi dari Leadership Behavior Descriptive Questionnaire XII (LBDQ XII) untuk mengukur gaya kepemimpinan dan terjemahan dari Job Satisfaction Survey untuk mengukur kepuasan kerja. Data diolah dengan menggunakan multiple regression dan independent t-test.
Hasil analisa mengungkapkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja. Lebih lanjut lagi, baik gaya kepemimpinan consideration maupun gaya kepemimpinan structure sama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja. Namun gaya kepemimpinan consideration memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan gaya kepemimpinan structure terhadap kepuasan kerja.
Sebagai tambahan, hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa kelompok yang memiliki atasan dengan gaya kepemimpinan high structure-high consideration memiliki kepuasan kerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang memiliki atasan dengan gaya kepemimpinan lainnya (high structure-low consideration, low structure-high consideration, low structure-low consideration). Untuk penelitian yang akan datang, peneliti menganjurkan agar menggunakan seluruh item dari LBDQ XII dan mencari karakteristik responden yang lebih spesifik.

The aim of this study is to find whether there is an effect of leadership style on job satisfaction or not, with structure leadership style and consideration leadership style as the focus. Those leadership styles were originally based on the result from Ohio Studies of Leadership. There were 120 respondents who came from some companies which had different background that participated in this study.
This study used the adaptation of Leadership Behaviour Descriptive Questionnaire XII (LBDQ XII) to measure leadership style and the translation of Job Satisfaction Survey to measure job satisfaction. The data was analysed by using multiple regression and independent t-test.
The results revealed that leadership styles have effect on job satisfaction. Moreover, both consideration leadership style and structure leadership style have effect on job satisfaction. However, consideration leadership style has a bigger effect compared to structure leadership style on job satisfaction.
In addition, the result also revealed that group who has a leader with high structure-high consideration leadership style have a higher job satisfaction compared to group that has a leader with other leadership styles (high structurelow consideration, low structure-high consideration, low structure-low consideration). For future research, the researcher suggested to use all item from LBDQ XII instead of only using two dimensions and to find more responden with specific characteristics."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ines Titi Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention. Berdasarkan hasil uji regresi berganda pada 32 Junior Engineer dengan menggunakan Job Satisfaction Survey (JSS), Organizational Commitment Instrument, dan Turnover Intention Questionnaire menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention (r squared = 0,651**, p<0,01). Peneliti merancang intervensi untuk meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen organisasi pada aspek komunikasi, karakteristik pekerjaan dan komponen afektif yang memberikan sumbangan terbesar dengan tujuan untuk menurunkan turnover intention. Ketiga aspek tersebut dipersepsikan rendah karena adanya hambatan komunikasi dengan atasan. Oleh karena itu, intervensi komunikasi efektif diberikan kepada Senior Engineer untuk meningkatkan persepsi komunikasi, karakteristik pekerjaan dan komponen afektif Junior Engineer yang diharapkan akan meningkatkan perilaku kepuasan kerja dan komitmen organisasi sehingga menurunkan turnover intention Junior Engineer. Hasil uji signifikansi perbedaan pre-test dan post-test menunjukkan intervensi signifikan meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen organisasi dan menurunkan turnover intention (t = 4,493*, p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa penting untuk melakukan pelatihan komunikasi efektif pada Senior Engineer agar turnover intention Junior Engineer menurun.

