Ditemukan 116811 dokumen yang sesuai dengan query
Purba, Wilson Septrudy
"
ABSTRAKPerkembangan teknologi menghadirkan inovasi berupa sosial media. Sosial media Instagram menjadi
wadah bisnis online berupa online shop. Transaksi yang terjadi di dunia maya menimbulkan keraguan
pada konsumen. Kebutuhan akan fashion membuat masyarakat mencari produk fashion terbaik melalui
online shop. Produsen membutuhkan kepercayaan dari konsumen untuk melakukan transaksi melalui
internet. Namun, karena adanya advokasi dari konsumen lain, kepercayaan itu mulai terbangun. Word
of mouth menjadi senjata andalan pemilik toko online. Word of mouth memberikan dampak yang besar
bagi konsumen sehingga konsumen dapat mengambil keputusan.
ABSTRACTThe development of technology brings innovation in the form of social media. Instagram social mediahas been an online business forum in the form of an online shop. The need of fashion makes societylook for the best fashion products through online shop.Transactions that occur in cyberspace cast doubton the consumer. Manufacturers need the confidence of consumers to conduct transactions over theInternet. However, because of the advocacy of other consumers, confidence began to be awake. Wordof mouth is the weapon of the owner of an online store. Word of mouth will give great impact forconsumers so that consumers can make decisions."
[, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Dian Puspita Sari
"
ABSTRAKKeyword adalah salah satu cara yang saat ini menjadi tren dalam kegiatan digital marketing dalam media Instagram yang dilakukan oleh para online shop. Pilihan kata atau keyword yang mereka gunakan adalah nama akun Instagram yang memiliki banyak followers yaitu akun @dagelan. Dagelan adalah sebuah akun Instagram yang menyajikan humor di dalamnya serta diklaim sebagai akun yang memiliki jumlah followers terbanyak di Indonesia sehingga dianggap efektif jika digunakan sebagai kata kunci untuk menarik konsumen. Banyak online shop menggunakan kata dagelan dalam profile Instagram mereka dan dan ketika seseorang mencari akun @dagelan dalam kolom search di Instagram, online shop tersebut akan ikut muncul. Ini merupakan sebuah cara baru dalam dunia digital marketing dengan media Instagram. Sebenarnya cara ini merupakan pengaplikasian teori komunikasi intrapersonal dan digunakan juga oleh mesin pencari Google dengan nama Google AdWords. Namun, Instagram memiliki cara yang lebih sederhana dan sangat mudah jika di bandingkan dengan Google AdWords.
ABSTRACTKeyword are one of the ways that is currently the trend in digital marketing activities in the media, especially Instagram by the online shop. Choice of words or keyword that they use is the Instagram account name that has a lot of followers that dagelan account. Dagelan is an Instagram account that presents the humor in it and claimed to be an account that has the largest number of followers in Indonesia so it is considered effective if used as keyword to attract consumers. Many online shops use the word of dagelan in their Instagram profile and and when someone is looking for @dagelan in the search field on Instargam, the online shop will also appear.This is a new way in the world of digital media marketing with Instagram. Actually it is an application of intrapersonal communication theory and is used also by the Google search engine as Google AdWords. However, Instagram has a more simple way and very easy when compared with Google AdWords."
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Hafsah Lathifah Khairunnisa
"Lelang online di media sosial merupakan bentuk penyalahgunaan fungsi media sosial. Salah satu media yang digunakan untuk kegiatan lelang online adalah Instagram. Instagram digunakan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan viktimisasi penipuan lelang online. Dengan menggunakan routine activity theory tulisan ini akan menjelaskan faktor- faktor yang mempengaruhi viktimisiasi penipuan lelang online di media sosial Instagram. Data yang ada pada penulisan ini menggunakan data sekunder dari media sosial yang akan dianalsis dengan teknik analisis narasi. Berdasarkan hasil penelitian, adalah terdapat 3 (tiga) faktor viktimisasi penipuan lelang online di Instagram. Pertama, pemanfaatan computing environment pada Instagram yang merupakan motivated offender. Kedua, perilaku risk-taking korban yang mempengaruhi korban menjadi suitable target. Terakhir, kurangnya pengawasan yang handal oleh provider yaitu Instagram dan Pemerintah yang merupakan uncapable guardian.
