Ditemukan 145386 dokumen yang sesuai dengan query
Safina
"
ABSTRAKMedia pemasaran interaktif dengan menggunakan social media merupakan suatu inovasi untuk memasarkan sebuah produk, juga menjalin interaksi antara brand dengan konsumennya. Banyak perusahaan telah memanfaatkan social media, khususnya Twitter, tidak hanya untuk memasarkan produknya, namun juga untuk membangun engagement dengan para konsumennya, salah satunya Starbucks Indonesia. Melalui artikel ini, penulis berfokus pada bagaimana Starbucks Indonesia menggunakan Twitter @SbuxIndonesia sebagai media pemasaran interaktif untuk membangun customer engagement melalui kampanye #sbuxmakemyDAY dengan meggunakan metode observasi online dengan penyajian data yang bersifat deskriptif. Starbucks Indonesia. Temuan dari analisis ini adalah Starbucks Indonesia dapat mencapai customer engagement karena telah menerapkan konsep-konsep media pemasan interaktif yang berkaitan, seperti e-CRM, Customer Engagement, karakteristik social media menurut Mayfield (2010), dan juga tahapan mencapai customer enagagement menurut Hunt (2009).
ABSTRACTMedia interactive marketing using social media is an innovation to market a product, also to establish the interaction between the brand and its consumers. Many companies already used social media, especially Twitter, not only to market their products, but also to build engagement with customers, one of companies that already used Twitter as Interactive Media Marketing is Starbucks Indonesia.. Through this article, the author focuses on how Starbucks Indonesia using Twitter @SbuxIndonesia as interactive media marketing to build customer engagement through #sbuxmakemyDAY campaign by using online observation method with descriptive data presentation. Starbucks. The findings of this analysis is Starbucks Indonesia can achieve customer engagement by implementing the concepts that related to interactive media marketing, such as e-CRM, Customer Engagement, characteristics of social media by Mayfield (2010), and also stages to achieve customer enagagement by Hunt (2009 )."Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Rifa Rizqi Simponi
"Social media merupakan salah satu media perusahaan untuk melakukan customer relationship. Akan tetapi saat ini sasaran perusahaan tidak hanya berhenti pada customer relationship saja, perusahaan lebih menekankan terjadinya customer engagement sebuah hubungan emosional yang terjalin antara perusahaan dengan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana customer engagement pada akun media sosial twitter Pocari sweat (@PocariID). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sample 100 responden. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa customer engagement pada akun media sosial twitter Pocari sweat (@PocariID) cukup baik.
Social media is one of the media that company used to do a customer relationship. But this time company does not stop at the customer relationship only, they emphasizes the occurrence of customer engagement in an emotional relationship that is created between the company and the. The purpose of this research is to determine customer engagement in the Pocari Sweat twitter account (@ PocariID). This research used a quantitative approach with 100 respondents. The results of this research shows that customer engagement on Pocari Sweat twitter account (@ PocariID) is good enough."
Lengkap +
Depok: Universitas Indonesia, 2013
S44941
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Simanjuntak, Saut Martua Uli
"
ABSTRAKSetiap bank ataupun perusahaan dengan profit oriented pada dasarnya ingin memiliki nasabah atau pelanggan yang setia. Berbagai daya dan upaya dilakukan untuk membuat nasabah yang ada tetap setia menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Salah satu cara yang digunakan untuk meretensi dan meningkatkan kesetiaan nasabah adalah dengan cara membuat loyalty program. Bank Mandiri memiliki Mandiri Fiestapoin sebagai program loyalitas yang ditujukan untuk supaya nasabah mendapatkan nilai lebih dengan menjadi nasabah di bank Mandiri juga untuk membangun hubungan emosional yang lebih kuat antara nasabah dengan Bank Mandiri. Fiestapoin memberikan keuntungan kepada nasabah untuk mendapatkan hadiah langsung tanpa diundi dengan menukarkan poin yang mereka miliki. Poin didapat dari berbagai cara, salah satunya adalah dengan bertransaksi menggunakan kartu Bank Mandiri, baik kartu debit ataupun kartu kredit. Penelitian ini ingin melihat, apakah ada pengaruh terhadap adanya perolehan poin sebagai nilai tambah bagi pengguna kartu Bank Mandiri untuk transaksi terhadap preferensi mereka menggunakan kartu Bank Mandiri sebagai alat transaksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Mandiri di bawah Area Kebon Sirih yang memiliki 25 cabang di sekitaran jakarta pusat. Total jumlah sampel adalah 120 orang yang dipisahkan menjadi 4 group, masing ndash; masing group terdiri dari 30 orang, dimana terdapat masing ndash; masing group memiliki skenario yang berbeda. Penelitian ini menggunakan teknik statistik uji t ndash; test dengan bantuan software SPSS versi 23 for windows. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Program Mandiri Fiestapoin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri.