This study is aimed to determine the effect of job satisfaction and organizational commitment on turnover intention. Based on multiple regression test of the 32 Junior Engineer using Job Satisfaction Survey (JSS), Organizational Commitment Instrument, dan Turnover Intention Questionnaire showed a significant effect of job satisfaction and organizational commitment on turnover intention (r squared = 0.651 **, p <0.01). The researchers design interventions to increase job satisfaction and organizational commitment on aspects of communication, job characteristics and affective components that contributed most to the objective to reducing turnover intention. These three aspect are low perceived due to the barriers of communication with superiors. Therefore, effective communication training interventions given to the Senior Engineer to improve the perception of communication, job characteristics and affective components on Junior Engineer that is expected to improve the job satisfaction and organizational commitment then reduce their turnover intention. The result of the significance test on the difference between pre-test and post-test show that the given intervention can improve the dimension of job satisfaction, organizational commitment and reducing turnover intention (t = 4.493 *, p <0,05). This result implies that it is important to conduct effective communication training for Senior Engineer in order to reduce Junior Engineer turnover intention."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T35363
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Raldiano Fawzi
"Tingginya tingkat voluntary turnover seringkali menjadi masalah bagi organisasi. Terlebih lagi apabila voluntary turnover terjadi di sebuah program percepatan dalam rangka mencari karyawan-karayawan terbaik yang diharapkan menjadi penerus organisasi pada masa yang akan datang. Penemuan mengenai lemahnya dukungan atasan merupakan prediktor yang menjadi penyebab masalah tersebut. Peneliti mengajukan sebuah bentuk dukungan atasan melalui intervensi teori kepemimpinan dengan menggunakan gaya kepemimpinan servant leadership. Hal ini karena bahwa servant leadership memiliki karakteristik yang dapat menyumbang varian terhadap voluntary turnover lebih baik daripada persepsi dukungan atasan.
Penelitian merupakan penelitian cross- sectional dengan menggunakan metode kuantitatif ini melibatkan karyawan program percepatan yang sudah mengundurkan diri dan yang masih bertahan.Data diambil dari karyawan dan mantan karyawan dari pogram percepatan karir untuk account executive di sebuah perusahaan di Jakarta, Indonesia N = 92 dan dianalisis menggunakan teknik regresi berganda dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik dukungan atasan yang dirasakan maupun servant leadership berhubungan negatif dengan voluntary turnover. Hasil juga menunjukkan bahwa servant leadership menyumbang lebih banyak varian pada voluntary turnover melampaui persepsi dukungan atasan.

The high level of voluntary turnover is often a problem for organization. Moreover, if voluntary turnover occurs in a development program which specifically conducted to find the best employee that is expected to be the next future leaders. From employees exit interview we found that lack of supervisor support is the main cause. Researcher propose a form of supervisor support through leadership theory intervention by using servant leadership. Researcher believe that servant leadership has characteristics that can contribute variants to voluntary turnover better than perceived supervisor support. It is because servant leadership has more complex characteristics than the perception of superior support.
This research is a cross sectional study using quantitative method and involving development program employees whom already resigned and those who are still working. Data were taken from employees and ex employees of 5 batches of development program in a company in Jakarta, Indonesia N 92 and were analyzed using multiple regression technique on SPSS software. Results showed that both perceived supervisor support and servant leadership were negatively related to voluntary turnover. Results also showed that servant leadership accounts for more variance on voluntary turnover over and above perceived supervisor support.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T50866
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puri Ayu Lestari
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap efektivitas tim pada karyawan Unit CHR di PT XYZ. Berdasarkan hasil identifikasi masalah organisasi, para karyawan menampilkan teamwork yang rendah dan diduga dipengaruhi oleh kurang berjalannya peran pemimpin yang efektif di dalam tim kerja. Hal itu kemudian dibuktikan dengan mengukur pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap efektivitas tim. Kepemimpinan transformasional ditetapkan sebagai variabel bebas karena diduga oleh peneliti dapat memengaruhi efektivitas tim sebagai variabel terikat. Alat ukur yang digunakan di dalam penelitian ini adalah alat ukur efektivitas tim dari Glenn M. Parker (2007) dan Multifactor Leadership Quesionaire (MLQ) dari penelitian Bass & Avolio (2004). Responden penelitian ini berjumlah 43 orang karyawan dari Unit CHR. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional terbukti secara signifikan memengaruhi efektivitas tim (R2 = 0.459, Adj R2 = 0.446, p < 0,001). Hasil tersebut berarti peningkatan kepemimpinan transformasional dapat memunculkan terjadinya peningkatan pada efektivitas tim. Intervensi untuk meningkatkan kepemimpinan transformasional atasan level supervisor/superintendent sesuai dengan masalah yang dihadapi Unit CHR dilakukan melalui rancangan program pelatihan kepemimpinan transformasional.