Online auctions on social media are a form of abuse of the function in social media. One of the social media used for online auction activities is Instagram. Instagram is used by criminals to do victimization on online auction fraud. By using routine activity theory, this paper will explain the factors that influence the victimization of online auction fraud on social media Instagram. The data used in this paper is a secondary data from social media which will be analyzed using narrative analysis techniques. Based on the research results, there are 3 (three) factors of victimization of online auction fraud on Instagram First, the use of the computing environment on Instagram which is a motivated offender. Second, the victim's risk-taking behavior that influences the victim to become a suitable target. Finally, there is a lack of reliable supervision by providers, namely Instagram and the government, which are uncapable guardians."
2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Leon Samuel Abetto
"Media sosial saat ini berkembang cukup signifikan, pengguna media sosial di Indonesia bahkan mencapai 191 juta pada tahun 2022. Seiring dengan berkembangnya media sosial, terdapat pengguna media sosial yang mampu mempengaruhi follower/subscribernya, pengguna media sosial seperti inilah yang dikenal sebagai influencer. Influencer memiliki kapabilitas dalam mempengaruhi purchase intention follower/subscribernya terhadap suatu produk ataupun jasa, kapabilitas yang dimiliki oleh seorang influencer berasal dari penilaian karakter (perceived characterization) atas dirinya yang dinilai berdasarkan atribut yang ditampilkan (influencer attributes). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh influencer attributes dan perceived characterization terhadap purchase intention pada subscriber kanal YouTube GadgetIn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan populasi target yang merupakan subscriber kanal YouTube GadgetIn. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan secara daring, ukuran sampel pada penelitian ini telah ditentukan sebanyak 155 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dengan software Smart-PLS 4.0. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh parasocial relationship terhadap purchase intention, lebih lanjut parasocial relationship yang dibangun antara seorang influencer dengan follower/subscribernya dipengaruhi oleh social attractiveness influencer tersebut.
Social media is currently developing quite significantly, social media users in Indonesia will even reach 191 million in 2022. Along with the development of social media, there are social media users who are able to influence their followers/subscribers, social media users like these are known as influencers. Influencers have the capability to influence the purchase intention of their followers/subscribers towards a product or service, the capability possessed by an influencer comes from the perceived characterization of himself which is assessed based on the attributes displayed (influencer attributes). The purpose of this study was to analyze the effect of influencer attributes and perceived characterization on purchase intention on subscribers of the GadgetIn YouTube channel. This study used a quantitative research method, with the target population being subscribers of the GadgetIn YouTube channel. Data collection was carried out using a questionnaire instrument that was distributed online, the sample size in this study was determined to be 155 samples. The data analysis technique used in this study is SEM-PLS with Smart-PLS 4.0 software. The results of data analysis in this study indicate that there is a parasocial relationship influence on purchase intention, furthermore the parasocial relationship that is built between an influencer and his followers/subscribers is influenced by the influencer's social attractiveness."
Depok:
2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fikri Dhiyaul Ilmi
"
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth pada ulasan online di akun media sosial Instagram @beritagadget terhadap minat beli melalui sikap merek. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden, berumur 17 tahun ke atas, yang dapat mengakses internet terutama Instagram dan pernah membaca informasi mengenai produk smartphone OPPO di akun Instagram @beritagadget, namun belum pernah membeli produk atau jasanya. Sampel diambil dengan menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multivariat dengan menggunakan path analysis dan Uji Sobel pada SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli secara tidak langsung melalui variabel sikap merek dan juga memiliki pengaruh yang signifikan antara variabel electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen secara langsung.