ABSTRACTEvery profit oriented company basically look for loyal customers. A variety of efforts are made to make existing customers remain loyal to use products or services offered by the company. One of the ways used to retain and increase customer loyalty is to create a loyalty program. Bank Mandiri has Mandiri Fiestapoin as a loyalty program that is intended to make customers get more value and also to establish a stronger emotional connection between the customer and Bank Mandiri it self. Fiestapoin provide benefits to the customers to get direct reward without raffled to redeem the points they have. Points obtained from a variety of ways, one of which is by using Bank Mandiri card for transaction, either debit card or credit card. This study wanted to see, if there is any influence to costumer when they know they can generate points by using Bank Mandiri card for transaction on their preferences using the bank card as a means of transaction. This study was an experimental study. Respondents in this study are customers of Bank Mandiri under Area Kebon Sirih which has 25 branches in central Jakarta. Total sample size was 120 people,were separated into 4 groups, each group consisting of 30 people, of which there each group has a different scenario. This study used statistical techniques t test with SPSS version 23 for Windows. The conclusion from this study is that the program Mandiri Fiestapoin has a significant effect on the increase in the Bank Customer Loyalty."
Lengkap +
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Maria Goretti Fidella Christine
"Peningkatan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kerajinan tangan kayu telah mendorong para pelaku usaha untuk membangun strategi inovatif guna memenangkan persaingan dan mempertahankan keberlangsungan bisnis usahanya. Salah satu jenis strategi yang dapat digunakan oleh para pemilik UMKM kerajinan tangan kayu untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan adalah strategi pemanfaatan teknologi informasi berbasis pelanggan yang disebut sebagai Customer Relationship Management (CRM). Tujuan utama yang ingin dicapai melalui implementasi CRM adalah peningkatan loyalitas pelanggan dan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun strategi peningkatan loyalitas pelanggan pada UMKM kerajinan tangan kayu melalui implementasi dari metode analisis multivariat menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dalam kerangka CRM dengan didukung oleh hasil dari segmentasi pelanggan menggunakan variabel Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan algoritma K-Means, serta hasil dari segmentasi produk menggunakan variabel Frequency, Monetary, Customer Variety (FMC) dan algoritma K-Means. Segmentasi pelanggan dan produk dilakukan dengan menggunakan data sekunder berupa data transaksi pelanggan dari tiga UMKM kerajinan tangan kayu di Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan analisis multivariat dilakukan dengan menggunakan data primer berupa hasil kuesioner dari 280 responden yang pernah melakukan pembelian produk kerajinan tangan kayu di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menghasilkan empat segmen pelanggan pada Perusahaan X dan Z, lima segmen pelanggan pada Perusahaan Y, serta lima segmen produk pada ketiga perusahaan. Sementara itu, hasil analisis multivariat dengan menggunakan SEM menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel yang memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan adalah variabel kepercayaan dan komitmen. Ketiga hasil penelitian tersebut berguna sebagai acuan dalam membangun strategi peningkatan loyalitas pelanggan pada UMKM kerajinan tangan kayu.