This study was conducted to investigate the effect of transformational leadership to team effectiveness of employees Unit CHR PT XYZ. Based on identification of organizational problems, employees indicated low teamwork and affected by ineffective leadership role in the team. That problem need to be proven by measuring the effect of transformational leadership on team effectiveness. Transformational leadership is defined as an independent variable because is suspected can influence team effectiveness as the dependent variable. Measuring instruments used in this study is a measure the effectiveness of a team by Glenn M. Parker (2007) and Multifactor Leadership Quesionaire (MLQ) by Bass and Avolio research (2004). A total 43 employees in Unit CHR participated in this study. Regression analysis results indicate that transformational leadership is proven to significantly affect team effectiveness (R2 = 0459, Adj R2 = 0.446, p <0.001). This result means that an increase in transformational leadership cause an increase in team effectiveness. Interventions to improve transformational leadership for supervisor/superintendent in Unit CHR was through transformational leadership training program."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T43997
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lydia Yulianti
"Tesis ini terfokus pada usaha untuk meningkatkan iklim psikologis yang dipersepsikan karyawan antar generasi melalui pelatihan keterampilan coaching kepada para line manager. Upaya tersebut nantinya akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan dari tiga generasi yang berbeda di lembaga keuangan negara. Data pendukung, sebagai langkah diagnostik organisasi awal, diperoleh melalui studi dokumentasi terhadap hasil survei sebelumnya yang pernah dilakukan oleh lembaga keuangan negara mengenai kepuasan kerja dan wawancara dengan pihak HRD. Berdasarkan data tersebut, didapat bahwa kepuasan kerja karyawan semakin menurun dari generasi paling tua, yaitu Baby Boomers, hingga paling muda, yaitu Generasi Y. Data tersebut juga menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan diduga disebabkan oleh dua faktor, yaitu iklim psikologis dan kepemimpinan transformasional.
Untuk mengetahui dugaan tersebut, peneliti mengukur pengaruh iklim psikologis dan kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja karyawan antar generasi dengan menggunakan kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa iklim psikologis memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan kepemimpinan transformasional terhadap meningkatnya kepuasan kerja karyawan, baik pada karyawan secara keseluruhan maupun antar generasi. Lebih jauh lagi, dari enam dimensi iklim psikologis, hasil menunjukkan bahwa role clarity memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan kerja dan skor terendah dibandingkan dengan dimensi iklim psikologis lainnya.
Salah satu cara untuk meningkatkan role clarity adalah dengan coaching yang secara berkala dilakukan oleh atasan. Untuk itu, peneliti memberikan pembekalan pelatihan keterampilan coaching terkait dengan role clarity antar generasi kepada atasan melalui pelatihan yang disebut dengan Komunikasi CLEAR. Hasil menunjukkan bahwa atasan yang diberikan pembekalan secara mendalam mengenai Komunikasi CLEAR antar generasi memperoleh hasil keterampilan coaching yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan pembekalan secara mendalam. Untuk itu, perlu dilakukan pelatihan serupa kepada para atasan di lembaga keuangan negara secara menyeluruh.

This thesis is focused on the effort to improve perceived psychological climate on employees among generation through coaching skill training for line manager. Later, this effort will increase employees? job satisfaction on three different generations in financial state institution. The supporting data, a preliminary organization diagnostic step, are collected through study documentation from previous survey conducted in financial state institution about job satisfaction and interview with human resource department employees. Based on data collected, findings show that job satisfaction decreased from the oldest generation, i.e. Baby Boomers, to the youngest generation, i.e. Generation Y. From the data, it is assumed that the decreasing on job satisfaction could be affected by psychological climate and transformational leadership factors.
To test the assumption, researcher conducted research to measure the effect of psychological climate and transformational leadership on employees job satisfaction among generation by using questionnaire. Result shows that psychological climate has a greater effect than transformational leadership in increasing employees job satisfaction, either on employees in general or among generation. Furthermore, from the six dimensions of psychological climate, result shows that role clarity has a greater impact on job satisfaction and has the lowest score among the other dimensions.
One of the ways to improve role clarity is by doing regular coaching conducted by the line manager. Therefore, researcher equipped line manager with coaching skill related to role clarity among generation through training called CLEAR Communication. Results shows that line managers who were given in depth material about CLEAR Communication among generation obtained better score on coaching skill than they who were not given in depth. Thus, further action is suggested to conduct the similar training to every line manager in financial state institution."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T34869
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggie Tiara Ardhanareswari
"Faktor atasan langsung merupakan salah satu penyebab terjadinya ketidakpuasan pada karyawan, dan ketidakpuasan dapat mengarah pada keluarnya karyawan dari perusahaan (Muchinsky, 1979). Sedangkan intensi turnover merupakan suatu alat prediksi paling tepat terhadap perilaku turnover (Griffeth et al., 2000 dalam Tsui & Hung, 2005). Individu yang menganggap kepemimpinan atasannya sesuai harapan lebih memiliki keterikatan serta lebih menghargai pekerjaannya dan oleh karena itu memiliki kecenderungan yang lebih kecil untuk meninggalkan organisasi (Hamstra et al., 2011). PT AI merupakan sebuah perusahaan tambang yang mengalami permasalahan yaitu meningkatnya persentase turnover dari tahun ke tahun, oleh karena itu peneliti ingin mencari tahu apakah terdapat hubungan permasalahan tersebut dengan kepemimpinan para atasan di PT AI.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner Multifactor Leadership Questionnaire (MLQ) untuk mengukur persepsi bawahan akan atasannya dan Withdrawal Cognition Questionnaire untuk mengukur intensi turnover yang dimiliki para bawahan tersebut. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan negatif antara kepemimpinan transformasional dengan intensi. Setelah mendapatkan hasil tersebut, peneliti melakukan intervensi berupa pemberian konseling feedback pada atasan untuk meningkatkan kepemimpinan transformasional pada atasan.