ABSTRACTThe study aims to analyze the effect of electronic word-of-mouth on Instagram @beritagadget social media accounts toward purchase intention through brand attitude. This study uses a quantitative approach. The sample in this study are 100 respondents, who aged 18 years and above, can uses the internet especially Instagram and have read information about OPPO smartphone products on Instagram account @beritagadget, but have never purchased a product or service before. Samples were taken using non-probability sampling with purposive sampling technique. Analysis technique of the data uses in this study is multivariate analysis using path analysis and Sobel Test on SPSS 23.0. The results shows that Electronic Word of Mouth has a significant indirect effect toward purchase intention through brand attitude as a mediating variable, and significant direct effect toward purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hana Nurul Karima
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menjadi anteseden kepercayaan sekaligus mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap perilaku pengguna. Penelitian ini merupakan studi empiris mengenai prilaku pengguna layanan online restaurant search and discovery, Zomato. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa source credibility, information quality, dan customer satisfaction perlu dikelola karena signifikan mempengaruhi perceived website trust Zomato. Website quality perlu memenuhi customer satisfaction sehingga dapat mempengaruhi perceived website trust. Perceived website trust mendorong pengguna menerapkan rekomendasi yang ada di website Zomato dan menyebarkan positif word of mouth
The purpose of this study was to determine the factors that are antecedents of trust and its influence in user behavior. This research is an empirical study on user behavior of online service restaurant search and discovery, Zomato . This research uses quantitative methods with descriptive design. The results of this study suggest that the source of credibility, information quality, and customer satisfaction is important to be managed because it significantly affects the perceived website trust of Zomato. Website quality should fulfill customer satisfaction so that it can affect perceived website trust. Perceived website trust, encouraging users to adopt the recommendations in Zomato website and spread positive word of mouth"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Faya Rizti Khoiriyah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap minat beli produk fashion yang dijual pada toko online di Instagram. Lebih khusus lagi penelitian ini ingin mengetahui dari banyaknya dimensi yang membentuk Electronic Word of Mouth, dimensi mana yang paling mempengaruhi minat beli khususnya pada produk fashion yang dijual pada toko online di Instagram. Penelitian menggunakan konsep Electronic Word of Mouth dan konsep minat beli sebagai konsep utama dalam penelitian ini. Dengan menggunakan teknik sampling purposive, jumlah sampel yang didapatkan untuk penelitian ini adalah sebanyak 121 responden yang diambil dengan menggunakan metode kuesioner berupa survei online. Data dari responden kemudian diuji menggunakan analisis faktor dan uji regresi. Dari pengumpulan dan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli pada produk fashion pada toko online di Instagram. Lebih lanjut lagi, dimensi yang memiliki pengaruh paling kuat adalah dimensi Messages Trustworthiness di mana kepercayaan pesan merupakan hal yang paling utama dipertimbangkan sebelum seseorang mengambil tindakan atas pesan yang telah disampaikan oleh orang lain dalam dunia maya.