The increasing number of wooden handicraft micro, small, and medium enterprises (MSMEs) has encouraged business owners to develop innovative strategies to win the competition and maintain the companies sustainability. One type of strategy that can be used by the wooden handicraft MSMEs owners to enhance the companys competitive advantage is a customer-based information technology strategy called Customer Relationship Management (CRM). The main purpose of the implementation of CRM is to increase customer loyalty and company profitability. This study aims to develop the strategy to improve the customer loyalty of wooden handicraft MSMEs through the implementation of multivariate analysis method using Structural Equation Modeling (SEM) in the CRM framework, supported by the customer segmentation result using Recency, Frequency, Monetary (RFM) variables-K-Means algorithm and the product segmentation result using Frequency, Monetary, Customer Variety (FMC) variables-K-Means algorithm. The customer and product segmentation are done by using secondary data in the form of customer transaction data from three wooden handicraft MSMEs in the Special Region of Yogyakarta, while the multivariate analysis is carried out using primary data in the form of questionnaires from 280 respondents who have purchased wooden handicraft products in the Special Region of Yogyakarta. The results show four customer segments in Company X and Z, five customer segments in Company Y, and five product segments in all three companies. In addition, the results of the multivariate analysis using SEM show that product and service quality variables directly influence customer satisfaction, while the variables that have a direct influence on customer loyalty are trust and commitment. The three results of the study are useful as references in developing the strategies to improve customer loyalty in wooden handicraft MSMEs."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53383
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Aulia Risky
"Penelitian ini merupakan sebuah studi eksplanatif mengenai pengaruh Citra Merek dan Kepuasan pada Loyalitas Pelanggan. Dalam beberapa tahun belakangan ini sangat banyak bermunculan brand kopi dari dalam negeri dan mencoba merebut loyalitas dari konsumen. Dengan menggunakan model yang di adopsi dari penelitian sebelumnya peneliti ingin membuktikan kembali pengaruh hubungan citra merek dengan loyalitas pelanggan secara langsung maupun secara tidak langsung melalui mediator kepuasan. Objek yang di gunakan adalalah Kopi Kenangan karena di rasa Kopi Kenangan mampu mewakili brand produk kopi dengan perkembangan terbesar dan tercepat di Indonesia jika dilihat dari jumlah pengumpulan modal yang mereka dapatkan dari para investor. Data dari penelitian ini dihimpun kemudian dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik Hasil dari penelitian ini membuktikan citra merek berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Kepuasan pelanggan maupun secara tidak langsung dengan melalui mediator kepuasan.
This research is an explanative study of affect of brand image and satisfaction on customer loyalty. In recent years there have been many domestic coffee brands emerging and trying to win loyalty from consumers. By using a model adopted from previous research, the researcher wants to prove again the influence of the relationship between brand image and customer loyalty directly or indirectly through satisfaction mediators. The object used on this research is Kopi Kenangan, due Kopi Kenangan is able to represent the coffee brand with the largest and fastest development in Indonesia, it is viewed from the amount of capital gain they have get from investors. The data from this study were collected and then carried out using statistical calculations. The results of this thesis study prove that brand image has a significant effect directly on customer loyalty and indirectly through satisfaction mediators."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rina Octaviana
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh antecedent commitment, yang terdiri dari informational complexity, position involvement dan volitional choice, perceived value, yang terdiri dari monetary price dan behavioral price, serta brand affect dan brand trust terhadap attitudinal loyalty dan behavioral loyalty dengan adanya moderating effect uncertainty avoidance. Tujuan penelitian ini adalah ingin menguji faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan.
Hasil penelitian mendukung bahwa tiga antecedent commitment sebagai pembentuk loyalitas, akan tetapi tidak mendukung pengaruh informational complexity terhadap attitudinal loyalty dan behavioral loyalty serta volitional choice terhadap attitudinal loyalty dan behavioral loyalty. Seperti yang dihipotesiskan bahwa brand affect dan brand trust berkontribusi untuk memprediksi loyailitas baik attitudinal loyalty maupun behavioral loyalty. Akan tetapi dari data dalam penelitian ini variabel moderasi uncertainty avoidance hanya memoderasi pengaruh brand trust terhadap loyalitas, sedangkan data tidak mendukung pengaruh brand affect terhadap loyalitas dengan dimoderasi oleh uncertainty avoidance