Supervisor is a factor that can influence employee?s dissatisfaction, and employee dissatisfaction can lead to employee turnover (Muchinsky, 1979). While Intentions is a strong predictor of turnover (Griffeth et al., 2000 dalam Tsui & Hung, 2005). Individuals who percieved a fit between their hopes and their supervisors' leadership styles tend to have a higher commitment to their job and a better appreciation of their job, thus have a lower turnover intention (Hamstra et al., 2011). PT AI is a coal mining company who is facing turnover problem, the percentage of turnover is increasing year by year. Thus, this paper research intend to discover whether there is a relation between leadership and turnover intentions among employees.
This research use the Multifactor Leadership Questionnaire (MLQ) to measure leadership and Withdrawal Cognition Questionnaire to measure turnover intentions. The results shows that there is negative relation between transformational leadership and turnover. After getting the result, an intervention on leadership is conducted to inchease the transformational characteristic on leaders.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30657
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahadian Raviandi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan branch manager terhadap motivasi karyawan pada Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Cabang Tanjung Priok. Pada penelitian ini dimensi dari variabel gaya kepimimpinan yang digunakan adalah gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional sedangkan untuk variabel motivasi menggunakan dimensi motivasi karyawan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan teknik ukuran total sampel yaitu seluruh karyawan Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Cabang Tanjung Priok, sehingga diperoleh 87 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional branch manager memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi karyawan pada Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Cabang Tanjung Priok

This study aimed to examine the influence of branch manager leadership style towards employees motivation at Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Cabang Tanjung Priok. In this study dimension of leadership style are transformational and transactional leadership style and for dimension of motivation is employees motivation. This study used the quantitative approach with survey method that used total sampling size technique that is equal to all employees of Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Cabang Tanjung Priok which held to 87 respondents. The result of this study showed that branch manager transformational and transactional leadership style had a significant influence to outsourcing employees motivation at Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Cabang Tanjung Priok"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tris Miriam Septina
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektivitas program coaching effective communication untuk meningkatkan job satisfaction dan menurunkan intensi turnover pada engineer di PT. AI. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian action research dengan jumlah partisipan penelitian sebanyak 30 engineer di site Asam-asam dan Satui. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi alat ukur job satisfaction (Spector, 1997) dengan nilai koefisien alpha (α) sebesar 0.938 dan alat ukur intensi turnover (Mobley, Horner, & Hollingsworth, 1978) dengan nilai koefisien alpha (α) sebesar 0.952. Peneliti menggunakan uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut dan uji Wilcoxon Signed-Rank Test untuk melihat perbedaan signifikansi dari skor pre test dan post test materi intervensi yang diberikan.
Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara job satisfaction dengan intensi turnover dengan nilai korelasi sebesar -0,730 dan signifikansi 0,000 (p<0,01). Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan semakin meningkatnya kepuasan kerja para engineer maka intensi turnover mereka akan semakin rendah. Selain itu juga terdapat perbedaan skor pre test dan post test materi intervensi yang signifikan (p=0.012<0.05) sebelum dan sesudah intervensi coaching effective communication. Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa coaching effective communication dapat meningkatkan pemahaman para engineer terhadap materi intervensi effective communication.

The study was conducted to see the effectiveness of coaching effective communication programs to enhance job satisfaction and reduce turnover intentions of engineer employee at PT. AI. This study used action research studies with 30 engineers on Asam-asam and Satui site as the participants. The research that was used job satisfaction survey (Spector, 1997) with coefficient alpha score (α) 0.938 and turnover intentions survey (Mobley, Horner, and Hollingsworth, 1978) with coefficient alpha score (α) 0.952. The Pearson correlation technique was used to determine the relationship between two variables and the Wilcoxon Signed-Rank Test was used to see the significance differences from pre and post test scores of the given intervention materials.
The results showed a significant and negative relationship between job satisfaction and turnover intentions with a correlation value of -0.730 and significance of 0.000 (p <0.01). It showed that with increasing job satisfaction so engineer?s intention turnover will be decrease. In addition, there were significant differences from pre and post test scores (p=0.012<0.05) of interventions material before and after the intervention of coaching effective communication. The analysis results showed that effective communication coaching can enhance the understanding of the engineer of the intervention effective communication materials.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T31840
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>