Internet growth influence every aspects, included economic. This thing causes trade happens not only in real life but also in cyberspace. This phenomenon causes many online shop appear which sell all things that community need. But, there is an impact because of this. Consumer difficult to choose which online shop has truthworthiness and it makes consumer need experience from another consumer or we called Elecronic Word of Mouth. Therefore, the aim of this research is to investigate the influence of Electronic Word of Mouth on purchase intention, especially for fashion items that are sold in Instagram online shop. This research is also to know which Electronic Word of Mouth dimension has strongest influence on purchase intention. Electronic Word of Mouth and Purchase Intention is used as main concept on this research. Sampling technique use purposive sampling and 121 participants were recruited using online questionaire for this study. Data obtained from these participants were analyzed using factor analysis and standard regression. The result shows that Electronic Word of Mouth has strong influence toward purchase intention of fashion items in Instagram online shop. Messages Trustworthiness or level of message reliability was found to be the most influential factor when it comes to ones consideration before making purchase decison."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ringgi Cahyo Dwiputra
"Ulasan daring sebagai salah satu bentuk electronic word-of-mouth (EWOM) telah terbukti memotivasi konsumen untuk berbelanja melalui online marketplace di Indonesia. Namun, kebebasan konsumen dalam memberikan ulasan mengakibatkan terjadinya inkonsistensi kualitas informasi yang berpengaruh terhadap kepercayaan dan keputusan pembelian konsumen. Selain itu, masih banyak online marketplace yang belum menyediakan fitur untuk menyaring informasi yang relevan, terbaru, akurat, atau lengkap pada ulasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dimensi kualitas informasi dari EWOM terhadap keputusan pembelian produk di online marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 1.266 masyarakat Indonesia pengguna online marketplace yang pernah berbelanja dan membaca ulasan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Data diolah dengan metode covariance-based structural equation modeling menggunakan AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat dimensi kualitas informasi EWOM, yaitu relevance, timeliness, accuracy, dan comprehensiveness memengaruhi information quality secara signifikan. Selain itu, information quality memengaruhi social psychological distance dan trust secara signifikan. Lalu, social psychological distance memengaruhi trust secara signifikan dan memediasi hubungan antara information quality dengan trust. Selanjutnya, trust memengaruhi purchase intention secara signifikan. Terakhir, purchase intention memengaruhi purchase decision secara signifikan. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan untuk membantu penyedia layanan online marketplace dalam mengembangkan fitur ulasan yang lebih baik.
Online review as a form of electronic word-of-mouth (EWOM) has been proven to motivate consumers to shop through online marketplaces in Indonesia. However, the freedom of consumers to provide reviews results in information quality inconsistency that affects consumer trust and purchasing decisions. In addition, some online marketplaces have not yet provided a feature to filter relevant, latest, accurate, or complete information in the review. This study aims to analyze the influence of the information quality dimensions of EWOM on consumer behavior in purchasing products in the online marketplace. This study uses quantitative approach by surveying 1,266 online marketplace users in Indonesia who have purchased products and read the reviews in the last three months. The data were processed in AMOS 24 by using the covariance-based structural equation modeling method. The results shows that the four dimensions of EWOM information quality, namely relevance, timeliness, accuracy, and comprehensiveness significantly influence information quality. After that, information quality significantly influences social psychological distance and trust. Then, social psychological distance significantly influences trust and mediates the relationship between information quality and trust. Furthermore, trust significantly influences purchase intention. Finally, purchase intention significantly influences purchase decision. The results of this study can provide insight to assist online marketplace service providers in developing better online review features."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Noviana Nabila Sari
"Perkembangan internet dan media sosial memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi secara interaktif baik secara pribadi maupun dalam komunitas. Perubahan ini membuat WOM tradisional beralih menjadi komunikasi Electronic Word of Mouth (eWOM). Komunikasi elektronik ini dilakukan melalui sosial media seperti blog, wiki, dan forum. Melalui media sosial konsumen leluasa untuk bertukar informasi tentang produk dan jasa.
Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui penggunaan Electronic Word of Mouth (eWOM) di Media Sosial dalam Keputusan Pembelian Produk The Body Shop oleh Konsumen. Aktivitas Electronic Word of Mouth (eWOM) The Body Shop di media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk The Body Shop.
The development of the internet and social media allows everyone to communicate interactively both personally and in community. These changes make traditional WOM communication turned into Electronic Word of Mouth (eWOM). Electronic communication is done through social media such as blog, wiki, and forum. Through social media consumers freely exchange information about products and services. The purpose of this paper is to investigate the use of the Electronic Word of Mouth (eWOM) in social media and product purchasing decisions of The Body Shop products by consumers. Electronic Word of Mouth (eWOM) activity of The Body Shop in social media has a significant influence on the consumer?s decision to purchase products of The Body Shop."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Cuito, Aurora
Barcelona: Loft, 2001
R 725.21 CUI s
Buku Referensi Universitas Indonesia Library