This study examines the effect of antecedent commitment, that proxy into variables of informational complexity, position involvement and volitional choice, the effect of perceived value, that proxy into variables of monetary price and behavioral price, and the effect of brand affect and brand trust on loyalty with moderating effect of uncertainty avoidance. The purpose of this study is to describe and analyze factors as forming loyalty.The empirical findings supported the three antecedents of commitment as the determinants of loyalty. But no support was found for the hypothesized relationships between informational complexity and attitudinal loyalty and behavioral loyalty, and also no support for relationships between volitional choice and attitudinal loyalty and behavioral loyalty. As hypothesized, monetary price, behavioral price, brand affect and brand trust contributes to predicting both attitudinal and behavioral loyalty. Contrary to expectations, no support was found for moderating effect of uncertainty avoidance on the effect of brand affect and loyalty construct; while there is effect of uncertainty avoidance on the effect of brand trust and loyalty construct."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Putri Neva Lumeta
"Setiap industri kini didorong untuk memanfaatkan teknologi, tidak terkecuali bisnis ritel terutama minimarket. Meskipun pada dasarnya minimarket bertujuan untuk menjadi fasilitas belanja yang lengkap dan dekat dengan pemukiman, namun ternyata para pelaku bisnis melihat pentingnya bisnis ritel minimarket untuk membuka kanal berbelanja digital menggunakan aplikasi. Salah satu perusahaan minimarket dengan gerai terbanyak di Indonesia pun turut meluncurkan aplikasi belanja online KlikIndomaret. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka penting bagi akademisi maupun praktisi untuk melakukan penelitian mengenai teknologi. Tentu tidak hanya dalam hal penerimaan dan penggunaannya, tetapi juga dampaknya bagi perusahaan tersebut bahkan bagi industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penerimaan dan penggunaan teknologi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kasus yang digunakan adalah aplikasi KlikIndomaret. UTAUT2 yang diadaptasi dari berbagai model dan teori terkait dengan penerimaan, adopsi, maupun penggunaan teknologi yang terdahulu digunakan dalam penelitian ini sebagai dasar untuk mengerti faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang menggunakan aplikasi KlikIndomaret dan melihat pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap Indomaret. Penelitian ini menggunakan paradigma positivis dengan metodologi kuantitatif survey. Kuesioner digital dibagikan secara digital dan terdapat 113 responden pengguna aplikasi KlikIndomaret. Hasil penelitian kemudian dianalisa menggunakan metode SEM PLS dan hasil analisa model structural menunjukkan factor utama yang mendorong penerimaan dan penggunaan Aplikasi KlikIndomaret adalah Social Influence, Habit, dan Facilitating Condition. Di atas itu semua, penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan dari penerimaan dan penggunaan aplikasi KlikIndomaret terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Every industry is now expected to take advantage of technology, including the retail business, especially minimarkets. Even though in reality the minimarket aims to be a complete shopping center and near residential areas, it turns out that business people who see the minimarket retail business to open channels using digital applications One of the minimarket companies with the widest outlets in Indonesia also launched the online shopping application KlikIndomaret. With the rapid development of technology, it is important for academics and to conduct research on technology. Of course not only in terms of acceptance and use, but also the impact on the company and even for the industry. This study aims to analyze the acceptance and use of technology on customer Satisfaction and Loyalty. The case used is the KlikIndomaret application. UTAUT2 which was adapted from various models and theories related to the acceptance, adoption, or use of the technology used previously in this study as a basis for understanding the factors that influence a person using the KlikIndomaret application and seeing the effect on customer Satisfaction and Loyalty towards Indomaret. This study uses a positivist paradigm with a quantitative survey methodology. The digital questionnaire was taken digitally and there were 113 respondents who used the KlikIndomaret application. The results of the study were then analyzed using the SEM PLS method and the results of the analysis of the model showed that the main factors driving the acceptance and use of the KlikIndomaret application were Social Influences, Habits, and facilitation conditions. Above all, this study shows a significant effect of acceptance and use of the KlikIndomaret application on customer Satisfaction and Loyalty."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Aryo Nugroho Hedyanto
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mempelajari perilaku konsumen yang dalam menumbuhkan tren kegiatan belanja online. Karena Indonesia sekarang dianggap sebagai salah satu pasar e-commerce terbesar di Asia, aktivitas belanja online juga meningkat secara eksponensial. Karena peningkatan aksesibilitas ke layanan internet, pembelian online tidak pernah semudah ini. Penelitian ini mempelajari hubungan antara produk digital dan Loyalitas Pelanggan. Data dikumpulkan oleh survei online kepada konsumen yang sudah terbang dengan Garuda Indonesia dalam tiga tahun sebelumnya dan setidaknya telah mencoba salah satu dari tiga produk digital di GarudaMiles seperti pendaftaran online GarudaMiles, penukaran online, atau jarak tempuh klaim online. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan dua langkah: Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Structural Equation Model (SEM) untuk Hubungan Kausal. Hasilnya menggambarkan bahwa fitur digital yang mewakili kepuasan sistem tidak memiliki hubungan dengan Loyalitas Pelanggan. Hasil ini karena dalam layanan penuh maskapai tidak semua kenyamanan konsumen dengan teknologi. Dalam hasil penelitian sebelumnya, pemohon tidak semuanya dari maskapai layanan penuh. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak semua produk harus memiliki fitur digital.
This research aims to analyze and study the behavior of consumer which in growing trend of online shopping activities. As Indonesia is now posed to be one of the biggest e-commerce market in Asia, the online shopping activity has also increased exponentially. Due to the increased accessibility towards internet service, online purchase has never been easier. This research studied the relation between digital product and Customer Loyalty. Data was gathered by an online survey to consumer that already fly with Garuda Indonesia in previous three years and at least have try one of three digital products on GarudaMiles such as GarudaMiles online registration, online redemption, or online claim mileage. The analysis is conducted using two-step approach: Confirmatory Factor Analysis(CFA) and Structural Equation Model (SEM) for Causal Relationship. The result describes that digital feature that represent by system satisfaction is not having relation with Customer Loyalty. This result because in the full service airlines not all the consumer's convenience with technology. In previous research result the applicant is not all from full service airlines. This result show that not all product should have digital feature."
Lengkap +
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Filicia Sali
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara kualitas layanan dan pemulihan layanan terhadap loyalitas dan komplain pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sebagai nasabah Bank Central Asia. Nasabah merupakan asset penting suatu bank. Oleh sebab itu bank perlu menjaga kualitas layanan agar nasabah merasa puas dan menjadi loyal terhadap bank tersebut. Penelitian ini menggunakan analisa statistik SPSS dan EViews untuk mengetahui pengaruh antar satu variabel dengan varibel lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas dan komplain nasabah, tetapi variabel pemulihan layanan tidak selalu berpengaruh signifikan positif atau negatif terhadap loyalitas bergantung pada tingkat kepuasan nasabah.
This study aims to analyze the influence of service quality and service recovery on loyalty and complaints of the students of the faculty of economics of University of Indonesia as customers of Bank Central Asia. Customers are an important asset of a bank. Therefore banks need to maintain the quality of service that customers are satisfied and become loyal to the bank. This study uses statistical analysis SPSS and EViews for influence between two variables. Results from this study is that service quality has a positive effect on loyalty and customer complaints, but variable recovery service is not always a positive significant or negative significant effect on loyalty depends on the level of customer satisfaction."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alvin Albertha Dwi Atmaja
"Jumlah pengguna internet selalu bertambah setiap tahunnya. Banyak perusahaan internet service provider (ISP) yang senantiasa menjaga base customer agar tidak berpindah ke provider kompetitor lain. Banyak hal yang dapat mempengaruhi tingkat loyalitas pelanggan terhadap provider. Model kerangka konseptual pada penelitian ini berfokus pada tiga hal, yaitu dimensi service quality pada ISP, cognitive dan affective evaluations, dan loyalitas sebagai output pada penelitian ini. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan menggunakan metode survey secara online via google docs untuk mendapatkan data 10 konstruk yang ada pada conceptual model. Responden yang dipilih adalah responden pengguna internet Indihome. Terdapat 476 data untuk dilakukan dianalisis lebih lanjut. Hubungan antar berbagai konstruk pada conceptual model kemudian diuji Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Structural Equation Modeling (SEM). Network quality menduduki peringkat pertama yang mempengaruhi ISPs service quality, ISPs service quality berpengaruh signifikan dan positif terhadap cognitive dan affective evaluation, cognitive dan affective evaluation berpengaruh signifikan dan positif terhadap customer loyalty, serta customer commitment berpengaruh paling dominan dalam memdiasi hubungan antara ISPs service quality terhadap customer loyalty.
The number of internet users is always increasing by years. Many internet service provider (ISP) companies are always looking after their customer base in order to make them will not switch to other competitos providers. Many factors can affect loyalty to the provider. The conceptual framework model in this study focuses on three key areas, (1) the dimensions of service quality in ISPs, (2) cognitive and affective evaluations, and (3) loyalty as an output in this study. This research is quantitative study, using online survey methods via Google Docs to obtain data on 10 constructs in the proposed conceptual model. The selected respondents were Indihome internet user. During the test, 476 data were obtained to further analysis. The relationship between various constructs in the conceptual model were tested using Confirmatory Factor Analysis (CFA) and Structural Equation Modeling (SEM). The findings confirm that network quality is the first rank on ISPs service quality, ISPs service quality has a significant and positive effect on cognitive & affective evaluation, cognitive & affective evaluation have a significant and positive effect on customer loyalty and customer commitment is the highest effect on mediating the relationship between ISPs service quality and customer loyalty."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library